Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2917
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

andelapan wrote: Tue Dec 29, 2020 2:18
betul om, kalau ikutin di pintu 29 kok berasa kempes ya, dan tarikan berasa sedikit berat.

kemarin sudah coba isi di bengkel A 32 rata, besoknya cek di bengkel B tekanannya 30.6 rata, sepertinya salah satu bengkel kalibrasi nitrogennya salah nih...
Hehe ... om, nubi nimbrung dikit ya.

Sbenernya tuh ukuran tekanan ban di pintu saat ban masih dingin atau cold tire pressure. Dingin = pagi hari sebelum dipake/beberapa jam setelah ban mobil dipakai. Seinget saya beberapa manufaktur mobil nge-state di label pintu dan di buku manualnya.

Kalau sudah dipakai jalan beberapa km, pas isi mending set 5 psi di atas label di pintu. besok paginya kurangin tekanan sampe sesuai di pintu atau 1-2 psi di atasnya.

Kalau kasus om pas ke bengkel di gauge mereka tertera 29-30 psi, berarti aslinya saat pagi hari mungkin 25-27 psi doang wajar underpressure jd berat...

Gauge sih yg oke merk coido gitu, kalau yg murah meriah kudu cek 2-3x (suka ga konsisten pas dicolok)...


IMHO ya om :ungg:
Image
andelapan
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Apr 03, 2018 9:08
Location: tangerang
Daily Vehicle: X-Trail T31

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by andelapan »

josomba wrote: Tue Dec 29, 2020 3:18
andelapan wrote: Tue Dec 29, 2020 2:18
betul om, kalau ikutin di pintu 29 kok berasa kempes ya, dan tarikan berasa sedikit berat.

kemarin sudah coba isi di bengkel A 32 rata, besoknya cek di bengkel B tekanannya 30.6 rata, sepertinya salah satu bengkel kalibrasi nitrogennya salah nih...
Hehe ... om, nubi nimbrung dikit ya.

Sbenernya tuh ukuran tekanan ban di pintu saat ban masih dingin atau cold tire pressure. Dingin = pagi hari sebelum dipake/beberapa jam setelah ban mobil dipakai. Seinget saya beberapa manufaktur mobil nge-state di label pintu dan di buku manualnya.

Kalau sudah dipakai jalan beberapa km, pas isi mending set 5 psi di atas label di pintu. besok paginya kurangin tekanan sampe sesuai di pintu atau 1-2 psi di atasnya.

Kalau kasus om pas ke bengkel di gauge mereka tertera 29-30 psi, berarti aslinya saat pagi hari mungkin 25-27 psi doang wajar underpressure jd berat...

Gauge sih yg oke merk coido gitu, kalau yg murah meriah kudu cek 2-3x (suka ga konsisten pas dicolok)...


IMHO ya om :ungg:
wah makasih om sarannya :big_exellent: , besok pagi saya coba cek di bengkel dekat rumah biar lebih akurat, pas ngisi di bengkel A dan B memang mobilnya jalan 1 jam di siang hari..
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Auanz »

andelapan wrote: Tue Dec 29, 2020 3:44
josomba wrote: Tue Dec 29, 2020 3:18
andelapan wrote: Tue Dec 29, 2020 2:18
betul om, kalau ikutin di pintu 29 kok berasa kempes ya, dan tarikan berasa sedikit berat.

kemarin sudah coba isi di bengkel A 32 rata, besoknya cek di bengkel B tekanannya 30.6 rata, sepertinya salah satu bengkel kalibrasi nitrogennya salah nih...
Hehe ... om, nubi nimbrung dikit ya.

Sbenernya tuh ukuran tekanan ban di pintu saat ban masih dingin atau cold tire pressure. Dingin = pagi hari sebelum dipake/beberapa jam setelah ban mobil dipakai. Seinget saya beberapa manufaktur mobil nge-state di label pintu dan di buku manualnya.

Kalau sudah dipakai jalan beberapa km, pas isi mending set 5 psi di atas label di pintu. besok paginya kurangin tekanan sampe sesuai di pintu atau 1-2 psi di atasnya.

Kalau kasus om pas ke bengkel di gauge mereka tertera 29-30 psi, berarti aslinya saat pagi hari mungkin 25-27 psi doang wajar underpressure jd berat...

