Pertama kali ngambil mobil ini tahun 2016 pada saat FMI cabut 185 jt. Keadaan 2nd, ban michelin primacy LC masih bawaan, aki 65 ah yang kebetulan harus diganti, kilometernya masih rendah banget 20.000 km, ownernya bilang ga pernah minum RON dibawah 95. Ya sudah sikat dah.
Impresi pertama saya dengan mobil ini adalah fiturnya yang maju 10 tahun kedepan. Mungkin bisa dibilang ford terlalu berani membekali fitur2 yang ada di mobil sekarang pada tahun 2012.
Setahu saya ford pada saat produksi focus ini join venture dengan volvo jadi aspek safety dan fun to drive sangat dikedepankan. Sensor parkir 9 biji, safety lengkap ampe 6 airbag vcs abs hil assist dll pasti ada lah y. Karena di eropa sana sifatnya mandatory. Lalu ada jg active city stop, paralel parkir assist, auto wiper headlamp auto adjust sampe cornering lamp ada juga, audio 9 speaker by sony plus headunit sony dan kabin supeeer kedap
Sesuai slogannya volvo makes best vehicle ford running a business
FYI mobil sebelum saya adalah vw golf mk6 jadi nanti saya akan jadikan bahan komparasi dikit. Karena emang FF ini segmennya untuk menyaingi vw golf di benua eropa sana. Ford of europe ya bukan ford america
Ngomongin positifnya dulu aja ya.
Driving impression mobil ini rasanya menyatu dengan badan, joknya sporty banget berasa dipeluk jadi manuver2 badan ga bakal mental2. Suspensi reboundnya pas, ga terlalu empuk dan ga terlalu keras, diajak ngebut ampe 160 juga belok tajem body roll g berasa, o iya bannya michelin ya hehe. Komposisi stir saat belok juga terasa pas banget jalan pelan dan kencang jg pas dan presisi mungkin berkat EPS dan bobotnya. Kalau ada yg pernah punya vw golf mk6, driving impressionnya hampir sama lah dengan FF ini. Soal mesin duratec 2.0, mobil saya sudah berjalan hampir 90.000 km mungkin bisa dibilang ini salah satu mesin paling reliable yang pernah saya pakai. Ga pernah jajan aneh2 palingan y paking2 karet aja biasa umur.
Fuel cons juga bisa dibilang irit dengan perfoma 2.0 segmen hot hatchback, saya tinggal di jaksel punya anak 1 tahun banyak stop n go dan kalo anak tidur di mobil nyampe tujuan ga langsung turun jd banyak idle, itu ga pernah dibawah 1:9. Saya yakin ford memakai DCT pada focus tujuannya adalah fuel economy dan perfomance. Mutlak. Perfomanya jempolan, perpindahan gigi alusssss luss apalagi pas kick down terasa ga ada power yang terbuang ya walaupun DCT terbaik masih dipegang DSGnya vw menurut subjektif saya. Tapi setidaknya powershift DCT ini bisa nyaingin DSG. Dan yang saya suka perawatan DCT ini ga perlu ganti oli per 10.000km kayak CVT or torque convrt, Walaupuuuuun ada saatnya DCT ini harus ganti kopling beserta lever2nya layaknya transmisi manual dan harganyapun lumayan. Tapi kalau diitung2 sampe 100.000 km ngerawat DCT dengan matic lainnya lebih efisien DCT. Kalau mau murah cari di ebay merk LUK, pajak beanya juga ga gede2 amat.
Trus walaupun ground clearence rendah kalau g salah 110mm, saya pakai di jalanan jakarta hampir ga pernah mentok jalan. Menurut penilaian saya, karena komposisi dari jarak wheelbase, rebound suspensi serta bentuk bumper2nya sudah diperhitungkan ideal utk cityroad dan highway. No offense ni alm.bapak saya pernah punya odyssey RB2 dan camry 2008 padahal GCnya lebih tinggi, tapi karena terlalu empuk gilee hobinya grosok truus

