mjniuz wrote: Fri Dec 18, 2020 9:30
Halo semua
Newbie lagi Butuh saran mobil sedan budget 130-150jt, untuk daily, maunya yg bertenaga, empuk, mudah perawatan alias tidak rewel (mahal gpp, yg penting ga rewel)
Nah saya awam sama mobil eropa, tapi pengen jajal, kira2 worth ga tuh mercy w204 C200 tahun 2008, soalnya diliat di tokobaik harga pasaran udah di sekitaran budget yg sy punya
Dan untuk BMW 320i di tahun 2008 juga harga segituan, tapi liat2 review kayaknya nih bmw banyak rewelnya, terutama di mechantronic sama rack steer, jadi agak ragu ambil pilihan ini
Nah opsi terakhir kalo googling yg pasti mobil jepang bisa enak buat daily, dan rawatanya lebih mudah dari eropa (subjective) makanya sy kasih opsi lainya di Honda Accord 2010 VTiL 2,4
Mohon saran dan masukanya suhu
pertanyaan saya
- apakah om ts sudah punya mobil lain dirumah untuk daily?
- apakah budget 130-150jtnya sudah termasuk budget buat beres2 dll?
- apakah om ts suka DIY atau ubek2 parts diluar beres?
- apakah om ts sudah punya pengalaman punya pengalaman pelihara mobil seken sebelumnya?
- apakah om ts orangnya sabar, teliti, dan jeli?
kalo semua jawabannya tidak atau blm , mending ambil jepangan seken tahun muda saja atau baru sekalian. karena namanya mobil, apalagi sedan seken apalagi yg sudah berumur, pasti ada aja part yg harus diganti. dan yg perlu diingat. harga spareparts dan pajak tetap mengikuti harga mobil tersebut saat baru , tidak mengikuti jatohnya depresiasi harga mobil tersebut (jangan cuma research tentang harga pasaran mobilnya aja , tapi research juga tentang penyakit masing2 mobil dan harga parts diberes dan spesailis, jadi bisa siapin spare budget buat beres2)
dan yg pasti, kalo mau beli seken, apalagi awam, wajib bawa montir atau minimal org yg pengalaman dengan mobil seken, terutama ketiga jenis mobil itu sehingga resiko dapet unit jelek bisa dihindari. dan wajib menyiapkan spare budget diluar harga mobil ,karena namanya mobil seken, apapun jenisnya, sebagus apapun reputasi mobil tersebut dan sebagus apapun kondisinya, pasti akan ada aja parts yg harus diganti karena pemakaian atau umur dan kalo bisa servis di spesialis aja, karena selisih harganya lumayan dibanding beres. dan coba2 aja iseng2 main ke komunitasnya dari mobil yg om incer, siapatau dapet ilmu atau bengkel spesialis yg bagus tapi masih terjangkau harganya buat om hehehe. dan kalo namanya mobil seken, apalagi yg udh berumur, dan mobil eropa, kudu sabar, teliti dan jeli, apalagi nemu yg harga dan kondisinya sesuai jaman sekarang susah susah gampang menurut saya. pastikan history servicenya lengkap dan teratur dan jangan lupa GCU ke bengkel resmi atau bengkel spesialis yg terpercaya buat meminimalisir resiko salah beli mobil dan harus sabar, carinya pelan2 aja, jangan buru2. dan siapkan waktu luang lebih untuk ngebengkel dan untuk hunting mobilnya, kalo waktu om ts masih terbatas , mending mobil baru aja, lebih worry free
tapi kalo om ts orangnya
- sabar , teliti dan jeli
- punya pengalaman pelihara mobil seken sblmnya
- ada spare budget diluar harga mobil
- demen DIY atau ubek2 parts di luar beres
nah , mobil seken cocok buat om kalo om punya semua itu. karena bisa dapet kelas yg lebih tinggi biarpun tahunnya lebih tua. back to topic, kalo masih awam eropa coret E90, karena salah 1 bmw paling rewel menurut saya, terutama mecha, sensor2, kaki2, rack steering, dan rembes which is sekali ganti harganya lumayan menurut saya dan jauh lebih mahal dibanding w204 menurut saya. sebagai gambaran, temen saya ada yg punya f30 dan e90 barengan, f30 nya yg lebih sering dipake dan e90 nya lebih sering dibengkel dibanding dirumah gatau knp. dan ada 2 temen saya yg lain punya w204 c200. yg 1 2011 pfl , km sekarang 70rban, dan beli seken kebetulan kalo gasalah, sampe sekarang masih awet2 aja, gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja, teman saya yg lainnya punya yg fl 2012 c200 , beli seken km sekarang udh 77rban jg masih awet gaada masalah yg aneh2, dan servis selalu di non beres masih aman2 aja sampe sekarang, cuma servis rutin dan ganti oli aja
kalo masih awam mobil bekas apalagi mobil eropa. saya vote w204 aja. cari yg c200 avg karena fiturnya lebih lengkap daripada yg classic, terus yg mesti diperhatiin
- kompresor nya (karena jaman 2008 masih kompresor bukan CGI)
-pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli mesin dan maticnya
- kaki2
- rack steering
- service record
- printilan interior, usahain masih lengkap dan original
sisanya kaya cek mobil bekas pada umumnya aja. w204 cocok buat org mau belajar melihara eropa karena termasuk reliable dan perawatannya masih termasuk terjangkau untuk ukuran mobil eropa , partnya termasuk mudah dan banyak + bengkel spesialisnya banyak yg bisa benerin apalagi dikota besar. coba2 explore di thread yg bahas tentang w204 dimari aja kalo ga main2 ke komunitasnya biar nambah ilmu dan dapet bengkel spesialis mercy yg bagus dan terjangkau hehehe. budget 50jtan saya rasa udh cukup lah buat maintenance dan beres2 kalo dapet unit yg bagus , kalo mau aman sih siapin spare budget 100jtan menurut saya hehehe
kalo accord saya masih rekomen lah, termasuk fun todrive dan tarikannya enak dibanding camry, cuma minusnya fiturnya aja yg agak minim buat ukuran sedan premium jepang, yg mesti dicek
- kaki2
- rack steering
- enging mounting
- elektrikal
- service record
part termasuk gampang karena bisa sharing sm oddysey , crv kalo gasalah kecuali bodypartsnya , dan bengkel spesialisnya banyak yg bisa betulin , servis di spesialis aja, karena harganya lumayan selisihnya dibanding beres, walaupun gak bisa dibilang murah juga ya buat ukuran mobil jepang menurut saya
intinya sih balik lg ke kebutuhan om seperti apa, saya sih antara accord kalo mau jepang atau gak w204 kalo mau eropa. goodluck and happy hunting