Gauge sih yg oke merk coido gitu, kalau yg murah meriah kudu cek 2-3x (suka ga konsisten pas dicolok)...


IMHO ya om :ungg:
wah makasih om sarannya :big_exellent: , besok pagi saya coba cek di bengkel dekat rumah biar lebih akurat, pas ngisi di bengkel A dan B memang mobilnya jalan 1 jam di siang hari..
mampir ke pom shell atau BP aja om. kan ada gratis ngisi. emang seharusnya setnya saat mobil belom di pakai sih. saat cold condition.
biasanya kl ngisi ane +in 2PSI dari angka yang di stiker mobil.
dolibp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Dec 21, 2020 20:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dolibp »

ipo3nk wrote: Mon Dec 28, 2020 14:35 ada saran ban buat ignis? kira kira seharga 600ribuan. bisa dapet LM705 ukuran 185-195 r15. atau ada tipe lain? penggunaan jarang pake, paling 10rb km pertahun. cari yang empuk dan sunyi aja di aspal.
Coba hankook ventus v2 concept 2 atau gt radial champiro touring a/s
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

Mohon sarannya, budget sekitar 700an ribu per ban untuk ukuran 185/60 R15 lebih baik apa ya? Sebetulnya yg penting lebih bagus dari ecopia aja hahaha

Kalo saya cek yg masuk budget dan ketemu yg jual di Bandung:
1. Dunlop LM705 di 725
2. Continental ComfortContact5 CC5 produksi 2019 di 535
3. Continental ComfortContact6 CC6 di 660

Saat ini pakai Ecopia EP150, jujur aja saya ga puas dengan gripnya yg kurang ditambah sidewall yg lembek dan gampang bocor.

Sejujurnya sih pengen Turanza T005, tapi lumayan overbudget haha

Ada yg pengalaman pakai Conti CC5 atau CC6? Apakah better dibanding Ecopia? Kalau better sih mungkin saya mau ambil yg CC5 produksi 2019 aja sekalian biar hemat, kalau ternyata lebih buruk performanya saya sepertinya akan coba LM705 aja
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
indraisk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by indraisk »

ban udah retak2 sepertinya sudah saatnya ganti
185/65 r15 ada saran gan budget 2jt 4 ban
hankook ex
gt gtx pro
laifenn g fit as
atau ada saran lain? thanks sebelumnya
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by alvin23 »

azu wrote: Tue Dec 29, 2020 17:35 Mohon sarannya, budget sekitar 700an ribu per ban untuk ukuran 185/60 R15 lebih baik apa ya? Sebetulnya yg penting lebih bagus dari ecopia aja hahaha

Kalo saya cek yg masuk budget dan ketemu yg jual di Bandung:
1. Dunlop LM705 di 725
2. Continental ComfortContact5 CC5 produksi 2019 di 535
3. Continental ComfortContact6 CC6 di 660

Saat ini pakai Ecopia EP150, jujur aja saya ga puas dengan gripnya yg kurang ditambah sidewall yg lembek dan gampang bocor.

Sejujurnya sih pengen Turanza T005, tapi lumayan overbudget haha

Ada yg pengalaman pakai Conti CC5 atau CC6? Apakah better dibanding Ecopia? Kalau better sih mungkin saya mau ambil yg CC5 produksi 2019 aja sekalian biar hemat, kalau ternyata lebih buruk performanya saya sepertinya akan coba LM705 aja
Saya baru ganti dari Hankook Kinergy ke Conti CC6, untuk Yaris soalnya sizenya. Sepertinya lg promo memang Conti.
Ban ini the best dari segi comfort dan noise, apalagi kalau dibandingkan Ecopia. Namun ban ini kayaknya diciptakan untuk 1 hal only, yaitu noise.

Grip hanya so-so, kalau dibandingkan LM705 sepertinya bagusan LM.

Apakah saya puas? Kalau anda ga sering nyetir ngebut2 di tol diatas 120 kmh, ban ini cocok banget. Kalau sering, mending ke ban lain.
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »


alvin23 wrote:
azu wrote: Tue Dec 29, 2020 17:35 Mohon sarannya, budget sekitar 700an ribu per ban untuk ukuran 185/60 R15 lebih baik apa ya? Sebetulnya yg penting lebih bagus dari ecopia aja hahaha

Kalo saya cek yg masuk budget dan ketemu yg jual di Bandung:
1. Dunlop LM705 di 725
2. Continental ComfortContact5 CC5 produksi 2019 di 535
3. Continental ComfortContact6 CC6 di 660

Saat ini pakai Ecopia EP150, jujur aja saya ga puas dengan gripnya yg kurang ditambah sidewall yg lembek dan gampang bocor.

