marmut wrote: Thu Feb 04, 2021 17:28
dear abah shifu mahaguru
@Omnibus ataupun suhu mbah shifu lainnya yang tidak bisa disebut satu per satu,
mau tanya kena apa busi di 1 mesin tapi warnanya bisa beda.
20210204_091035.jpg
3 busi di sebelah kanan warnanya kecoklatan, 3 lainnya sebelah kiri lebih putih.
saya lupa mana yang right bank mana yang left bank.
ngetes pdhl sendirinya udah tau .....
ok lah just for fun, ane sendiri jg nubie urusan busi2 begini
kenapa bisa beda tiap silinder krn ada bbrp faktor.
- vacuum leak dr intake manifold gasket yg mempengaruhi hanya silinder tertentu.
- payung klep udah ga rapat krn carbon build up. perlu di skir. kl seal klep rembes mbah tau lah warnanya beda jauh kan.
- yg bawaan beberapa mobil (ga tau mobil apa sy jg sotoy yg jelas ga semua engineer itu superman) yaitu posisi silinder relatif thd runner intake manifold dan arah datangnya udara kan beda2, ada yg dpt volumetric efficiency bagus ada yg engga. kl ini dulu sy punya audi a4 beli baru 2.4L V6, bawa ke bengkel (resmi di princess highway, rockdale NSW) malah dibilang ini idle nya rough ya krn alasan itu tadi. trus sy bilang, wong sy kesini bukan krn masalah itu, cuma mau tanya secret code dr controler AC tuh apa artinya.

seru tuh workshop head nya sendiri yg handle duduk bareng di mobil.
- kompresi mesin tiap silinder ada variasinya meskipun sedikit. lama2 kl odo sdh jauh bisa aja jd makin berpengaruh dlm hal A-F mixture composition ketika piston dlm suction n compression stroke. sotoy lagi sih ini saya
kl yg nomer 4 itu sih krn kurang kenceng aja. gosongnya sampai ke semua ulir sampai ke ring washernya tuh.
berapa banyak sih org yg ngencengin pake ceklek2, ya itu lah hasilnya.