
BMW E36
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: BMW E36
Teman2 SM, e36 (thn 94 mesin m50) sy water pumpnya jebol, jadi mau sekalian overhaul cooling system. Untuk thermostatnya biasanya pake yang berapa derajat ya? ada 71, 88 ama 92. Mohon masukannya, terima kasih 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
- Daily Vehicle: BMW_E36_323i
Re: BMW E36
sharing aja, kebetulan pakai 323i mesinnya m52, standarnya pakai 92, cuma ganti:lorensiuswlt wrote: Fri Oct 16, 2020 21:58 Teman2 SM, e36 (thn 94 mesin m50) sy water pumpnya jebol, jadi mau sekalian overhaul cooling system. Untuk thermostatnya biasanya pake yang berapa derajat ya? ada 71, 88 ama 92. Mohon masukannya, terima kasih![]()
- tstat yg 88, tengah2, kalau 71 takutnya suhunya terlalu rendah jadi agak boros ? (sotoy

banyak yg blg mesin eropa suhu optimal kerjanya lbh tinggi dari mesin jepang
- waterpump carinya yang propelernya bahan composite
- kuras radiator atau ganti sekalian
- pakai coolant
sukses overhoulnya om

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: BMW E36
Terima kasih om informasinya. Untuk tstat saat ini masih bagus dan selalu ditengah2 jarum indicatornya, ga pernah overheat udah 6thn pakai.mekitokazi wrote: Sun Oct 18, 2020 4:34sharing aja, kebetulan pakai 323i mesinnya m52, standarnya pakai 92, cuma ganti:lorensiuswlt wrote: Fri Oct 16, 2020 21:58 Teman2 SM, e36 (thn 94 mesin m50) sy water pumpnya jebol, jadi mau sekalian overhaul cooling system. Untuk thermostatnya biasanya pake yang berapa derajat ya? ada 71, 88 ama 92. Mohon masukannya, terima kasih![]()
- tstat yg 88, tengah2, kalau 71 takutnya suhunya terlalu rendah jadi agak boros ? (sotoy)
banyak yg blg mesin eropa suhu optimal kerjanya lbh tinggi dari mesin jepang
- waterpump carinya yang propelernya bahan composite
- kuras radiator atau ganti sekalian
- pakai coolant
sukses overhoulnya om![]()
Oya cara bersihin endapan/sisa kerak2 karat di mesin gmn ya? soalnya pas buka selang radiator ada banyak endapan karat di housing tstatnya, berarti endapan tsb sudah muter ke seluruh bagian mesin. Pakai selang terus disemprot ke dalam lubang thermostat/water pump bisa?
Thanks.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: BMW E36
Cobain pake cairan radiator flush aja om, tapi yang bisa untuk beberapa hari. Contohnya kayak yang Prestone bisa heavy duty cleaning dengan didiemin 3 hari di radiator sambil dipake 3-6 jam. Karena kayaknya kalau yang sekedar flush 15 menit kurang efektif deh.lorensiuswlt wrote: Sun Oct 18, 2020 10:55Terima kasih om informasinya. Untuk tstat saat ini masih bagus dan selalu ditengah2 jarum indicatornya, ga pernah overheat udah 6thn pakai.mekitokazi wrote: Sun Oct 18, 2020 4:34sharing aja, kebetulan pakai 323i mesinnya m52, standarnya pakai 92, cuma ganti:lorensiuswlt wrote: Fri Oct 16, 2020 21:58 Teman2 SM, e36 (thn 94 mesin m50) sy water pumpnya jebol, jadi mau sekalian overhaul cooling system. Untuk thermostatnya biasanya pake yang berapa derajat ya? ada 71, 88 ama 92. Mohon masukannya, terima kasih![]()
- tstat yg 88, tengah2, kalau 71 takutnya suhunya terlalu rendah jadi agak boros ? (sotoy)
banyak yg blg mesin eropa suhu optimal kerjanya lbh tinggi dari mesin jepang
- waterpump carinya yang propelernya bahan composite
- kuras radiator atau ganti sekalian
- pakai coolant
sukses overhoulnya om![]()
Oya cara bersihin endapan/sisa kerak2 karat di mesin gmn ya? soalnya pas buka selang radiator ada banyak endapan karat di housing tstatnya, berarti endapan tsb sudah muter ke seluruh bagian mesin. Pakai selang terus disemprot ke dalam lubang thermostat/water pump bisa?
Thanks.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
- Daily Vehicle: BMW_E36_323i
Re: BMW E36
karena dulu saya kerjain sendiri overhoul cooling, kira2 dulu begini:Taufiq6210 wrote: Sun Oct 18, 2020 12:18Cobain pake cairan radiator flush aja om, tapi yang bisa untuk beberapa hari. Contohnya kayak yang Prestone bisa heavy duty cleaning dengan didiemin 3 hari di radiator sambil dipake 3-6 jam. Karena kayaknya kalau yang sekedar flush 15 menit kurang efektif deh.lorensiuswlt wrote: Sun Oct 18, 2020 10:55
Terima kasih om informasinya. Untuk tstat saat ini masih bagus dan selalu ditengah2 jarum indicatornya, ga pernah overheat udah 6thn pakai.
Oya cara bersihin endapan/sisa kerak2 karat di mesin gmn ya? soalnya pas buka selang radiator ada banyak endapan karat di housing tstatnya, berarti endapan tsb sudah muter ke seluruh bagian mesin. Pakai selang terus disemprot ke dalam lubang thermostat/water pump bisa?
Thanks.
1. ganti tstat, untuk peace of mind aja karena sekalian bongkar2 nya
2. ganti waterpump
3. copot radiator -> semprot kisi/fin -> kuras dalemnya sampai bersih
4. semprot jalur cooling di mesin pakai air mengalir, dulu saya pakai pompa aquarium (mcgyver mode

