Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Junoz »

Turboman wrote: Tue Feb 02, 2021 10:44 Sharing hasil test lab PTT 0W30 EVOTEC SP

jalan 10.000 km

Durasi 5,5 bulan

Mobil = Honda Civic Turbo

TBN akhir = 5,3 mg KOH (batas kritis 3 mg KOH)

VI 100 = 9,9 cSt (masih di zona SAE 30)

Fe = 5

Al = 2
Jadi klo di pake 10 - 12 bulan kuat nda shifu..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

dimasapri wrote: Tue Feb 02, 2021 15:30
Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 13:29 wait.. tp itu API SP cm kok aditif Ca tinggi amat yah.
Mg nya minim.

mirip api sn
Jadi ingat kejadian gw disemprot mahaguru SM saat gw mengkritisi statement beliau yg mengatakan klausul API SN+ adalah Ca turun, Mg naik.

Gw bilang klausulnya adalah LSPI, gak ada diatur komposisi chemical oleh API SN+.
Bahkan untuk semua klausul dan requirement standar API gak ada diatur komposisi chemical nya.
Setiap pabrikan oli bebas mau pakai chemical apa saja asalkan performance akhirnya bisa memenuhi requirement API.
Karena standard requirement API, ILSAC, ACEA, dan car maker standard adalah performance base. Bukan chemical base.

Satu2nya chemical yg diatur hanyalah kandungan phosphorous (ingat ya fosfor, bukan zinc) dan SAPS karena terkait emisi gas buang yg akan memperpendek umur catalyst.
Bukan karena alasan performance, tapi karena masalah lingkungan.

Kalaupun saat itu hasil VOA beberapa pabrikan oli yg jadi gelombang pertama mendapatkan sertifikasi API SN+ ternyata memiliki path yg sama yaitu Ca turun dan Mg naik, itu bukan karena diatur komposisi chemicalnya oleh API SN+ tapi karena mereka mengikuti hasil dari percobaan Infineum + GM.
Dgn berkembangnya hasil riset, bisa saja akan berbeda nantinya.
Dan terbukti di PTT 0W30 API SP ini.

API SP tinggal menambahkan klausul perlindungan timing chain.
Sedangkan LSPI sdh diatur di API SN+
+1 om, saya tercerahkan sama masukan ini. Jd kadang spek chemical buat saya juga bukan pertimbangan mendasar krn sangat teoritis, lebih ngeyakinin sedikit pada awalnya (misal yg fundamental kaya TBN kalo dicantumin, ato V100) dan selain itu ya harus dicoba tuang ke mobil saya asalkan oli asli dan sertifikasi kaya API sudah memenuhi. V100 pun juga jadi acuan biasa unt pembuktian selama pake. Tp itupun dg catetan harus dicoba di mobil sama dan kondisi pake sama+VOA/UOA.

Dan saya kadang agak "nakal" selama saya coba2 oli begini, kaya saya bablas2in dikit dr segi bulan/kilometernya. Acuan MSDS yang grade cairannya blablabla saya jg bodo amat, malah jdnya aliran siksa diri kepengaruh sana sini terus ga kebeli2 olinya :big_biglaugh:

Sedikit OOT, beda kalo di ATF mobil. Kl saya pribadi filter pertama dlm milih merk atf yg sesuai ya comply ke mobil saya apa kagak, baru kl ada beberapa merk yg comply nah bs tuh compare dr segi viscosity, flash point, gradenya dr harga, dan impression yg sudah pakai dllsb. Kl buat saya dlm hal ATF, pernah tuh dibahas kalo dr awal spek udah gak comply tp masih bahas kekentalan dr spek2 beberapa ATF yg enggak comply ya....... krn tuang spek atf yg salah ke mobil pun yg saya alamin juga ndak hanya spek kekentalan2 teoritis, tapi ada hal2 lain "yg gak kecatet di PDS (kl ada PDSnya)" yg bikin nih oli karakternya gak comply ke mobil saya. Masa alesan ga comply gara2 beda kekentalan doang bs sampe bikin gearbox dengung/kasar pas mundur buat saya kurang etis
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Tue Feb 02, 2021 15:50
Turboman wrote: Tue Feb 02, 2021 10:44 Sharing hasil test lab PTT 0W30 EVOTEC SP

jalan 10.000 km

Durasi 5,5 bulan

Mobil = Honda Civic Turbo

TBN akhir = 5,3 mg KOH (batas kritis 3 mg KOH)

