Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mesin K3VE, riwayat oli mesin 20ribu KM terakhir pakai mobilsuper 5w30 ganti per 5rb KM. riwayat sebelumnya nggak jelas.
pertanyaannya, itu ada baret/bagian yang mengkilat apakah dari pelumasan atau salah waktu pemasangan awal?
baretnya ngeri amat suhu, mnrt nubie, itu bisa jd karena:
- telat ganti oli / kualitas oli kurang bagus tapi dipaksa pakai lbh dari waktu nya
- ketika cold start lgs geber2, karena oli buntut 30 masih agak kentel ketika cold start, jadi pelumas blm masuk ke celah bearing noken-as scr optimal
- klo salah pasang kecil kemungkinan, krn dari pabrik pasti presisi pemasangan nya dan diukur torsi yg sesuai. Kecuali klo usernya pernah modif.
faktor pelumas memegang peranan besar jg suhu.
maka dr itu knp saya selalu pilih oli 0w20, krn logikanya; oli ketika cold start cenderung kental, dgn 0w20 sirkulasi oli lbh cepat ketika msh dingin.
keausan tinggi jg terjadi ketika cold start, apalagi lgs dipakai jalan dan geber2.
Om ikut nimbrung ya, maaf kalo pertanyaannya aneh.
Kalo hasil uoa 5w30 wear metal menunjukkan relatif lebih sedikit dibanding 0w20, apakah pertanda bahwa oli 5w30 tersebut sudah baik saat cold start? Atau cold start itu hubungannya lebih ke pelumasan yang lebih cepat sehingga tak butuh waktu lama untuk menunggu pada saat start awal mobil?
Terimakasih infonya om,
kalo aisin 0w-20, eneos 0w-20, unilopal 0w-20, atau malah DGO 0w-20 (kalo pas diskon) masih sekelas ya om sama PTT 0w-20 ECO?
Saya kira ada rangkingnya untuk kategori oli melihat dari judul thread hehe
anu om
itu PTT biar kata ECO.. jangan disamain atuh ama DGO
masi mending kl si PTT disamain ama eneos, aisin
unilopal pun jg kelas nya mungkin malah di atas PTT eco
bottom linenya.. DGO itu kasta terendah, terhina, ter sudra dari dunia per oli an.. cocok dipake utk bilas daleman mesin, pilihan laen kl malu peneng kertas servis dtulis pake mesran, atau kl mobil mau dijual aj
Saatnya ganti merk oli nih
Saya pengguna setia oli 0w—20 murah dan diskon. Mau ganti oli cepat2, gak mikir rugi
Sepertinya bisa ganti ke shell Astra nih, mumpung diskon.
Bagus mana shell Astra dibanding ptt? Sepertinya belum ada yg review oli itu
MSU wrote: Thu Dec 17, 2020 12:41
K3VE pake 5w-30 apa ga keenceran ya...perasaan jaman itu tgmo ada-nya yg 10w-40
Selain itu yakin aslikah oli-nya..
Maap sy numpang nimbrung aja
Saya di avansa K3VE 2008 km 255rb pake PTT evotek 0W30 kok om. Mankyussss
mesin K3VE, riwayat oli mesin 20ribu KM terakhir pakai mobilsuper 5w30 ganti per 5rb KM. riwayat sebelumnya nggak jelas.
pertanyaannya, itu ada baret/bagian yang mengkilat apakah dari pelumasan atau salah waktu pemasangan awal?
baretnya ngeri amat suhu, mnrt nubie, itu bisa jd karena:
- telat ganti oli / kualitas oli kurang bagus tapi dipaksa pakai lbh dari waktu nya
- ketika cold start lgs geber2, karena oli buntut 30 masih agak kentel ketika cold start, jadi pelumas blm masuk ke celah bearing noken-as scr optimal
- klo salah pasang kecil kemungkinan, krn dari pabrik pasti presisi pemasangan nya dan diukur torsi yg sesuai. Kecuali klo usernya pernah modif.
faktor pelumas memegang peranan besar jg suhu.
maka dr itu knp saya selalu pilih oli 0w20, krn logikanya; oli ketika cold start cenderung kental, dgn 0w20 sirkulasi oli lbh cepat ketika msh dingin.
keausan tinggi jg terjadi ketika cold start, apalagi lgs dipakai jalan dan geber2.