Sejujurnya sih pengen Turanza T005, tapi lumayan overbudget haha

Ada yg pengalaman pakai Conti CC5 atau CC6? Apakah better dibanding Ecopia? Kalau better sih mungkin saya mau ambil yg CC5 produksi 2019 aja sekalian biar hemat, kalau ternyata lebih buruk performanya saya sepertinya akan coba LM705 aja
Saya baru ganti dari Hankook Kinergy ke Conti CC6, untuk Yaris soalnya sizenya. Sepertinya lg promo memang Conti.
Ban ini the best dari segi comfort dan noise, apalagi kalau dibandingkan Ecopia. Namun ban ini kayaknya diciptakan untuk 1 hal only, yaitu noise.

Grip hanya so-so, kalau dibandingkan LM705 sepertinya bagusan LM.

Apakah saya puas? Kalau anda ga sering nyetir ngebut2 di tol diatas 120 kmh, ban ini cocok banget. Kalau sering, mending ke ban lain.
Wah terima kasih masukannya om.

Kebetulan ini untuk dipakai di sodaranya Yaris alias Yaris Sedan/Vios. Concern saya dengan Ecopia ini salah satunya adalah di high speed kerasa kuramg gripnya, apalagi saya cukup sering lewat tol. Tapi kalau ada peningkatan dari Ecopia bisa dipertimbangkan sih apalagi dengan harganya yg lebih murah dari Ecopia, walaupun saya jadi penasaran dengan LM705 nih
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by black2345 »

alvin23 wrote: Wed Dec 30, 2020 1:59
azu wrote: Tue Dec 29, 2020 17:35 Mohon sarannya, budget sekitar 700an ribu per ban untuk ukuran 185/60 R15 lebih baik apa ya? Sebetulnya yg penting lebih bagus dari ecopia aja hahaha

Kalo saya cek yg masuk budget dan ketemu yg jual di Bandung:
1. Dunlop LM705 di 725
2. Continental ComfortContact5 CC5 produksi 2019 di 535
3. Continental ComfortContact6 CC6 di 660

Saat ini pakai Ecopia EP150, jujur aja saya ga puas dengan gripnya yg kurang ditambah sidewall yg lembek dan gampang bocor.

Sejujurnya sih pengen Turanza T005, tapi lumayan overbudget haha

Ada yg pengalaman pakai Conti CC5 atau CC6? Apakah better dibanding Ecopia? Kalau better sih mungkin saya mau ambil yg CC5 produksi 2019 aja sekalian biar hemat, kalau ternyata lebih buruk performanya saya sepertinya akan coba LM705 aja
Saya baru ganti dari Hankook Kinergy ke Conti CC6, untuk Yaris soalnya sizenya. Sepertinya lg promo memang Conti.
Ban ini the best dari segi comfort dan noise, apalagi kalau dibandingkan Ecopia. Namun ban ini kayaknya diciptakan untuk 1 hal only, yaitu noise.

Grip hanya so-so, kalau dibandingkan LM705 sepertinya bagusan LM.

Apakah saya puas? Kalau anda ga sering nyetir ngebut2 di tol diatas 120 kmh, ban ini cocok banget. Kalau sering, mending ke ban lain.
Kalau untuk kecepatan tinggi gimana om reviewnya?
Plus pas di jalanan basah gimana? Penasaran juga euy
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

Barusan cek lagi, LM705 pada kosong barangnya dan kalaupun ada harganya 820ribu

Kayanya kalau gini coba CC5 yg tahun 2019 aja kali ya hahaha
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by alvin23 »

black2345 wrote: Wed Dec 30, 2020 3:52
alvin23 wrote: Wed Dec 30, 2020 1:59
azu wrote: Tue Dec 29, 2020 17:35 Mohon sarannya, budget sekitar 700an ribu per ban untuk ukuran 185/60 R15 lebih baik apa ya? Sebetulnya yg penting lebih bagus dari ecopia aja hahaha

Kalo saya cek yg masuk budget dan ketemu yg jual di Bandung:
1. Dunlop LM705 di 725
2. Continental ComfortContact5 CC5 produksi 2019 di 535
3. Continental ComfortContact6 CC6 di 660

Saat ini pakai Ecopia EP150, jujur aja saya ga puas dengan gripnya yg kurang ditambah sidewall yg lembek dan gampang bocor.