Nah sekarang saya omongin yang kurang-kurangnya.
Kabin ga terlalu luas, cukup untuk keluarga kecil saya istri masih 1
Ini mobil anti banget sama yang namanya banjir. Undertray sangat berperan kalau lagi nerabas genangan air jangan sampe salah satu kancing2nya ilang atau malah paling parah ga pake undertraynya, bunuh diri. Saya pernah liat ford fiesta ganti gelondongan DCTnya karena karatan kerendam banjir, sepaket tu DCT TCM PCM

Lampu HID bawaannya kurang terang, lampu cornering juga kurang terang. Fitur auto park buat pamer doang, jarang dipake

Trus mesin duratec berkarakter punya getaran hebat, jadi vibrasi sampai kabin agak terasa walaupun ga ganggu2 banget padahal mounting masih bulet.
Pasti pernah denger kan DCT ford ringkih, TCMnya sering kena. Nah sharing aja nih, DCT bisa dibilang bukan matic, DCT adalah transmisi manual yang dikomputerisasikan. Sama kok dengan VW, TCM=Mechatronic si komputernya yang ngebaca style irama kaki kita gmn dan mekanismenya menggerakkan kopling. Yang namanya komputer berkaitan besar dengan daya listrik dan daya listrik yang dibutuhkan TCM ini besar. Makanya peran aki sangat besar disini, minimal 80ah dan kalau udah lemah mutlak harus ganti ga boleh nego. Karena mobil ini membutuhkan banyak daya listrik, audio bejibun, EPS, TCM, modul abs, sensor2an banyak lagi dah. Kalau saya aki udah umur 18 bulan ganti walaupun masih bagus juga tetep ganti. Kasus ganti modul abs, sensor, sampai EPS rusak prematur besar kemungkinan aki soak dipaksain starter bahkan nyala secara jumper

Cara make DCTpun juga beda dengan matic lain. Ga perlu dijelasin lagi kali ya mungkin udah sering denger ya berhenti lama jangan dipaksa di D harus ke N, terutama di jalan nanjak dan turunan. Ini ga berlaku di VW karena mereka ada fitur autohold. Sebenarnya ini upaya untuk ningkatin umur kopling DCTnya aja.
Masalah DCT Powershift ford ini sudah menjadi isu global, sampai2 ada class lawsuit di amerika sana untuk ford karena masalah transmisi mereka rusak secara prematur, tapi mobil ini laku banget di benua eropa karena orang sana udah terbiasa dengan DSGnya VW dikasih DCT ford geli2
Ribet ya? Iya makanya saya masukin di feedback negatif, mesti edukasi dikit


Untuk perawatan dan sparepart
No worries bro, melimpah di marketplace indo kalau mau murah seperti gw bilang eb*y dan all*express karena penggemar focus di luar sana banyak.
Sejauh ini sparepart yang udah diganti shockbreaker depan belakang, kampas rem depan, selang cooling tabung reservoir karena getas aja bukan karena bocor, gasket engine, TCM (garansi), ban 4 biji michelin primacy 4. Di 90.000 km mungkin akan ganti mounting.
Bengkel? Banyaaaaak bengkel non resmi udah mulai menjamur.
Malah diluarkota bengkel spesialisnya juga buanyak karena tertolong populasi sodara2 ganteng laki2nya yang cukup banyak ranger n everest.
FYI aja nih sparepart ford dipegang resmi oleh RMA sejak FMI cabut, good newsnya TCM yang ada di DCT dicover garansi free 10 tahun oleh RMA, dan saya baru klaim karena mengingat garansi habis di 2022 awal.
Diluar isu global dan negatif feedback tentang reliability mobil ford ini, sofar saya cukup puas pakai FF. Selama maintain masalah electrical dan cooling system, mobil ini baik2 aja isu global jadi terdengar politis.
U r gonna love or hate this car
Paling itu aja sih, mudah2an bermanfaat untuk para rekan2 SM mungkin kalau ada yang kurang2 mohon ditambah oleh para rekan2 SM dan maaf kalau ada kata2 yang tak berkenan dan ada kekeliruan