Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kl based on paper sih 330 Nm cukup utk pulley damper. tinggal nanti masukin gigi transmisi aja utk nahan mesin biar ga muter (utk M/T). kl utk A/T nah agak tricky kl sampai muter.
utk baut mur roda bisa diatur torque nya tergantung seberapa dalam trigger dipencet. tp kl utk loosening ga jd masalah even overtorque ga akan merusak drat kok. kl tightening yg hrs hati2.
Kl metik bsa buka cover besi d bell housing transmisi mbah, trus gigi flywheel nya d tahan pake obeng minus gede
Ciri2 nya bell housing gimana ya om, sebelah mana? Mobilnya santa fe. Maklum newbie belum familiar. Hehe
Akses dr kolong mobil biasa nya om utk mobil2 FWD
D peetemuan antara girbok ama mesin.. nah bonggol si girbok itu namanya bell housing
Bagian bawah nya biasa bsa dan wajip bsa dbuka, kaya ad smacam cover besi, nah cover tsb d buka kliatan deh ring gear nya
kl based on paper sih 330 Nm cukup utk pulley damper. tinggal nanti masukin gigi transmisi aja utk nahan mesin biar ga muter (utk M/T). kl utk A/T nah agak tricky kl sampai muter.
utk baut mur roda bisa diatur torque nya tergantung seberapa dalam trigger dipencet. tp kl utk loosening ga jd masalah even overtorque ga akan merusak drat kok. kl tightening yg hrs hati2.
Tks infonya om, brarti untuk ngencangin tinggal atur trigger nya aja ya. Transmisi nya AT , kalau masuk di D apakah ikut muter jg pulley nya ya?
sama2 om
masuk D atau apapun (even di P) di matic tetap bikin engine spin freely. hrs di jammed flywheel (ring gear) spt mbah DOHC bilang di atas.
berdoa aja spy ga terlalu kenceng itu baut wkwkwk. tp kl pakai impact lbh enteng jauh sih utk counter rotate nya seandainya pun ngikut muter daripada kl pakai breaker bar (manual handtool).
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
Dat510 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:17
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
dua2nya perlu punya krn beda fungsi. tp kl mana duluan ya mending impact duluan aja, bisa kepake di bongpas baut mur roda kan. (sy bilangnya baut mur krn kl yurop kan baut roda, kl nihon kan mur roda)
beda fungsi tuh gini, kl bautnya kuat kaya baut damper pulley atau engine mounting ngga akan patah kl main hajar dibuka pakai impact. nah kl bautnya lemah tp sok2 kuat kl mau dibuka kan hrs alon2 diurut bukanya itu baru pakai breaker bar. kl main hajar pakai impact jamin patah di dalam ulir.
Omnibus wrote: Tue Dec 15, 2020 3:21
nah kl bautnya lemah tp sok2 kuat kl mau dibuka kan hrs alon2 diurut bukanya itu baru pakai breaker bar. kl main hajar pakai impact jamin patah di dalam ulir.
Dat510 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:17
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
dua2nya perlu punya krn beda fungsi. tp kl mana duluan ya mending impact duluan aja, bisa kepake di bongpas baut mur roda kan. (sy bilangnya baut mur krn kl yurop kan baut roda, kl nihon kan mur roda)
beda fungsi tuh gini, kl bautnya kuat kaya baut damper pulley atau engine mounting ngga akan patah kl main hajar dibuka pakai impact. nah kl bautnya lemah tp sok2 kuat kl mau dibuka kan hrs alon2 diurut bukanya itu baru pakai breaker bar. kl main hajar pakai impact jamin patah di dalam ulir.
Oo baik kalau begitu, terima kasih mbah suhu atas ilmu nya yang sangat bermanfaat buat nubi.
Omnibus wrote: Tue Dec 15, 2020 3:21
nah kl bautnya lemah tp sok2 kuat kl mau dibuka kan hrs alon2 diurut bukanya itu baru pakai breaker bar. kl main hajar pakai impact jamin patah di dalam ulir.