Sejujurnya sih pengen Turanza T005, tapi lumayan overbudget haha

Ada yg pengalaman pakai Conti CC5 atau CC6? Apakah better dibanding Ecopia? Kalau better sih mungkin saya mau ambil yg CC5 produksi 2019 aja sekalian biar hemat, kalau ternyata lebih buruk performanya saya sepertinya akan coba LM705 aja
Saya baru ganti dari Hankook Kinergy ke Conti CC6, untuk Yaris soalnya sizenya. Sepertinya lg promo memang Conti.
Ban ini the best dari segi comfort dan noise, apalagi kalau dibandingkan Ecopia. Namun ban ini kayaknya diciptakan untuk 1 hal only, yaitu noise.

Grip hanya so-so, kalau dibandingkan LM705 sepertinya bagusan LM.

Apakah saya puas? Kalau anda ga sering nyetir ngebut2 di tol diatas 120 kmh, ban ini cocok banget. Kalau sering, mending ke ban lain.
Kalau untuk kecepatan tinggi gimana om reviewnya?
Plus pas di jalanan basah gimana? Penasaran juga euy
Nope and nope...
cari grip silakan ke ban lain yang lebih balance kayak turanza

kalau continental bisa seri lain kayak sportcontact atau premium contact
Rocky R ADS CVT 2021
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by black2345 »

alvin23 wrote: Wed Dec 30, 2020 6:20
black2345 wrote: Wed Dec 30, 2020 3:52
alvin23 wrote: Wed Dec 30, 2020 1:59

Saya baru ganti dari Hankook Kinergy ke Conti CC6, untuk Yaris soalnya sizenya. Sepertinya lg promo memang Conti.
Ban ini the best dari segi comfort dan noise, apalagi kalau dibandingkan Ecopia. Namun ban ini kayaknya diciptakan untuk 1 hal only, yaitu noise.

Grip hanya so-so, kalau dibandingkan LM705 sepertinya bagusan LM.

Apakah saya puas? Kalau anda ga sering nyetir ngebut2 di tol diatas 120 kmh, ban ini cocok banget. Kalau sering, mending ke ban lain.
Kalau untuk kecepatan tinggi gimana om reviewnya?
Plus pas di jalanan basah gimana? Penasaran juga euy
Nope and nope...
cari grip silakan ke ban lain yang lebih balance kayak turanza

kalau continental bisa seri lain kayak sportcontact atau premium contact
Wah padahal mau angkat CCC6 buat gantiin enasave bawaan mobil.. fyi saya sebulan sekali ngetol dari sby ke jateng, kalau jalan sendirian & ga bawa barang sih biasanya jalan 120-140kpj, tp kalau full load maks 100kpj..
Dengan budget maks per ban 1jt, kira2 ada ide lain diluar LM705?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

black2345 wrote: Wed Dec 30, 2020 13:59
alvin23 wrote: Wed Dec 30, 2020 6:20
black2345 wrote: Wed Dec 30, 2020 3:52

Kalau untuk kecepatan tinggi gimana om reviewnya?
Plus pas di jalanan basah gimana? Penasaran juga euy
Nope and nope...
cari grip silakan ke ban lain yang lebih balance kayak turanza

kalau continental bisa seri lain kayak sportcontact atau premium contact
Wah padahal mau angkat CCC6 buat gantiin enasave bawaan mobil.. fyi saya sebulan sekali ngetol dari sby ke jateng, kalau jalan sendirian & ga bawa barang sih biasanya jalan 120-140kpj, tp kalau full load maks 100kpj..
Dengan budget maks per ban 1jt, kira2 ada ide lain diluar LM705?
Buat mobil apa om?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

Akhirnya ganti pakai LM705, dapet di 750 per ban sudah termasuk pasang dan balancing dan ini udah paling murah di Bandung. Tambah spooringnya juga 200rb, rasanya nanggung kalau ganti ban ga spooring hehehe.

