cobain ah krn kl aplikasi car gauge pro ngga bisa dpt data history gt.draxx13 wrote: Thu Dec 24, 2020 3:44Ini pake hp om, aplikasinya car scanner
Saya ambil data histori recordnya heheh
dia cuma bisa ukur real time aja kya model begini.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
cobain ah krn kl aplikasi car gauge pro ngga bisa dpt data history gt.draxx13 wrote: Thu Dec 24, 2020 3:44Ini pake hp om, aplikasinya car scanner
Saya ambil data histori recordnya heheh
mbah, pernah nyoba nutup EGR nya ngga di OGL?DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:58 Kl cruising bsa dbawah 90 seh itungan nya adem om
Ud mirip inofa bensin tuh
OGL saya dl seh ga perna d bawah 90, kcuali mesin mati atau pagi2 baru nyalain beberapa minit
Btw penasaran ama temp nya ANGL brapa,mustinya lebi rendah seh, EGR jg katanya ud ga ad kan yah
Ini mbah Herman perna ngukur ga yah, 2014 ANGL HR15DE twin cvtc injector nya
Ga braniblloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:24mbah, pernah nyoba nutup EGR nya ngga di OGL?DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:58 Kl cruising bsa dbawah 90 seh itungan nya adem om
Ud mirip inofa bensin tuh
OGL saya dl seh ga perna d bawah 90, kcuali mesin mati atau pagi2 baru nyalain beberapa minit
Btw penasaran ama temp nya ANGL brapa,mustinya lebi rendah seh, EGR jg katanya ud ga ad kan yah
Ini mbah Herman perna ngukur ga yah, 2014 ANGL HR15DE twin cvtc injector nya
infonya bisa mengahsilkan sesuatu yg signifikan.
Ditutup ya bukan dilepas socket EGR nya.
kl dilepas sdh pasti amburadul ECU baca datanya.
Kl ditutup khan seolah-olah EGR ngga ngasi gas buang ke dalam ruang bakar alias 0.
kl di OBD cuma kebaca EGR Volume Valve 0,5 kl idle ama EGR Temperature 3,16 vols (temperature kok VDC satuannya)
yg ane bold om, sptnya penggarisnya hrs lurus wkwkwkwk. kl penggarisnya bengkok atau parallax error bisa salah arti pas nyocokin ke time line nya. kl sy kok bacanya pas rpm rendah baru ECT naik.blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 3:25kl liat datanya tetep di speed 3000 rpm yg paling oke ECT nya di bawah 90 derajat.
begitu digeber dia akan sedikit naik.
temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:24mbah, pernah nyoba nutup EGR nya ngga di OGL?DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 3:58 Kl cruising bsa dbawah 90 seh itungan nya adem om
Ud mirip inofa bensin tuh
OGL saya dl seh ga perna d bawah 90, kcuali mesin mati atau pagi2 baru nyalain beberapa minit
Btw penasaran ama temp nya ANGL brapa,mustinya lebi rendah seh, EGR jg katanya ud ga ad kan yah
Ini mbah Herman perna ngukur ga yah, 2014 ANGL HR15DE twin cvtc injector nya
infonya bisa mengahsilkan sesuatu yg signifikan.
Ditutup ya bukan dilepas socket EGR nya.
kl dilepas sdh pasti amburadul ECU baca datanya.
Kl ditutup khan seolah-olah EGR ngga ngasi gas buang ke dalam ruang bakar alias 0.
kl di OBD cuma kebaca EGR Volume Valve 0,5 kl idle ama EGR Temperature 3,16 vols (temperature kok VDC satuannya)
iya juga sich...DOHC wrote: Thu Dec 24, 2020 4:30
Ga brani
Toel2 motor EGR nya aj ud bsa bkin lampu natal tuh CE
Apalagi d matiin
wkwkwkwk mungkin beda ketelitian ini bacanya.Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:41
yg ane bold om, sptnya penggarisnya hrs lurus wkwkwkwk. kl penggarisnya bengkok atau parallax error bisa salah arti pas nyocokin ke time line nya. kl sy kok bacanya pas rpm rendah baru ECT naik.
kl yg EGR cma ada 3,16 VDC ama 0,5 step aja Mbah Shifu.Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:46
temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.
kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
scanner nya kurang canggih jd cuma kebaca 1 PID (ga semua PID kebaca)blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:54kl yg EGR cma ada 3,16 VDC ama 0,5 step aja Mbah Shifu.Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:46
temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.
kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
Rupanya EGR ini pake nya motor stepper pantes aja munculnya data 0,5 step.
