Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Poporing wrote: Sat Jan 16, 2021 16:27
gara2 bahas emon jadi parno dah...
ngecek emon yg kiri, eh marker kuning bawaan pabrik udah geser (lingkaran merah)...
trus kayaknya uda geser2 kemana2... kayak ada bekas besi tergesek (lingkaran biru)
2021-01-16 at 23.16.39.jpg
apakah ini yg bikin ni mobil lebih bergetar dbanding sebelum ganti cvt?
apakah ganti cvt jg harus nurunin blok mesin?
atau jangan2 pas servis kena banjir ni mesin jadi goyang? hahahahhaha
atau ini bukan emon?
*sebuah keparnoan gara2 emon*
cvt kl pernah turun itu pasti dibuka om. kan mounting nya itu (nyebutnya emon pdhl yg itu kl mau tepat namanya transmission mounting. kl yg kanan deket tabung wiper baru emon)
kl udah dibuka krn nurunin cvt, trus dipasang lagi, even pakai TW juga belum tentu bisa line up lagi marking2nya. tp bedanya dikit 1-2 mm, ga jauh gitu juga sih ....
Omnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 16:53
cvt kl pernah turun itu pasti dibuka om. kan mounting nya itu (nyebutnya emon pdhl yg itu kl mau tepat namanya transmission mounting. kl yg kanan deket tabung wiper baru emon)
kl udah dibuka krn nurunin cvt, trus dipasang lagi, even pakai TW juga belum tentu bisa line up lagi marking2nya. tp bedanya dikit 1-2 mm, ga jauh gitu juga sih ....
berdoa aja bengkelnya pake TW ngencenginnya
Ow buat mount transmisi... thx om
yasuda lupain aja, selama ga bunyi2.. hahahahahaha
Btw om prof, klo misal over torque atau under, apa gejala dan dampaknya?
Berdoa dulu ah semoga waktu itu beres-nya kerja sesuai SOP.. hahaha
Poporing wrote: Sat Jan 16, 2021 17:42
Ow buat mount transmisi... thx om
yasuda lupain aja, selama ga bunyi2.. hahahahahaha
Btw om prof, klo misal over torque atau under, apa gejala dan dampaknya?
Berdoa dulu ah semoga waktu itu beres-nya kerja sesuai SOP.. hahaha
iya mounting transmisi (emon juga sih itu krn kan transmisi dibaut jg ke mesin jd 1 kesatuan akhirnya). waktu ganti transmisi (cvt) mur itu pasti dibuka.
utk emon lbh mending over torque, paling kl ga kuat murnya atau ulir stud nya dol.
kl under torque ya jd bunyi2 dan geter krn kan ga nempel jd ada gap disitunya.
udah ga usah parno selama ga bunyi. kl msh penasaran coba masukin sepotong kertas hvs di plat bawahnya itu (plat, bukan bawah mur), masuk ga itu kertas, kl masuk berarti ada gap. wkwkwkwk
Poporing wrote: Sat Jan 16, 2021 17:42
Ow buat mount transmisi... thx om
yasuda lupain aja, selama ga bunyi2.. hahahahahaha
Btw om prof, klo misal over torque atau under, apa gejala dan dampaknya?
Berdoa dulu ah semoga waktu itu beres-nya kerja sesuai SOP.. hahaha
iya mounting transmisi (emon juga sih itu krn kan transmisi dibaut jg ke mesin jd 1 kesatuan akhirnya). waktu ganti transmisi (cvt) mur itu pasti dibuka.
utk emon lbh mending over torque, paling kl ga kuat murnya atau ulir stud nya dol.
kl under torque ya jd bunyi2 dan geter krn kan ga nempel jd ada gap disitunya.
udah ga usah parno selama ga bunyi. kl msh penasaran coba masukin sepotong kertas hvs di plat bawahnya itu (plat, bukan bawah mur), masuk ga itu kertas, kl masuk berarti ada gap. wkwkwkwk
Ini mah malah bikin parno mbah plop...krn kl kertas hvs yg tipis bisa masuk berarti emon nya minta???
Jd inget emon kiri si Lipindut yg di atas transmisi.
Tahun lalu ganti Kopling Set jd transmisi turun.