sampai air yang keluar jernih.
5. setelah semua kepasang, saya pakai coolant + air aquades (distilasi) untuk flush 1 minggu
6. kuras coolant + air quades, truss isi radiator coolant yang ready mix (saya pakai denso llc)
---
saya saranin kuras radiator, karena biasanya kerak2 banyak nyangkut di radiator.
kalau langsung flush, takutnya radiatornya mampet.
semoga membantu.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: BMW E36
oke terima kasih infonya om.., kyknya mmg mau sekalian kuras radiator jgTaufiq6210 wrote: Sun Oct 18, 2020 12:18Cobain pake cairan radiator flush aja om, tapi yang bisa untuk beberapa hari. Contohnya kayak yang Prestone bisa heavy duty cleaning dengan didiemin 3 hari di radiator sambil dipake 3-6 jam. Karena kayaknya kalau yang sekedar flush 15 menit kurang efektif deh.lorensiuswlt wrote: Sun Oct 18, 2020 10:55Terima kasih om informasinya. Untuk tstat saat ini masih bagus dan selalu ditengah2 jarum indicatornya, ga pernah overheat udah 6thn pakai.mekitokazi wrote: Sun Oct 18, 2020 4:34
sharing aja, kebetulan pakai 323i mesinnya m52, standarnya pakai 92, cuma ganti:
- tstat yg 88, tengah2, kalau 71 takutnya suhunya terlalu rendah jadi agak boros ? (sotoy)
banyak yg blg mesin eropa suhu optimal kerjanya lbh tinggi dari mesin jepang
- waterpump carinya yang propelernya bahan composite
- kuras radiator atau ganti sekalian
- pakai coolant
sukses overhoulnya om![]()
Oya cara bersihin endapan/sisa kerak2 karat di mesin gmn ya? soalnya pas buka selang radiator ada banyak endapan karat di housing tstatnya, berarti endapan tsb sudah muter ke seluruh bagian mesin. Pakai selang terus disemprot ke dalam lubang thermostat/water pump bisa?
Thanks.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: BMW E36
Terima kasih om infonya om ..lengkap.Btw sy juga ini ngerjain sendiri / diy.mekitokazi wrote: Mon Oct 19, 2020 1:13
karena dulu saya kerjain sendiri overhoul cooling, kira2 dulu begini:
1. ganti tstat, untuk peace of mind aja karena sekalian bongkar2 nya
2. ganti waterpump
3. copot radiator -> semprot kisi/fin -> kuras dalemnya sampai bersih
4. semprot jalur cooling di mesin pakai air mengalir, dulu saya pakai pompa aquarium (mcgyver mode)
sampai air yang keluar jernih.
5. setelah semua kepasang, saya pakai coolant + air aquades (distilasi) untuk flush 1 minggu
6. kuras coolant + air quades, truss isi radiator coolant yang ready mix (saya pakai denso llc)
---
saya saranin kuras radiator, karena biasanya kerak2 banyak nyangkut di radiator.
kalau langsung flush, takutnya radiatornya mampet.
semoga membantu.![]()
4. semprotnya dari mana? lubang thermostat atau water pump om?
5. ini maksudnya gmn om? flush 1 minggu ini maksudnya dipakai jalan 1 minggu terus diflush? coolantnya pakai denso jg?
6. Denso LLC aman untuk radioator BMW ? Pakai yang warna apa?
Terima kasih
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
- Location: Jkt
Re: BMW E36
Butuh saran dari om octa, om kompre, atau om suhu yg lain lagi galau nih mau ambil 320 manual atau 323 manual. Berkali2 mikir, udah condong ke salah satu, tapi galau lagi
1. Pengen ambil 323 karena info dr kawan, FC 320 sm 323 sama aja, tapi tenaga 323 jauh lebih buas (dalam kondisi sama2 std)
2. Apa ambil 320 aja ya, karena lebih minim resiko (contohnya kelistrikan, ac kompor vs digital, lalu mesin M50 masih besi vs M52 yg aluminium, perawatan M50 lebih murah, M50 bisa gonta ganti bensin vs M52 kompresi tinggi mesti pertamax/pertabo)
Udah spare dana 90 juta utk bungkus mobil dan spare biaya perbaikan.
Sekalian tanya juga, biar E36 ga rewel ditinggal lama gmn caranya om? Periode manasin atau ngajak jalan keliling komplek brp hari sekali biar aman? Mobil bakal jd garage queen krn saya 6 minggu kerja di luar kota, 2 minggu dirumah. Pas 2 minggu itu bakal saya nikmatin total, tiap hari bakal jalan, kalo malem pasti iseng keluar rumah buat gaspol di tol.
Terima kasih
1. Pengen ambil 323 karena info dr kawan, FC 320 sm 323 sama aja, tapi tenaga 323 jauh lebih buas (dalam kondisi sama2 std)
2. Apa ambil 320 aja ya, karena lebih minim resiko (contohnya kelistrikan, ac kompor vs digital, lalu mesin M50 masih besi vs M52 yg aluminium, perawatan M50 lebih murah, M50 bisa gonta ganti bensin vs M52 kompresi tinggi mesti pertamax/pertabo)
Udah spare dana 90 juta utk bungkus mobil dan spare biaya perbaikan.
Sekalian tanya juga, biar E36 ga rewel ditinggal lama gmn caranya om? Periode manasin atau ngajak jalan keliling komplek brp hari sekali biar aman? Mobil bakal jd garage queen krn saya 6 minggu kerja di luar kota, 2 minggu dirumah. Pas 2 minggu itu bakal saya nikmatin total, tiap hari bakal jalan, kalo malem pasti iseng keluar rumah buat gaspol di tol.