Setidaknya dapet di harga yg sama dengan Ecopia di Bandung sini. Entah kenapa harga ban di bandung sini relatif lebih mahal ya dibanding Jakarta, padahal kan jaraknya ga jauh2 banget.

Impresi awal belum ada, karena tadi ga nyetir jadi belum ngerasain. Besok rencananya mau ke Garut sekalian inreyen ini ban. Ternyata tadi diisi anginnya 35 sedangkan standar mobilnya 32, tapi entah mengapa terlihatnya masih bulat banget dinding bannya ya.
IMG_20201231_155936.jpg
IMG_20201231_160141.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

Oiya untuk LM705 ini yg dindingnya terlihat membulat atau mungkin agak kempes meskipun tekanan angin sudah tepat apakah dikarenakan sidewallnya hanya 1Ply? Tapi Ecopia yg sidewallnya 2Ply malah terlihat lebih kempes di tekanan yg sama hahaha

Tapi dulu pengalaman di Ertiga Ibu saya pakai Yokohama CDrive 2 185/65 R15 yg seingat saya sidewallnya 1 Ply awet2 aja sih ga ada masalah dengan sidewallnya, bahkan terakhir pakai sampai sudah kena TWI ga ada masalah
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by alvin23 »

azu wrote: Thu Dec 31, 2020 13:31 Oiya untuk LM705 ini yg dindingnya terlihat membulat atau mungkin agak kempes meskipun tekanan angin sudah tepat apakah dikarenakan sidewallnya hanya 1Ply? Tapi Ecopia yg sidewallnya 2Ply malah terlihat lebih kempes di tekanan yg sama hahaha

Tapi dulu pengalaman di Ertiga Ibu saya pakai Yokohama CDrive 2 185/65 R15 yg seingat saya sidewallnya 1 Ply awet2 aja sih ga ada masalah dengan sidewallnya, bahkan terakhir pakai sampai sudah kena TWI ga ada masalah
Memang rata2 ban selain bridgestone 1 ply, dan bentuknya mendonat. Sy di hankook dan continental jg gitu. Plus, kompon jg paling keras bridgestone, jadi yah gitu deh.

rahasianya bridgestone di indonesia itu memang, awet dan tahan banting. Tapi asal nyetir alus dikit, ban lain aman kok. Sy di rumah sekarang gaada ban bridgestone lg :big_biglaugh: , soalnya cari aspek lain jg dari ban selain awet
Rocky R ADS CVT 2021
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26941
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

azu wrote: Thu Dec 31, 2020 13:31 Oiya untuk LM705 ini yg dindingnya terlihat membulat atau mungkin agak kempes meskipun tekanan angin sudah tepat apakah dikarenakan sidewallnya hanya 1Ply? Tapi Ecopia yg sidewallnya 2Ply malah terlihat lebih kempes di tekanan yg sama hahaha

Tapi dulu pengalaman di Ertiga Ibu saya pakai Yokohama CDrive 2 185/65 R15 yg seingat saya sidewallnya 1 Ply awet2 aja sih ga ada masalah dengan sidewallnya, bahkan terakhir pakai sampai sudah kena TWI ga ada masalah
Ecopia alias ekopeyang jg 1 ply om, dan mmg ini ban sidewall nya ckup letoy

Btw turanza jg 1 ply tp sidewall nya lebi keras /kaku drpd ekopeyang

Ban yoko2 mmg rata2 ckup kaku om sidewall nya, saya dl jg pake di inofa, mantep keker
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by black2345 »

erwinign wrote: Wed Dec 30, 2020 14:06
black2345 wrote: Wed Dec 30, 2020 13:59
alvin23 wrote: Wed Dec 30, 2020 6:20
Nope and nope...
cari grip silakan ke ban lain yang lebih balance kayak turanza

kalau continental bisa seri lain kayak sportcontact atau premium contact
Wah padahal mau angkat CCC6 buat gantiin enasave bawaan mobil.. fyi saya sebulan sekali ngetol dari sby ke jateng, kalau jalan sendirian & ga bawa barang sih biasanya jalan 120-140kpj, tp kalau full load maks 100kpj..
Dengan budget maks per ban 1jt, kira2 ada ide lain diluar LM705?
Buat mobil apa om?
Ertiga om.. hehehe
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

black2345 wrote: Fri Jan 01, 2021 15:55
erwinign wrote: Wed Dec 30, 2020 14:06
black2345 wrote: Wed Dec 30, 2020 13:59

Wah padahal mau angkat CCC6 buat gantiin enasave bawaan mobil.. fyi saya sebulan sekali ngetol dari sby ke jateng, kalau jalan sendirian & ga bawa barang sih biasanya jalan 120-140kpj, tp kalau full load maks 100kpj..
Dengan budget maks per ban 1jt, kira2 ada ide lain diluar LM705?
Buat mobil apa om?
Ertiga om.. hehehe
Size asli ya om, menurut saya dg budget 1jt per pc sih udah merem ke turanza t005a om. Kl enggak rubah ke 195/65/15 ato 195/60/15 bs dapet michelin primacy4.

Memang agak dilemma krn pilihan ban size2 kecil udah dijajah sama eco2an ato ban entry level, dan setinggi2nya turanza yg ada pun ttp dah nggak sekuat turanza ar20 (ini mas2 toko ban juga cerita demikian ke saya), krn t005a komponnya keliatan lebih empuk dimana kl isi nitrogen harus dilebihin mungkin +3 psi. Saya kapan hari pernah share disini (ada fotonya) innova Q diesel pake bannya t005a, ntah yg punya males cek nitrogen itu tapak bannya spt makan pinggir luar sama pinggir dalem. Tp ya nggak ada pilihan lain lagi selain t005a yg all rounder, setidaknya dg pake bridgestone yg tipe bukan ecek2 kaya macem ecopia hati lebih tenang buat saya scr ketahanan kl ngadepin jalanan indonesia yg sangat nyeni.

Andaikan sekarang th 2004, saya rekomen potenza RE711 walaupun berisik krn ban performance :big_biglaugh:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

Impresi singkat Dunlop LM705 di Vios gen 2 perjalanan singkat Bandung - Garut - Bandung

- dibanding Ecopia EP150 yg sebelumnya jauh lebih silent, terutama di jalan tol dan beton yg terasa sekali
- grip saat kering oke banget, saat basah di trek jalan luar kota juga masihbterasa baik. Saat rem mendadak juga tetap terasa nempel dengan jalan. Pakai ban ini terasa lebih pede untuk speeding di jalan tol, kemarin coba sampai 170 di ruas Buahbatu - Cileunyi terasa masih cukup stabil, dibanding dengan EP150 di kecepatan 140 sudah kerasa kurang napak.
- empuk banget! Saat masuk lubang dengan kecepatan sedang di jalan luar kota terasa cukup baik teredam oleh ban. Entah kenapa saat di trek tikungan kemudian ngerem, terasa banget dinding ban ini sangat empuk meskipun tekanan anginnya sudah +3psi dari standar sehingga seperti agak limbung sedikit.

Ban sebelumnya : Bridgestone EP150, saat diganti masih ada sekitar 3 atau 4 cm menuju TWI.

Dengan harga yang sama dengan EP150 jauh lebih baik Dunlop LM705 ini hampir di seluruh aspek, kecuali mungkin dari sisi keawetan karena ban ini leboh empuk ya. Kalau dibandingkan dengan Turanza saya belum pernah coba T005a, karena Turanza terakhir yg saya coba masih jaman AR20 dulu. Kalau dibanding dengan AR20 ya LM705 ini lebih empuk dan silent, untuk grip saya agak lupa di AR20 gimana tapi sepertinya tidak terlalu berbeda.

DOHC wrote:
azu wrote: Thu Dec 31, 2020 13:31 Oiya untuk LM705 ini yg dindingnya terlihat membulat atau mungkin agak kempes meskipun tekanan angin sudah tepat apakah dikarenakan sidewallnya hanya 1Ply? Tapi Ecopia yg sidewallnya 2Ply malah terlihat lebih kempes di tekanan yg sama hahaha

Tapi dulu pengalaman di Ertiga Ibu saya pakai Yokohama CDrive 2 185/65 R15 yg seingat saya sidewallnya 1 Ply awet2 aja sih ga ada masalah dengan sidewallnya, bahkan terakhir pakai sampai sudah kena TWI ga ada masalah
Ecopia alias ekopeyang jg 1 ply om, dan mmg ini ban sidewall nya ckup letoy