Pas turun kata Beres cm butuh ganti seal as roda kiri depan aja tp tak ganti sekalian kanan kiri.
Ngga disinggung sama sekali itu emon.
Baru pas ganti ban 4 biji di BOS dibilang emon transmisi perlu ganti pak.
Lupa kemaren minta liat mbah marmut....
Tanya mbah rektor dulu....emon Lipindut kiri kl minta ganti gejalanya apa? So far mobil ngga getar cm emang bunyi kriyet2 yg karet stabil itu ngeselin dan perlu dicek waktu turun crossmember nanti
om dan mbah yang bergentayangan di forum SM .. kalo saya buang keluar/di tampung buat penampungan kecil letak di samping sisa uap oli selang yg itam..,aman gak yha..?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 19:41
iya mounting transmisi (emon juga sih itu krn kan transmisi dibaut jg ke mesin jd 1 kesatuan akhirnya). waktu ganti transmisi (cvt) mur itu pasti dibuka.
utk emon lbh mending over torque, paling kl ga kuat murnya atau ulir stud nya dol.
kl under torque ya jd bunyi2 dan geter krn kan ga nempel jd ada gap disitunya.
udah ga usah parno selama ga bunyi. kl msh penasaran coba masukin sepotong kertas hvs di plat bawahnya itu (plat, bukan bawah mur), masuk ga itu kertas, kl masuk berarti ada gap. wkwkwkwk
Ini mah malah bikin parno mbah plop...krn kl kertas hvs yg tipis bisa masuk berarti emon nya minta???
Jd inget emon kiri si Lipindut yg di atas transmisi.
Tahun lalu ganti Kopling Set jd transmisi turun.
Pas turun kata Beres cm butuh ganti seal as roda kiri depan aja tp tak ganti sekalian kanan kiri.
Ngga disinggung sama sekali itu emon.
Baru pas ganti ban 4 biji di BOS dibilang emon transmisi perlu ganti pak.
Lupa kemaren minta liat mbah marmut....
Tanya mbah rektor dulu....emon Lipindut kiri kl minta ganti gejalanya apa? So far mobil ngga getar cm emang bunyi kriyet2 yg karet stabil itu ngeselin dan perlu dicek waktu turun crossmember nanti
hahahahha
ngeri2 sedep ya om
kalo ud kendor emgnya lgsg dganti ya?
siapa tau cm kendor.. butuh dikencengin dgn proper doank...
blloewy wrote: Sat Jan 16, 2021 23:54
Ini mah malah bikin parno mbah plop...
Poporing wrote: Sun Jan 17, 2021 2:06
hahahahha
ngeri2 sedep ya om
kalo ud kendor emgnya lgsg dganti ya?
siapa tau cm kendor.. butuh dikencengin dgn proper doank...
maka itu coba intip2 dulu karetnya si emon ada crack atau malah udah abis. selama karet msh ada dan ga retak berarti ga usah ganti, cukup kencengin mur/baut.
bisa jg goyang2 (dorong depan belakang) mesinnya kl bunyi atau ada pergerakan yg over naaahh. tp ati2 posisi tangan jgn numpu di intake yg plastik ntar patah intake nya. pegangnya utk dorong2 kira2 di area yg kuat / besi.
gentongxz wrote: Sun Jan 17, 2021 1:05
om dan mbah yang bergentayangan di forum SM .. kalo saya buang keluar/di tampung buat penampungan kecil letak di samping sisa uap oli selang yg itam..,aman gak yha..?
halo pak gentong, sy baru aja posting ttg yg sama di LINK INI KLIK AJA meskipun itu diesel tp kurleb mirip2 lah.
postingan dkt paling terakhir.
Omnibus wrote: Sun Jan 17, 2021 3:04
maka itu coba intip2 dulu karetnya si emon ada crack atau malah udah abis. selama karet msh ada dan ga retak berarti ga usah ganti, cukup kencengin mur/baut.
bisa jg goyang2 (dorong depan belakang) mesinnya kl bunyi atau ada pergerakan yg over naaahh. tp ati2 posisi tangan jgn numpu di intake yg plastik ntar patah intake nya. pegangnya utk dorong2 kira2 di area yg kuat / besi.
kalo dari poto sy kmrn, berarti karet mountingnya dilihat dari kolong ya om?
saya ga pusing.. kan ud dcuekin... hahahhaha
tp berasa geternya emang.. soalnya dulu sering tidur di mobil sembari nunggu masuk jam kerja.. dan ga berasa getarannya..
nah ini berasa dikit pas idle... tp belum mengganggu sih om..