Terima kasih
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: BMW E36
Rasuano wrote: Wed Nov 18, 2020 14:48
-
lalu mesin M50 masih besi vs M52 yg aluminium, perawatan M50 lebih murah, M50 bisa gonta ganti bensin vs M52 kompresi tinggi mesti pertamax/pertabo)
-
kalo saya dikasih 2 pilihan itu, merem lah pilih alu.
asalkan cooling system beres, pakai radiator fluid yang mumpuni, kasih oli yang bener.
ganti oli jangan telat, mesin pasti sehat.
kompresi tinggi? mesin n/a itu justru nikmatnya di kompresi tinggi om. kalo kompresi rendah ya sama aja kaya toyota 5K....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
- Daily Vehicle: BMW_E36_323i
Re: BMW E36
eh sorry baru online lagi,lorensiuswlt wrote: Mon Oct 19, 2020 3:27Terima kasih om infonya om ..lengkap.Btw sy juga ini ngerjain sendiri / diy.mekitokazi wrote: Mon Oct 19, 2020 1:13
karena dulu saya kerjain sendiri overhoul cooling, kira2 dulu begini:
1. ganti tstat, untuk peace of mind aja karena sekalian bongkar2 nya
2. ganti waterpump
3. copot radiator -> semprot kisi/fin -> kuras dalemnya sampai bersih
4. semprot jalur cooling di mesin pakai air mengalir, dulu saya pakai pompa aquarium (mcgyver mode)
sampai air yang keluar jernih.
5. setelah semua kepasang, saya pakai coolant + air aquades (distilasi) untuk flush 1 minggu
6. kuras coolant + air quades, truss isi radiator coolant yang ready mix (saya pakai denso llc)
---
saya saranin kuras radiator, karena biasanya kerak2 banyak nyangkut di radiator.
kalau langsung flush, takutnya radiatornya mampet.
semoga membantu.![]()
4. semprotnya dari mana? lubang thermostat atau water pump om?
5. ini maksudnya gmn om? flush 1 minggu ini maksudnya dipakai jalan 1 minggu terus diflush? coolantnya pakai denso jg?
6. Denso LLC aman untuk radioator BMW ? Pakai yang warna apa?
Terima kasih
4. dari lubang tstat, karena waterpump saya copot waktu itu, nanti air keluar dari lubang waterpump
5. saya pakai satu minggu, kemudian saya kuras lagi coolant-nya.
6. pakai denso llc, kebetulan saya ganti radiator baru.
kebetulan saya ganti radiator type racing yang all aluminium, kalau standar/oem bmw kan tank-nya dari plastik,
sejauh ini aman sih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
ikutin standar aja 88 derajat....selama bagus semua gak bakal ada masalah...lorensiuswlt wrote: Fri Oct 16, 2020 21:58 Teman2 SM, e36 (thn 94 mesin m50) sy water pumpnya jebol, jadi mau sekalian overhaul cooling system. Untuk thermostatnya biasanya pake yang berapa derajat ya? ada 71, 88 ama 92. Mohon masukannya, terima kasih![]()