Om ikut nimbrung ya, maaf kalo pertanyaannya aneh.
Kalo hasil uoa 5w30 wear metal menunjukkan relatif lebih sedikit dibanding 0w20, apakah pertanda bahwa oli 5w30 tersebut sudah baik saat cold start? Atau cold start itu hubungannya lebih ke pelumasan yang lebih cepat sehingga tak butuh waktu lama untuk menunggu pada saat start awal mobil?
intinya klo pk oli lbh kentel, manasin mbl nya hrs lbh lama sblm dipake jalan.
krn butuh waktu lbh lama untuk agak encer dan bs melumasi celah mesin spt itu.
cold start dgn oli w20 ini encernya lbh cepat sampai mesin siap dipakai jln.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
cek manual book aja om.
klo diijinkan dan msk rentang visco, ya silahkan ajah.
cuman:
- mesin jd lbh berat
- warmup hrs lbh lama dibanding pk oli lbh encer
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:41
- warmup hrs lbh lama dibanding pk oli lbh encer
Emangnya beda ya om antara 0W-40 dan 0W-20 terkait pelumasan waktu masih dingin? Padahal kan kalau ga salah pengertian oli multigrade itu ada grade dingin dan grade panas. Karena grade dinginnya sama, jadi harusnya diantara 2 oli tersebut yang beda hanya ketika olinya udah panas aja.
Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:41
- warmup hrs lbh lama dibanding pk oli lbh encer
Emangnya beda ya om antara 0W-40 dan 0W-20 terkait pelumasan waktu masih dingin? Padahal kan kalau ga salah pengertian oli multigrade itu ada grade dingin dan grade panas. Karena grade dinginnya sama, jadi harusnya diantara 2 oli tersebut yang beda hanya ketika olinya udah panas aja.
Mohon koreksinya kalau salah...
tidak hanya dingin suhu minus.
suhu ruangan pun spt ini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
pake buntut 30 aja udah pas2an om di susuki itu tarikannya, apalg kl naik ke buntut 40. Saya pake ertiga 2014 dr baru sll 5w30 terus, smpt SGO terus ptt sekarang schaeffer. Next mau upgrade ke Ams SS 0w20
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
pake buntut 30 aja udah pas2an om di susuki itu tarikannya, apalg kl naik ke buntut 40. Saya pake ertiga 2014 dr baru sll 5w30 terus, smpt SGO terus ptt sekarang schaeffer. Next mau upgrade ke Ams SS 0w20
Udah jalan berapa rb km om susukinya?
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
pake buntut 30 aja udah pas2an om di susuki itu tarikannya, apalg kl naik ke buntut 40. Saya pake ertiga 2014 dr baru sll 5w30 terus, smpt SGO terus ptt sekarang schaeffer. Next mau upgrade ke Ams SS 0w20
Udah jalan berapa rb km om susukinya?
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
Maaf om, service record lengkap kan? Takut odonya puteran saya. Jd ga bs simpulin itu mbl servisnya teratur apa enggak dr POV saya
Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:59
tidak hanya dingin suhu minus.
suhu ruangan pun spt ini
Saya nanyanya lebih terkait ke oli yang angka depannya sama om. Misalnya tadi contohnya antara 0W-20 dan 0W-40, kan itu angka depannya sama-sama 0W. Kalau yang di video kan emang beda angka depannya.