Baut apa yang kayak gitu mbah, baut head kali ya?
baut head udah pasti mbah apalagi yg sdh di TTY (torqued to yield) berarti kan memang sdh elongated diluar dr batas elastic range dia.
contoh lainnya baut rem atau kaki2 yg sdh kena karat jd rentan patah. apalagi kl diameternya kecil.
Omnibus wrote: Tue Dec 15, 2020 2:34
hari ini baru beli sesuatu .... ga sabar nunggu datengnya nih.
minum aja terus spy lupa waktu n waktu indent 3 bulan cepat berlalu
mudah2an lancar n ntar ane post disini apa itu barangnya
Sambil nunggu, ini buat lucu2an dulu mbah
WhatsApp Image 2020-12-15 at 10.36.14 AM.jpeg
Socket2 imut yang baru datang, 2 yang dikiri merk american tools, kemasannya jelek masa cuma dikasih plastik gitu dibanding sherlock yang ada gantungannya, padahal sherlock lebih murah.
Kehalusan & kerapihan juga bagusan sherlock, tapi kekuatan ngga tau karena belum dicoba.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dat510 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:17
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
seperti yang sudah dijelaskan mahaguru, 22nya perlu.
dan tidak semua baut/mur bisa dibuka oleh impact wrench.
kenapa? ruang kerjanya cukup nggak?
ruang sempit tidak menguntungkan buat impact wrench yang berukuran (mayoritas) besar, jadi mau tidak mau pakai breaker bar.
langsung teringat video pagi td dari mahaguru si cris, ada impact wrench model mesin poles buat yg sempit2... kalau lbh sempit lagi memang breaker bar the best.
Dat510 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:17
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
seperti yang sudah dijelaskan mahaguru, 22nya perlu.
dan tidak semua baut/mur bisa dibuka oleh impact wrench.
kenapa? ruang kerjanya cukup nggak?
ruang sempit tidak menguntungkan buat impact wrench yang berukuran (mayoritas) besar, jadi mau tidak mau pakai breaker bar.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dat510 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:17
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
seperti yang sudah dijelaskan mahaguru, 22nya perlu.
dan tidak semua baut/mur bisa dibuka oleh impact wrench.
kenapa? ruang kerjanya cukup nggak?
ruang sempit tidak menguntungkan buat impact wrench yang berukuran (mayoritas) besar, jadi mau tidak mau pakai breaker bar.
indeskey wrote: Tue Dec 15, 2020 4:39
langsung teringat video pagi td dari mahaguru si cris, ada impact wrench model mesin poles buat yg sempit2... kalau lbh sempit lagi memang breaker bar the best.
Dat510 wrote: Tue Dec 15, 2020 3:17
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
seperti yang sudah dijelaskan mahaguru, 22nya perlu.
dan tidak semua baut/mur bisa dibuka oleh impact wrench.
kenapa? ruang kerjanya cukup nggak?
ruang sempit tidak menguntungkan buat impact wrench yang berukuran (mayoritas) besar, jadi mau tidak mau pakai breaker bar.
Saya juga lagi liat video yang itu om.. wkwkwk
Impact wrench ada kekurangan klo ruang sempit
indeskey wrote: Tue Dec 15, 2020 4:39
langsung teringat video pagi td dari mahaguru si cris, ada impact wrench model mesin poles buat yg sempit2... kalau lbh sempit lagi memang breaker bar the best.
idealnya emang punya yang seperti itu, tapi balik lagi ke masalah :
- seberapa sering dipake?
- dananya ada nggak?
indeskey wrote: Tue Dec 15, 2020 4:39
langsung teringat video pagi td dari mahaguru si cris, ada impact wrench model mesin poles buat yg sempit2... kalau lbh sempit lagi memang breaker bar the best.
idealnya emang punya yang seperti itu, tapi balik lagi ke masalah :
- seberapa sering dipake?
- dananya ada nggak?
indeskey wrote: Tue Dec 15, 2020 4:39
langsung teringat video pagi td dari mahaguru si cris, ada impact wrench model mesin poles buat yg sempit2... kalau lbh sempit lagi memang breaker bar the best.
idealnya emang punya yang seperti itu, tapi balik lagi ke masalah :
- seberapa sering dipake?
- dananya ada nggak?
