suhu... ijinkan saya memanggil suhu dengan sebutan suhu [emoji846]marmut wrote:Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49ada varnish atau sampai sludge ?free2d wrote: Wed Jan 13, 2021 12:18 Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
suhu, saya mau ganti oli caranya gimana? mohon petunjuk suhu....
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Outlander Sport 2015
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ati2 mbah suhu .... konon kl ngajarin bisa ikutan nanggung dosa kl salah.Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 15:37marmut wrote: Wed Jan 13, 2021 15:09
suhu, saya mau ganti oli caranya gimana? mohon petunjuk suhu....![]()
mbah suhu teriak suhu

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksudJambangan wrote: Wed Jan 13, 2021 2:35Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya modDOHC wrote: Wed Jan 13, 2021 1:01Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TBOmnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 6:04
kl maf wajib pake maf cleaner. merk CRC ada.
kl TB banyak, CRC jg ada. kl sy nyemprotnya ke kain lap dulu baru kainnya dilap ke TB nya.
Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB
Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran
Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
oli murahnya merk DGO ya?Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49ada varnish atau sampai sludge ?free2d wrote: Wed Jan 13, 2021 12:18 Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
mesran super aja omvshiva wrote: Thu Jan 14, 2021 1:58oli murahnya merk DGO ya?Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49ada varnish atau sampai sludge ?free2d wrote: Wed Jan 13, 2021 12:18 Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.![]()

beli di spbu pas lewat jg murah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
klo mesin udh panas dan masih / makin kenceng bunyi tek tek atau klek klek dan sejenis.. siap2in mental dan dompetDOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 1:48Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksudJambangan wrote: Wed Jan 13, 2021 2:35Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya modDOHC wrote: Wed Jan 13, 2021 1:01
Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TB
Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB
Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran
Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
tuang oli biasa pake SAE brp?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
SAE brp pun gakda masalah.
yg ptg oli beneran buat buang ampas di oil pan.
1-2 liter cukup (tergantung kapasitas oil pan nya)
memang gak semuanya / 100% bersih,
tp setidaknya ampas oli yg dibuang lbh banyak.
ibarat buang "sesuatu" klo setengah2 kan msh bikin mules.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 3:48gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:13Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..Suryaputra wrote: Mon Jan 11, 2021 14:01
- PTT Eco API SP 0w20
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)
Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20
Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20
met coba 0w20 mas![]()
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)![]()
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditiftompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 5:57Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 3:48gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:13
Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)![]()
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.

dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.
kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 974
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkwSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 6:03Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditiftompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 5:57Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 3:48
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)![]()
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.
kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
stabilizer emang mejikwell wrote: Thu Jan 14, 2021 7:17Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkwSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 6:03Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditiftompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 5:57
Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...
dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.
kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan![]()
klo di petrol bs irit bbm dan resing loh om
apalagi yg warna merah makin terasa nambah powah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Nanti akan pusing lagi om.....akan banyak yg produksi power bank omSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 7:29stabilizer emang mejikwell wrote: Thu Jan 14, 2021 7:17Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkwSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 6:03
Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditif
dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.
kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan![]()
klo di petrol bs irit bbm dan resing loh om
apalagi yg warna merah makin terasa nambah powah![]()

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Genset mini aja om.. ber-bbm dieseltompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 9:29Nanti akan pusing lagi om.....akan banyak yg produksi power bank omSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 7:29stabilizer emang mejikwell wrote: Thu Jan 14, 2021 7:17
Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkw
klo di petrol bs irit bbm dan resing loh om
apalagi yg warna merah makin terasa nambah powah![]()
![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
belom tentu mbahSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:20klo mesin udh panas dan masih / makin kenceng bunyi tek tek atau klek klek dan sejenis.. siap2in mental dan dompetDOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 1:48Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksudJambangan wrote: Wed Jan 13, 2021 2:35
Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya mod
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran
Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu![]()
siapa tau cuman gara2 pake DGO doank
#membabi buta paska lepas kongsi






numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ok then.. as said by suhu kelepDOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 10:44belom tentu mbahSuryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:20klo mesin udh panas dan masih / makin kenceng bunyi tek tek atau klek klek dan sejenis.. siap2in mental dan dompetDOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 1:48
Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksud
Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran
Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu![]()
siapa tau cuman gara2 pake DGO doank
#membabi buta paska lepas kongsi
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
avoid DGO at all cost

