Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sun Jan 24, 2021 2:11
Slalu sedia b29 colek aj mbah
Sabun pilihan persatuan kami montir2, kenek2 bengkel sluru indonesia
Btw, ampe sekelas beres ahond aj montirnya saya liat make sabun colek loh,
emang b29 masi ada mbah?
saya biasa pake deterjen kalo kotornya kelas berat. walopun tangan panas tapi cepet ngurai minyak.
kalo kotornya ringan pake sunlight aja.
untungnya sekarang udah males kotor-kotoran jadi tangan jarang kena deterjen, korbanin sarung tangan, aja kotor dikit buang.....
Ohh ud ga ad yah mbah ?pantesan
Biasa saya pake yg wings ekonomi atau merk apa lah itu, beli nya di warung koh akian dket rumah saya, murah meriah,, itu dipake buat tjuci kolong mobil aj mo sekotor apapun tetep rontok
DOHC wrote: Sun Jan 24, 2021 2:11
Slalu sedia b29 colek aj mbah
Sabun pilihan persatuan kami montir2, kenek2 bengkel sluru indonesia
Btw, ampe sekelas beres ahond aj montirnya saya liat make sabun colek loh,
emang b29 masi ada mbah?
saya biasa pake deterjen kalo kotornya kelas berat. walopun tangan panas tapi cepet ngurai minyak.
kalo kotornya ringan pake sunlight aja.
untungnya sekarang udah males kotor-kotoran jadi tangan jarang kena deterjen, korbanin sarung tangan, aja kotor dikit buang.....
Ohh ud ga ad yah mbah ?pantesan
Biasa saya pake yg wings ekonomi atau merk apa lah itu, beli nya di warung koh akian dket rumah saya, murah meriah,, itu dipake buat tjuci kolong mobil aj mo sekotor apapun tetep rontok
Terakhir liat di Asco Peugeot disana pake wings ekonomi yang warna pink, sempet ikutan cuci tangan soalnya...
emang b29 masi ada mbah?
saya biasa pake deterjen kalo kotornya kelas berat. walopun tangan panas tapi cepet ngurai minyak.
kalo kotornya ringan pake sunlight aja.
untungnya sekarang udah males kotor-kotoran jadi tangan jarang kena deterjen, korbanin sarung tangan, aja kotor dikit buang.....
Ohh ud ga ad yah mbah ?pantesan
Biasa saya pake yg wings ekonomi atau merk apa lah itu, beli nya di warung koh akian dket rumah saya, murah meriah,, itu dipake buat tjuci kolong mobil aj mo sekotor apapun tetep rontok
Terakhir liat di Asco Peugeot disana pake wings ekonomi yang warna pink, sempet ikutan cuci tangan soalnya...
Berarti kta bsa tarik benang merahnya
Kl buat tjuci perkakas abis ngebengkel, cocok nya wings ekonomi aj y
marmut wrote: Sun Jan 24, 2021 10:29
selama ini saya selalu mandiin perkakas pake bensin trus dilap kering.
husus manoskop, pakai lap katun yang sudah dibasahi sedikit penetrant.
kalau saya cuma di lap2 terus semprot penetran apa aja yang penting ada. kalau karatan banget, dikuas minyak rem, diemin, lap2, semprot penetran.
kalau sabun colek yg bikin sebel itu cenderung ada jejak licin dan residu putih2 (fosfat) kalau pembilasan tidak tuntas.
kunaskun wrote: Sun Jan 24, 2021 14:15
kalau saya cuma di lap2 terus semprot penetran apa aja yang penting ada. kalau karatan banget, dikuas minyak rem, diemin, lap2, semprot penetran.
kalau sabun colek yg bikin sebel itu cenderung ada jejak licin dan residu putih2 (fosfat) kalau pembilasan tidak tuntas.
untungnya semua perkakas milik pribadi ngga ada yang sampai berkarat parah.