Bener mbah, kalau buat saya ya cukup kerehore jld aja dah seneng wkwkw....
Mbh Shifu, Mbah Rektor, WaRektor, Dekan ama Plop...
Kl evap cleaning bisa DIY kah?
Tanpa turun evap ya maksud saya...
krn liat di yutub ada yg cuma copot Filter aja trs semprot carian evap cleaning.
Kira2 itu beneran bisa clean evap apa malah jd timbul masalah baru di evap bisa mampet?
blloewy wrote: Tue Dec 15, 2020 6:44
Mbh Shifu, Mbah Rektor, WaRektor, Dekan ama Plop...
Kl evap cleaning bisa DIY kah?
Tanpa turun evap ya maksud saya...
krn liat di yutub ada yg cuma copot Filter aja trs semprot carian evap cleaning.
Kira2 itu beneran bisa clean evap apa malah jd timbul masalah baru di evap bisa mampet?
Kalau "sudah" rutin mengerjakan alias debu/kotoran tipis2 aja rasanya ndak masalah pake ac cleaner. Tp yg merk threebond/honda access yaa, yg foam gitu...
Terlampir evap mobil nubi, semprot2 setaun sekali.
Screenshot_20201215-135329_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy wrote: Tue Dec 15, 2020 5:01
kl buat buka baut roda aja yg mana mbah yg utama?
kalo dananya ada, 22nya wajip.
kalo dana ngepas, dipikir lagi, sering pake apa enggak? kalo sering pake, saya pribadi pilih impact wrench. breaker bar bisa nyusul kemudian.
kalau jarang pake, breaker bar cukup.
sekedar cerita, impact wrenh yang saya pake kalo ngga salah kemampuannya 360 n.m, beberapa kali buka mur roda nggak mampu padahal batere penuh.
jurus pamungkas, gaya × jarak = 60kg × 49cm.
ga mungkin ga kebuka.
blloewy wrote: Tue Dec 15, 2020 6:44
Mbh Shifu, Mbah Rektor, WaRektor, Dekan ama Plop...
Kl evap cleaning bisa DIY kah?
Tanpa turun evap ya maksud saya...
krn liat di yutub ada yg cuma copot Filter aja trs semprot carian evap cleaning.
Kira2 itu beneran bisa clean evap apa malah jd timbul masalah baru di evap bisa mampet?
Buat lipindut seinget saya bsa semprot2 model foam kaya si mbah shifu josomba
Tp kl mobil2 tertentu kaya inofa, saran saya jangan
blloewy wrote: Tue Dec 15, 2020 6:44
Mbh Shifu, Mbah Rektor, WaRektor, Dekan ama Plop...
Kl evap cleaning bisa DIY kah?
Tanpa turun evap ya maksud saya...
krn liat di yutub ada yg cuma copot Filter aja trs semprot carian evap cleaning.
Kira2 itu beneran bisa clean evap apa malah jd timbul masalah baru di evap bisa mampet?
Buat lipindut seinget saya bsa semprot2 model foam kaya si mbah shifu josomba
Tp kl mobil2 tertentu kaya inofa, saran saya jangan
Justru itu Om...
Banyak yg model semprot begitu di evapnya tp lewat kisi2 AC.
Kl semprot ke Evap malah ngeri kegumpal katanya...
saya malah bingung efeknya apa kl disemprot ke kisi2 AC doang bukan di evap nya.
Tks infonya om, brarti untuk ngencangin tinggal atur trigger nya aja ya. Transmisi nya AT , kalau masuk di D apakah ikut muter jg pulley nya ya?
sama2 om
masuk D atau apapun (even di P) di matic tetap bikin engine spin freely. hrs di jammed flywheel (ring gear) spt mbah DOHC bilang di atas.
berdoa aja spy ga terlalu kenceng itu baut wkwkwk. tp kl pakai impact lbh enteng jauh sih utk counter rotate nya seandainya pun ngikut muter daripada kl pakai breaker bar (manual handtool).