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ha ha ha ha
lesson learned: " ....... you don't wanna go too cheap." (scotty kilmer)
lesson learned: " ....... you don't wanna go too cheap." (scotty kilmer)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Om double klep,
Saya pakai dgo di gna. Setelah ganti, konsumsi bensin 1:17. Tetapi setelah jalan 500 km, konsumsi bensin cuma 1:16.
Apakah memang dgo ini oli racing yg kandungan ether tinggi, tapi pendek umurnya?
Kalau harus ganti tiap 500 km, lebih murah beli amsoil ganti tiap 5000 km dong
Saya pakai dgo di gna. Setelah ganti, konsumsi bensin 1:17. Tetapi setelah jalan 500 km, konsumsi bensin cuma 1:16.
Apakah memang dgo ini oli racing yg kandungan ether tinggi, tapi pendek umurnya?
Kalau harus ganti tiap 500 km, lebih murah beli amsoil ganti tiap 5000 km dong
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 149
- Joined: Thu Sep 03, 2020 2:32
- Location: JAKARTA
- Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ikutan nimbrung tanya juga dong,Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:12mesran super aja omvshiva wrote: Thu Jan 14, 2021 1:58oli murahnya merk DGO ya?Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49
ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.![]()
![]()
beli di spbu pas lewat jg murah.
ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?
Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Tergantung nanyanya ke siapa dulu nih om... kalau kata mbah suhu Omnibus sih gak perlu pake acara guyur2 oli murah. Beliau pake Amsoil Signature Series tapi OCI diperpendek dari seharusnya bisa 10 ribu/12 bulan jadi 5 ribu/6 bulan aja.chrisha wrote:ikutan nimbrung tanya juga dong,
ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?
Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah?
Oli lama selalu masih wangi waktu OCI, mesin selalu bersih kinclong, carter oli gak bakalan ada endapan2 kotoran. Langsung tuang lagi Amsoil Signature Series yang fresh tanpa acara guyur2 oli murah (DGO/DOHC Genuine Oli).
Malah takut diguyur2 DGO gitu kontaminasi engine nya ama oli kere hore nanti gak kinclong lagi, lagian sisa2 Amsoil Signature series yang masih nempel di engine itu additive2 jauh lebih berharga daripada DGO kere hore... jadi anti di guyur2 gitu... masup akal juga sih yah [emoji4]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
betuullbenzz89 wrote: Fri Jan 15, 2021 6:34Tergantung nanyanya ke siapa dulu nih om... kalau kata mbah suhu Omnibus sih gak perlu pake acara guyur2 oli murah. Beliau pake Amsoil Signature Series tapi OCI diperpendek dari seharusnya bisa 10 ribu/12 bulan jadi 5 ribu/6 bulan aja.
ikutan nimbrung tanya juga dong,
ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?
Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah?
Oli lama selalu masih wangi waktu OCI, mesin selalu bersih kinclong, carter oli gak bakalan ada endapan2 kotoran. Langsung tuang lagi Amsoil Signature Series yang fresh tanpa acara guyur2 oli murah (DGO/DOHC Genuine Oli).
Malah takut diguyur2 DGO gitu kontaminasi engine nya ama oli kere hore nanti gak kinclong lagi, lagian sisa2 Amsoil Signature series yang masih nempel di engine itu additive2 jauh lebih berharga daripada DGO kere hore... jadi anti di guyur2 gitu... masup akal juga sih yah [emoji4]

n sedikit nambahin, konon seal rembes (atau bocor) salah satu faktornya krn suka gonta ganti oli mineral ke fulsyn. jd kl guyurnya pake oli kelas sudra kl ane sih ogah, kecuali guyurnya pake keraton lagi