Persepsi saya kalau angka depannya sama jadi di suhu ruangan pun akan sama kekentalannya, baru beda kekentalan ketika sudah di suhu kerja.
erwinign wrote: Thu Dec 17, 2020 14:15
Maaf om, service record lengkap kan? Takut odonya puteran saya. Jd ga bs simpulin itu mbl servisnya teratur apa enggak dr POV saya
teratur. baru 4x ganti oli. di 5rb, 15rb, 20rb pake ecstar 0w20, 27rb pake shell helix astra 5w30. rencana nanti di 34rb ganti yang bagusan buat sampe 40rb km
Taufiq6210 wrote: Thu Dec 17, 2020 14:18
Saya nanyanya lebih terkait ke oli yang angka depannya sama om. Misalnya tadi contohnya antara 0W-20 dan 0W-40, kan itu angka depannya sama-sama 0W. Kalau yang di video kan emang beda angka depannya.
Persepsi saya kalau angka depannya sama jadi di suhu ruangan pun akan sama kekentalannya, baru beda kekentalan ketika sudah di suhu kerja.
iseng jawab.. kurva viskositas bentuknya bukan garis lurus, jadi pada suhu ruangan 0w20 dan 0w40 akan lebih encer 0w20
0W itu diukur pada 0 Farenheit, klo di suhu itu ya sama
Viscosity is notated using the common classification “XW-XX”. The number preceding the “W” (winter) rates the oil’s flow (viscosity) at zero degrees Fahrenheit (-17.8 degrees Celsius). The lower the number, the less the oil thickens in cold weather.
The numbers after the “XW” indicate viscosity at 100 degrees Celsius and represent the oil’s resistance to thinning at high temperatures.
Suryaputra wrote: Thu Dec 17, 2020 13:59
tidak hanya dingin suhu minus.
suhu ruangan pun spt ini
Saya nanyanya lebih terkait ke oli yang angka depannya sama om. Misalnya tadi contohnya antara 0W-20 dan 0W-40, kan itu angka depannya sama-sama 0W. Kalau yang di video kan emang beda angka depannya.
Persepsi saya kalau angka depannya sama jadi di suhu ruangan pun akan sama kekentalannya, baru beda kekentalan ketika sudah di suhu kerja.
0w20 sm 0w30?
tetap flow ratenya lbh cepat 0w20, walaupun angka depan sm2 0w,
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tandaseru wrote: Thu Dec 17, 2020 8:33
Terimakasih infonya om,
kalo aisin 0w-20, eneos 0w-20, unilopal 0w-20, atau malah DGO 0w-20 (kalo pas diskon) masih sekelas ya om sama PTT 0w-20 ECO?
Saya kira ada rangkingnya untuk kategori oli melihat dari judul thread hehe
anu om
itu PTT biar kata ECO.. jangan disamain atuh ama DGO
masi mending kl si PTT disamain ama eneos, aisin
unilopal pun jg kelas nya mungkin malah di atas PTT eco
bottom linenya.. DGO itu kasta terendah, terhina, ter sudra dari dunia per oli an.. cocok dipake utk bilas daleman mesin, pilihan laen kl malu peneng kertas servis dtulis pake mesran, atau kl mobil mau dijual aj
Saatnya ganti merk oli nih
Saya pengguna setia oli 0w—20 murah dan diskon. Mau ganti oli cepat2, gak mikir rugi
Sepertinya bisa ganti ke shell Astra nih, mumpung diskon.
Bagus mana shell Astra dibanding ptt? Sepertinya belum ada yg review oli itu
Ada temennya, saya juga seneng ambil kalau ada diskonan 0w20.
Kalau shell astra blm pernah pake, pernah sekali pake hx8 5w30, berat minta ampun, bbm tmbh boros, 4000km tak buang.
MSU wrote: Thu Dec 17, 2020 12:41
K3VE pake 5w-30 apa ga keenceran ya...perasaan jaman itu tgmo ada-nya yg 10w-40
Selain itu yakin aslikah oli-nya..