VI 100 = 9,9 cSt (masih di zona SAE 30)

Fe = 5

Al = 2

Bagus ya ni mesin Honda 1.5 Turbo IMG_20210202_173956.jpg
wuih metal wearnya tipis amaaatttt... sakti nih mesin honda

calcium 2rb an juga... padahal API SP.... menarik...

btw thankss infonyaaaa subes
:big_deal:
versi haters konon mesin turbonya ringkih dsb.. tp tnyt buktinya :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Tue Feb 02, 2021 16:28, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

dimasapri wrote: Tue Feb 02, 2021 15:30
Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 13:29 wait.. tp itu API SP cm kok aditif Ca tinggi amat yah.
Mg nya minim.

mirip api sn
Jadi ingat kejadian gw disemprot mahaguru SM saat gw mengkritisi statement beliau yg mengatakan klausul API SN+ adalah Ca turun, Mg naik.

Gw bilang klausulnya adalah LSPI, gak ada diatur komposisi chemical oleh API SN+.
Bahkan untuk semua klausul dan requirement standar API gak ada diatur komposisi chemical nya.
Setiap pabrikan oli bebas mau pakai chemical apa saja asalkan performance akhirnya bisa memenuhi requirement API.
Karena standard requirement API, ILSAC, ACEA, dan car maker standard adalah performance base. Bukan chemical base.

Satu2nya chemical yg diatur hanyalah kandungan phosphorous (ingat ya fosfor, bukan zinc) dan SAPS karena terkait emisi gas buang yg akan memperpendek umur catalyst.
Bukan karena alasan performance, tapi karena masalah lingkungan.

Kalaupun saat itu hasil VOA beberapa pabrikan oli yg jadi gelombang pertama mendapatkan sertifikasi API SN+ ternyata memiliki path yg sama yaitu Ca turun dan Mg naik, itu bukan karena diatur komposisi chemicalnya oleh API SN+ tapi karena mereka mengikuti hasil dari percobaan Infineum + GM.
Dgn berkembangnya hasil riset, bisa saja akan berbeda nantinya.
Dan terbukti di PTT 0W30 API SP ini.

API SP tinggal menambahkan klausul perlindungan timing chain.
Sedangkan LSPI sdh diatur di API SN+
i see
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by freeza »

indeskey wrote: Sun Jan 31, 2021 14:59
DOHC wrote:
indeskey wrote: Sun Jan 31, 2021 5:48 Apa terpantau ada acdc nya ya mbah?
Mudah2an seh belom yah

Tp ya ga yakin jg, eneos ama aisin yg merk jarang aj ud perna ad yg post acdc nya kan

Kapan2 coba maen ke si ayung lg deh buat ngecek2
Iya kalau makin laris makin ngeri juga ya mbah. Eneos yg 0w20 padahal lumayan juga. Dulu jadi oem nya ahond epro gold. Kedepan kalau mau tenang belinya di official store aja deh walau 20/30% lbh mahal kecuali diskon bisa sama.

