Suryaputra wrote: Tue Feb 02, 2021 13:29
wait.. tp itu API SP cm kok aditif Ca tinggi amat yah.
Mg nya minim.
mirip api sn
Jadi ingat kejadian gw disemprot mahaguru SM saat gw mengkritisi statement beliau yg mengatakan klausul API SN+ adalah Ca turun, Mg naik.
Gw bilang klausulnya adalah LSPI, gak ada diatur komposisi chemical oleh API SN+.
Bahkan untuk semua klausul dan requirement standar API gak ada diatur komposisi chemical nya.
Setiap pabrikan oli bebas mau pakai chemical apa saja asalkan performance akhirnya bisa memenuhi requirement API.
Karena standard requirement API, ILSAC, ACEA, dan car maker standard adalah performance base. Bukan chemical base.
Satu2nya chemical yg diatur hanyalah kandungan phosphorous (ingat ya fosfor, bukan zinc) dan SAPS karena terkait emisi gas buang yg akan memperpendek umur catalyst.
Bukan karena alasan performance, tapi karena masalah lingkungan.
Kalaupun saat itu hasil VOA beberapa pabrikan oli yg jadi gelombang pertama mendapatkan sertifikasi API SN+ ternyata memiliki path yg sama yaitu Ca turun dan Mg naik, itu bukan karena diatur komposisi chemicalnya oleh API SN+ tapi karena mereka mengikuti hasil dari percobaan Infineum + GM.
Dgn berkembangnya hasil riset, bisa saja akan berbeda nantinya.
Dan terbukti di PTT 0W30 API SP ini.
API SP tinggal menambahkan klausul perlindungan timing chain.
Sedangkan LSPI sdh diatur di API SN+