Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Sesuai judulnya
ane nemu instagram salah satu bengkel dia menawarkan jasa Kalibrasi Injector
pertanyaannya, kira2 dikalibrasi kalau sudah ada gejala apa ya?
lalu tiap berapa puluh ribu KM baru di kalibrasi ?
kalo service di bengkel resmi biasanya injector mereka kalibrasi kah ?
terakhir, harga range berapa ya? untuk mobil2 city car 4 silinder
ane nemu instagram salah satu bengkel dia menawarkan jasa Kalibrasi Injector
pertanyaannya, kira2 dikalibrasi kalau sudah ada gejala apa ya?
lalu tiap berapa puluh ribu KM baru di kalibrasi ?
kalo service di bengkel resmi biasanya injector mereka kalibrasi kah ?
terakhir, harga range berapa ya? untuk mobil2 city car 4 silinder
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 968
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
pandangan saya pribadi sebagai org awam, kalau tidak ada kendala tidak perlu dibongkar, karena biasanya pasangan pabrik dengan kalau sudah dibongkar manual hasilnya tidak bisa sebagus kerjaan pabrik. nanti malah ada aja.
kecuali seperti sesuatu hal yg harus di maintenance ya mau tidak mau hrs di bongkar untuk di cek atau diganti
kecuali seperti sesuatu hal yg harus di maintenance ya mau tidak mau hrs di bongkar untuk di cek atau diganti
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal

" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Sama nih om di avansa 2008 sy, CE kdg2 nyala. bengsin pake pertalit 1:8 mulu12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
yg nubie ngerti injector yg biasa dikalibrasi adalah injector diesel yg msh pakai bosch pump (bospom). kl mesin pincang injectornya diturunin n dibersihkan habis itu dikalibrasi/metering dgn tekanan kerja normal diukur keluarnya brp cc solar, harus sama tiap injector, dan dilihat jg pengabutannya, hrs berkabut dan ga kencing.
kl injector common rail biasanya kl rusak ganti baru. dan spy injector baru yg dibeli (misal belinya cuma 1 buah ga ganti semua) bisa sama ukuran debit keluarannya dgn yg lain biasanya ada QR code di ujung atasnya. QR code itu berisi info ttg injector set tersebut (nilai kompensasi dsb) jd kl diganti baru ga pincang krn sama spec nya dgn teman2nya yg lama.
kl injector common rail biasanya kl rusak ganti baru. dan spy injector baru yg dibeli (misal belinya cuma 1 buah ga ganti semua) bisa sama ukuran debit keluarannya dgn yg lain biasanya ada QR code di ujung atasnya. QR code itu berisi info ttg injector set tersebut (nilai kompensasi dsb) jd kl diganti baru ga pincang krn sama spec nya dgn teman2nya yg lama.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
umur mobil (atau sensor O2) sdh brp lama? biasanya jarang rusak dan sering org ganti krn misdiagnosis.12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal![]()
dipastikan dulu bukan dr MAF sensornya yg ternyata cuma kotor. coba aja bersihin dulu maf nya pakai crc maf cleaner (jgn pakai carb cleaner bisa rusak)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Setuju...jangan kutak katik bagian lain dulu..prioritas betulin yg udah pasti rusakfarizfsa wrote: Fri Jan 08, 2021 9:26menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal![]()
Kl mobil injeksi modern kan harusnya lebih gampang diagnosa via scanner
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
kalibrasi setau nubie kenek musatek sehh biasa pratek nya utk mobil2 diesel yah, cara nya seprti yg mbah prop omni jelasin d atas
nahh kl d mobil2 bensin, biasa yg nubie liat, itu lebi ke arah cleaning.. entah pake ultrasonik ataupun dcopot trus dpasang ke smacam 4 bjana sambil di tembak cairan cleaner ampe kluar bensin nya ngabut ga kencing netes kaya prostat bengkak
cuman enak nya utk mobil2 bensin, skrg ud ad cara murah meria kere hore nya koq, tinggal beli adaptor plastik nya aj di toko onlen, sekaleng carbcleaner, trus kerjain sendiri dehh d rumah
nahh kl d mobil2 bensin, biasa yg nubie liat, itu lebi ke arah cleaning.. entah pake ultrasonik ataupun dcopot trus dpasang ke smacam 4 bjana sambil di tembak cairan cleaner ampe kluar bensin nya ngabut ga kencing netes kaya prostat bengkak
cuman enak nya utk mobil2 bensin, skrg ud ad cara murah meria kere hore nya koq, tinggal beli adaptor plastik nya aj di toko onlen, sekaleng carbcleaner, trus kerjain sendiri dehh d rumah
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Dulu saya pernah punya pengalaman abs service di toyota KM 90 rb an di fortuner bensin di kasih catatan katanya injector kotor, karena memang sebelumnya mesin agak geter. Nah setelah itu saya coba cari bengkel yg punya alat ultrasonic injector cleaning, dan akhirnya saya coba mampir kesana dan injector saya dilepas 4 buah lalu di kalibrasi dengan alat. Setelah itu yg saya rasakan getaran jadi sedikit berkurang tapi msh tetep getar sedikit(mungkin efek engine mounting jg yg udh getas). Untuk tarikan sendiri saya ga terlalu merasa ada perbedaan yg signifikan setelah kalibrasi injector.
