Background
Mobil ini merupakan mobil pengganti mobil sebelumnya yaitu yaris joker TRD 2019 CVT yang threadnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=29222 dan xpander ultimate 2017 yg threadnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=27237 yg rencananya dari 2 mobil akan dijadikan 1 mobil saja dan kebetulan pernah 2x punya avanza juga yaitu ANA G MT 2015 yg threadnya dapat dilihat di viewtopic.php?f=19&t=30045 dan GNA G MT 2017 yg threadnya bisa dilihat di viewtopic.php?f=19&t=30066. Mobil ini merupakan mobil ke 5 setelah proses hunting selama kurang lebih 2 bulan di daerah jabodetabek. Kondisi awal mobil adalah sebagai berikut
Plus
- full orisinil luar dalam
- km 19rb asli record
- buku service buku manual faktur bahkan bon servis di beres honda masih tersimpan rapih
- surat2 lengkap
- bodi mulus
- inteiror mulus dan gak bau apek
- ban masih bawaan 2018
- dongrak dll masih ada
- semua instrumen (lampu speedo dll) masih berfungsi semua dengan baik
- pajak panjang sampai desember 2021
- di test drive masih enak naikkannya, gaada gejala ndut ndutan dsb
- suara mesin halus no bocor no rembes
- bodi lempeng dan gaada karat, bukan ex laka maupun ex banjir
Minus
- ada sedikit lecet dan gores dibagian bagasi bekas pemakaian
Sisanya biar foto yg berbicara
exterior




Interior





Engine Bay




bukti pendukung








Why choose HRV?
Sebelum memutuskan untuk memilih mobil ini dalam kondisi seken, saya sudah melakukan reset selama kurang lebih 4 tahun sejak 2016, dan saya sudah tau semua resiko yang akan saya terima kalau saya mengambil mobi lini. Seperti road noise, bq dan beberapa part terutama kaki2 yg kurang durable, seperti yang dijelaskan di thread
viewtopic.php?f=12&t=25007
viewtopic.php?t=23102
dan kaskus
https://m.kaskus.co.id/thread/5666802a9 ... -prestige/
tapi disisi lain , mobil ini masuk kriteria saya yaitu
- dimensi gak terlalu gede
- gc tinggi
- lega
- nyaman
- practical
- irit bbm
- fun to drive
- rv gak jatoh2 amat karena saya orgnya bosenan hehehe
- handling oke
dimana semua kriteria tersebut ada di hrv, memang ada beberapa alteratif di kelas crossover ini , cuma entah knp cuma hrv yg sesuai dengan kriteria saya
- scross, udah pernah nyoba, cukup enak sih mobilnya cuma desain luarnya bukan selera saya
- trax, udah pernah nyoba jg, fun to drive, bq oke dan road noise bagus sih, cuman belakangnya lebih sempit daripada cx3 dan atpmnya udah cabut
- seltos, seems good, tapi karena saya orgnya bosenan, perlu nyari mobil yg rv nya bagus + merek korea dimana perlu waktu 1-2 tahun kedepan minimal untuk membuktikan ASS dan eksistensi ATPM nya
- kona, seems good too, alesannya sm kek kona yaitu di ASS dan eksistensi ATPMnya
- CX3, cocross, eclipse cross dan hrv1.8 sudah pernah liat dan TD, cuma saya coret karena overbudget
oleh karena itu, diputuskan untuk membeli HRV 1.5 E CVT seken saja dengan alasan2 yg sudah saya sebutkan diatas. Now let's go to the review
History
Karena udah banyak yg jelasin , saya review secara singkat aja ya
2015
Pertama kali diperkenalkan di jepang dengan nama vezel, yg beberapa saat kemudian diluncurkan di Indonesia dan diproduksi secara CKD di karawang , Jawa Barat. Pilihannya ada tipe 1.5 A, 1.5S, 1.5 E, dan 1.8 Prestige sebagai varian tertinggi
2016
Terdapat penambahan tipe mugen edition untuk varian 1.5 dan 1.8, perbedaannya ada di desain bodykit dan velg. serta muncul 1.8 JBL Edition untuk melengkapi varian prestige yg sudah hadir lebih dulu
2017
Ada sedikit improvement yaitu dengan adanya HU model floating pada tipe E dan prestige dan tipe A discontinue karena kurangnya peminat sehingga variannya sisa 1.5S, 1.5E dan 1.8 prestige saja
2018 - sekarang
HPM melakukan facelift pada HRV, dengan varian 1.5 S. 1.5 E. 1.5 SE dan 1.8 Prestige. Perbedaan terdapat pada grill, headlamp, interior dan velg
Exterior
Depan

Desain yang modern dan elegant
Samping


cukup simpel dan enak dilihat
belakang

Cukup simpel dan elegan
Interior















Bagian interior merupakan salah satu keunggulan mobil ini, karena desainnya yg cantik, lega, practical , storage banyak dan bagasinya luas. Sayangnya interior qualitynya agak kurang dibanding rival sekelasnya, beberapa bagian terasa cheapo terutama dibagian doortrimnya, entah kenapa kalah solid dibanding yaris joker saya dulu walaupun lebih bagus kualitasnya dibanding xpander dan GE8 saya sebelumnya. Seandainya kualitas interiornya bisa ditingkatkan lagi, maka interior mobil ini merupakan yg terbaik dikelasnya menurut saya
Fitur
FItur mobil ini termasuk lengkap. HRV ini dilengkapi dengan startstop engine , keyless entry, cruise control, tombol audio disetir, paddle shift, mode Sport , ac digital full touchscreen dan HU 2din touchscreen yg sudah bisa telpon dan bluetooth serta untuk tipe 1.8 prestige dilengkapi dengan panoramic roof dan lampu projektor LED kalo gasalah . Serta untuk fitur safetynya ia dilengkapi dengan (2 apa 3 airbags gitu saya lupa, ABS, EBD, BA dan stability control)
Driving Feel