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
Sperti kata master2 d atas.. 2 2 nya perlu
Nah nubie kenek tukang colong delco d parkiran asemreges cuman mo nambahin sikit
Kl mo lebi jimat wang, yg breaker bar bsa dsubtitusi ama semeter pipa besi 1 inch, konci L 1/2 merk bebas.. 2 benda d atas beli d toko bangunan aj ga ampe goban.. dbanding breaker bar, cepeceng aj ga dapet.. kcuali ikutin saran mbah prop marmut, beli TW jarum, tp itupun plg murah ud cepeceng lebi
blloewy wrote: Tue Dec 15, 2020 6:44
Mbh Shifu, Mbah Rektor, WaRektor, Dekan ama Plop...
Kl evap cleaning bisa DIY kah?
Tanpa turun evap ya maksud saya...
krn liat di yutub ada yg cuma copot Filter aja trs semprot carian evap cleaning.
Kira2 itu beneran bisa clean evap apa malah jd timbul masalah baru di evap bisa mampet?
Buat lipindut seinget saya bsa semprot2 model foam kaya si mbah shifu josomba
Tp kl mobil2 tertentu kaya inofa, saran saya jangan
Justru itu Om...
Banyak yg model semprot begitu di evapnya tp lewat kisi2 AC.
Kl semprot ke Evap malah ngeri kegumpal katanya...
saya malah bingung efeknya apa kl disemprot ke kisi2 AC doang bukan di evap nya.
Kl saya pribadi mala punya pengalaman jelek ama foam2 gtuan
D hrv pake yg honda access, ga lama termostat kena, dan tetep aj ad bau2 apek walaupun sikit
D inofa pake yg tribond, ini jg tetep bau apek kl mobil beberapa ari ga dipake, pas pake tangan coba toel2 kisi evap, terasa lengket2 sikit tp ga ad kotoran atau lendir.. kayanya obatnya yg bkin lengket
Ntuh 2 2 mobil pake filter ac, dan 2 2 nya model foam semprot dr kisi ac ama lgs ke evap
blloewy wrote: Tue Dec 15, 2020 6:44
Mbh Shifu, Mbah Rektor, WaRektor, Dekan ama Plop...
Kl evap cleaning bisa DIY kah?
Tanpa turun evap ya maksud saya...
krn liat di yutub ada yg cuma copot Filter aja trs semprot carian evap cleaning.
Kira2 itu beneran bisa clean evap apa malah jd timbul masalah baru di evap bisa mampet?
kalo mampet rasa-nya nggak...kan evap tu dibungkus ama housing plastik & ada lubang buangan air embun-nya ya
nah lubang itu cukup besar koq...jari rasanya bisa masuk
cuma problemnya ada yg blg bahannya "makan" evap...jd gampang bocor
sy sendiri di mobil2 saya setahun sekali semprot ya rasanya aman...biasa beli yg punya Honda access
masuk D atau apapun (even di P) di matic tetap bikin engine spin freely. hrs di jammed flywheel (ring gear) spt mbah DOHC bilang di atas.
berdoa aja spy ga terlalu kenceng itu baut wkwkwk. tp kl pakai impact lbh enteng jauh sih utk counter rotate nya seandainya pun ngikut muter daripada kl pakai breaker bar (manual handtool).
Mbah mau tanya, berarti daripada beli breaker bar mending beli impact wrench kerehore ya buat buka baut2 keras?
Saya kepikiran mau beli breaker bar 25" Rp 350 rb, tapi kemarin liat mbah yanuarra post impact JLD ngga sampe 500 rb, selisih dikit.
Sperti kata master2 d atas.. 2 2 nya perlu
Nah nubie kenek tukang colong delco d parkiran asemreges cuman mo nambahin sikit
Kl mo lebi jimat wang, yg breaker bar bsa dsubtitusi ama semeter pipa besi 1 inch, konci L 1/2 merk bebas.. 2 benda d atas beli d toko bangunan aj ga ampe goban.. dbanding breaker bar, cepeceng aj ga dapet.. kcuali ikutin saran mbah prop marmut, beli TW jarum, tp itupun plg murah ud cepeceng lebi
Ngga keren ah mbah masa pake pipa besi + L handle.. hahaha
Breaker bar gpp la keluarin uang dikit tapi pas kerja seneng..