ibarat botol biasa diisi martel udah kosong jg msh ada wanginya (aditip yg udah nempel krn pemakaian rutin) masa mau diisi miras oplosan.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
klo amsoil XL nya dipakai sampai mentok 1 tahun, pasti ada endapan, jadi perlu diguyur oli baru even kelas kere hore ya gpp,chrisha wrote: Fri Jan 15, 2021 6:11ikutan nimbrung tanya juga dong,
ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?
Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah?![]()
karena klo diguyur gtu (mesin gak nyala), itu cuman numpang lewat doang ngebantu buang endapan oli lama di oil pan,
dan hanya sedikit sekali yg ikut nyampur di oil pan nya.
biar dikata oli keraton, bahan mentah nya kan sama2 dari perut bumi, bukan dari planet mars

kecuali... klo diguyur 4 liter, dan mesin dinyalain, baru nyampur semua itu aditif oli keraton yg dah nempel, dgn oli mineral kelas rakyat

yah apapun caranya bebas aja sih & balik lg ke pilihan masing2,
yg ptg hindari pakai aditif engine flush, karena resiko seal rembes besar sekali itu.
Last edited by Suryaputra on Fri Jan 15, 2021 7:30, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Omnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 6:49
ibarat botol biasa diisi martel udah kosong jg msh ada wanginya (aditip yg udah nempel krn pemakaian rutin) masa mau diisi miras oplosan.
masaaaa.....

bukannya biasa kamput atau tomi?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
hiiiyyy oli kere hore kena2 timing chain n ngambang di valvetrain. jijayy ....Suryaputra wrote: Fri Jan 15, 2021 7:22
klo amsoil XL nya dipakai sampai mentok 1 tahun, pasti ada endapan, jadi perlu diguyur oli baru even kelas kere hore ya gpp,
karena klo diguyur gtu (mesin gak nyala), itu cuman numpang lewat doang, dan hanya sedikit sekali yg ikut nyampur di oil pan nya.
dan biar dikata oli keraton, bahan mentah nya kan sama2 dari perut bumi, bukan dari planet mars![]()
kecuali... klo diguyur 4 liter, dan mesin dinyalain, baru nyampur semua itu aditif oli keraton yg dah nempel, dgn oli mineral kelas rakyat
yah apapun caranya bebas aja sih & balik lg ke pilihan masing2,
yg ptg hindari pakai aditif engine flush, karena resiko seal rembes besar sekali itu.

ampuuunnn mbah suhu ...... bcanda mbah.


om benz, tuh denger begitu penjelasannya, bahan oli bukan dr mars.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12551
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
nunggu om elon musk bikin spacecraft ke mars,Omnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 7:29hiiiyyy oli kere hore kena2 timing chain n ngambang di valvetrain. jijayy ....Suryaputra wrote: Fri Jan 15, 2021 7:22
klo amsoil XL nya dipakai sampai mentok 1 tahun, pasti ada endapan, jadi perlu diguyur oli baru even kelas kere hore ya gpp,
karena klo diguyur gtu (mesin gak nyala), itu cuman numpang lewat doang, dan hanya sedikit sekali yg ikut nyampur di oil pan nya.
dan biar dikata oli keraton, bahan mentah nya kan sama2 dari perut bumi, bukan dari planet mars![]()
kecuali... klo diguyur 4 liter, dan mesin dinyalain, baru nyampur semua itu aditif oli keraton yg dah nempel, dgn oli mineral kelas rakyat
yah apapun caranya bebas aja sih & balik lg ke pilihan masing2,
yg ptg hindari pakai aditif engine flush, karena resiko seal rembes besar sekali itu.
ampuuunnn mbah suhu ...... bcanda mbah.![]()
![]()
om benz, tuh denger begitu penjelasannya, bahan oli bukan dr mars.
![]()
mungkin nemu bahan mentah oli super special dari sono



Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri