Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

yuga164 wrote: Wed Jan 06, 2021 21:54
Suryaputra wrote:
marmut wrote: Wed Jan 06, 2021 15:32


mbah, punten.... mohon maaf ni sebelumnya. bukan mau sok tau, punten sekali lagi, yang bisa nyetel klep kondisi mesin panas itu pasti ilmunya tinggi banget nggak main-main.

saya salut acung jempol dan yakin beliau pasti lama di banten nguasain ilmu debus.
:big_biglaugh:

jd inget pas monitor nyetel valve clearance brio, sampai dikasih kipas angin selama 1 jam an, biar suhu mesin bisa di bawah 40C :big_peace:
Maap suhu berbagi info tentang klep.
Pengalaman di sijuki ninis saya, yg om pernah jwab pertanyaan saya tentang suara mesin bunyi tek tek dan nyaranin pake oli 0w20 dr awal dipakein oli beres 5w30.
Suara tek tek sudah berkurang, nah saat saya ganti oli transmisi di beres (trpksa ke beres krn oli transmisi sae 75w80 gl4 merk lain susah) sekalian rencana cek dan stel klep. Kata montir beres klo sijuki ninis katanya klep di mesinnya itu sifatnya otomatis menyesuaikan kondisi mesin.
Saya langsung aja bilang "wah keren". Apa bener om?
HLA yah.
(hydraulic lash adjuster)
mbah marmut tau trik maintain HLA tuh.

dlm konteks thread ini, HLA emang perlu oli encer, om.

Bisa coba bbrp opsi berikut (dr plg ekonomis sampai top of the line):
- PTT Eco 0w20 API SP / Aisin Greentech+ 0w20
- Amsoil OE 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20 / Amsoil Signature 0w20
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

Suryaputra wrote:
yuga164 wrote: Wed Jan 06, 2021 21:54
Suryaputra wrote: :big_biglaugh:

jd inget pas monitor nyetel valve clearance brio, sampai dikasih kipas angin selama 1 jam an, biar suhu mesin bisa di bawah 40C :big_peace:
Maap suhu berbagi info tentang klep.
Pengalaman di sijuki ninis saya, yg om pernah jwab pertanyaan saya tentang suara mesin bunyi tek tek dan nyaranin pake oli 0w20 dr awal dipakein oli beres 5w30.
Suara tek tek sudah berkurang, nah saat saya ganti oli transmisi di beres (trpksa ke beres krn oli transmisi sae 75w80 gl4 merk lain susah) sekalian rencana cek dan stel klep. Kata montir beres klo sijuki ninis katanya klep di mesinnya itu sifatnya otomatis menyesuaikan kondisi mesin.
Saya langsung aja bilang "wah keren". Apa bener om?
HLA yah.
(hydraulic lash adjuster)
mbah marmut tau trik maintain HLA tuh.

dlm konteks thread ini, HLA emang perlu oli encer, om.

Bisa coba bbrp opsi berikut (dr plg ekonomis sampai top of the line):
- PTT Eco 0w20 API SP / Aisin Greentech+ 0w20
- Amsoil OE 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20 / Amsoil Signature 0w20
Next emang mau pake PTT eco 0w20 (om turbo make pastilah bagus), sementara masih pake TQ9000 0w20...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

yuga164 wrote: Thu Jan 07, 2021 0:18
Suryaputra wrote:
yuga164 wrote: Wed Jan 06, 2021 21:54 Maap suhu berbagi info tentang klep.
Pengalaman di sijuki ninis saya, yg om pernah jwab pertanyaan saya tentang suara mesin bunyi tek tek dan nyaranin pake oli 0w20 dr awal dipakein oli beres 5w30.
Suara tek tek sudah berkurang, nah saat saya ganti oli transmisi di beres (trpksa ke beres krn oli transmisi sae 75w80 gl4 merk lain susah) sekalian rencana cek dan stel klep. Kata montir beres klo sijuki ninis katanya klep di mesinnya itu sifatnya otomatis menyesuaikan kondisi mesin.
Saya langsung aja bilang "wah keren". Apa bener om?
HLA yah.
(hydraulic lash adjuster)
mbah marmut tau trik maintain HLA tuh.

dlm konteks thread ini, HLA emang perlu oli encer, om.

Bisa coba bbrp opsi berikut (dr plg ekonomis sampai top of the line):
- PTT Eco 0w20 API SP / Aisin Greentech+ 0w20
- Amsoil OE 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20 / Amsoil Signature 0w20
Next emang mau pake PTT eco 0w20 (om turbo make pastilah bagus), sementara masih pake TQ9000 0w20...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
dah bnyk koq yg pakai HLA,
- Hyundai : dari elantra 90's sampai accent verna, apalagi jaman now dah pakai HLA
- Mitsu : dari jaman galant hiu, rata2 mesinnya ber HLA
- Toyota

klo soal oli 0w20, jika dah pakai Tq9000 0w20 klo mau upgrade jgn nanggung, lgs ke seri top of the line Q8 atau Amsoil aja. :big_peace:

sy pernah pakai Tq9000 0w20 itu much better dibanding 5w30 nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

yuga164 wrote: Thu Jan 07, 2021 0:18 ...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
hydraulic tappet.

ada yang bilang hydraulic lash adjuster atau HLA. sudah banyak dipakai sejak 1980an.

yang jadi masalah, apa benar ignis pakai hydraulic tappet? atau solid tappet? karena banyak orang nyebut hidrolik-hidrolik, padahal solid tapet.
kalau beneran hidrolik, paling kental olinya pakai w30, kecuali memang niatnya pakai dua-tiga tahun lalu buang.

kalau ternyata solid tappet, tetap butuh penyetelan. kapan nyetelnya? tergantung oli apa yang anda pakai dan cara berkendara. semakin jelek kualitas oli, ditambah gaya berkendara yang selalu dendam dengan pedal gas, semakin cepat interval penyetelan klep.
semakin bagus kualitas oli, bisa jadi nggak akan butuh stel klep seumur hidup.



p.s :
mesin ignis sih nggak canggih menurut saya, kecuali teknologinya sudah tanpa cylinder head, digantikan dengan medan gaya atau apapun namanya seperti mesin USS Enterprise. itu baru canggih....
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 2:42
yuga164 wrote: Thu Jan 07, 2021 0:18 ...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
hydraulic tappet.

ada yang bilang hydraulic lash adjuster atau HLA. sudah banyak dipakai sejak 1980an.

yang jadi masalah, apa benar ignis pakai hydraulic tappet? atau solid tappet? karena banyak orang nyebut hidrolik-hidrolik, padahal solid tapet.
kalau beneran hidrolik, paling kental olinya pakai w30, kecuali memang niatnya pakai dua-tiga tahun lalu buang.

kalau ternyata solid tappet, tetap butuh penyetelan. kapan nyetelnya? tergantung oli apa yang anda pakai dan cara berkendara. semakin jelek kualitas oli, ditambah gaya berkendara yang selalu dendam dengan pedal gas, semakin cepat interval penyetelan klep.
semakin bagus kualitas oli, bisa jadi nggak akan butuh stel klep seumur hidup.



p.s :
mesin ignis sih nggak canggih menurut saya, kecuali teknologinya sudah tanpa cylinder head, digantikan dengan medan gaya atau apapun namanya seperti mesin USS Enterprise. itu baru canggih....
warp powah just kickin yoo :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Thu Jan 07, 2021 3:15, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

Suryaputra wrote:
yuga164 wrote: Thu Jan 07, 2021 0:18
Suryaputra wrote: HLA yah.
(hydraulic lash adjuster)
mbah marmut tau trik maintain HLA tuh.

dlm konteks thread ini, HLA emang perlu oli encer, om.

Bisa coba bbrp opsi berikut (dr plg ekonomis sampai top of the line):
- PTT Eco 0w20 API SP / Aisin Greentech+ 0w20
- Amsoil OE 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20 / Amsoil Signature 0w20
Next emang mau pake PTT eco 0w20 (om turbo make pastilah bagus), sementara masih pake TQ9000 0w20...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
dah bnyk koq yg pakai HLA,
- Hyundai : dari elantra 90's sampai accent verna, apalagi jaman now dah pakai HLA
- Mitsu : dari jaman galant hiu, rata2 mesinnya ber HLA
- Toyota

klo soal oli 0w20, jika dah pakai Tq9000 0w20 klo mau upgrade jgn nanggung, lgs ke seri top of the line Q8 atau Amsoil aja. :big_peace:

sy pernah pakai Tq9000 0w20 itu much better dibanding 5w30 nya.
Hahaha, siap om...liat isi dompet dulu [emoji16]
Mau cb yg api SP dulu, mau tau rasanya
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

marmut wrote:
yuga164 wrote: Thu Jan 07, 2021 0:18 ...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
hydraulic tappet.

ada yang bilang hydraulic lash adjuster atau HLA. sudah banyak dipakai sejak 1980an.

yang jadi masalah, apa benar ignis pakai hydraulic tappet? atau solid tappet? karena banyak orang nyebut hidrolik-hidrolik, padahal solid tapet.
kalau beneran hidrolik, paling kental olinya pakai w30, kecuali memang niatnya pakai dua-tiga tahun lalu buang.

kalau ternyata solid tappet, tetap butuh penyetelan. kapan nyetelnya? tergantung oli apa yang anda pakai dan cara berkendara. semakin jelek kualitas oli, ditambah gaya berkendara yang selalu dendam dengan pedal gas, semakin cepat interval penyetelan klep.
semakin bagus kualitas oli, bisa jadi nggak akan butuh stel klep seumur hidup.



p.s :
mesin ignis sih nggak canggih menurut saya, kecuali teknologinya sudah tanpa cylinder head, digantikan dengan medan gaya atau apapun namanya seperti mesin USS Enterprise. itu baru canggih....
Siap om, keren infonya...maklum ga ngerti, makasi untuk pengalamannya om...
Untuk oli di manual book max w30, saya udah pake w20 dr awal w30.
Emang lebih joss pake w20, tappp dahhh
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Jan 06, 2021 15:32
DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:05
beda kl yg nyetel nya pas mesin masi panas, nahh ini range toleransi nya bsa gede.. tp ini pun jg kadang balik lg ke feeling yg nyetel nya

mbah, punten.... mohon maaf ni sebelumnya. bukan mau sok tau, punten sekali lagi, yang bisa nyetel klep kondisi mesin panas itu pasti ilmunya tinggi banget nggak main-main.

saya salut acung jempol dan yakin beliau pasti lama di banten nguasain ilmu debus.

mbah nanya dan OOT dr perlendiran,
gejala mobil perlu stel klep apa aja? selain mie tek tek yah

ini casenya buat mobilio cvt, abs ebd, dual airbag, 118 PS / 6.600 Rpm, 145 Nm / 4.600 Rpm, limited 145 km/h
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Thu Jan 07, 2021 3:16
mbah nanya dan OOT dr perlendiran,
gejala mobil perlu stel klep apa aja? selain mie tek tek yah

ini casenya buat mobilio cvt, abs ebd, dual airbag, 118 PS / 6.600 Rpm, 145 Nm / 4.600 Rpm, limited 145 km/h

bunyi kaya gitu bukan berarti harus stel klep.
gejala mesin yang musti stel klep biasanya tenaga berkurang.
tapi tenaga berkurang bisa jadi ada penyebab lain.
paling enak pas major tune up sekalian buka valve cover periksa celah klep. jangan lupa red silicone 5 ribuan yang bau kecut buat dileletin ke gasket yang lama. musti banyak supaya nanti tutup klep dipasang jadi keliatan merah-merah melejit. itu pertanda mesin resing.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11782
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 3:28
Suryaputra wrote: Thu Jan 07, 2021 3:16
mbah nanya dan OOT dr perlendiran,
gejala mobil perlu stel klep apa aja? selain mie tek tek yah

ini casenya buat mobilio cvt, abs ebd, dual airbag, 118 PS / 6.600 Rpm, 145 Nm / 4.600 Rpm, limited 145 km/h

bunyi kaya gitu bukan berarti harus stel klep.
gejala mesin yang musti stel klep biasanya tenaga berkurang.
tapi tenaga berkurang bisa jadi ada penyebab lain.
paling enak pas major tune up sekalian buka valve cover periksa celah klep. jangan lupa red silicone 5 ribuan yang bau kecut buat dileletin ke gasket yang lama. musti banyak supaya nanti tutup klep dipasang jadi keliatan merah-merah melejit. itu pertanda mesin resing.
coba cek tret sebelah (aquaplanning) ada yg bilang katanya kl ngajarin hati2 bisa nanggung dosa. :big_grin:

ngajarin makin lama makin hedon,
rtv blepotan, minyak rem ganti 3x setaun, ngencengin baut pake pipa sama montir ceking :big_weee:

jaman edan ....


............ :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Jan 07, 2021 3:54
coba cek tret sebelah (aquaplanning) ada yg bilang katanya kl ngajarin hati2 bisa nanggung dosa. :big_grin:

ngajarin makin lama makin hedon,
rtv blepotan, minyak rem ganti 3x setaun, ngencengin baut pake pipa sama montir ceking :big_weee:

jaman edan ....


............ :ngacir:

itu kan katanya mbah...





:ngacir: sebelumdijejelinfiltersolarbekas
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by draxx13 »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 2:42
yuga164 wrote: Thu Jan 07, 2021 0:18 ...
Tp om klo masalah klep kesetel otomatis menyesuaikan kondisi mesin emang ada ya om? Secanggih apa mesin ninis ya? [emoji16]
hydraulic tappet.

ada yang bilang hydraulic lash adjuster atau HLA. sudah banyak dipakai sejak 1980an.

yang jadi masalah, apa benar ignis pakai hydraulic tappet? atau solid tappet? karena banyak orang nyebut hidrolik-hidrolik, padahal solid tapet.
kalau beneran hidrolik, paling kental olinya pakai w30, kecuali memang niatnya pakai dua-tiga tahun lalu buang.

kalau ternyata solid tappet, tetap butuh penyetelan. kapan nyetelnya? tergantung oli apa yang anda pakai dan cara berkendara. semakin jelek kualitas oli, ditambah gaya berkendara yang selalu dendam dengan pedal gas, semakin cepat interval penyetelan klep.
semakin bagus kualitas oli, bisa jadi nggak akan butuh stel klep seumur hidup.



p.s :
mesin ignis sih nggak canggih menurut saya, kecuali teknologinya sudah tanpa cylinder head, digantikan dengan medan gaya atau apapun namanya seperti mesin USS Enterprise. itu baru canggih....

Kalo HR15DE itu HLA jg bukan om?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 3:28
Suryaputra wrote: Thu Jan 07, 2021 3:16
mbah nanya dan OOT dr perlendiran,
gejala mobil perlu stel klep apa aja? selain mie tek tek yah

ini casenya buat mobilio cvt, abs ebd, dual airbag, 118 PS / 6.600 Rpm, 145 Nm / 4.600 Rpm, limited 145 km/h

bunyi kaya gitu bukan berarti harus stel klep.
gejala mesin yang musti stel klep biasanya tenaga berkurang.
tapi tenaga berkurang bisa jadi ada penyebab lain.
paling enak pas major tune up sekalian buka valve cover periksa celah klep. jangan lupa red silicone 5 ribuan yang bau kecut buat dileletin ke gasket yang lama. musti banyak supaya nanti tutup klep dipasang jadi keliatan merah-merah melejit. itu pertanda mesin resing.
kmrn sy ditelpon sm bengkel, direkomen di KM 40rb kudu cek / setel valve clearance.

beda sm kasus brio sy dl, tenaga ada rasa agak drop dan ngelitik.

klo si lio ini, so far sih tenaga berasa instan dan gak prnh ngalamin loss power even di tanjakan.. plg agak ngeden aja klo ketemu tanjakan curam, tp bisa diakalin ambil ancang2 lbh jauh dan jaga jarak lbh jauh dgn kendaraan depan.
kira2 perlu gak yah buka2 valve cover?...

klo seal warna pink ada gak om? :big_love:

pk Q8 0w20 mah enak banget geber mesin sampai gas mentok :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Advise12
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 06, 2020 11:56
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Toyota All New Rush

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Advise12 »

Suhu, newbie numpang share dikit.

Ane pengguna anr, sekalian kali aj ada yg sama pengguna anr juga dimarih hhee :big_peace:

Selama setahun setengah pertama tepatnya 4x servis ikutin buku diberes dengan oli 10w40 terus dan di gurah mesin plus spooring balancing ma engine dressing plus clean rem 4 roda terus juga tiap 4x servis itu, yg dirasakan ane biaya mayan juga hampir 2jtan per 6 bulan padahal masih free jasa apalagi kalo dah nggak free hhee, udh gitu cepet berat tarikannya sering bgt ke pom bensin di mid cuman dpt 9.4km/l dgn pertalite plus traffic kdg macet kdg lancar. Penggunaan setahun ndak sampai 10.000km

Setelah itu kenal lah sama site seraya ini, akhirnya memutuskan memahami mobil anr ini sendiri :big_smile]
Dan saat PTT 5w30 ramai diperbincangkan disini maka ane memutuskan mencoba yg hasilnya kok jauh bner sama oli beres itu hhee. tiap 8000km ganti, sebenarnya masih mau dilanjutin lbh dri itu karna rasanya masih belom berat berat bgt tapi ndak berani hhee..

Lalu ganti lagi pke gulf ultra syn 5w30 rasanya enak juga tapi anehnya di penggunaan 6000an km indikator tekanan oli di anr ane kedip sekali saat setiap start mesin alhasil di 7000 langsung ganti.

Skr pakai PTT 0w30 supersyn indikator oli normal ndak ada kedip lagi saat start mesin, rasanya oli ini lbh enteng tarikan mesinnya dibanding 5w30 lainnya itu, sekiranya PTT 0w30 ini bisa sampai berapa kilometer kah penggunaan nya di mesin anr ini hu? Skr dah jalan 4000km dgn oli ini sih.

Post ini dibuat anr saya sdh di kilometer 37rb sekian terimakasih hu..
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 3:28
Suryaputra wrote: Thu Jan 07, 2021 3:16
mbah nanya dan OOT dr perlendiran,
gejala mobil perlu stel klep apa aja? selain mie tek tek yah

ini casenya buat mobilio cvt, abs ebd, dual airbag, 118 PS / 6.600 Rpm, 145 Nm / 4.600 Rpm, limited 145 km/h

bunyi kaya gitu bukan berarti harus stel klep.
gejala mesin yang musti stel klep biasanya tenaga berkurang.
tapi tenaga berkurang bisa jadi ada penyebab lain.
paling enak pas major tune up sekalian buka valve cover periksa celah klep. jangan lupa red silicone 5 ribuan yang bau kecut buat dileletin ke gasket yang lama. musti banyak supaya nanti tutup klep dipasang jadi keliatan merah-merah melejit. itu pertanda mesin resing.
om, klo gini apakah pake HLA? kayaknya ga ada settingan celah klep juga
apa settingan celah klep cuma gonta ganti tappet yang panjangnya sesuai?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

draxx13 wrote: Thu Jan 07, 2021 4:27
Kalo HR15DE itu HLA jg bukan om?

klo nggak HLA ya solid tappet. saya belum pernah liat.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Thu Jan 07, 2021 5:03
kmrn sy ditelpon sm bengkel, direkomen di KM 40rb kudu cek / setel valve clearance.

beda sm kasus brio sy dl, tenaga ada rasa agak drop dan ngelitik.

klo si lio ini, so far sih tenaga berasa instan dan gak prnh ngalamin loss power even di tanjakan.. plg agak ngeden aja klo ketemu tanjakan curam, tp bisa diakalin ambil ancang2 lbh jauh dan jaga jarak lbh jauh dgn kendaraan depan.
kira2 perlu gak yah buka2 valve cover?...

klo seal warna pink ada gak om? :big_love:

pk Q8 0w20 mah enak banget geber mesin sampai gas mentok :big_biglaugh:

ya diperiksa aja ga masalah.
nanti setelah diperiksa kan baru ketauan apakah butuh penyetelan atau tidak?
kalau tidak butuh penyetelan, jangan sampai ada tagihan biaya stel klep karena periksa dan stel itu 2 hal yang berbeda.
musti dibicarakan yang jelas.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

ipo3nk wrote: Thu Jan 07, 2021 6:59
om, klo gini apakah pake HLA? kayaknya ga ada settingan celah klep juga
apa settingan celah klep cuma gonta ganti tappet yang panjangnya sesuai?

yang nomer 11, liat dari gambar sepertinya solid tappet.
tapi musti liat FSM supaya lebih jelas.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11782
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

ipo3nk wrote: Thu Jan 07, 2021 6:59
marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 3:28

bunyi kaya gitu bukan berarti harus stel klep.
gejala mesin yang musti stel klep biasanya tenaga berkurang.
tapi tenaga berkurang bisa jadi ada penyebab lain.
paling enak pas major tune up sekalian buka valve cover periksa celah klep. jangan lupa red silicone 5 ribuan yang bau kecut buat dileletin ke gasket yang lama. musti banyak supaya nanti tutup klep dipasang jadi keliatan merah-merah melejit. itu pertanda mesin resing.
om, klo gini apakah pake HLA? kayaknya ga ada settingan celah klep juga
apa settingan celah klep cuma gonta ganti tappet yang panjangnya sesuai?
bukan mbah marmut cuma mau sharing

kl bucket tappet kosong spt di gambar itu artinya bukan HLA, sama dgn gambar ini:


Image



kl HLA hrs ada body dalamnya ada plunger spt gambar ini:


Image
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 7:34
ipo3nk wrote: Thu Jan 07, 2021 6:59
om, klo gini apakah pake HLA? kayaknya ga ada settingan celah klep juga
apa settingan celah klep cuma gonta ganti tappet yang panjangnya sesuai?

yang nomer 11, liat dari gambar sepertinya solid tappet.
tapi musti liat FSM supaya lebih jelas.
ini mesin ignis. nomer 11 banyak banget ukuran nya, mulai 3.10- 3.88, total 40 part number.
harga 67rb x 16 klep. kayaknya setting klep = ganti solid tappet karena memang dikorbankan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 7:28
Suryaputra wrote: Thu Jan 07, 2021 5:03
kmrn sy ditelpon sm bengkel, direkomen di KM 40rb kudu cek / setel valve clearance.

beda sm kasus brio sy dl, tenaga ada rasa agak drop dan ngelitik.

klo si lio ini, so far sih tenaga berasa instan dan gak prnh ngalamin loss power even di tanjakan.. plg agak ngeden aja klo ketemu tanjakan curam, tp bisa diakalin ambil ancang2 lbh jauh dan jaga jarak lbh jauh dgn kendaraan depan.
kira2 perlu gak yah buka2 valve cover?...

klo seal warna pink ada gak om? :big_love:

pk Q8 0w20 mah enak banget geber mesin sampai gas mentok :big_biglaugh:

ya diperiksa aja ga masalah.
nanti setelah diperiksa kan baru ketauan apakah butuh penyetelan atau tidak?
kalau tidak butuh penyetelan, jangan sampai ada tagihan biaya stel klep karena periksa dan stel itu 2 hal yang berbeda.
musti dibicarakan yang jelas.
got the point :frm_salut:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

ipo3nk wrote: Thu Jan 07, 2021 7:48
ini mesin ignis. nomer 11 banyak banget ukuran nya, mulai 3.10- 3.88, total 40 part number.
harga 67rb x 16 klep. kayaknya setting klep = ganti solid tappet karena memang dikorbankan.

kalau pakai nomer, berarti solid tappet.
kalau solid tappet, pabrik musti sedia banyak pilihan karena kebutuhan tiap mesin di beberapa tahun kedepan bisa jadi beda-beda.
cara setelnya ya memang musti ganti tappet.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Jan 06, 2021 15:32
DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:05
beda kl yg nyetel nya pas mesin masi panas, nahh ini range toleransi nya bsa gede.. tp ini pun jg kadang balik lg ke feeling yg nyetel nya

mbah, punten.... mohon maaf ni sebelumnya. bukan mau sok tau, punten sekali lagi, yang bisa nyetel klep kondisi mesin panas itu pasti ilmunya tinggi banget nggak main-main.

saya salut acung jempol dan yakin beliau pasti lama di banten nguasain ilmu debus.
mbahh

makasi ilmu nya,

maklum nubie kan cuman kenek d parkiran depan musatek, jadi nya ilmu jg colong2 dr sesama kenek residivis delco depan musatek jg

berarti ini ud fix yah, kl stel klep itu wajip mesin dingin
Omnibus wrote: Thu Jan 07, 2021 3:54

coba cek tret sebelah (aquaplanning) ada yg bilang katanya kl ngajarin hati2 bisa nanggung dosa. :big_grin:

ngajarin makin lama makin hedon,
rtv blepotan, minyak rem ganti 3x setaun, ngencengin baut pake pipa sama montir ceking :big_weee:

jaman edan ....


............ :ngacir:
lah justru itu baru bener mbah

hedon is the new style

kaya misal nya ganti filsol gopeceng itu per 11500 km , tp seal karet nya jgn diganti, biar cepet rembes bocor, trus ganti lg skalian filsol nya

# hedon forevaaaaa

#yeahh uda ta catet itu perihal filsol

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Jan 07, 2021 7:24
draxx13 wrote: Thu Jan 07, 2021 4:27
Kalo HR15DE itu HLA jg bukan om?

klo nggak HLA ya solid tappet. saya belum pernah liat.
nubie kenek numpang jawap yah, waktu itu sempet mo nyolong coil nya di parkiran musatek

pas buka cover deksel nya, HR15DE itu bucket shim mbah, solid tappet, persis kaya sodara2 batu makam nya yg kluarga QR, HR ama MR enjin..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Jan 07, 2021 10:39
mbahh

makasi ilmu nya,

maklum nubie kan cuman kenek d parkiran depan musatek, jadi nya ilmu jg colong2 dr sesama kenek residivis delco depan musatek jg

berarti ini ud fix yah, kl stel klep itu wajip mesin dingin


dikala hangat mbah.

mari kita absen ;

soto
sop
sekoteng
kopi
teh
susu
bir
bajigur
bandrek
singkong rebus
pisang goreng
bakso
cireng
cilok
kue bantal
martabak keju

sangat nikmat dikala hangat.
maka, mesin pun demikian adanya.