Mobilio Users
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Mobilio Users
Om-om mo tanya, klo pas kondisi nanjak trus berhenti (macet lama) pake handrem, kemudian pas mo jalan lagi, handrem sudah lepas, posisi setngah kopling jalan pelan, tapi ada suara kruk-kruk-kruk (kaya ada besi muter beradu atau kurang pelumas) dari sekitar kiri depan, itu kenapa ya?
Kejadian ini ga sering, tapi kadang2 aja.
Oia mobilionya manual ya ini.
Kejadian ini ga sering, tapi kadang2 aja.
Oia mobilionya manual ya ini.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jun 02, 2020 6:44
- Location: indonesia
Re: Mobilio Users
Mau nanya, kan ini mobil pertama ane, uda 1.5 tahunan. Rencana ane mau ganti oli sendiri karna garansi jg udah abis. Titik dongkrak tengah depannya mobilio itu sebelah mana ya? Ane uda sedia dongkrak buaya sama 2 stand
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
dhanhi9 wrote: Thu Nov 26, 2020 4:47 Mau nanya, kan ini mobil pertama ane, uda 1.5 tahunan. Rencana ane mau ganti oli sendiri karna garansi jg udah abis. Titik dongkrak tengah depannya mobilio itu sebelah mana ya? Ane uda sedia dongkrak buaya sama 2 stand
di manual book ada jacking point yang aman di mana saja.
sudah dibaca?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Mobilio Users
Yg saya baca dari manual book sodaranya mobilio nggak ada titik angkat kalau dari tengah depan mbah suhu. Cuma titik angkat dibelakang ban depan aja.marmut wrote:dhanhi9 wrote: Thu Nov 26, 2020 4:47 Mau nanya, kan ini mobil pertama ane, uda 1.5 tahunan. Rencana ane mau ganti oli sendiri karna garansi jg udah abis. Titik dongkrak tengah depannya mobilio itu sebelah mana ya? Ane uda sedia dongkrak buaya sama 2 stand
di manual book ada jacking point yang aman di mana saja.
sudah dibaca?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Kl mobil2 ber FWD, biasain jgn dongkrak dr tengah depan, ini kbiasaan males montir2.. maen hajar crossmember dijadiin titik tumpu buat ngangkat depan mobil
Beberapa kl montir kena semprot ama saya kl males gt kerja nya
Fabrikan ngasi tau titik tumpu 4 biji itu ad fungsi dan tujuan nya
Beberapa kl montir kena semprot ama saya kl males gt kerja nya
Fabrikan ngasi tau titik tumpu 4 biji itu ad fungsi dan tujuan nya
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobilio Users
ah bisa kok pake nagasaki sm rubber pad mbah ... amanDOHC wrote: Thu Nov 26, 2020 7:20 Kl mobil2 ber FWD, biasain jgn dongkrak dr tengah depan, ini kbiasaan males montir2.. maen hajar crossmember dijadiin titik tumpu buat ngangkat depan mobil
Beberapa kl montir kena semprot ama saya kl males gt kerja nya
Fabrikan ngasi tau titik tumpu 4 biji itu ad fungsi dan tujuan nya
yg bisa bikin lecet atau penyok cross member nya kl ga pake rubber pad.
*ini knp topik dongkrak jd femes yakk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Tp ga smua mobil bsa gt mbah, bukan masalah penyok, tp malah bkin bushing2 karet nya meleot kl yg model crossmember nya pake bushing2 karet murahan segede gaban (misal : batu makam) .. kl L15 kayanya masi lebi forgivingOmnibus wrote: Thu Nov 26, 2020 7:56ah bisa kok pake nagasaki sm rubber pad mbah ... amanDOHC wrote: Thu Nov 26, 2020 7:20 Kl mobil2 ber FWD, biasain jgn dongkrak dr tengah depan, ini kbiasaan males montir2.. maen hajar crossmember dijadiin titik tumpu buat ngangkat depan mobil
Beberapa kl montir kena semprot ama saya kl males gt kerja nya
Fabrikan ngasi tau titik tumpu 4 biji itu ad fungsi dan tujuan nya
yg bisa bikin lecet atau penyok cross member nya kl ga pake rubber pad.