Jadi dia step by step gerakkin buka tutup valve nya.
baca2 EGR akan fully closed kl mesin idle, high speed, low coolant temperature dst nya.
Capture.JPG
pas dibuka dulu di garasi 58 ternyata diganjel plat spy itu EGR ngga ngebuka sama sekali.
jadi ketahan plat itu dan si motor ngga bisa ngebuka valve alias katupnya.
hmmm....![]()
Tp di L12 malah d amputasi mbah ntuh EGROmnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:57oh begitu ternyata alasan diganjal2 ya. kl di ahond L15 ga bisa tuh om krn di system EGR nya ada confirmation beneran buka ngga itu valve setelah dikasih command dr ecu. jaminan CEL nyala. wkwkwkwk mungkin saking seringnya dulu yg ngehack diganjal.blloewy wrote: Thu Dec 24, 2020 4:54kl yg EGR cma ada 3,16 VDC ama 0,5 step aja Mbah Shifu.Omnibus wrote: Thu Dec 24, 2020 4:46
temperature sensor (thermistor) dibaca oleh ecu sbg voltage reading. ecu ngertinya baca dlm voltage sbg inputnya. sementara utk kita manusia utk memudahkan nanti dr voltage tsb ditranslate oleh OBD scanner menjadi °C/°F.
kl baca pakai OBD scanner akan ada 2 PID (parameter identification data) utk bacaan ECT yg sama (dr sensor yg sama), 1 dalam volt 1 lagi dalam °C.
Rupanya EGR ini pake nya motor stepper pantes aja munculnya data 0,5 step.
Jadi dia step by step gerakkin buka tutup valve nya.
baca2 EGR akan fully closed kl mesin idle, high speed, low coolant temperature dst nya.
Capture.JPG
pas dibuka dulu di garasi 58 ternyata diganjel plat spy itu EGR ngga ngebuka sama sekali.
jadi ketahan plat itu dan si motor ngga bisa ngebuka valve alias katupnya.
hmmm....![]()
L12 engine resing kali mbah .....
blloewy wrote: Mon Jan 11, 2021 1:24 KM sdh tinggi 91 ribu usia mau masuk 9 tahun.
Jadi parno sama motor Fan krn khawatir mati tiba2 di jalan.
Adakah yg sudah pernah ganti?
Harga berapa ya itu motor fan?
Atau cukup ganti arang nya aja itu motor fan?
Bukan suhu & senior secara ane bukan suhu Omni, om Klep & mbah Marmut... kalau ane jadi Om Herman yah ikutin jadwal service berkala aja Om, apa2 yang sudah harus dibersihkan atau diganti. Bersihin tangki bahan bakar kalau dulu sih ane di 80 ribu km & kayanya list2 yang sudah Om sebutin diatas yah sudah boleh dilakukan, paling enggak di 100 ribu Km nanti. Ntah itu jadwal timing belt apakah sudah harus ganti? Kalau ganti yah sekalian ama waterpump + themostat biar gak kerja 2x.Herman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Thank you om Benzz89 atas sarannya. Yup saya memang masih sayang sama mobilnya dan sudah booking service juga di bengkel resmi Nissan Soekarno Hatta Palembang utk hari sabtu ini. Sepakat dengan saran om Benzz89 dan planning preventive maintenance yang terpikir adalah kuras tangki bensin dan check and clean fuel pump dan sampai saat ini sih belum terpikir ganti part unless saat dicheck ada part yg perlu di ganti baru saya ganti. Ok om thank you.benzz89 wrote:Bukan suhu & senior secara ane bukan suhu Omni, om Klep & mbah Marmut... kalau ane jadi Om Herman yah ikutin jadwal service berkala aja Om, apa2 yang sudah harus dibersihkan atau diganti. Bersihin tangki bahan bakar kalau dulu sih ane di 80 ribu km & kayanya list2 yang sudah Om sebutin diatas yah sudah boleh dilakukan, paling enggak di 100 ribu Km nanti. Ntah itu jadwal timing belt apakah sudah harus ganti? Kalau ganti yah sekalian ama waterpump + themostat biar gak kerja 2x.Herman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Namanya kan preventive yah dibersihkan/diganti sebelum sampai terjadi kerusakan, kalau sudah keduluan rusak yah namanya sudah bukan preventive lagi dong, apalagi seperti yang Om bilang ini mobil mau dipakai jangka (sangat) panjang 14 taon lagi, minum premium, gak pernah nyusahin, hemat biaya bahan bakar, disayang2lah mobilnya, kapan lagi bisa punya mobil kaya begini kan? Punya ane sih dulu Km 70 ribu sudah keburu dijual, pakai 6-7 taon juga, puji Tuhan juga gak sampe nyusahin sih. Yang harus diperhatiin sih menurut ane itu evap AC si lipindut, kayanya setelah sekian taon bocor halus. Sisanya sih biar master Om Klep yang nambahin secara doi sudah pakem kalau soal Lipindut
Coba bersihin throttle body dulu om, pasti kotornya luar biasaHerman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.