ada karat, tapi sejak kali pertama saya pegang itu perkakas (lebih dari 20 tahun lalu) sampai dengan detik ini, tidak ada penambahan karat. ya segitu saja.
mandi bensin pun kalau sudah teramat parah kotornya.
nah, ngga enaknya sabun colek atau deterjen memang begitu, musti dibilas lagi.
cuma fotonya kurang ..... pas grease lama sdh dibersihkan kami mau lihat ada flat spots ngga, ada gosong ngga, atau bahkan besinya sdh berubah jd logam mulia belom.
lupa om gw foto jarak dekatnya. wkkwkw. sempet cek sih, ada bekas warna aja. ga sampe ada cacat gt. Kpn2 gw foto deh. hehe.
setel kosong tanpa roda dan setel dengan roda terpasang bisa beda hasil om, hati2.
karena nyetel bearing seperti ini, lain tangan lain hasil.
kalau saya, setelah dibersihkan semua ;
- regrease.
- pasang ke hub.
- kencengin murnya sampe sebatas nggak bisa muter lagi.
- pasang roda.
- kendorin mur sedikit-sedikit sampe bates menjelang oblak.
- pasang penguncinya.
- kencengin mur roda.
- bawa jalan keliling.
- dongkrak dan tes lagi oblak apa enggak.
Udah om, td pagi sempet gw cek. Kemaren setelah jalan muter2 bentar. ada gap dikittttt aja, lebih baik dr yg sebelumnya. Ga berani terlalu kenceng sih hehe.. Mungkin minggu ini gw cek ulang lg. Makasih om arahannya n tipsnya.
Kalau mesin bakalan lebih panas dalam kondisi low load + high RPM atau high load + low RPM ya?
menurut petunjuk bapak presiden, eh.... maksutnya petunjuk dari mbah shifu mahaguru, paling enak tembak thermogun. atau kalo ada port obd2 ya colok scanner. langsung ketauan....
Kemaren baru sempet bisa bandingin, pas pulang ke Bandung dari Jakarta, di tanjakan tol Purbaleunyi / Cipularang (yang bener mana sih namanya?) kan lumayan curam untuk ukuran jalan tol dengan grade mencapai 6%. Jadi harusnya cukup high load lah bagi mesin.
Kalau maticnya di D aja cenderung pengen bertahan di gigi 4 terus, rpm di sekitar 2000an tapi kalau pedal gas diinjek dalem juga ga keluar tenaganya (artinya lugging kan ya?) dan temperatur pun naik ke hampir 100º C. Begitu pilih sport mode langsung kick down ke 3000 rpm dan langsung ada tenaga sampai bisa naik ke 4000 rpm+ dan temperatur langsung turun ke 89º C lagi.
marmut wrote: Sun Jan 24, 2021 14:40
untungnya semua perkakas milik pribadi ngga ada yang sampai berkarat parah.
ada karat, tapi sejak kali pertama saya pegang itu perkakas (lebih dari 20 tahun lalu) sampai dengan detik ini, tidak ada penambahan karat. ya segitu saja.
mandi bensin pun kalau sudah teramat parah kotornya.
nah, ngga enaknya sabun colek atau deterjen memang begitu, musti dibilas lagi.
saya biasanya kunci inggris ukuran gede setelah bongkar pasang pompa air, keran semacamnya, karena kalau diisemprot penetran jadi licin malah bikin repot pas mau dipake karena berhubungan dengan air. mau ga mau cuma di lap, terus kelupaan malah jadi karatan
juga gunting tanaman, sekop taman, abis pake dibilas air, ga mungkin disemprot penetran karena beracun untuk tanaman = auto ditimpuk ibu negara. karena kejadian berapa kali, saya kesel, beliin aja d gunting kertas stainless yg gede, eh awet loh, ga karatan kalau sekop gitu2 gampang, beli di tukang taman yg murah beberapa biji,
sepi yha ..., kira2 kalo saya buka chamber bawah untuk ganti ball joint..,perlu tidak menstok 1 atau 2 chamber baru..? atau masih bisa memakai chamber yg lama..? krn ada sebagian bengkel di sini bilangnya kalo di buka chamber bisa rusak.. ,rencana mau buka sendiri bawak ke tukang press ganti di sana atas dan bawah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Sun Jan 24, 2021 10:20
Berarti kta bsa tarik benang merahnya
Kl buat tjuci perkakas abis ngebengkel, cocok nya wings ekonomi aj y
selama ini saya selalu mandiin perkakas pake bensin trus dilap kering.