Poporing wrote: Sun Jan 17, 2021 3:43
kalo dari poto sy kmrn, berarti karet mountingnya dilihat dari kolong ya om?
saya ga pusing.. kan ud dcuekin... hahahhaha
tp berasa geternya emang.. soalnya dulu sering tidur di mobil sembari nunggu masuk jam kerja.. dan ga berasa getarannya..
nah ini berasa dikit pas idle... tp belum mengganggu sih om..
ini part nya kl dilepas semua. yg merah itu posisi mur yg diomongin kemarin. yg ijo itu karet yg musti di cek tp itu kan nembus ke sisi deket mur. ga mungkin keliatan semua kecuali dilepas jd intip2 sikiiiitt aja.
images (1)~2.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Poporing wrote: Sun Jan 17, 2021 3:43
kalo dari poto sy kmrn, berarti karet mountingnya dilihat dari kolong ya om?
saya ga pusing.. kan ud dcuekin... hahahhaha
tp berasa geternya emang.. soalnya dulu sering tidur di mobil sembari nunggu masuk jam kerja.. dan ga berasa getarannya..
nah ini berasa dikit pas idle... tp belum mengganggu sih om..
ini part nya kl dilepas semua. yg merah itu posisi mur yg diomongin kemarin. yg ijo itu karet yg musti di cek tp itu kan nembus ke sisi deket mur. ga mungkin keliatan semua kecuali dilepas jd intip2 sikiiiitt aja.
Agak sulit jg ya ngliatnya.. hahaha
Pankapan deh sy cek...
Berarti yg dicek apakah:
1. ada retak
2. ada deformasi yg bikin jd tipis di satu sisi atau
3. posisinya normal apa engga ya om?
Poporing wrote: Sun Jan 17, 2021 3:43
kalo dari poto sy kmrn, berarti karet mountingnya dilihat dari kolong ya om?
saya ga pusing.. kan ud dcuekin... hahahhaha
tp berasa geternya emang.. soalnya dulu sering tidur di mobil sembari nunggu masuk jam kerja.. dan ga berasa getarannya..
nah ini berasa dikit pas idle... tp belum mengganggu sih om..
ini part nya kl dilepas semua. yg merah itu posisi mur yg diomongin kemarin. yg ijo itu karet yg musti di cek tp itu kan nembus ke sisi deket mur. ga mungkin keliatan semua kecuali dilepas jd intip2 sikiiiitt aja.
Agak sulit jg ya ngliatnya.. hahaha
Pankapan deh sy cek...
Berarti yg dicek apakah:
1. ada retak
2. ada deformasi yg bikin jd tipis di satu sisi atau
3. posisinya normal apa engga ya om?
gentongxz wrote: Sun Jan 17, 2021 1:05
om dan mbah yang bergentayangan di forum SM .. kalo saya buang keluar/di tampung buat penampungan kecil letak di samping sisa uap oli selang yg itam..,aman gak yha..?
halo pak gentong, sy baru aja posting ttg yg sama di LINK INI KLIK AJA meskipun itu diesel tp kurleb mirip2 lah.
postingan dkt paling terakhir.
apakah hawa oli itu membantu menambah tekanan ke piston? systemnya seperti kompresi dari uap oli( suhu tinggi mengakibatkan tekanan)--> di buang ke atas melalui selang cover--> di salurkan TB ( berarti di sana terjadi percampuran antara uap oli(panas), uap bensin (dingin) dan angin dingin)..asumsi 1 kalo seperti itu apakah setidaknya uap oli bisa lgs di buang ke luar saja Pak..? dan intakMF lebih bersih..?asumsi ke 2 kalo ada pengaruh yg besar didalam misal pelumasan dinding piston atas dan stang klep yha bahaya juga di lepas yha..? palingan kita harus rajin bersihkan intakMF dan TB.. ..,cari aman aja dah
blloewy wrote: Sat Jan 16, 2021 23:54
Ini mah malah bikin parno mbah plop...