Rasuano wrote: Wed Nov 18, 2020 14:48 Butuh saran dari om octa, om kompre, atau om suhu yg lain lagi galau nih mau ambil 320 manual atau 323 manual. Berkali2 mikir, udah condong ke salah satu, tapi galau lagi
1. Pengen ambil 323 karena info dr kawan, FC 320 sm 323 sama aja, tapi tenaga 323 jauh lebih buas (dalam kondisi sama2 std)
2. Apa ambil 320 aja ya, karena lebih minim resiko (contohnya kelistrikan, ac kompor vs digital, lalu mesin M50 masih besi vs M52 yg aluminium, perawatan M50 lebih murah, M50 bisa gonta ganti bensin vs M52 kompresi tinggi mesti pertamax/pertabo)
Udah spare dana 90 juta utk bungkus mobil dan spare biaya perbaikan.
Sekalian tanya juga, biar E36 ga rewel ditinggal lama gmn caranya om? Periode manasin atau ngajak jalan keliling komplek brp hari sekali biar aman? Mobil bakal jd garage queen krn saya 6 minggu kerja di luar kota, 2 minggu dirumah. Pas 2 minggu itu bakal saya nikmatin total, tiap hari bakal jalan, kalo malem pasti iseng keluar rumah buat gaspol di tol.![]()
Terima kasih
m50 aja...
badak n kencang klo sehat...irit...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
mesin 328 sudah pensiun...kangen sama m50..terkadang kasian liatnya nyempil di bawah tangga kalo pas ke jakarta...
mesin 328 dipake sama kawan gantiin mesin 323i...
uenakkkk jiwaa mamen...mobil angkot truk gw kandangin...skrg harian gw usahain bawa e36...kcuali masuk daerah sempit pelosok...
mesin 328 dipake sama kawan gantiin mesin 323i...
uenakkkk jiwaa mamen...mobil angkot truk gw kandangin...skrg harian gw usahain bawa e36...kcuali masuk daerah sempit pelosok...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
sehari2 gw bawa diatas rpm 3000 ampir selalu redline...di tol mentok spido hampir selalu....kalo ada kawan lgsg turunin gigi biar josssss.....ueeennnnyakkkkk.....
gak pernah rasain se enak 320 M50 sperti ini....kencang irit...kuatt
gak pernah rasain se enak 320 M50 sperti ini....kencang irit...kuatt
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
di atas 150 hp mesin standar...klo yg paham pasti tau dr foto mesin...pdhl kondisi mesin standar tidak ada pigibak...
besok mau ganti velg 323 standar ring 16 tuker guling sama teman dan skalian ban potenza ...rencana mau ganti coilover..
pede lawan civic turbo....jeritan rpm redlinee manual ngesottttt blehhhhh...
mobil enak part murah meriah.....
malas main angkot skrg...

