Suryaputra wrote: Wed Jan 20, 2021 4:32
iya sebadak2nya mobil eropa tetap klo bicara maintenance cost pasti lbh mahal dibanding jepang.
nyusahin dompet intinya
yg paling simple dan fast moving, contoh: kapasitas oli, filter oli dan spec kebutuhan olinya aja udah beda
klo mobil jepang 1500 - 2500cc disumpelin Oli PTT 80rb seliter udah happy banget (x 4-5 liter)
ditambah parts lainnya klo beli ori ya pasti mahal, karena biar gmn kan sebagian import dr eropa dgn kurs euro lbh tinggi dibanding Yen
Memang, kalo punya mobil eropa itu kudu punya waktu cukup dan punya kenalan spesialis dan komunitas, karena kalo di spesialis, memang lebih mahal tetep dibanding mobil jepang, tapi gak sampe 2x lipet kok. Ada temennya temen saya ex user accord terus sekarang pake w204 seken, katanya dia biaya servicenya itu w204 di spesialis gak jauh beda kok sm accordnya dia dulu, malah in some case ada beberapa part yg mahalan accord daripada w204 wkwk
Makanya om, kalo mobil eropa, mending nyari copotan aja partnya atau minimal service di bengkel biasa wkwk , apalagi udh abis garansi, lebih murah atau punya kenalan spesialis dan komunitas lebih bagus karena bisa menghemat biaya maintenance daripada service di beres yg cukup mahal biayanya menurut saya
evanbngdor wrote: Wed Jan 20, 2021 1:23
Ya doi emang bandinginnya sama W211 nya yg tiap tahun minimal keluar 10-15 juta lah buat perbaiki ini itu dll nya
Ini HRV juga melongsorkan tahta sedan di garasi nya selama ini, baru kali ini doi ngga punya sedan. Sebelum W211 doi pake W203, sebelumnya lg W202. Dan doi sejauh ini ngerasa tenang sih setidaknya dalam waktu 3 tahun kedepan minimal ngga keluar 10-15jt per tahun buat peremajaan part
Wah, mercedes lover juga ya temen om. Iya sih, bakal lebih tenang at least gak keluar uang banyak buat benerin part, tapi perlu diketahui, kalo HRV, kalo km nya udah 50rb keatas bakal jajan dibagian kaki2 dan rack steering, tapi balik lg ke temen om dapet unit HRV yg bagus atau gak nya. Punya saya aja baru 20rb udh ganti bearing sm link stabnya, gatau deh kalo km 45-60rb bakal jajan apalagi wkkwwk, apalagi rack steering, balljoint, shock, driveshaft dan lower armnya secara semua bagian yang saya sebutkan tadi merupakan kelemahan utama hrv yaitu durability kaki2 yg agak kurang untuk mobil yg harga barunya 300jt lebih hehehe
evanbngdor wrote: Wed Jan 20, 2021 5:01
Iyep, dan selama pandemi ini juga ngga efektif itu w211. Karena WFH, jd driver juga di-non aktifkan, nyetir sendiri agak males doi.
Dipake rutin sama dipanasin doang juga rusak nya sama2 aja kata doi, akhirnya drpd semakin ngga ada harga nya itu mobil, akhirnya yaudah deh jual aja. Padahal udah 'invest' banyak ke mobil itu sebelumnya, mulai dr ban michelin, kaca film Huperoptik, Repaint&coating body. Eh cuma laku nya 65 ke pedagang
Waduh, murah amat harganya. itu W211 tahun berapa , tipe apa, dan kondisinya seperti apa? Soalnya w211 saya liat2 untuk yg paling tua sekalipun pasarannya masih sekitar 100an lebih paling rendah
Suryaputra wrote: Wed Jan 20, 2021 5:07
yah emg mobil buat dinikmati kenyamanannya.
soal dijual cepet laku atau nggak?
atau Resale value gmn?,
peace of mind dll... udh gak relevan
memang. cuma di Indo ini dilema om, kalo mobil yg peace of mine, rv bagus biasanya gak nyaman, sementara disisi lain mobil yg nyaman biasanya gak peace of mine dan rv nya jatuh wkwkkw
evanbngdor wrote: Wed Jan 20, 2021 6:31
Mungkin menurut doi udah ngga nyaman dengan kondisi yg ada, mobil udah kyk money pit. Tiap kali dipake pasti ada aja problem nya, padahal udah ngerawat bener2 dari dulu.
Jd kenyamanannya didapat saat ganti HRV, ngga ada kecemasan sama sekali.
problemnya apa aja om? hehehe, kebetulan udh ada rencana buat main mercy seken juga yg gatau bakal terealisasi kapan

. kalo w211 sih denger2 emg terkenal rewel om, beda sm w212 yg terkenal reliable. Kalo gk ada kecemasan sama sekali saya kurang setuju, pasti bakal ada jajannya dibagian kaki2 sm rack steering apalagi umurnya udh 5 tahun tapi tergantung hokinya temen om dapet unit bagus atau gak, yg pasti, biaya perbaikannya gak semahal w211 hehehe, apalagi kalo punya kenalan spesialis, selisihnya lumayan tuh dibanding beres hehehe
erwinign wrote: Wed Jan 20, 2021 6:42
laku 65 om? kaya asking price w124 boxer kondisi biasa aja ya
bukan biasa aja lagi win, wkwkwk. kalo 200e atau 220e boxer PFL udh dapet yg mint condition budget segitu. kalo kondisi biasa udh dapet 300e pfl malah hehehe, atau kalo hoki bisa dapet E220 FL kondisi biasa aja dan layak jalan budget segitu. kalo ga bahannya w210 yg banyak pr jg dapet bugdet 65an wkwk, atau gak kalo hoki bisa dapet w210 yg kondisi biasa dan layak jalan juga cuma pajak mati

setau gw
evanbngdor wrote: Wed Jan 20, 2021 7:16
Iya Om, karena butuh cepet juga akhirnya 65 juta ada yg minat langsung dilepas deh.
Kalo kelamaan keburu waktu nya bayar pajak STNK lg katanya, progressif pula
waduh, jadi penasaran saya, tipe dan tahunnya apa ya, karena jatoh bgt harganya untuk w211 ini untuk tahun berapapun menurut saya