Maap sy numpang nimbrung aja
justru 10w40 itu kelewat kentel, 5w30 Acea A3/B4 aja udh berat bgt...
10w40 mah buat mesin2 eropa jadul angkatan mesin 80-90s yg masih iron cast block aja deh....
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
nggak om. kelewat tebel malah fluidanya yg bikin aus semua jalur2 oli. maksimal buntut 30 yg punya V100 di angka 11.0 lewat dari itu mesin buwerat pol, FC drop dan mesin udh gaenak... apalagi buntut 40.... manual book saranin 0w20... cari oli2 buntut 30 yg mepet ke visco 20 aja... dan antiwearnya setara API SL
itu PTT biar kata ECO.. jangan disamain atuh ama DGO
masi mending kl si PTT disamain ama eneos, aisin
unilopal pun jg kelas nya mungkin malah di atas PTT eco
bottom linenya.. DGO itu kasta terendah, terhina, ter sudra dari dunia per oli an.. cocok dipake utk bilas daleman mesin, pilihan laen kl malu peneng kertas servis dtulis pake mesran, atau kl mobil mau dijual aj
Saatnya ganti merk oli nih
Saya pengguna setia oli 0w—20 murah dan diskon. Mau ganti oli cepat2, gak mikir rugi
Sepertinya bisa ganti ke shell Astra nih, mumpung diskon.
Bagus mana shell Astra dibanding ptt? Sepertinya belum ada yg review oli itu
Ada temennya, saya juga seneng ambil kalau ada diskonan 0w20.
Kalau shell astra blm pernah pake, pernah sekali pake hx8 5w30, berat minta ampun, bbm tmbh boros, 4000km tak buang.
nah bener ini... HX8 ini 5w30 kentel... meet to Acea A3/B4... HTHS 3.5 up... buat mesin jepang early 00s yg udh agak makan oli aja baiknya...
MSU wrote: Thu Dec 17, 2020 12:41
K3VE pake 5w-30 apa ga keenceran ya...perasaan jaman itu tgmo ada-nya yg 10w-40
Selain itu yakin aslikah oli-nya..
Maap sy numpang nimbrung aja
justru 10w40 itu kelewat kentel, 5w30 Acea A3/B4 aja udh berat bgt...
10w40 mah buat mesin2 eropa jadul angkatan mesin 80-90s yg masih iron cast block aja deh....
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
nggak om. kelewat tebel malah fluidanya yg bikin aus semua jalur2 oli. maksimal buntut 30 yg punya V100 di angka 11.0 lewat dari itu mesin buwerat pol, FC drop dan mesin udh gaenak... apalagi buntut 40.... manual book saranin 0w20... cari oli2 buntut 30 yg mepet ke visco 20 aja... dan antiwearnya setara API SL
adri31 wrote:Saatnya ganti merk oli nih
Saya pengguna setia oli 0w—20 murah dan diskon. Mau ganti oli cepat2, gak mikir rugi
Sepertinya bisa ganti ke shell Astra nih, mumpung diskon.
Bagus mana shell Astra dibanding ptt? Sepertinya belum ada yg review oli itu
Ada temennya, saya juga seneng ambil kalau ada diskonan 0w20.
Kalau shell astra blm pernah pake, pernah sekali pake hx8 5w30, berat minta ampun, bbm tmbh boros, 4000km tak buang.
nah bener ini... HX8 ini 5w30 kentel... meet to Acea A3/B4... HTHS 3.5 up... buat mesin jepang early 00s yg udh agak makan oli aja baiknya...
Nah awal gerobak 1TR Dual VVTI br kluarbdr dealer msh bawaan oli beres lngsng buang 34KM, tuang Shell HX8 5w30 impresinya hampir sama dgn oli bawaan beres. Akhirnya buang di 500KM ganti PTT 0W20. Br trasa gerobak ipan mulai menunjukan taringnya. Sampai buang di 5000km tuang lagi si PTT 0W20 API SN+. skrng sdh odo KM 10rb. Mo coba Q8 0w20....ingin mrasakan impresinya seperti om suryo katakan.....
MSU wrote: Thu Dec 17, 2020 12:41
K3VE pake 5w-30 apa ga keenceran ya...perasaan jaman itu tgmo ada-nya yg 10w-40
Selain itu yakin aslikah oli-nya..
Maap sy numpang nimbrung aja
justru 10w40 itu kelewat kentel, 5w30 Acea A3/B4 aja udh berat bgt...
10w40 mah buat mesin2 eropa jadul angkatan mesin 80-90s yg masih iron cast block aja deh....
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
nggak om. kelewat tebel malah fluidanya yg bikin aus semua jalur2 oli. maksimal buntut 30 yg punya V100 di angka 11.0 lewat dari itu mesin buwerat pol, FC drop dan mesin udh gaenak... apalagi buntut 40.... manual book saranin 0w20... cari oli2 buntut 30 yg mepet ke visco 20 aja... dan antiwearnya setara API SL
indeskey wrote: Thu Dec 17, 2020 14:44
Ada temennya, saya juga seneng ambil kalau ada diskonan 0w20.
Kalau shell astra blm pernah pake, pernah sekali pake hx8 5w30, berat minta ampun, bbm tmbh boros, 4000km tak buang.
nah bener ini... HX8 ini 5w30 kentel... meet to Acea A3/B4... HTHS 3.5 up... buat mesin jepang early 00s yg udh agak makan oli aja baiknya...
Nah awal gerobak 1TR Dual VVTI br kluarbdr dealer msh bawaan oli beres lngsng buang 34KM, tuang Shell HX8 5w30 impresinya hampir sama dgn oli bawaan beres. Akhirnya buang di 500KM ganti PTT 0W20. Br trasa gerobak ipan mulai menunjukan taringnya. Sampai buang di 5000km tuang lagi si PTT 0W20 API SN+. skrng sdh odo KM 10rb. Mo coba Q8 0w20....ingin mrasakan impresinya seperti om suryo katakan.....
mantap, klo dah klop sm 0w20, emg udh susah move on.
apalagi klo 0w20 nya kelas markotop, makin susah move on
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
cek manual book aja om.
klo diijinkan dan msk rentang visco, ya silahkan ajah.
cuman:
- mesin jd lbh berat
- warmup hrs lbh lama dibanding pk oli lbh encer
ane 2x peliara suzuki om
setau ane di manual book ga ada max min SAE, cm direkomendasikan aja.. ntah suzuki baru2 gmn cantumin nya..
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
ignis/ertiga mesin seri K.
setau ane msh bisa pake 10w40, tp klo 20w50 ga tau
krn bkn mesin sapujagat kyk seri M atau mitsu 4A9
ipo3nk wrote: Thu Dec 17, 2020 13:37
apakah aman oli naik kekentalan 2 step dari standard nya? ini suzuki ignis / ertiga terbaru aslinya 0w20.. klo naik ke oli 0w40 - 5w40 apakah masih aman? misal mobil1, fastron platinum,
pake buntut 30 aja udah pas2an om di susuki itu tarikannya, apalg kl naik ke buntut 40. Saya pake ertiga 2014 dr baru sll 5w30 terus, smpt SGO terus ptt sekarang schaeffer. Next mau upgrade ke Ams SS 0w20
Udah jalan berapa rb km om susukinya?
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
Mesin K series Suzuki sejak 2014 atau Ertiga FL rekomendasi olinya sudah 0W-20. Jadi mesin ignis sama splash meskipun kodenya sama-sama K12M pasti sudah ada improvement dan ada perbedaannya. Ertiga aja yang sama-sama K14B antara pre FL dan FL itu beda yg bahkan businya beda karena ada perubahan desain head cylinder. Jadi saran saya lebih baik pakai 0W-20 atau mentok2 buntut 30, karena mesin keluaran baru cenderung lebih rapet makanya butuh viskositas oli yang lebih encer. Kalau pakai buntut 40 sih ga rekomen banget apalagi baru 30ribu KM, saya di Ertiga 2012 pakai SHU 5W-30 dulu kerasanya udah berat (SHU ini buntut 30 yg cukup kental).
