Kegalauan :
1. Perawatan enteng yg mana? (Biaya, spareparts, dll)
2. Pajak mobil enteng yg mana?
3. Boros BBM yg mana?
4. Seater belakang legaan yg mana?
5. Bagasi mobil legaan yg mana?
6. Experience nyetir mobil2 ini gimana?
7. Sharing problem pengalaman agan2 subes semua yg pernah make ngerawat mobil2 tsb?
Please bgt agan2 subes semua bisa bantu review buat ane utk jd bahan pertimbangan bgt mau milih mobilnya.
btw saya penasaran subes itu apa...

subeskreber ?
saya sum up ke seluruh pertanyaan kayaknya mau cari mobil yang all-around ya... krn ada criteria yang enak disetir tapi juga cari yang lega. nggak pernah salah milih honda sih kalo semua yang dicari itu.
utk no 1-3, sudah pengalaman dengan shirr repairing plisurrr baling baling bambu koq bingung ama pajak bensin perawatan?
perawatan tidak bisa dirinci item by item karena kondisi barangnya saja beda. tp per tahun sediakan sekitar 5 juta untuk perawatan paling tidak. kenapa? ini mobil bekas dan sudah tidak ada yang covered by warranty dan parts akan slowly deteriorating apalagi mazda punya banyak sensor yang bisa fail anytime (sy banyak dengar cerita user mazda mendadak sensornya bisa ngambek ngambek sendiri, terakhir ada teman papa sy CX9 abis dicuci warning nyala semua).
pajak siapkan saja 7-8 juta. bervariasi tergantung daerah dan blom ngomong progresif.. yang jelas ngga akan kurang dari 5 juta.
ya setahun utk pajak dan perawatan saja sudah 13-15 juta.
bensin mazda sky pasti lebih irit. high compression ratio engine dengan segala skyactiv mumbo jumbo nya ngga sekedar marketing bluff. tp minimal ngga bisa disamakan dengan biaya bbm honda jazz dkk... skali full tank sudah pasti 400-500 juta dengan ron92 / pertamax. seirit-iritnya mazda sky hanya lebih hemat 20% artinya dikombinasikan dengan urban traffic indonesia (jakarta/surabaya/kota manapun yang macet) ya 20% itu nyaris tidak ada artinya. paling selisih 3 hari ngisi doang.
kecuali situ tinggal di rural area dengan wide open roads yang hanya macet saat musim libur panjang (tidak di rimba jalanan jakarta), nah baru 20% ini akan terasa sekali manfaatnya.
mau kompromi pakai pertalit ? ya kalau situ penting driving experience emang mau kompromi ke performa?
4-5 honda. mutlak pasti. mazda itu style over function. lihat saja gaya bonnet panjang dan jendela yang kecil di lineup hatchbacks / sedan mazda. krn mazda memprioritaskan mobil yang cantik dulu baru dia mikir ruang, kebalik sama honda yang jelas-jelas membuat mobil untuk jadi fungsional apalagi pasar terbesarnya di USA sono yang mana harus muat dimuatin 5 orang dengan size XXL.
6 experience seperti apa yang dicari ?
mazda3 dan 6 itu experience hampir sama hanya lebih powerful 6 (by a far margin, mazda3 saja tidak terasa lebih kuat daripada civic turbo pdhl hanya selisih 5 hp), kalau soal handling dan rasa berkendara 3 dan 6 hanya ketahuan kalo sudah masuk parking space. sisanya di empty roads memang terasa seperti mobil yang dibuat untuk memanjakan senses berkendara kita : sangat lincah dan direct (untuk ukuran mobil econobox modern). istilahnya ya sportcar dengan baju sedan / hatchback. hanya kalau berharap top end power mazda sky tidak terlalu bersinar urusan top end seperti honda VTEC. di atas 4000 kurvanya cenderung flat. bahkan ini sy rasakan di mazda sky yang berturbo sekalipun (CX9).
sedangkan honda accord di jalan lebih terasa seperti mobil yang lebih besar. memang secara rigidity dia tidak terlalu kalah jauh tapi dari feel setir dan sportyness nya tidak terasa sport, lebih poised, lebih mature. profil gearing transmisinya sangat halus dan lbh ditujukan untuk long cruise trip melintasi jalan transjawabahn. utk salip-menyalip nggak terasa pelan, nggak terasa se-limbung camry generasi XV40 juga. tapi kalo sudah duduk di jok pengemudinya yang empuk rasanya ya males juga sih salip-salipan.
7. no komen.