Btw turanza jg 1 ply tp sidewall nya lebi keras /kaku drpd ekopeyang

Ban yoko2 mmg rata2 ckup kaku om sidewall nya, saya dl jg pake di inofa, mantep keker
Di EP150 saya yg sebelumnya seingat saya tertulis Sidewall 2 Polyester. Nanti saya coba cek lagi di ban yg dijadikan serep deh
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

Sekalian minta saran lagi ya, utk Xenia 1.0 ukuran 165/80 R13 diantara ban-ban ini lebih baik mana ya
1. Hankook Kynergy Eco K435 (400K)
2. BS Techno (445K)
3. BS EP150 (510K)
4. BS B391 (510K)

atau mungkin ada saran lain? Yang dicari sih yang murah dengn durability baik sama mungkin yg agak bagus gripnya, makanya saya ga masukin ban lokal (duo AA) karena pangalaman sih kurang awet ya.

2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by black2345 »

erwinign wrote: Fri Jan 01, 2021 17:23
black2345 wrote: Fri Jan 01, 2021 15:55
erwinign wrote: Wed Dec 30, 2020 14:06

Buat mobil apa om?
Ertiga om.. hehehe
Size asli ya om, menurut saya dg budget 1jt per pc sih udah merem ke turanza t005a om. Kl enggak rubah ke 195/65/15 ato 195/60/15 bs dapet michelin primacy4.

Memang agak dilemma krn pilihan ban size2 kecil udah dijajah sama eco2an ato ban entry level, dan setinggi2nya turanza yg ada pun ttp dah nggak sekuat turanza ar20 (ini mas2 toko ban juga cerita demikian ke saya), krn t005a komponnya keliatan lebih empuk dimana kl isi nitrogen harus dilebihin mungkin +3 psi. Saya kapan hari pernah share disini (ada fotonya) innova Q diesel pake bannya t005a, ntah yg punya males cek nitrogen itu tapak bannya spt makan pinggir luar sama pinggir dalem. Tp ya nggak ada pilihan lain lagi selain t005a yg all rounder, setidaknya dg pake bridgestone yg tipe bukan ecek2 kaya macem ecopia hati lebih tenang buat saya scr ketahanan kl ngadepin jalanan indonesia yg sangat nyeni.

Andaikan sekarang th 2004, saya rekomen potenza RE711 walaupun berisik krn ban performance :big_biglaugh:
Om kalau ecopia mpv-1 sudah pernah pakai?
Ini ban harganya turun banyak lho dari awal diluncurin, dulu waktu ban uda nipis pernah mau ganti ini tp mundur krn harganya diatas 1jt per piece, tp kmrn cek tokped ada yg jual cm 700an aja untuk ukuran 185/65/15
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

black2345 wrote: Sat Jan 02, 2021 0:26
erwinign wrote: Fri Jan 01, 2021 17:23
black2345 wrote: Fri Jan 01, 2021 15:55

Ertiga om.. hehehe
Size asli ya om, menurut saya dg budget 1jt per pc sih udah merem ke turanza t005a om. Kl enggak rubah ke 195/65/15 ato 195/60/15 bs dapet michelin primacy4.

Memang agak dilemma krn pilihan ban size2 kecil udah dijajah sama eco2an ato ban entry level, dan setinggi2nya turanza yg ada pun ttp dah nggak sekuat turanza ar20 (ini mas2 toko ban juga cerita demikian ke saya), krn t005a komponnya keliatan lebih empuk dimana kl isi nitrogen harus dilebihin mungkin +3 psi. Saya kapan hari pernah share disini (ada fotonya) innova Q diesel pake bannya t005a, ntah yg punya males cek nitrogen itu tapak bannya spt makan pinggir luar sama pinggir dalem. Tp ya nggak ada pilihan lain lagi selain t005a yg all rounder, setidaknya dg pake bridgestone yg tipe bukan ecek2 kaya macem ecopia hati lebih tenang buat saya scr ketahanan kl ngadepin jalanan indonesia yg sangat nyeni.