husus manoskop, pakai lap katun yang sudah dibasahi sedikit penetrant.
bensin yah, ampuh sehh cuman uap nya itu mbah, suka bikin ketagihan, ntar takutnya malah keasikan kaya ade2 kelas di kampus asemreges sana
saya biasa (seingetnya) bersihin perkakas cuman modalin kit yg multipurpose cleaner aj yg semprot2 ama kaen majun.. so far so good sehh
nahh kl yg karatan parah, bawa ke mabes rendem.. eh maksut nya rendem di atf bekas trus di sikat sbisa nya aj
kalau dulu diajarin alm. bapak diolesin minyak tanah. tapi setelah minyak tanah langka, ganti penetran. tapi kalau ga nemu, ya pakai minyak goreng aja. jgn lupa dilap setelah dilumurin minyak. kalau sayang minyak goreng baru, pakai jelantah atau minyak goreng bekas. gurih2 n bau ikan dikit ga papa lahh......
selama ini saya selalu mandiin perkakas pake bensin trus dilap kering.
husus manoskop, pakai lap katun yang sudah dibasahi sedikit penetrant.
bensin yah, ampuh sehh cuman uap nya itu mbah, suka bikin ketagihan, ntar takutnya malah keasikan kaya ade2 kelas di kampus asemreges sana
saya biasa (seingetnya) bersihin perkakas cuman modalin kit yg multipurpose cleaner aj yg semprot2 ama kaen majun.. so far so good sehh
nahh kl yg karatan parah, bawa ke mabes rendem.. eh maksut nya rendem di atf bekas trus di sikat sbisa nya aj
kalau dulu diajarin alm. bapak diolesin minyak tanah. tapi setelah minyak tanah langka, ganti penetran. tapi kalau ga nemu, ya pakai minyak goreng aja. jgn lupa dilap setelah dilumurin minyak. kalau sayang minyak goreng baru, pakai jelantah atau minyak goreng bekas. gurih2 n bau ikan dikit ga papa lahh......
haii om yun
lama ga turun gunung, pakabar
nah kl migor, apa ga bikin lengket tuh om, scara dl engsel pintu seinget saya perna di olesin migor ama mbok di ruma, ilang seh kriet2 nya cuman lengket sana sini
Profith83 wrote: Wed Jan 27, 2021 9:39
Treker Per.jpg
Sudah lama tidak mengikuti trit ini.
Persiapan untuk service Shock breaker.
Mau bongkar sendiri Shock breaker Mobilio.
Apa saja yang perlu diperhatikan yah
Pengalaman yang pernah bongkar mobilio, racksteernya kering yah?
wahh si om ud upgrade terus DIY nya
saya aj belom perna pake treker gt ganti shock sendiri
tp dl perna diajarin ama montir, sblom dicpot, antara per ama support shock ditandain, nahh nanti pas ganti support atau copotin shock, ntuh 2 tanda musti ketemu pas dipasang lg
Profith83 wrote: Wed Jan 27, 2021 9:39
Treker Per.jpg
Sudah lama tidak mengikuti trit ini.
Persiapan untuk service Shock breaker.
Mau bongkar sendiri Shock breaker Mobilio.