Poporing wrote: Sun Jan 17, 2021 2:06
hahahahha
ngeri2 sedep ya om
kalo ud kendor emgnya lgsg dganti ya?
siapa tau cm kendor.. butuh dikencengin dgn proper doank...
maka itu coba intip2 dulu karetnya si emon ada crack atau malah udah abis. selama karet msh ada dan ga retak berarti ga usah ganti, cukup kencengin mur/baut.
bisa jg goyang2 (dorong depan belakang) mesinnya kl bunyi atau ada pergerakan yg over naaahh. tp ati2 posisi tangan jgn numpu di intake yg plastik ntar patah intake nya. pegangnya utk dorong2 kira2 di area yg kuat / besi.
blloewy wrote: Sat Jan 16, 2021 23:54
Ini mah malah bikin parno mbah plop...
Poporing wrote: Sun Jan 17, 2021 2:06
hahahahha
ngeri2 sedep ya om
kalo ud kendor emgnya lgsg dganti ya?
siapa tau cm kendor.. butuh dikencengin dgn proper doank...
maka itu coba intip2 dulu karetnya si emon ada crack atau malah udah abis. selama karet msh ada dan ga retak berarti ga usah ganti, cukup kencengin mur/baut.
bisa jg goyang2 (dorong depan belakang) mesinnya kl bunyi atau ada pergerakan yg over naaahh. tp ati2 posisi tangan jgn numpu di intake yg plastik ntar patah intake nya. pegangnya utk dorong2 kira2 di area yg kuat / besi.
gentongxz wrote: Sun Jan 17, 2021 5:15
apakah hawa oli itu membantu menambah tekanan ke piston? systemnya seperti kompresi dari uap oli( suhu tinggi mengakibatkan tekanan)--> di buang ke atas melalui selang cover--> di salurkan TB ( berarti di sana terjadi percampuran antara uap oli(panas), uap bensin (dingin) dan angin dingin)..asumsi 1 kalo seperti itu apakah setidaknya uap oli bisa lgs di buang ke luar saja Pak..? dan intakMF lebih bersih..?asumsi ke 2 kalo ada pengaruh yg besar didalam misal pelumasan dinding piston atas dan stang klep yha bahaya juga di lepas yha..? palingan kita harus rajin bersihkan intakMF dan TB.. ..,cari aman aja dah
bisa jadi juga pak
yg jelas apapun itu kl sdh tau pasti berharap oli yg dipakai terbuat dr sesuatu yg sesedikit mungkin meninggalkan residue setelah di cooked. kecuali emang doyan scrapping carbon deposit
maka itu coba intip2 dulu karetnya si emon ada crack atau malah udah abis. selama karet msh ada dan ga retak berarti ga usah ganti, cukup kencengin mur/baut.
bisa jg goyang2 (dorong depan belakang) mesinnya kl bunyi atau ada pergerakan yg over naaahh. tp ati2 posisi tangan jgn numpu di intake yg plastik ntar patah intake nya. pegangnya utk dorong2 kira2 di area yg kuat / besi.
DOHC wrote: Sun Jan 17, 2021 5:32
Makanya mending ikut pakem saya aj
Kl cuman retak2 alus sikit, atau mendem, jangan diganti dl
Tunggu pecah jebol berceceran baru dganti
Mobil jd ga manja, jadi jantan
mana enak sih nyetirin mobil geter2 bunyi2 sana sini.
kl sy krn belom sanggup beli maybach ya odong2 yg ada dibikin senyaman mungkin. krn kl mau nyari geter n bunyi tinggal naik bajaj .....