Yg banyak ACDCnya itu 0w20 Eneos Sustina kah suhu ?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 1:44 eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
kagak ada di daftar pelumas-nya si esdm nih mbah.... ane juga kepo nih pengen icip sutisna eh sustina 0-20 ... :ungg:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 1:44 eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
Yg 0-20 kayanya scara official nga mbah

Tp kl yg 5-30 berjibun, d toda bahkan ampe atrium aj ada.. ayung aj kl ga sala ada

Makanya ati2 aj, siapa tau ud ad acdc
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 16:22
rendr wrote: Tue Feb 02, 2021 15:50
Turboman wrote: Tue Feb 02, 2021 10:44 Sharing hasil test lab PTT 0W30 EVOTEC SP

jalan 10.000 km

Durasi 5,5 bulan

Mobil = Honda Civic Turbo

TBN akhir = 5,3 mg KOH (batas kritis 3 mg KOH)

VI 100 = 9,9 cSt (masih di zona SAE 30)

Fe = 5

Al = 2

Bagus ya ni mesin Honda 1.5 Turbo IMG_20210202_173956.jpg
wuih metal wearnya tipis amaaatttt... sakti nih mesin honda

calcium 2rb an juga... padahal API SP.... menarik...

btw thankss infonyaaaa subes
:big_deal:
versi haters konon mesin turbonya ringkih dsb.. tp tnyt buktinya :big_peace:
tapi bukannya itu issue fuel-oil dilution yah?

apa karena saking renggangnya jadi dikit yg bergesekan wkakakakkakaak
gaspol resing tim
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Wed Feb 03, 2021 2:44
Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 16:22
rendr wrote: Tue Feb 02, 2021 15:50

wuih metal wearnya tipis amaaatttt... sakti nih mesin honda

calcium 2rb an juga... padahal API SP.... menarik...

btw thankss infonyaaaa subes
:big_deal:
versi haters konon mesin turbonya ringkih dsb.. tp tnyt buktinya :big_peace:
tapi bukannya itu issue fuel-oil dilution yah?

apa karena saking renggangnya jadi dikit yg bergesekan wkakakakkakaak
biasa lah mbah,
namanya batch awal, pasti ada aja "bug"-nya
mass product rata2 gtu.

makanya nunggu 3rd batch dst aja klo mau beli :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Wed Feb 03, 2021 1:58
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 1:44 eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
kagak ada di daftar pelumas-nya si esdm nih mbah.... ane juga kepo nih pengen icip sutisna eh sustina 0-20 ... :ungg:
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 2:01
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 1:44 eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
Yg 0-20 kayanya scara official nga mbah

Tp kl yg 5-30 berjibun, d toda bahkan ampe atrium aj ada.. ayung aj kl ga sala ada

Makanya ati2 aj, siapa tau ud ad acdc
sutisna tp daleman eneos eco w20 yaa :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:55
josomba wrote: Wed Feb 03, 2021 1:58
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 1:44 eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
kagak ada di daftar pelumas-nya si esdm nih mbah.... ane juga kepo nih pengen icip sutisna eh sustina 0-20 ... :ungg:
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 2:01
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 1:44 eneos sustina 0w20 masuk sini kah ?

lihat UOA nya tipikal keraton. mau banget nyoba buat <1thn pakai
Yg 0-20 kayanya scara official nga mbah

Tp kl yg 5-30 berjibun, d toda bahkan ampe atrium aj ada.. ayung aj kl ga sala ada

Makanya ati2 aj, siapa tau ud ad acdc
sutisna tp daleman eneos eco w20 yaa :ungg:
Bae amat kasi eneos eco

Wins sae 30 drum donk

Sliter di ayung cuman 20an atau 30 rebu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:53
rendr wrote: Wed Feb 03, 2021 2:44
Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 16:22

versi haters konon mesin turbonya ringkih dsb.. tp tnyt buktinya :big_peace:
tapi bukannya itu issue fuel-oil dilution yah?

apa karena saking renggangnya jadi dikit yg bergesekan wkakakakkakaak
biasa lah mbah,
namanya batch awal, pasti ada aja "bug"-nya
mass product rata2 gtu.

makanya nunggu 3rd batch dst aja klo mau beli :big_biglaugh: :big_biglaugh:
wuakakakak bugs dong...

tp kalo civic fd justru yg 1st batch ya yg bagus mbah...


