erwinign wrote: Thu Dec 24, 2020 5:30
Clonz wrote: Thu Dec 24, 2020 5:13
Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.
Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)
Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.
Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.
Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.
Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.
Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.
Ga jauh2 ya reborn ini lah.
Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
Kalo bicaranya jaman sampe th 2007 sih saya berani ambil ban OEM bawaan om. Contoh potenza 60 di sedan2 90an, potenza RE711, potenza RE080 yaris/swift, dueler2 buat jaman now masih cukup oke sampe hari ini. Yang cilaka lagi ya CX9 kalo apes dapet EKOPIA HL422 om, kemarin saya ke toko ban tambah nitrogen liat CX9 AWD gress pake itu ban
Memang om, even beberapa orang yang melek mobil pun ya ga semua melek ban kok. Saya pernah debat sama tmn saya soal merk ban, dia bilang (dan kebanyakan orang) kalo EKOPIA ato enasep masih oke dipasang di avansa,
nah trs ngelesnya nih plg kesel "yg penting gelinding" dan sebut merk. Seumur2 saya paling ga suka sama ban ya eco2 ini sama yg merknya lokal2an yg dibuat OEM, contoh champ eco, champ BXT dan EKOPIA di innova baru. Pake champ eco di ertiga jalan di tol 100 aja udah goyang2 mau terbang. Pake champ BXT di yaris bakpao juga stir jadi speleng, licin banget sama sering spooring. Pake ecopia di innova baru juga ngayun banget sama kl nyalip kaya kapal keombang ambing. Ban terbusuk yg saya coba ya achilles platinum itu om, aneh rasanya

dimana orang2 byk ambil nih ban krn murah. Orang2 toko ban aja kalo nanganin spooring innova baru itu sampe cerita ke saya kalo susah banget di spooring tuh mobil, slh satunya faktor ban ini.
Misal kaya innova yg R16, minimal pake ban bukan eco2 aja udah terima kasih banyak saya om

Coba keluarin BS B390 205 65 16 ato kasih aja turanza t005a yang harganya beda sedikit sama ecopia sih udah proper banget itu. Sekarang kalo saya ditanya ban pun, saya pasti jawab bridgestone buat ngadepin jalanan indonesia. Termurah pun baru berani misalnya falken sincera. Baru kl size ngga ada di BS bisa cari yg lain, walaupun kemungkinan dapet yang merk2 itu wkwkwk
yahh kalau dari sisi manufacturer ngasi OE tyres mahal mahal untuk lini non performance itu agak berasa percuma... customernya ngga peduli dengan itu. lebih peduli dengan : kabin gede, mesin irit, model, dan features.
ban juga tetep aja bentuknya karet bunder... klo orang gak perhatiin bener ya gak bakal ngeh itu ban bagus apa enggak. pdhl klo buat saya ada beberapa ban yang punya profil sidewall yang bikin lebih berkarakter dan motif alur serta pinggiran juga kadang bikin looks mobil keliatan lebih gagah
dan karena ban itu less of a concern akhirnya jadi bagian paling terkompromi : kalau ada yang murah ngapain pasang yang mahal... klo OE manufacturer kan pasti dapet harga beda dgn kita beli lepasan jg...
bayangin ecocars macem brio RS baru itu mungkin yang bikin harganya jd mahal itu ya ban potenza nya wkwkwkkwkw lah ahond cuma kasih potenza ke brio RS... sedangkan enasep dkk doi bisa beli buat mobilio BRV juga khan harga per pcsnya pasti bisa ditekan lebih lagi
dan karena high demand ke seri OE ini akhirnya dari sisi pabrik ban? ya produksi model ini smakin banyak, jadi ban paling banyak di pasaran... akhirnya muncul problem lain : scarcity untuk model tidak populer. di semarang cari toko ban yang ready ban aneh-aneh itu susah... kalopun ada jg hari ini nanya besok abis. BS seri potenza series jg tidak semua toko model BS ready... jangan sebut merek macem conti/michelin/dll jelas semakin susah wwkkwkwkwkw
bahkan ntu haerpi skrg udah ga pake spsportmaxx050 bbrp pake turanza ER33...
terus kadang ban itu saking jarang diperhatiin orang... kalo ada masalah di kaki kaki atau tarikan mobil langsung suspek ke mekanikal : mesin atau suspension... padahal kadang ya tarikan lemes krn kurang angin doang atau bunyi2 yang ternyata setelah diliat bannya uda nyaris tak beralur... di ganti ban langsung slesai masalah
atau sbaliknya smua ban dipukul rata, melintir atau licin bilangnya nyetir ugal ugalan atau bannya udah ga bagus pdhl ada ban yang dari orok juga wet gripnya sampah... wkwkkwkwkw
ya sama lah ban ama oli orang maunya pake yg murah meriah muntah... giliran mobil ada masalah itu bagian paling terakhir di suspek... mesin ada bunyi aneh aja kadang slesai dengan oli spek lebih tinggi khan... oli jg orang ga ngeh bedanya 5W30 grade keraton ama kasta sudra... hajar aja pokoke 5W30 label di botol sama pasti barangnya sama.
DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 5:16
Untunglah ribon ud insap
Skrg dikasi gt champ luxe
Ini ban kere hore tp at least jauhhhhhhhhhhh lebi proper drpd si enash1t atau ekopeyang yg hobi meletus
gegara ente bilang ini mbah... td ada ketemu inofa ribon baru tipe biasa bukan pentulel...
baru nyadar jg... ane iseng peratiin karet bundernya udah ga kliatan kurang angin macem yang lama...