besok mau ganti velg 323 standar ring 16 tuker guling sama teman dan skalian ban potenza ...rencana mau ganti coilover..
pede lawan civic turbo....jeritan rpm redlinee manual ngesottttt blehhhhh...
mobil enak part murah meriah.....
malas main angkot skrg...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
kalo malam sudah pede..krn lampu sudah terang sadis...HID...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: BMW E36
Ooooo maen bmw lagi om kompre..... 

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: BMW E36
mantapp, dah lamaa. Paling asik kl om kompre udh post. tanpa banyak cinconggg, real modif, real test wkwkwkkompresorz wrote: Wed Dec 30, 2020 12:17 kalo malam sudah pede..krn lampu sudah terang sadis...HID...
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36

enak banget nih mobil buat harian.....irit bandel part murah meriah...
cuma udah terlihat tua saja....sayu gitu tampangnya...

lagi mau nyentul nih barengan bbrp kawan..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
pusing om bahas yang gak penting....alvin23 wrote: Thu Dec 31, 2020 7:26mantapp, dah lamaa. Paling asik kl om kompre udh post. tanpa banyak cinconggg, real modif, real test wkwkwkkompresorz wrote: Wed Dec 30, 2020 12:17 kalo malam sudah pede..krn lampu sudah terang sadis...HID...

mainin mobil trs share...
biar hidup ini gak sepi...
pokoe modif gaspollllllll.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
baru beli coilover...
skrg lagi mikir buka rpm limit...
skrg lagi mikir buka rpm limit...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: BMW E36
Josssss sekali

Coba tanya teddy rev gimana tu buat dituning lg mesinnya. Penasaran maen mesin N/A di bmw, gimana oprek2nya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36

kmrn diajak numpang tes mobil kawan siang bolong tol bsd tangerang jalan beton naik turun...
cuma pake lowering kit...lari hampir 230....gak ada goyangnya...
malah lari hampir 220 setir di godekin kanan kiri...
ajib dah...
org yang bikin semangat gw main bmw....tapi yang tua aja...gak mampu yang baru....mahall...belum jadi sultan....

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
setelah ganti coilover...mobil msh nyaman klo sekedar jalan aspal halus...tapi handling mobil lebih tajam...stabil...
gak enaknya klo ngebut ketemu jalan gelombang...ayunannya berasa di pantek tuh pinggang...pdhl di setel gak tlalu ceper..maksimal tingginya...turun 2 jari...
krn mobil pake sendiri gak bawa keluarga...ya enak aja...
gak enaknya klo ngebut ketemu jalan gelombang...ayunannya berasa di pantek tuh pinggang...pdhl di setel gak tlalu ceper..maksimal tingginya...turun 2 jari...

krn mobil pake sendiri gak bawa keluarga...ya enak aja...

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: BMW E36
Makasih om Kompre..sdh pakai 88 dan lancar jaya sampai sakarang..kompresorz wrote: Wed Dec 30, 2020 11:57
ikutin standar aja 88 derajat....selama bagus semua gak bakal ada masalah...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: BMW E36
mesin m50 rasa M52....itulah modif butuh perjuangan tp end nya bikin tersenyum...
gak disangka malah bisa ky bgini...gak ada eror upgred HID n LED...tanpa jumper sambung kabel...orisinil...kencang irit canggih...
mknya jangan ragu modif mencari kepuasan sampe ktemu apa yg dicari..
gak disangka malah bisa ky bgini...gak ada eror upgred HID n LED...tanpa jumper sambung kabel...orisinil...kencang irit canggih...
mknya jangan ragu modif mencari kepuasan sampe ktemu apa yg dicari..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.