btw itu L15Z pake 0w16 seru kali yah hahahahahhaa
gaspol resing tim
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Wed Feb 03, 2021 4:51
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:53
rendr wrote: Wed Feb 03, 2021 2:44
tapi bukannya itu issue fuel-oil dilution yah?

apa karena saking renggangnya jadi dikit yg bergesekan wkakakakkakaak
biasa lah mbah,
namanya batch awal, pasti ada aja "bug"-nya
mass product rata2 gtu.

makanya nunggu 3rd batch dst aja klo mau beli :big_biglaugh: :big_biglaugh:
wuakakakak bugs dong...

tp kalo civic fd justru yg 1st batch ya yg bagus mbah...


btw itu L15Z pake 0w16 seru kali yah hahahahahhaa
boeing 737 max aja ada bug di perangkatnya MCAS nya.
buru2 deploy karena ketar ketir sm erbas, akibatnya nyawa :big_dunno:

namanya bisnis, persaingan ketat, spy bisa terus hidup perlu inovasi, ya perlu nelurin produk baru.
new product launching is the key :ungg:

klo nggak... yah gtu deh.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
chrisha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Thu Sep 03, 2020 2:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by chrisha »

DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 3:14
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:55
josomba wrote: Wed Feb 03, 2021 1:58

kagak ada di daftar pelumas-nya si esdm nih mbah.... ane juga kepo nih pengen icip sutisna eh sustina 0-20 ... :ungg:
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 2:01

Yg 0-20 kayanya scara official nga mbah

Tp kl yg 5-30 berjibun, d toda bahkan ampe atrium aj ada.. ayung aj kl ga sala ada

Makanya ati2 aj, siapa tau ud ad acdc
sutisna tp daleman eneos eco w20 yaa :ungg:
Bae amat kasi eneos eco

Wins sae 30 drum donk

Sliter di ayung cuman 20an atau 30 rebu
sabtu kalo gak ada aral melintang mau tak sowan juga a ke ayung, hehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

chrisha wrote: Wed Feb 03, 2021 6:16
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 3:14
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:55


sutisna tp daleman eneos eco w20 yaa :ungg:
Bae amat kasi eneos eco

Wins sae 30 drum donk

Sliter di ayung cuman 20an atau 30 rebu
sabtu kalo gak ada aral melintang mau tak sowan juga a ke ayung, hehe
Denger2 bulan lalu doi ad event apa gt dr idemitsu lube indo, hebat jg doi

Nanti coba aj d tanyain om

Siapa tau harga2 oli idemitsu doi se "ajaib" oli2 oem, castrol doi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 975
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by well »

Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:53
rendr wrote: Wed Feb 03, 2021 2:44
Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 16:22

versi haters konon mesin turbonya ringkih dsb.. tp tnyt buktinya :big_peace:
tapi bukannya itu issue fuel-oil dilution yah?

apa karena saking renggangnya jadi dikit yg bergesekan wkakakakkakaak
biasa lah mbah,
namanya batch awal, pasti ada aja "bug"-nya
mass product rata2 gtu.

makanya nunggu 3rd batch dst aja klo mau beli :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kalau nunggu yg 3rd batch brarti harga normal dong...
Justru alasannya beli 1'st batch krn ada promo waktu lalu.hihihi...
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

well wrote: Wed Feb 03, 2021 6:59
Suryaputra wrote: Wed Feb 03, 2021 2:53
rendr wrote: Wed Feb 03, 2021 2:44
tapi bukannya itu issue fuel-oil dilution yah?

apa karena saking renggangnya jadi dikit yg bergesekan wkakakakkakaak
biasa lah mbah,
namanya batch awal, pasti ada aja "bug"-nya
mass product rata2 gtu.

makanya nunggu 3rd batch dst aja klo mau beli :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kalau nunggu yg 3rd batch brarti harga normal dong...
Justru alasannya beli 1'st batch krn ada promo waktu lalu.hihihi...
iyah harga spesial,
dan treatment spesial jadi beta tester :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

good knowledge nih ....


