Suryaputra wrote:
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.