Apa saja yang perlu diperhatikan yah
Pengalaman yang pernah bongkar mobilio, racksteernya kering yah?
wahh si om ud upgrade terus DIY nya
saya aj belom perna pake treker gt ganti shock sendiri
tp dl perna diajarin ama montir, sblom dicpot, antara per ama support shock ditandain, nahh nanti pas ganti support atau copotin shock, ntuh 2 tanda musti ketemu pas dipasang lg
Profith83 wrote: Wed Jan 27, 2021 9:39
Treker Per.jpg
Sudah lama tidak mengikuti trit ini.
Persiapan untuk service Shock breaker.
Mau bongkar sendiri Shock breaker Mobilio.
Apa saja yang perlu diperhatikan yah
Pengalaman yang pernah bongkar mobilio, racksteernya kering yah?
wahh si om ud upgrade terus DIY nya
saya aj belom perna pake treker gt ganti shock sendiri
tp dl perna diajarin ama montir, sblom dicpot, antara per ama support shock ditandain, nahh nanti pas ganti support atau copotin shock, ntuh 2 tanda musti ketemu pas dipasang lg
belom pernah ganti shock sendiri mbah?
oke ane catet ya .....
gimana sih rektor ketinggalan sm mahasiswa2nya
shock belakang ud sering mbah
sshock depan, suatu saat, stelah celengan babi nya penuh dl biar bisa beli treker cungkwo di lindeteves
Profith83 wrote: Wed Jan 27, 2021 9:39
Treker Per.jpg
Sudah lama tidak mengikuti trit ini.
Persiapan untuk service Shock breaker.
Mau bongkar sendiri Shock breaker Mobilio.
Apa saja yang perlu diperhatikan yah
Pengalaman yang pernah bongkar mobilio, racksteernya kering yah?
wahh si om ud upgrade terus DIY nya
saya aj belom perna pake treker gt ganti shock sendiri
tp dl perna diajarin ama montir, sblom dicpot, antara per ama support shock ditandain, nahh nanti pas ganti support atau copotin shock, ntuh 2 tanda musti ketemu pas dipasang lg
Catat om ... ditandai dulu
Masalahnya om kalau ganti di luaran di bengkel kaki kaki Jantra, dia minta ongkos 200 rb itu sebiji Shock Breaker.
Kiri kanan sudah 400 rb.
Nah saya beli alat Treker Per 330rb sudah plus ongkir. Merek Zeki.
Katanya Taiwan, kualitas sih lumayan bagus om.
Mending beli alat, Misal bosen simpen, jual lagi di OLX juga laku 253-300 rb an di Surabaya dalam kondisi bekas.
Soalnya barunya di Surabaya 400 lebih.
Harus berhemat om
gentongxz wrote: Tue Jan 26, 2021 6:59
sepi yha ..., kira2 kalo saya buka chamber bawah untuk ganti ball joint..,perlu tidak menstok 1 atau 2 chamber baru..? atau masih bisa memakai chamber yg lama..? krn ada sebagian bengkel di sini bilangnya kalo di buka chamber bisa rusak.. ,rencana mau buka sendiri bawak ke tukang press ganti di sana atas dan bawah
mungkin maksudnya camber adjustment bolt ya pak? alias baut camber?
dibuka saja dulu dan diperiksa, kalau memang sudah rusak karena aus atau bengkok ya diganti.
gentongxz wrote: Tue Jan 26, 2021 6:59
sepi yha ..., kira2 kalo saya buka chamber bawah untuk ganti ball joint..,perlu tidak menstok 1 atau 2 chamber baru..? atau masih bisa memakai chamber yg lama..? krn ada sebagian bengkel di sini bilangnya kalo di buka chamber bisa rusak.. ,rencana mau buka sendiri bawak ke tukang press ganti di sana atas dan bawah
mungkin maksudnya camber adjustment bolt ya pak? alias baut camber?
dibuka saja dulu dan diperiksa, kalau memang sudah rusak karena aus atau bengkok ya diganti.
sy ga bilang aja pdhl sy jg ga ngerti pak gentong ngomongin apa .......