Andaikan sekarang th 2004, saya rekomen potenza RE711 walaupun berisik krn ban performance :big_biglaugh:
Om kalau ecopia mpv-1 sudah pernah pakai?
Ini ban harganya turun banyak lho dari awal diluncurin, dulu waktu ban uda nipis pernah mau ganti ini tp mundur krn harganya diatas 1jt per piece, tp kmrn cek tokped ada yg jual cm 700an aja untuk ukuran 185/65/15
Blm pernah om. Eco2 saya pernah pakenya ya champ eco, ecopia ep150 sebiji, falken sincera doang. Falken sincera entah eco apa enggak tp price rangenya mirip sama champ eco. Dr ecopia yg udah2 sih ttp nggak rekomen om, cm menang merek sama mahalnya. Feel dipake ya nggak gimana2 banget, ttp kelasnya eco
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »


black2345 wrote:
erwinign wrote: Fri Jan 01, 2021 17:23
black2345 wrote: Fri Jan 01, 2021 15:55 Ertiga om.. hehehe
Size asli ya om, menurut saya dg budget 1jt per pc sih udah merem ke turanza t005a om. Kl enggak rubah ke 195/65/15 ato 195/60/15 bs dapet michelin primacy4.

Memang agak dilemma krn pilihan ban size2 kecil udah dijajah sama eco2an ato ban entry level, dan setinggi2nya turanza yg ada pun ttp dah nggak sekuat turanza ar20 (ini mas2 toko ban juga cerita demikian ke saya), krn t005a komponnya keliatan lebih empuk dimana kl isi nitrogen harus dilebihin mungkin +3 psi. Saya kapan hari pernah share disini (ada fotonya) innova Q diesel pake bannya t005a, ntah yg punya males cek nitrogen itu tapak bannya spt makan pinggir luar sama pinggir dalem. Tp ya nggak ada pilihan lain lagi selain t005a yg all rounder, setidaknya dg pake bridgestone yg tipe bukan ecek2 kaya macem ecopia hati lebih tenang buat saya scr ketahanan kl ngadepin jalanan indonesia yg sangat nyeni.

Andaikan sekarang th 2004, saya rekomen potenza RE711 walaupun berisik krn ban performance :big_biglaugh:
Om kalau ecopia mpv-1 sudah pernah pakai?
Ini ban harganya turun banyak lho dari awal diluncurin, dulu waktu ban uda nipis pernah mau ganti ini tp mundur krn harganya diatas 1jt per piece, tp kmrn cek tokped ada yg jual cm 700an aja untuk ukuran 185/65/15
Saran sih, kalau budgetnya udah masuk Turanza mah mending Turanza aja om. Ban eco2an itu fokusnya kan ke efisiensi, lower rolling resistance, yang umumnya secara performance masih dibawah ban kelas summer touring seperti Turanza. Mana secara efisiensi kayanya ga terlalu signifikan juga ya hahaha
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Taufiq6210 »

black2345 wrote: Sat Jan 02, 2021 0:26 Om kalau ecopia mpv-1 sudah pernah pakai?
Ini ban harganya turun banyak lho dari awal diluncurin, dulu waktu ban uda nipis pernah mau ganti ini tp mundur krn harganya diatas 1jt per piece, tp kmrn cek tokped ada yg jual cm 700an aja untuk ukuran 185/65/15
Saya sekarang pake mpv-1 di 406 yang ukuran 185/65/15 juga, pembelian dan produksi akhir 2017 (karena dulu waktu beli masih belum terlalu ngerti tentang ban, sekedar beli ukuran berdasar yang terpasang di mobil, padahal di ukuran aslinya bisa dapet turanza / primacy). Komplainannya sih agak ribut ya kalau di jalan kasar tapi begitu udah ga baru-baru banget bannya agak berkurang ributnya (atau karena kupingnya terbiasa ya :big_biglaugh: ) dan di ban depan selalu keliatan kempes walau udah diisi di 40psi. Soal kenyamanan agak bingung ya nilainya, karena waktu dulu beli mobilnya (bekas) kepasangnya ban yang udah lama dan aus, jadi begitu ganti ke mpv-1 aja udah berasa upgrade kenyamanan, jadi ga bisa nilai di mobil yang sama. Kalau mau coba bandingin kenyamanan ke mobil yang beda juga ga bisa, karena di rumah ada altis 2005 pake ar20 dan masih tetep lebih nyaman 406 + mpv-1. Soal dry grip pernah sampai 155km/jam masih stabil, wet grip agak kurang kalau dibanding ar20, tapi 80km/jam hujan deras masih oke sih (jarang lebih cepet dari ini soalnya).