*ini knp topik dongkrak jd femes yakk
*sengaja topik nya d srempet2 in dongkrak, krn ad yg baru beli mahal punya
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobilio Users
td sore ganti coolant.
drain & refill doang.
pakai Denso coolant biru 4 liter.
buat radiator dan reservoir sampai garis F, bener2 hampir gak ada sisa.
nyisa paling cuma 50 ml kayanya di botol galon nya.
dipakai muter keliling bandung, malam ini dicek kurleb masih di garis F.
Pokoknya rutin tiap tahun ganti:
- coolant
- HCF 2
- oli 0w20 sejenis q8 formula or ams signature.
brake fluid tiap 2-3 thn sekali, or per 30rb kilometer.
smoga awet sampai belasan thn ke depan
drain & refill doang.
pakai Denso coolant biru 4 liter.
buat radiator dan reservoir sampai garis F, bener2 hampir gak ada sisa.
nyisa paling cuma 50 ml kayanya di botol galon nya.
dipakai muter keliling bandung, malam ini dicek kurleb masih di garis F.
Pokoknya rutin tiap tahun ganti:
- coolant
- HCF 2
- oli 0w20 sejenis q8 formula or ams signature.
brake fluid tiap 2-3 thn sekali, or per 30rb kilometer.
smoga awet sampai belasan thn ke depan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Mobilio Users
Bawaan mobilio coolant nya yg type 1/2 om?Suryaputra wrote:td sore ganti coolant.
drain & refill doang.
pakai Denso coolant biru 4 liter.
buat radiator dan reservoir sampai garis F, bener2 hampir gak ada sisa.
nyisa paling cuma 50 ml kayanya di botol galon nya.
dipakai muter keliling bandung, malam ini dicek kurleb masih di garis F.
Pokoknya rutin tiap tahun ganti:
- coolant
- HCF 2
- oli 0w20 sejenis q8 formula or ams signature.
brake fluid tiap 2-3 thn sekali, or per 30rb kilometer.
smoga awet sampai belasan thn ke depan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobilio Users
honda coolant type 2 (warna biru) bisa untuk long drain, tapi harganya mahal bangett.indeskey wrote: Thu Nov 26, 2020 16:35Bawaan mobilio coolant nya yg type 1/2 om?Suryaputra wrote:td sore ganti coolant.
drain & refill doang.
pakai Denso coolant biru 4 liter.
buat radiator dan reservoir sampai garis F, bener2 hampir gak ada sisa.
nyisa paling cuma 50 ml kayanya di botol galon nya.
dipakai muter keliling bandung, malam ini dicek kurleb masih di garis F.
Pokoknya rutin tiap tahun ganti:
- coolant
- HCF 2
- oli 0w20 sejenis q8 formula or ams signature.
brake fluid tiap 2-3 thn sekali, or per 30rb kilometer.
smoga awet sampai belasan thn ke depan
coolant type 1 juga gak masalah (warna ijo), lbh murah, tp setahun sekali baiknya ganti.
sy prefer coolant di luar merk honda.
denso 4 liter warna biru (mirip honda coolant type 2), tapi harganya segalon cmn 120rb.
dan tiap tahun pasti sy ganti

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Mobilio Users
Nah iyak emang bikin galau harganya hehe...
Ini mobil saya sudah 4 thn blm pernah ganti coolant, cuma topup di reservoir aja pake type 2 sudah habis 2 botol type 2.
Rencana sih 5 thn baru di drain.
Ini mobil saya sudah 4 thn blm pernah ganti coolant, cuma topup di reservoir aja pake type 2 sudah habis 2 botol type 2.
Rencana sih 5 thn baru di drain.
Suryaputra wrote:honda coolant type 2 (warna biru) bisa untuk long drain, tapi harganya mahal bangett.indeskey wrote: Thu Nov 26, 2020 16:35Bawaan mobilio coolant nya yg type 1/2 om?Suryaputra wrote:td sore ganti coolant.
drain & refill doang.
pakai Denso coolant biru 4 liter.
buat radiator dan reservoir sampai garis F, bener2 hampir gak ada sisa.
nyisa paling cuma 50 ml kayanya di botol galon nya.
dipakai muter keliling bandung, malam ini dicek kurleb masih di garis F.
Pokoknya rutin tiap tahun ganti:
- coolant
- HCF 2
- oli 0w20 sejenis q8 formula or ams signature.
brake fluid tiap 2-3 thn sekali, or per 30rb kilometer.
smoga awet sampai belasan thn ke depan
coolant type 1 juga gak masalah (warna ijo), lbh murah, tp setahun sekali baiknya ganti.
sy prefer coolant di luar merk honda.
denso 4 liter warna biru (mirip honda coolant type 2), tapi harganya segalon cmn 120rb.
dan tiap tahun pasti sy ganti
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobilio Users
waduh mending lgs drain ajah om.indeskey wrote: Thu Nov 26, 2020 23:48 Nah iyak emang bikin galau harganya hehe...
Ini mobil saya sudah 4 thn blm pernah ganti coolant, cuma topup di reservoir aja pake type 2 sudah habis 2 botol type 2.
Rencana sih 5 thn baru di drain.Suryaputra wrote:honda coolant type 2 (warna biru) bisa untuk long drain, tapi harganya mahal bangett.
coolant type 1 juga gak masalah (warna ijo), lbh murah, tp setahun sekali baiknya ganti.
sy prefer coolant di luar merk honda.
denso 4 liter warna biru (mirip honda coolant type 2), tapi harganya segalon cmn 120rb.
dan tiap tahun pasti sy ganti
klo kelamaan, takut endapan glycolnya nempel di dlm dinding radiator nya.
pakai aja denso coolant warna biru,
https://tokopedia.link/EBXlH23YJbb
Official Store
ganti tiap 2 thn juga gpp klo mobil sering dipakai.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
Kalau lihat filter AC di gambar ini. Aliran udara dari atas ke bawah. Sedangkan di box filter udara aliran udara dari bawah ke atas yah?
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Gambarnya ga ad omProfith83 wrote: Fri Jan 01, 2021 5:33 Kalau lihat filter AC di gambar ini. Aliran udara dari atas ke bawah. Sedangkan di box filter udara aliran udara dari bawah ke atas yah?
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
Tp masang filter udara prinsib nya ikutin arah panah aj om.. alias arah angin
Tp kl dr baru nya ud kbalik ya ud biarin aj kebalik terus ampe diganti nanti
Tujuan arah panah cuman biar user jgn kebolak balik aj pas masang lg nya
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
DOHC wrote: Fri Jan 01, 2021 5:40Gambarnya ga ad omProfith83 wrote: Fri Jan 01, 2021 5:33 Kalau lihat filter AC di gambar ini. Aliran udara dari atas ke bawah. Sedangkan di box filter udara aliran udara dari bawah ke atas yah?
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
Tp masang filter udara prinsib nya ikutin arah panah aj om.. alias arah angin
Tp kl dr baru nya ud kbalik ya ud biarin aj kebalik terus ampe diganti nanti
Tujuan arah panah cuman biar user jgn kebolak balik aj pas masang lg nya
itu om gambarnya. air flow hadap ke bawah. Jadinya masangnya dibalik dari posisi sekarang kan?DOHC wrote: Fri Jan 01, 2021 5:40Gambarnya ga ad omProfith83 wrote: Fri Jan 01, 2021 5:33 Kalau lihat filter AC di gambar ini. Aliran udara dari atas ke bawah. Sedangkan di box filter udara aliran udara dari bawah ke atas yah?
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
Tp masang filter udara prinsib nya ikutin arah panah aj om.. alias arah angin
Tp kl dr baru nya ud kbalik ya ud biarin aj kebalik terus ampe diganti nanti
Tujuan arah panah cuman biar user jgn kebolak balik aj pas masang lg nya
Soalnya seingat saya air flow di box nya filter AC itu dari bawah keatas.
Punya saya dah bongkaran bolak balik, karena sering cuci max 1 thn sekali
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
Habis buka yang ANKI dan HRV. Kemudian cuci ke 2nya terasa lapisan yang padat hadap keatas. Lapisan yang berbulu hadap ke bawahProfith83 wrote: Fri Jan 01, 2021 6:47DOHC wrote: Fri Jan 01, 2021 5:40Gambarnya ga ad omProfith83 wrote: Fri Jan 01, 2021 5:33 Kalau lihat filter AC di gambar ini. Aliran udara dari atas ke bawah. Sedangkan di box filter udara aliran udara dari bawah ke atas yah?
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
Tp masang filter udara prinsib nya ikutin arah panah aj om.. alias arah angin
Tp kl dr baru nya ud kbalik ya ud biarin aj kebalik terus ampe diganti nanti
Tujuan arah panah cuman biar user jgn kebolak balik aj pas masang lg nya20210101_123757.jpgDOHC wrote: Fri Jan 01, 2021 5:40Gambarnya ga ad omProfith83 wrote: Fri Jan 01, 2021 5:33 Kalau lihat filter AC di gambar ini. Aliran udara dari atas ke bawah. Sedangkan di box filter udara aliran udara dari bawah ke atas yah?
Pasang filter AC sesuai aliran udara di box?
Jadi pasangnya dibalik?
Summon om @DOHC
Tp masang filter udara prinsib nya ikutin arah panah aj om.. alias arah angin
Tp kl dr baru nya ud kbalik ya ud biarin aj kebalik terus ampe diganti nanti
Tujuan arah panah cuman biar user jgn kebolak balik aj pas masang lg nya
itu om gambarnya. air flow hadap ke bawah. Jadinya masangnya dibalik dari posisi sekarang kan?
Soalnya seingat saya air flow di box nya filter AC itu dari bawah keatas.
Punya saya dah bongkaran bolak balik, karena sering cuci max 1 thn sekali
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
Tolong tanya para pemakai Mobilio.
Punya saya thn 2015 RS AT. sudah 82rb KM
Sempat ganti kaki kaki:
-Support shock
-Lower arm assy (artinya termasuk 3 bushing karena assy, jadi bukan cuma ganti bushing)
-Engine mounting.
Karena mobil menginjak thn ke 6, ada perlu ganti apa saja lagi yah yang pasti rusak.
Saya sudah pasti mau ganti Shock Absorber.
BTW di Mobilio dudukan PER shock itu bawah dan atasnya apakah ada plastik/karet?
Apalagi yang harus diganti? Apa yang harus dicheck?
Punya saya thn 2015 RS AT. sudah 82rb KM
Sempat ganti kaki kaki:
-Support shock
-Lower arm assy (artinya termasuk 3 bushing karena assy, jadi bukan cuma ganti bushing)
-Engine mounting.
Karena mobil menginjak thn ke 6, ada perlu ganti apa saja lagi yah yang pasti rusak.
Saya sudah pasti mau ganti Shock Absorber.
BTW di Mobilio dudukan PER shock itu bawah dan atasnya apakah ada plastik/karet?
Apalagi yang harus diganti? Apa yang harus dicheck?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Mobilio Users
Ada yang tahu kalau handphone connect bluetooth ke headunit mobikio rs 2016 san dipakai telp, suara lawan bicara sangat jelas tapi lawan bicara kita denger suara kita sangat kecil jadi mesti teriak2 ngomongnya. Bisa diperbaiki caranya bagaimana ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11
Re: Mobilio Users
Ganti kaki2 dan eng. mountingnya di bengkel mana om? ini jumlah eng mountingnya ada 4 ya om keseluruhannya?Profith83 wrote: Fri Jan 22, 2021 7:38 Tolong tanya para pemakai Mobilio.
Punya saya thn 2015 RS AT. sudah 82rb KM
Sempat ganti kaki kaki:
-Support shock
-Lower arm assy (artinya termasuk 3 bushing karena assy, jadi bukan cuma ganti bushing)
-Engine mounting.
Karena mobil menginjak thn ke 6, ada perlu ganti apa saja lagi yah yang pasti rusak.
Saya sudah pasti mau ganti Shock Absorber.
BTW di Mobilio dudukan PER shock itu bawah dan atasnya apakah ada plastik/karet?
Apalagi yang harus diganti? Apa yang harus dicheck?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mobilio Users
Mesin honda L15 penyakitnya sekitar kaki - kaki ...Profith83 wrote: Fri Jan 22, 2021 7:38 Tolong tanya para pemakai Mobilio.
Punya saya thn 2015 RS AT. sudah 82rb KM
Sempat ganti kaki kaki:
-Support shock
-Lower arm assy (artinya termasuk 3 bushing karena assy, jadi bukan cuma ganti bushing)
-Engine mounting.
Karena mobil menginjak thn ke 6, ada perlu ganti apa saja lagi yah yang pasti rusak.
Saya sudah pasti mau ganti Shock Absorber.
BTW di Mobilio dudukan PER shock itu bawah dan atasnya apakah ada plastik/karet?
Apalagi yang harus diganti? Apa yang harus dicheck?
tie rod / long tie rod / link stabilizer / CV joint sdh di cek lum ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Mobilio Users
Apakah ada yang sudah pernah ganti shockbreaker? Ganti merk apa ? Tipe apa ? Supaya bantingannya lebih lembut dari standartnya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Hmmmmm... mencurigakan
Expander sudah d tukar guling ke lio kah ??

numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
nah.... ini....
ketularan mbah @Omnibus.
pembohongan publik ngaku nubi......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobilio Users
kalo ane emang nubie beneran ..... alias suka coba2 ala sotoy
btw buat yg mau membuat awet steering rack, selain dikasih grease yg bagus, itu pipa knalpot yg deket steering rack disarankan dikasih exhaust wrap. jadi panasnya ga nyebar ke steering rack bikin gear2nya grease starvation jd cepet bunyi dan lama2 rusak. sy sdh pake dan hasilnya bagus ada perbedaan signifikan terutama pas mobil abis macet2an atau panas terik, noise jd terreduksi.
mobil lain yg msh pakai oli P/S (hydaulic) cenderung tdk ada masalah spt ini sebab oli P/S nya sedikit banyak berfungsi juga sbg media heat transfer, sementara yg model EPS ga ada oli P/S yg membantu menurunkan suhu steering rack.
pakai exhaust wrap apa side effect nya? paling parah pipa yg dibungkus bisa jd cepat rusak krn menyimpan panas lebih dr yg lain. tp toh cuma sebagian kecil aja dan mengganti pipa knalpot jauh lbh mudah (dan mungkin murah) ketimbang benerin steering rack.
just sharing dr nubie, jangan di bashing.
btw buat yg mau membuat awet steering rack, selain dikasih grease yg bagus, itu pipa knalpot yg deket steering rack disarankan dikasih exhaust wrap. jadi panasnya ga nyebar ke steering rack bikin gear2nya grease starvation jd cepet bunyi dan lama2 rusak. sy sdh pake dan hasilnya bagus ada perbedaan signifikan terutama pas mobil abis macet2an atau panas terik, noise jd terreduksi.
mobil lain yg msh pakai oli P/S (hydaulic) cenderung tdk ada masalah spt ini sebab oli P/S nya sedikit banyak berfungsi juga sbg media heat transfer, sementara yg model EPS ga ada oli P/S yg membantu menurunkan suhu steering rack.
pakai exhaust wrap apa side effect nya? paling parah pipa yg dibungkus bisa jd cepat rusak krn menyimpan panas lebih dr yg lain. tp toh cuma sebagian kecil aja dan mengganti pipa knalpot jauh lbh mudah (dan mungkin murah) ketimbang benerin steering rack.
just sharing dr nubie, jangan di bashing.