Kalo di bengkel resmi untuk perawatan berkalanya mereka tidak kalibrasi injector, dan tdk semua bengkel punya alatnya. Klo skrg rata2 modelnya kayak purging gitu untuk bersihin injector mobil bensin tanpa perlu bongkar2 injector. Palingan di bengkel resmi kalo ada permintaan dari customer untuk kalibrasi injector mereka purging pakai obat khusus spt 3M, BG dll. Ini dlu ada di BeRes honda tebet saya tanya langsung ke SA-nya. Tp ga semua bengkel punya alat2 kayak gitu, jd hrs tanya ke bengkelnya langsung.
Biasa injector kotor karena kualitas bensin yg kotor, filter bensin + filter screen yg udh kotor bgt sehingga kotoran lolos dikit2 ke injector. Gejala biasanya agak brebet2 dan getar2 gitu, mirip2 gejala busi, koil, fuel pump lemah. Jadi harus di cek dlu tuh mana yg masalah dan sepertinya tdk ada patokan yg baku tiap brp KM harus kalibrasi injector. Untuk harga di bengkel umum per injectornya mobil bensin kalo ga salah sekitar 80 rb an ya lupa jg pastinya.
Kalo di bengkel resmi untuk perawatan berkalanya mereka tidak kalibrasi injector, dan tdk semua bengkel punya alatnya. Klo skrg rata2 modelnya kayak purging gitu untuk bersihin injector mobil bensin tanpa perlu bongkar2 injector. Palingan di bengkel resmi kalo ada permintaan dari customer untuk kalibrasi injector mereka purging pakai obat khusus spt 3M, BG dll. Ini dlu ada di BeRes honda tebet saya tanya langsung ke SA-nya. Tp ga semua bengkel punya alat2 kayak gitu, jd hrs tanya ke bengkelnya langsung.
Biasa injector kotor karena kualitas bensin yg kotor, filter bensin + filter screen yg udh kotor bgt sehingga kotoran lolos dikit2 ke injector. Gejala biasanya agak brebet2 dan getar2 gitu, mirip2 gejala busi, koil, fuel pump lemah. Jadi harus di cek dlu tuh mana yg masalah dan sepertinya tdk ada patokan yg baku tiap brp KM harus kalibrasi injector. Untuk harga di bengkel umum per injectornya mobil bensin kalo ga salah sekitar 80 rb an ya lupa jg pastinya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Omnibus wrote: Fri Jan 08, 2021 10:05 coba aja bersihin dulu maf nya pakai crc maf cleaner (jgn pakai carb cleaner bisa rusak)


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Nov 29, 2020 8:51
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki SY415
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Klo menurut pengalaman saya sih pembersihan injector itu perlu. 2 tahun sekali saya bersihkan. Kelihatan kok pas blm dibersihkan semprotan injector itu seperti nggak halus.
Kalau sdh dibersihkan hasilnya semprotannya rata dan halus seperti aerosol.
Kalau sdh dibersihkan hasilnya semprotannya rata dan halus seperti aerosol.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Injector common rail jg perlu di kalibrasi tapi syaratnya mampet,gk berfungsi.di benerin dulu biasa ada repairing kit nya seperti kaburator lalu di kalibrasi ulang.Omnibus wrote:yg nubie ngerti injector yg biasa dikalibrasi adalah injector diesel yg msh pakai bosch pump (bospom). kl mesin pincang injectornya diturunin n dibersihkan habis itu dikalibrasi/metering dgn tekanan kerja normal diukur keluarnya brp cc solar, harus sama tiap injector, dan dilihat jg pengabutannya, hrs berkabut dan ga kencing.
kl injector common rail biasanya kl rusak ganti baru. dan spy injector baru yg dibeli (misal belinya cuma 1 buah ga ganti semua) bisa sama ukuran debit keluarannya dgn yg lain biasanya ada QR code di ujung atasnya. QR code itu berisi info ttg injector set tersebut (nilai kompensasi dsb) jd kl diganti baru ga pincang krn sama spec nya dgn teman2nya yg lama.