Bagian ini juga menjadi salah satu keunggulan HRV. Mobil ini sangat fun to drive, dibekali dengan mesin L15Z1 yg bertenaga 120 HP dan transmisi 7 speed CVT which is sama dengan mobilio, BRV, City dan Jazz GK5, mobil ini sangat enak dikemudikan. Tarikan bawah hingga atas selalu ngisi dan perpindahan giginya sigap dan smooth, lebih enak dikemudikan dibanding xpander dan yaris joker saya dulu walaupun masih kalah enak dibanding GE8 2009 saya sblmnya. Raungan mesinnya memang gak mengigit seperti honda jadul, kerasa kurang intimidating dibanding GE8 2009 saya dulu, tapi untuk dalam kota dan tol. Ini sudah lebih dari cukup kok menurut saya, handling mobil ini pun terasa superb, nyetir mobil ini apalagi untuk sruntulan dalam kota sangatlah cocok, gak kerasa bawa mobil crossover tapi lebih kaya bawa hatchback atau city car hehehe. Untuk kenyamanan, memang biasa aja, lewat poldur, bantingannya kerasa agak keras, kalah nyaman dibanding yaris joker saya dulu tapi buat saya masih tolerable lah , dan konsumsi bbmnya juga cukup irit (1: 11-12 dalkot). Minusnya ada di peredaman kabin yg kurang oke, karena suara mesin dan suara ban cukup masuk kedalam kabin, kalah jauh dibanding xpander dan yaris joker saya dulu soal kekedapan kabinnya
Maintenance
Mobil ini terkenal dengan durabilitynya yg kurang oke teurtama dibagian kaki2nya. Dan ini juga terjadi di unit saya, untungnya tidak terlalu parah. Seminggu setelah beli, dan km menunjukkan 20rb, ditol ada bunyi saya lupa dan setir kerasa oleng kanan kiri diatas 100 kpj. Kemudian oleh bapak saya dibawa ke bengkel spesialis kaki2 langganan dan alhasil divonis kalau bearing depan kanan saya sudah kena, tapi kirinya masih aman dan link stabilizer saya juga sudah mulai oblak. Untungnya bagian lain seperti balljoint, shock, tierod, driveshaft, rack steering masih aman2 saja. Dan untuk mencegah terjadi apa2 karena mobil akan dipakai dalam waktu yg lumayan lama dan bakal sering jalan jauh, maka diputuskan untuk mengganti bearing depan kiri dan kanan + link stabilizer baru, serta servis ringan + ganti aki. Rinciannya adalah sebagai berikut
- Servis ringan (ganti oli) = Rp. 350.000
- Ganti aki = Rp 1.100.000
- Ganti link stabilizer dan bearing depan kiri kanan + jasa di bengkel spesialis kaki2 langganan bapak saya = Rp. 1.650.000
Total biaya yang sudah dikeluarkan untuk meremajakan mobil ini so far adalah Rp. 3.100.000
Foto2 saat ngbengkel







Bearing lama

Bearing baru

Link stabilizer lama

Link stabilizer baru

Setelah semua diganti, akhirnya mobil dapat berjalan dengan normal kembali seperti sedia kala dan so far masih baik2 saja, blm ada masalah yg aneh2 hehehe
Conslusion
Mobil yg bagus dan all rounder, sayang kurang awet terutama dibagian kaki2 dan racksteeringnya dan peredaman + interior quality masih blm sebaik rival2 dikelasnya
Kelebihan
- desain exterior dan interior
- fun to drive
- lega
- practical
- bagasi luas
- tarikannya lumayan oke untuk ukuran cvt
- fitur lengkap
- handling
- irit bbm
- cukup nyaman untuk dalkot maupun lukot
- GC tinggi
Kelemahan
- Isu realibility (kaki2, rattling)
- Road noise kurang untuk mobil yg barunya saat ini sudah 300jt lebih
- BQ Interior agak kurang untuk kelasnya
- Headlamp dan foglamp blm LED
- Audio bawaan bapuk
Intinya mobil ini cocok untuk anda yg
- Mencari mobil yg kompak dengan dimensi yg gak terlalu gede
- mencari mobil crossover dengan desain exterior dan interior cakep dan futuristik
- mencari mobil crossover yg fun to drive
- mencari crossover yg irit bbm
- mencari crossover yg RV nya bagus
- mencari crossover yg lega dan practical
- gak masalah sm road noise dan siap dengan konsekuensi kaki2 nya yg kurang awet dan durable
- gak masalah sm interior quality yg biasa aja
Hindari mobil ini jika anda
- Sensitif dengan BQ dan road noise
- Ingin mencari mobil yg durable dibagian kaki2nya
- Ingin mencari mobil yg antimainstream dan ingin tampil beda (karena mobil ini sangat banyak populasinya di Indonesia ) hehehe
Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan dan semoga bermanfaat, terima kasih