Dulman
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Feb 03, 2021 18:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Dulman »

Misi
Para suhu semua mau tanya
Simple aja, ane pengguna innova reborn biasa minum biosolar
Oli mesin apa ya kira-kira yg bisa menahan sulfur,dll?
Gunakan adiktif apa sebaiknya?
Ada saran boleh?
Makasih
Bijizzz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 29, 2016 3:18

Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Bijizzz »

Turboman wrote:Sharing hasil test lab PTT 0W30 EVOTEC SP

jalan 10.000 km

Durasi 5,5 bulan

Mobil = Honda Civic Turbo

TBN akhir = 5,3 mg KOH (batas kritis 3 mg KOH)

VI 100 = 9,9 cSt (masih di zona SAE 30)

Fe = 5

Al = 2

Bagus ya ni mesin Honda 1.5 Turbo
IMG_20210202_173956.jpg
Om turbo, boleh minta tolong 0w30 voa ny,
Bisa buat flat tappet ga y
IMG_2568.jpg
Terima kasih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Dulman wrote: Wed Feb 03, 2021 18:34 Misi
Para suhu semua mau tanya
Simple aja, ane pengguna innova reborn biasa minum biosolar
Oli mesin apa ya kira-kira yg bisa menahan sulfur,dll?
Gunakan adiktif apa sebaiknya?
Ada saran boleh?
Makasih
bukan suhu tp bantu jawab...

kalo saya pribadi buat 2GD ada bbrp pilihan,

oli mesin :
yg murah ada
PTT CRDI 10w30 harga around 95k/L
Q8 7000 10w30 harga around 100k/L
keduanya kalo saya pribadi akan pake 10rb km/ 6 bulan max

top pick nya
Amsoil sign diesel (max duty) 5w30 harga 185-190k/946ml sebotolnya, (cakra murah)
bisa pake 10rb km/ 12 bulan max

additive solar pake PSDK aja (power service diesel kleen) 1 botol 946ml buat 8-10x full tank


sekalian kalo metik bisa pake ATF PTT LV1/Q8 Auto MV

trus ganti sprint filter


remap


juoossss heheheheheh

:ngacir:
gaspol resing tim
tandaseru
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 15, 2020 6:55
Location: Gresik
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by tandaseru »

Wah kebetulan sekali om turbo sharing UOA nya PTT 0w30 api sp, jadi makin mantep buat segera nyobain, mumpung baru dateng ni olinya..semoga sesuai ekspektasi walopun dipake di mesin N/A

Td pagi saat saya cek dipstick, saat saya lap pake tisu agak tercium bau bensin (apa ini yg dimaksud dengan fuel-oil dilution?)
Mohon pencerahannya shifu :big_deal:
Last edited by tandaseru on Fri Feb 05, 2021 1:19, edited 1 time in total.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12552
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Bijizzz wrote: Thu Feb 04, 2021 11:40
Turboman wrote: Tue Feb 02, 2021 10:44 Sharing hasil test lab PTT 0W30 EVOTEC SP

jalan 10.000 km

Durasi 5,5 bulan

Mobil = Honda Civic Turbo

TBN akhir = 5,3 mg KOH (batas kritis 3 mg KOH)

VI 100 = 9,9 cSt (masih di zona SAE 30)

Fe = 5

Al = 2

Bagus ya ni mesin Honda 1.5 Turbo IMG_20210202_173956.jpg


Om turbo, boleh minta tolong 0w30 voa ny,
Bisa buat flat tappet ga y
IMG_2568.jpg

Terima kasih.
nah, yg ini Ca 0w30 nya PTT jauh banget sm hasil UOA Ca nya om turbo.

ini api SP jg yah ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sh00t »

Om" mau tanya donk. Mobil saya selalu isi dex, kalau untuk ganti oli per 6 bulan, apakah PTT DYNAMIC COMMONRAIL SYNTHETIC 5W-30 sudah cukup atau musti pakai AMSOIL SIGNATURE SERIES MAX-DUTY SYNTHETIC DIESEL OIL 5W-30? Makasih. :big_deal: