Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 9:14
kemaren sempet tambal ban di toko ban BTS. ada mobil masuk itu buka bautnya pake pipe extension 1m, mekaniknya kayak sambil gelayutan bunyinya ngeeeekkkkkkkkkkk...
TW kayaknya perlu dibawa kalau perjalanan jauh, jaga2 ketemu kang tambal ban model inject tinggal bilang, permisi saya kencengin sendiri ya.
Yang sering kekencengan si pengalaman saya di tempat balancing yg pake impact wrench gtu om. Mobil saya kemarin sempet dikencengin kayanya sampe 1000 Nm, wkwk, bukanya butuh injek2, tarik2, getok2, tendang2 sampe punggung pada sakit.
Sama kadang tukang2 tambel / bengkel yg ngencenginnya pake pipa2 gitu.
Itu saya pake kunci palang hand tighten aja bisa over torque lumayan banyak, apalagi pake metode2 diatas.
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 9:23
sekalian kapan lalu lihat youtube test2 TW. menurut yutuber nya, ketika membuka itu rata2 80% dari tightening torque. (dia buktikan juga torque nya pake digital).
jd kalau pake itungan itu, torque nya ketika dipasang 216Nm om. Bisa jadi lebih, karena sedikit hentakan itu sulit ngkurnya, kalau di engineering dynamic load min lebihannya 50% atau 1.5 safety factor.
Barusan saya ukur pake timbangan, bacaan waktu sambil hentak sekitar 78-79 Kg. Klo based on rumus & teori di Yutube yg on lihat ya sekitar 227 Nm ngencenginnya (tanpa consider klo hentakan itu adalah dynamic load). Kuat juga yah tangan saya.. wkwk
Kalau sampe 1000N.m tinggal nunggu waktu itu baut mrutuls haha...
Sekalian nanya mbah2 suhu @Omnibus @marmut @DOHC , ngencengin pake impact wrench itu diperbolehkan kah di diktat? Atau kegunaannya cuma buat buka aja.
Biar sekalian ..... extensionnya um ..... soalnya di mobil owe yg 1 bisa lgsg TW + bit (eh bener kan mbah marmut bilang kepala socket-nya itu?) tapi itu pun mepet bener ama body mobil. Di mobil atu lg kudu pake extension 3" dulu, kalau ndak, kepentok palang peleknya ....
betul mbah, kl utk roda harus pakai extension 2" atau 3". kalau 5" kepanjangan, malah ga enak megang TW nya ntar.
Extension 2" kayanya agak jarang ya mbah? saya cuma nemu merk KTC yang harga itu 1 extension = 3 extension tekiro 3", 5", & 10".
Biar sekalian ..... extensionnya um ..... soalnya di mobil owe yg 1 bisa lgsg TW + bit (eh bener kan mbah marmut bilang kepala socket-nya itu?) tapi itu pun mepet bener ama body mobil. Di mobil atu lg kudu pake extension 3" dulu, kalau ndak, kepentok palang peleknya ....
betul mbah, kl utk roda harus pakai extension 2" atau 3". kalau 5" kepanjangan, malah ga enak megang TW nya ntar.
Extension 2" kayanya agak jarang ya mbah? saya cuma nemu merk KTC yang harga itu 1 extension = 3 extension tekiro 3", 5", & 10".
yg 3" aja sama kok om, tergantung yg harganya sesuai bajet aja.
Sekalian nanya mbah2 suhu @Omnibus @marmut @DOHC , ngencengin pake impact wrench itu diperbolehkan kah di diktat? Atau kegunaannya cuma buat buka aja.
boleh banget dong ..... tapi ada triknya
ngencenginnya cuma sebatas sebelum final torque spec - yg akan dikerjakan oleh TW.
misal baut roda torque spec nya 105 Nm. ya pakai impact gun hanya sampai dibawah 105, nanti yg finalisasi si TW. kl pas TW dipake finalisasi masih muter tuh baut berarti kan OK. kl ga muter ya berarti si impact udah overtorqued bautnya duluan. hrs dibuka lagi dikit n dikencengin lg pake TW.
caranya kl yg cordless electric itu neken triggernya setengah aja n jangan lama2. kl yg pneumatic ada switch nya 4 pilihan mirip pilihan di hair dryer atau mixer dapur. pilih yg paling low. lama2 jd biasa kok kl udah sering megang tau segimana nya.
Sekalian nanya mbah2 suhu @Omnibus @marmut @DOHC , ngencengin pake impact wrench itu diperbolehkan kah di diktat? Atau kegunaannya cuma buat buka aja.
boleh banget dong ..... tapi ada triknya
ngencenginnya cuma sebatas sebelum final torque spec - yg akan dikerjakan oleh TW.
misal baut roda torque spec nya 105 Nm. ya pakai impact gun hanya sampai dibawah 105, nanti yg finalisasi si TW. kl pas TW dipake finalisasi masih muter tuh baut berarti kan OK. kl ga muter ya berarti si impact udah overtorqued bautnya duluan. hrs dibuka lagi dikit n dikencengin lg pake TW.
caranya kl yg cordless electric itu neken triggernya setengah aja n jangan lama2. kl yg pneumatic ada switch nya 4 pilihan mirip pilihan di hair dryer atau mixer dapur. pilih yg paling low. lama2 jd biasa kok kl udah sering megang tau segimana nya.
Sekalian nanya mbah2 suhu @Omnibus @marmut @DOHC , ngencengin pake impact wrench itu diperbolehkan kah di diktat? Atau kegunaannya cuma buat buka aja.
boleh banget dong ..... tapi ada triknya
ngencenginnya cuma sebatas sebelum final torque spec - yg akan dikerjakan oleh TW.
misal baut roda torque spec nya 105 Nm. ya pakai impact gun hanya sampai dibawah 105, nanti yg finalisasi si TW. kl pas TW dipake finalisasi masih muter tuh baut berarti kan OK. kl ga muter ya berarti si impact udah overtorqued bautnya duluan. hrs dibuka lagi dikit n dikencengin lg pake TW.
caranya kl yg cordless electric itu neken triggernya setengah aja n jangan lama2. kl yg pneumatic ada switch nya 4 pilihan mirip pilihan di hair dryer atau mixer dapur. pilih yg paling low. lama2 jd biasa kok kl udah sering megang tau segimana nya.
Mantabs... Dicopy mbah suhu...
yg pasti nih om, kl sdh megang impact ga akan mau megang kunci palang. wkwkwk
waktu bbrp hari lalu sy nyopotin bangku row 3 dr ANF, itu tutorial bule ostrali bilang perlu 1 jam (30 menit per sisi) utk ngelepasnya. sy pakai impact gun cuma 30 menit kelar semua. ada 3 baut kepala 14mm berulir panjang (yg 1 posisinya paling susah krn di tengah n paling menghabiskan waktu meski bisa jg disikat pakai impact gun setelah menyingkirkan panel2 plastik.)
Omnibus wrote:
boleh banget dong ..... tapi ada triknya
ngencenginnya cuma sebatas sebelum final torque spec - yg akan dikerjakan oleh TW.
misal baut roda torque spec nya 105 Nm. ya pakai impact gun hanya sampai dibawah 105, nanti yg finalisasi si TW. kl pas TW dipake finalisasi masih muter tuh baut berarti kan OK. kl ga muter ya berarti si impact udah overtorqued bautnya duluan. hrs dibuka lagi dikit n dikencengin lg pake TW.
caranya kl yg cordless electric itu neken triggernya setengah aja n jangan lama2. kl yg pneumatic ada switch nya 4 pilihan mirip pilihan di hair dryer atau mixer dapur. pilih yg paling low. lama2 jd biasa kok kl udah sering megang tau segimana nya.
Mantabs... Dicopy mbah suhu...
yg pasti nih om, kl sdh megang impact ga akan mau megang kunci palang. wkwkwk
waktu bbrp hari lalu sy nyopotin bangku row 3 dr ANF, itu tutorial bule ostrali bilang perlu 1 jam (30 menit per sisi) utk ngelepasnya. sy pakai impact gun cuma 30 menit kelar semua. ada 3 baut kepala 14mm berulir panjang (yg 1 posisinya paling susah krn di tengah n paling menghabiskan waktu meski bisa jg disikat pakai impact gun setelah menyingkirkan panel2 plastik.)
Tujuannya sih gitu mbah, biar bisa kerja cepet sekedar buka2 baut. habis ngangkut cordless kere hore jld wkwkw...
Sekalian nanya mbah2 suhu @Omnibus @marmut @DOHC , ngencengin pake impact wrench itu diperbolehkan kah di diktat? Atau kegunaannya cuma buat buka aja.
boleh banget dong ..... tapi ada triknya
ngencenginnya cuma sebatas sebelum final torque spec - yg akan dikerjakan oleh TW.
misal baut roda torque spec nya 105 Nm. ya pakai impact gun hanya sampai dibawah 105, nanti yg finalisasi si TW. kl pas TW dipake finalisasi masih muter tuh baut berarti kan OK. kl ga muter ya berarti si impact udah overtorqued bautnya duluan. hrs dibuka lagi dikit n dikencengin lg pake TW.
caranya kl yg cordless electric itu neken triggernya setengah aja n jangan lama2. kl yg pneumatic ada switch nya 4 pilihan mirip pilihan di hair dryer atau mixer dapur. pilih yg paling low. lama2 jd biasa kok kl udah sering megang tau segimana nya.
nahh mengenai impact wrench elektrik
saya dl perna make jg waktu masi iseng bantu2 pa'de kerja d fabrik.. perna make merk milwaukee yg fuel, itu bener kata mbah.. mencet nya musti make feeling banget.. kl lgs pencet abis ampe mentok, lgs pergelangan tangan ngerasa kepuntir.. tp enak sehh alat2 kaya gt mo buka baut2, iseng ta coba buka baut roda canter engkel aj bisa, sinting
baca2 d atas ad yg bahas soal ngencengin pake pneumatic impact wrench di bengkel2 ban.. nahh kl yg kaya gini biasa ta jitak in montir nya satu2, apalagi dl perna ganti ban di gading ban deket sports mall klp gading, ntuh montir nya buka ama ngencengin baut roda make tuh impact wrench, patah lah itu satu baut, masi cengengesan blg baut inofa emg jelekan punya, sering patah... ta blg gundulmu licin ta patahin skalian
Omnibus wrote: Fri Dec 11, 2020 10:29
waktu bbrp hari lalu sy nyopotin bangku row 3 dr ANF, itu tutorial bule ostrali bilang perlu 1 jam (30 menit per sisi) utk ngelepasnya. sy pakai impact gun cuma 30 menit kelar semua. ada 3 baut kepala 14mm berulir panjang (yg 1 posisinya paling susah krn di tengah n paling menghabiskan waktu meski bisa jg disikat pakai impact gun setelah menyingkirkan panel2 plastik.)
namanya jg bule mbah.. porcelain snowflakes, jgn2 gantol aj musti 2 jem kl
saya copotin kursi inofa row 3 ngikutin si mbah buat next road trip aj, stengah jem ud kelar 2 kursi malah
ga pake impact2 an sgala, cuman model konci ratchet flag, extension, ama soket 14, ama kbon binatang beberapa ekor.. 2 baut kiri kanan gampang, yg 1 nempel miring ke body, musti copot dl cover plastik kecil di kursi nya, trus abis itu kursi di turunin dikit, baru enak akses ke baut nya
Sekalian nanya mbah2 suhu @Omnibus @marmut @DOHC , ngencengin pake impact wrench itu diperbolehkan kah di diktat? Atau kegunaannya cuma buat buka aja.
boleh banget dong ..... tapi ada triknya
ngencenginnya cuma sebatas sebelum final torque spec - yg akan dikerjakan oleh TW.
misal baut roda torque spec nya 105 Nm. ya pakai impact gun hanya sampai dibawah 105, nanti yg finalisasi si TW. kl pas TW dipake finalisasi masih muter tuh baut berarti kan OK. kl ga muter ya berarti si impact udah overtorqued bautnya duluan. hrs dibuka lagi dikit n dikencengin lg pake TW.
caranya kl yg cordless electric itu neken triggernya setengah aja n jangan lama2. kl yg pneumatic ada switch nya 4 pilihan mirip pilihan di hair dryer atau mixer dapur. pilih yg paling low. lama2 jd biasa kok kl udah sering megang tau segimana nya.
nahh mengenai impact wrench elektrik
saya dl perna make jg waktu masi iseng bantu2 pa'de kerja d fabrik.. perna make merk milwaukee yg fuel, itu bener kata mbah.. mencet nya musti make feeling banget.. kl lgs pencet abis ampe mentok, lgs pergelangan tangan ngerasa kepuntir.. tp enak sehh alat2 kaya gt mo buka baut2, iseng ta coba buka baut roda canter engkel aj bisa, sinting
baca2 d atas ad yg bahas soal ngencengin pake pneumatic impact wrench di bengkel2 ban.. nahh kl yg kaya gini biasa ta jitak in montir nya satu2, apalagi dl perna ganti ban di gading ban deket sports mall klp gading, ntuh montir nya buka ama ngencengin baut roda make tuh impact wrench, patah lah itu satu baut, masi cengengesan blg baut inofa emg jelekan punya, sering patah... ta blg gundulmu licin ta patahin skalian
Ini yg bikin saya anti ke beres (motor terutama), itu montir2 bikin sleg baut2 dan plastik2 motor ancur sekalian ama plastik2nya. Ngencengin baut imut pake pneumatic impact. Cepet iyak, cuma ancur motor customer.
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 10:50
Tujuannya sih gitu mbah, biar bisa kerja cepet sekedar buka2 baut. habis ngangkut cordless kere hore jld wkwkw...
abis ngangkut cordless?? hayoo mana fotonyaaa wkwkwkwk
DOHC wrote: Fri Dec 11, 2020 10:57
namanya jg bule mbah.. porcelain snowflakes, jgn2 gantol aj musti 2 jem kl
saya copotin kursi inofa row 3 ngikutin si mbah buat next road trip aj, stengah jem ud kelar 2 kursi malah
ga pake impact2 an sgala, cuman model konci ratchet flag, extension, ama soket 14, ama kbon binatang beberapa ekor.. 2 baut kiri kanan gampang, yg 1 nempel miring ke body, musti copot dl cover plastik kecil di kursi nya, trus abis itu kursi di turunin dikit, baru enak akses ke baut nya
yg tengah memang sesuatu banget tuh baut ....
mayan lega kan abis dicabut tuh bangku. udah gitu pandangan org yg duduk di row 2 jd terang krn kaca quarter panel belakang ga ketutup bangku itu.
Baru pertama kali pesen dari monotaro, ternyata lama juga ya prosesnya... pesen dari tanggal 3 baru nyampe hari ini. Padahal tulisannya ready stock. Yang tulisannya pre-order 3-5 hari malah dibatalin karena ga ada stok
Berhubung udah pada dateng socketnya jadi bisa mulai tes + review TW deh
IMG_5613.JPG
Karena ga pengalaman sama merk-merk tools, jadi ya beli macem macem, sekalian nyobain
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yg pasti nih om, kl sdh megang impact ga akan mau megang kunci palang. wkwkwk
waktu bbrp hari lalu sy nyopotin bangku row 3 dr ANF, itu tutorial bule ostrali bilang perlu 1 jam (30 menit per sisi) utk ngelepasnya. sy pakai impact gun cuma 30 menit kelar semua. ada 3 baut kepala 14mm berulir panjang (yg 1 posisinya paling susah krn di tengah n paling menghabiskan waktu meski bisa jg disikat pakai impact gun setelah menyingkirkan panel2 plastik.)
Tujuannya sih gitu mbah, biar bisa kerja cepet sekedar buka2 baut. habis ngangkut cordless kere hore jld wkwkw...
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 10:50
Tujuannya sih gitu mbah, biar bisa kerja cepet sekedar buka2 baut. habis ngangkut cordless kere hore jld wkwkw...
abis ngangkut cordless?? hayoo mana fotonyaaa wkwkwkwk
Mbah shifu...nemu lagi yg murmerceng dari JTC 1203.
American Tools 8958812...gmn reviewnya Mbah Shifu u ini model?
Tertulis sich made in USA for pro...
Apakah layak dibeli dibanding sellery ama Lippro di ranges harga sama ama AT itu?
marmut wrote: Fri Dec 11, 2020 13:50
pada sibuk sendiri, pak gentong kemana ya...... jangan-jangan kecemplung dan terperangkap di bak oli mobilnya.
lah mbah sendiri sibuk mainan stang seher bengkok.
pak gentong kl firasat sy bilang ybs baru menyadari ternyata susah banget kerjaannya n lg berfikir keras gmn cara balikinnya lagi
kl dr post trakir nya kayanya pa gentong dah berhasil mretelin timing cover nya.. kl inget2 dl pas saya bongkar tming cover si inofa,yah itu lah tahapan paling susah nya, bongkar si cover... lepas dari itu, masang lg, ud gampang
mungkin pa gentong jd kebablasan, skalian turun mesin jadi nya kaya si mbah gerasi 69..
blloewy wrote: Fri Dec 11, 2020 15:45
Mbah shifu...nemu lagi yg murmerceng dari JTC 1203.
American Tools 8958812...gmn reviewnya Mbah Shifu u ini model?
Tertulis sich made in USA for pro...
Apakah layak dibeli dibanding sellery ama Lippro di ranges harga sama ama AT itu?
bukan mbah shifu tapi mau jawap.
american tools buatan USA? Usaha Solo Asli maksutnya?
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 10:50
Tujuannya sih gitu mbah, biar bisa kerja cepet sekedar buka2 baut. habis ngangkut cordless kere hore jld wkwkw...
abis ngangkut cordless?? hayoo mana fotonyaaa wkwkwkwk
Mbah shifu...nemu lagi yg murmerceng dari JTC 1203.
American Tools 8958812...gmn reviewnya Mbah Shifu u ini model?
Tertulis sich made in USA for pro...
Apakah layak dibeli dibanding sellery ama Lippro di ranges harga sama ama AT itu?
don't go too cheap on precision instruments. lagipula amtools kayanya made in china. kl jtc made in taiwan. umumnya taiwan lebih better made.
marmut wrote: Fri Dec 11, 2020 13:50
pada sibuk sendiri, pak gentong kemana ya...... jangan-jangan kecemplung dan terperangkap di bak oli mobilnya.
lah mbah sendiri sibuk mainan stang seher bengkok.
pak gentong kl firasat sy bilang ybs baru menyadari ternyata susah banget kerjaannya n lg berfikir keras gmn cara balikinnya lagi
kl dr post trakir nya kayanya pa gentong dah berhasil mretelin timing cover nya.. kl inget2 dl pas saya bongkar tming cover si inofa,yah itu lah tahapan paling susah nya, bongkar si cover... lepas dari itu, masang lg, ud gampang
mungkin pa gentong jd kebablasan, skalian turun mesin jadi nya kaya si mbah gerasi 69..
hmmm ..... ner uga ..... mungkin sekalian bore up kayanya pake seher 2TR
lah mbah sendiri sibuk mainan stang seher bengkok.
pak gentong kl firasat sy bilang ybs baru menyadari ternyata susah banget kerjaannya n lg berfikir keras gmn cara balikinnya lagi
kl dr post trakir nya kayanya pa gentong dah berhasil mretelin timing cover nya.. kl inget2 dl pas saya bongkar tming cover si inofa,yah itu lah tahapan paling susah nya, bongkar si cover... lepas dari itu, masang lg, ud gampang
mungkin pa gentong jd kebablasan, skalian turun mesin jadi nya kaya si mbah gerasi 69..
hmmm ..... ner uga ..... mungkin sekalian bore up kayanya pake seher 2TR
Ukuran bore ama stroke inofa itu plek2 an loh ama enjin JZ.. siapa tau
abis ngangkut cordless?? hayoo mana fotonyaaa wkwkwkwk
Mbah shifu...nemu lagi yg murmerceng dari JTC 1203.
American Tools 8958812...gmn reviewnya Mbah Shifu u ini model?
Tertulis sich made in USA for pro...
Apakah layak dibeli dibanding sellery ama Lippro di ranges harga sama ama AT itu?
don't go too cheap on precision instruments. lagipula amtools kayanya made in china. kl jtc made in taiwan. umumnya taiwan lebih better made.
Mbah
Kl stanley, sidchrome, pittsburgh, boxo yg made in china gmana mbah ? Dbandingin tjap mata yg made in taiwan