Thank you atas sarannya bersihkan throttle body, akan saya cross check biayanya dulu untuk bersihkan throttle body, Mass Air Flow dll karena untuk cleaner baru Wealth MAF Cleaner yg sudah nyampai di rumah hari ini dan Nissan Engine Conditioner yg ready. Untuk kuras tangki bensin biayanya 176 ribu (setelah potong disc jasa 20%) make sense for me and will execute this saturday.ricz wrote:Coba bersihin throttle body dulu om, pasti kotornya luar biasaHerman7103 wrote: Thu Jan 14, 2021 7:24 Dear SM member, para suhu dan senior yang berpengalaman.
Sehubungan dengan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 sekarang odonya sudah mencapai 92 ribu Km lebih, saya mohon saran dari para Suhu dan senior sehubungan dari awal beli baru, mobil ini belum pernah dilakukan kuras tangki bensinnya yang selama ini hampir 7 tahun selalu di isi dengan bensin premium ron 88 serta belum pernah dilakukan pembersihan MAF, Throttle body, MAP, serta knock sensornya, O2 sensor, apakah sebaiknya saya sekarang ini melakukan servis kuras tangki bensinnya, serta service pembersihan MAF dengan maf cleaner serta pembersihan throttle body, MAP dan knock sensornya walau pun sekarang tidak ada keluhan yg terjadi sekarang ini (Normal)? Mohon saran dari Suhu untuk preventive maintenance nya yg sebaiknya buat mobil yg akan digunakan untuk jangka panjang.
Semua saran dan pendapat kami akan jadikan masukkan dan tak lupa kami ucapkan terima kasih.![]()
GL 2013 nubie baru jalan 65 ribu km, kemaren coba bersihin throttle body ama bersihin ruang bakar pake Liquimoly Jetclean krn GL nubie ada masalah brebet di tarikan awal / pas baru jalan, hasilnya pas ntuh throttlebody dibuka, keraknya tebel bgt![]()
Padahal selama ini nubie banyakan pake bensin pertalite (semenjak pandemi nubie isi pake pertamax 92 krn jarang jalan) apalagi py om Herman yg diisi premium![]()
Habis dibersihin ruang bakar ama cuci throttlebody, brebet pas tarikan awal jadi hilang total![]()
Saran nubie coba bersihin aja dulu buat preventive maintenance om...
Om Omni, sudah di idke volume leaning lagi pakai Nissan Scanner Consult III dan RPM sudah normal dan tidak Naik. Sekarang setelah bersihkan fuel.pump, throttle body dll serta filter bensin nya sekarang saya cukup yakin fuel pump ready for. next 7 year used dan still used premium ron 88 without problem.[emoji16]Omnibus wrote:om herman, jangan lupa tanya apa sdh di Idle Volume Learning lagi pakai Nissan scanner Consult III setelah TB dibersihkan. harusnya sih sudah krn wajib kl ga idlenya bisa diatas 1000 rpm dan bisa jg naik turun, tp ga ada salahnya tanya.
abis service ini pasti enak bgt tuh mobilnya ....