Gara2 si mbah Ngomongin emon, jd inget mobil box kijang 5K saya yg lg ngaso d semarang, supir saya sempet cerita kl lg baru start jalan, atau lewatin jalan jelek, ntuh kedengeran glodak2 glodak d kolong.. padahal as kopel joint nya baru dganti smua
Apa jangan2 monting nya ud kena yah
Ntuh mobil paling jantan d ruma saya tuh dl, emon smua ting2 dr br kuar fabrik, circa jaman civic genio masi 36 jt otr jakarta
Karena ngobrolin tentang suara cekleknya 730/12 kalau di settingan torsi rendah (25-30Nm) sama Om Dat510, jadinya tadi pagi coba buka-pasang busi deh... sekalian mumpung sejak ga bisa starter akhir November lalu, businya belum dikencengin pake TW
Begitu dibuka, semua businya basah sama oli, ini foto sebelum dilap. Setelah dilap ga foto lagi, tampilan tetep mirip cuma ga basah aja. Terakhir ganti oli akhir Agustus, September top up sekitar 500 ml, tapi sampai sekarang ga berkurang levelnya. Kalau gini gimana bedain carbon atau oil fouling ya? Urutan nomer silindernya dari kanan ke kiri (4-3-2-1)
IMG_5665.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Taufiq6210 wrote: Mon Jan 18, 2021 5:03
Karena ngobrolin tentang suara cekleknya 730/12 kalau di settingan torsi rendah (25-30Nm) sama Om Dat510, jadinya tadi pagi coba buka-pasang busi deh... sekalian mumpung sejak ga bisa starter akhir November lalu, businya belum dikencengin pake TW
Begitu dibuka, semua businya basah sama oli, ini foto sebelum dilap. Setelah dilap ga foto lagi, tampilan tetep mirip cuma ga basah aja. Terakhir ganti oli akhir Agustus, September top up sekitar 500 ml, tapi sampai sekarang ga berkurang levelnya. Kalau gini gimana bedain carbon atau oil fouling ya? Urutan nomer silindernya dari kanan ke kiri (4-3-2-1)
IMG_5665.JPG
kl kata nubie yg pengetahuannya terbatas ini, cmiiw, carbon fouling mempengaruhi semua busi. sedangkan di foto itu no 1 n 4 ceramic insulator tengahnya kan msh putih artinya bukan carbon fouling.
plus oil fouling pasti basah, spt no 2 n 3.
side note: hati2 ngencengin pakai TW dlm keadaan ulir basah oli. meski sdh set torque value aslinya bisa jd overtorque krn adanya oli.
Omnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 5:11
side note: hati2 ngencengin pakai TW dlm keadaan ulir basah oli. meski sdh set torque value aslinya bisa jd overtorque krn adanya oli.
Tadi waktu masang lagi cuma ngelap businya aja... tapi sekarang jadi kepikiran kalau ulir di busi basah, berarti ulir di head juga harusnya basah dong
Taufiq6210 wrote: Mon Jan 18, 2021 5:03
Karena ngobrolin tentang suara cekleknya 730/12 kalau di settingan torsi rendah (25-30Nm) sama Om Dat510, jadinya tadi pagi coba buka-pasang busi deh... sekalian mumpung sejak ga bisa starter akhir November lalu, businya belum dikencengin pake TW
Begitu dibuka, semua businya basah sama oli, ini foto sebelum dilap. Setelah dilap ga foto lagi, tampilan tetep mirip cuma ga basah aja. Terakhir ganti oli akhir Agustus, September top up sekitar 500 ml, tapi sampai sekarang ga berkurang levelnya. Kalau gini gimana bedain carbon atau oil fouling ya? Urutan nomer silindernya dari kanan ke kiri (4-3-2-1)
IMG_5665.JPG
kl kata nubie yg pengetahuannya terbatas ini, cmiiw, carbon fouling mempengaruhi semua busi. sedangkan di foto itu no 1 n 4 ceramic insulator tengahnya kan msh putih artinya bukan carbon fouling.
plus oil fouling pasti basah, spt no 2 n 3.
side note: hati2 ngencengin pakai TW dlm keadaan ulir basah oli. meski sdh set torque value aslinya bisa jd overtorque krn adanya oli.
kalo saya kencengin busi biasa pakai kunci asli bawaan toyota..,sesuai dengan yang di kotak NGK ( mau yg NGK atau denso + pakai penggaris jangka busur untuk pemandu sudutnya ) sama aja caranya..bisanya di lap dulu ulir busi dan lubangnya..