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
pake buntut 30 aja udah pas2an om di susuki itu tarikannya, apalg kl naik ke buntut 40. Saya pake ertiga 2014 dr baru sll 5w30 terus, smpt SGO terus ptt sekarang schaeffer. Next mau upgrade ke Ams SS 0w20
Udah jalan berapa rb km om susukinya?
baru dapet 30rb km.. sebelumya shell helix astra 5w30. manual book recomend 0w20.. tapi.. mesin yang katanya sama di splash cuma 5w30. makanya klo 0w40 atau 5w40 itu naik 1 step atau 2 step ya?
Mesin K series Suzuki sejak 2014 atau Ertiga FL rekomendasi olinya sudah 0W-20. Jadi mesin ignis sama splash meskipun kodenya sama-sama K12M pasti sudah ada improvement dan ada perbedaannya. Ertiga aja yang sama-sama K14B antara pre FL dan FL itu beda yg bahkan businya beda karena ada perubahan desain head cylinder. Jadi saran saya lebih baik pakai 0W-20 atau mentok2 buntut 30, karena mesin keluaran baru cenderung lebih rapet makanya butuh viskositas oli yang lebih encer. Kalau pakai buntut 40 sih ga rekomen banget apalagi baru 30ribu KM, saya di Ertiga 2012 pakai SHU 5W-30 dulu kerasanya udah berat (SHU ini buntut 30 yg cukup kental).
ya udahlah .. berarti pake fastron gold termurah aja.. seri 0w20. ZDDP nya katanya 1.5%. mumpung promo. yang 5w30 dan 5w40 dengan antiwear lebih rendah anehnya malah lebih mahal.
btw klo fastron platinum 0w40 itu cocoknya buat mobil dengan spek oli apa ya? 10w40? karena ga ada spek mobil standar (jepangan) 0w40. adanya 0w20, 5w30/10w30 dan 10w40.
baretnya ngeri amat suhu, mnrt nubie, itu bisa jd karena:
- telat ganti oli / kualitas oli kurang bagus tapi dipaksa pakai lbh dari waktu nya
- ketika cold start lgs geber2, karena oli buntut 30 masih agak kentel ketika cold start, jadi pelumas blm masuk ke celah bearing noken-as scr optimal
- klo salah pasang kecil kemungkinan, krn dari pabrik pasti presisi pemasangan nya dan diukur torsi yg sesuai. Kecuali klo usernya pernah modif.
faktor pelumas memegang peranan besar jg suhu.
maka dr itu knp saya selalu pilih oli 0w20, krn logikanya; oli ketika cold start cenderung kental, dgn 0w20 sirkulasi oli lbh cepat ketika msh dingin.
keausan tinggi jg terjadi ketika cold start, apalagi lgs dipakai jalan dan geber2.
Om ikut nimbrung ya, maaf kalo pertanyaannya aneh.
Kalo hasil uoa 5w30 wear metal menunjukkan relatif lebih sedikit dibanding 0w20, apakah pertanda bahwa oli 5w30 tersebut sudah baik saat cold start? Atau cold start itu hubungannya lebih ke pelumasan yang lebih cepat sehingga tak butuh waktu lama untuk menunggu pada saat start awal mobil?
intinya klo pk oli lbh kentel, manasin mbl nya hrs lbh lama sblm dipake jalan.
krn butuh waktu lbh lama untuk agak encer dan bs melumasi celah mesin spt itu.
cold start dgn oli w20 ini encernya lbh cepat sampai mesin siap dipakai jln.