injector diesel itu mahal bisa hampir 10x lipat dari injector bensin.jadi kalo injector bensin rusak mending ganti baru.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Pakai CRC maf cleaner gunakan sesuai petunjuk atau Cari copotan aja om, daerah parung mobil2 kampakan, tp harus teliti jgn mbl eks banjir12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 8:09 cmiiw untuk saya kalibrasi = melepas, test & menyetel injector
untuk mobil bensin rasa-nya ga dimungkinkan menyetel injector krn full elektrik
biasa kata kalibrasi untuk injector diesel kuno sih
rasa-nya kalo ga ada keluhan di mesin ga perlu kalibrasi dah
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal![]()
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 13:25Setuju...jangan kutak katik bagian lain dulu..prioritas betulin yg udah pasti rusakfarizfsa wrote: Fri Jan 08, 2021 9:26menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.12punch wrote: Fri Jan 08, 2021 8:39
oooo
keluhan yg saya alami di mobil skrg sih boros aja di Ford Fiesta 1600cc
memang sih ada Sensor O2 yang mulai lemah
jadi check engine suka muncul suka engga,
nah gara2 sensor O2nya lemah, bensin jadi boros bgt, 1:7 - 1:8
asumsinya ane pribadi mungkin karena ngebaca oksigennya ngaco, takutnya injektornya nyemprot bensinnya ga efisien..
apakah bisa di selesaikan dgn kalibrasi injector ini?
kalo ganti sensor O2nya muahal![]()
Kl mobil injeksi modern kan harusnya lebih gampang diagnosa via scanner
nah masalah Sensor O2 yang rusak,
yg diagnosa Sensor O2nya lemah itu Bengkel resmi, mereka bilang suruh ganti
bener sih mending benerin permasalahan yg bener2 jelas ada..
tapi akhirnya ane coba ke 1 bengkel spesialis ford di daerah Serpong,
mereka coba scan dan baca data2 oksigen yg di baca oleh sensor tersebut,
angkanya yg masuk ke komputernya sih katanya wajar, jd sebenernya gpp ga diganti dulu
mendengar 2 pandangan dr 2 bengkel , jd ane kaya hmm nanti dulu deh sensornya,
soalnya check enginenya suka ilang suka muncul sih..
mungkin di bersihin dulu saja kali ya ?
oke nnti ane kabarin kalo sudah dibersihkan
makasih suhu2
kalibrasi injektornya berarti nanti dulu ya?
kek 2 bulan lalu tp ane sempet jg masukin cairan Schaeffer 131 neutra jg sih ke tangki bensin yg dpt gratis beli 8 botol schafer 9000 di papasari..
itu juga membersihkan injektor kan ya ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Kalibrasi Injector Perlukah? tiap brp puluh ribu KM ?
Menurut saya tergantung level mampet injektornya..12punch wrote: Mon Jan 11, 2021 6:16MSU wrote: Fri Jan 08, 2021 13:25Setuju...jangan kutak katik bagian lain dulu..prioritas betulin yg udah pasti rusakfarizfsa wrote: Fri Jan 08, 2021 9:26
menurut saya, kalau emang sensor o2 nya lemah, ya benerin itu dulu. jgn benerin yg emang ga rusak.
Kl mobil injeksi modern kan harusnya lebih gampang diagnosa via scanner
nah masalah Sensor O2 yang rusak,
yg diagnosa Sensor O2nya lemah itu Bengkel resmi, mereka bilang suruh ganti
bener sih mending benerin permasalahan yg bener2 jelas ada..
tapi akhirnya ane coba ke 1 bengkel spesialis ford di daerah Serpong,
mereka coba scan dan baca data2 oksigen yg di baca oleh sensor tersebut,
angkanya yg masuk ke komputernya sih katanya wajar, jd sebenernya gpp ga diganti dulu
mendengar 2 pandangan dr 2 bengkel , jd ane kaya hmm nanti dulu deh sensornya,
soalnya check enginenya suka ilang suka muncul sih..
mungkin di bersihin dulu saja kali ya ?
oke nnti ane kabarin kalo sudah dibersihkan
makasih suhu2
kalibrasi injektornya berarti nanti dulu ya?
kek 2 bulan lalu tp ane sempet jg masukin cairan Schaeffer 131 neutra jg sih ke tangki bensin yg dpt gratis beli 8 botol schafer 9000 di papasari..
itu juga membersihkan injektor kan ya ?
Dulu jaman piara peugeot sy juga bbrp kali tuang obat2 spt itu, paling mahal pake redline
Akhirnya iseng aja sy lepas injektornya & bersihkan cara koboi...konek kabel manual ke aki & pake cairan carb clean....ternyata bener2 beda hasilnya...kelihatan banget semprotannya jadi bagus..idle alus & tenaga langsung beda
Dari situ sy simpulkan cairan2 ini sifatnya kayak rada alus, mungkin butuh waktu lama untuk bersihkan
Untuk cara bersihkan O2 sensor...mgkn mesti tunggu suhu2 di SM....gmn caranya