Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Halo para suhu-suhu dan users SM sekalian,
Ane sekarang lagi kepikiran untuk ganti lampu HID di HL ertiga ane, karena dari model HL yang sdh ada
"batok" untuk reflektor cahayanya kemudian ane pikir aman buat pasang HID. Jika ane terus-terusan pakai halogen
di HLnya, jadinya sinar lampu rasanya remang" (krn ada reflektor) dan harus dibantu foglamp. Ane kepikiran untuk
pasang hid 4300k, dan ane mau sinarnya "pas" saat menyebar dan nggak silau buat driver lain. Nah, patokan setting untuk
lampu HID yg benar bagaimana menurut suhu-suhu dan user SM sekalian biar nggak silau plus penyebarannya "pas"? Dan merk lampu
HID aftermarket apa yang rekomen menurut rekan SMers sekalian? Thank You
Belum om KodokPushUp, soalnya ane juga br pengalaman pertama untuk rencana ganti lampu. Ane di jalan juga sering liat
vios G gen 2,juke, ist gen 1 yg HIDnya cuma reflektor om. Mungkin ane mau coba lihat" yang osram night breaker dkk om, btw thank you
pencerahannya om
Salam kenal Pak Erwin....
Mau nya pak erwin sangat memungkinkan.
Biasa nya kalau dlm hal setelan ada alat setel nya, contoh yang saya ketahui seperti yg ada di bengkel 81...cmiiw.
Kalau penyebaran sinar, sebaik nya disaksikan sendiri saja sekalian survey2...thanks
Desain reflektor nya yang beda oom...how it shaped nya juga in completely different way. Reflektor halogen ngasih bocoran cahaya yang bermaksud untuk nandain presensi mobil untuk pengendara lawan arah. Masalahnya, karena HID punya intensitas cahaya lebih tinggi, cahaya yang dibocorkan makin tinggi juga.. Harusnya retrofit ke projector based oom...kalo gamau retrofit, saran saya maksimal kasikan 4300k, dan tembak arah cahaya cukup rendah
Yang bikin lampu HID silau buat pengendara lain, kalau di indonesia, adalah angka kelvin nya.
JANGAN LEBIH DARI 4300K.
Angka ini memberikan cahaya putih kekuningan, ini menyerupai lampu standar mobil antara 3600-4300K,
pakai HID, memberikan cahaya yang lebih jauh dan lebar, yang tidak bisa didapat dengan lampu halogen.
4300K juga sama dengan lampu HID yang standar terpasang di mobil.
Banyak yang memasang HID 6000K bahkan 8000K, ini memberikan cahaya putih, ini yang silau.
Dan yang lebih gila lagi, warna ini gak tembus hujan, dan cenderung jangkauan lampu rendah. Jadinya disetel naik, makin silau lagi buat pengendara lain.
waktu digarasi sih memang kelihatan lebih terang drp 4300K, tapi dikehidupan nyata, kalah terang, bahkan kalah terang dibandingkan lampu halogen.
Saya pernah salah pasang dimobil, dipasang yang 6000K di mobil Innova, 2 malam kemudian saya baru sadar bahwa toko salah pasang. Jadi saya tukar ke 4300K. Jauh lebih enak.
saya pernah diskusi sama orang dari Osram, pas IIMS, dia bilang, kalau mau show, pake 6000K, keren.
Tapi kalo sehari2 lebih baik 4300K, sama seperti yang HID OEM mobil.
Nah banyak toko yang gak mengerti, taunya makin putih makin bagus.
bukan warna yang salah, tapi emang HID itu bukan buat reflector halogen. mau diapain juga buyar kecuali ada yang bisa bikin bohlam HID dengan kepresisian setara sampe toleransi mikrometer dengan lampu halogen = ga mungkin.
yang saya bingung apa kelihatan nyetir mobil lampu buyar kemana2 gitu, karena buyar = ga focus = sinar ga diarahin di tempat yang tepat. ada lagi yang lucu, karena buyar disetel ulang aja lampunya, alhasil merunduk pol, jarak ke depan ga sampe 10 meter semua demi tampilan HID.
kunaskun wrote:bukan warna yang salah, tapi emang HID itu bukan buat reflector halogen. mau diapain juga buyar kecuali ada yang bisa bikin bohlam HID dengan kepresisian setara sampe toleransi mikrometer dengan lampu halogen = ga mungkin.
yang saya bingung apa kelihatan nyetir mobil lampu buyar kemana2 gitu, karena buyar = ga focus = sinar ga diarahin di tempat yang tepat. ada lagi yang lucu, karena buyar disetel ulang aja lampunya, alhasil merunduk pol, jarak ke depan ga sampe 10 meter semua demi tampilan HID.
Nah ini setuju, karena pada hid, diperlukan cut-off yang jelas pada reflektor/projector nya
Coba aja lihat lampu yg standar nya hid, ga bakal silau, bahkan kelihatan lebih redup daripada lampu halogen kalau dilihat oleh pengendara lain
Pernah baca di website sebelah, yang ngotot kalau reflektor lebih terang dari projector
Alasannya : "terlihat lebih terang dari luar", dalam bahasa lain, "lebih silau" lol
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
klo mau pasang hid tinggal di retrofit aja reflektornya dipasangin projector HID...... dari yg murmer kayak MH1 (gue pake ini di innova dan cukup puas) dan sampe kelas OEM.... (dulu pas punya galant retrofit pake HID projectornya mazda rx8) TERANG dan ga menyilaukan orang lain
contoh sinar output retrofit (mobil nya skrg dah di jokul...)
Hmmm thank you infonya om tesna,om kodokpushup,om aspsilver,om kunaskun
Dari ini ane jadi hrs pikir bener" soal pasang HID retrofit om heheheehe.
@om aspsilver: ane dari lama udah kepinginnya stick di 4300k kl mau pasang om, jujur ane juga benci sama yg 6000k
up, yg silaunya minta ampun
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
setau gw DS HID bisa tuh setting, ada alat nya jg.
coba aja trial n error.. pake obeng kembang panjang, di setting krii kanan..
mesti ber kali2 sampe senyamannya pas driving.
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
Di start tire juga bisa, dia pake alat buat ngukur nya. Tapi mungkin operator nya ngga sebagus ds hid
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
setau gw DS HID bisa tuh setting, ada alat nya jg.
coba aja trial n error.. pake obeng kembang panjang, di setting krii kanan..
mesti ber kali2 sampe senyamannya pas driving.
ooh DS HID ya, kira kira brpaan sih ya ongkos setting make alat.. sy coba coba manual malah takutnya makin ngaco
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
Di start tire juga bisa, dia pake alat buat ngukur nya. Tapi mungkin operator nya ngga sebagus ds hid
siap om, lg cari cari info lagi nih
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 14:44
ooh DS HID ya, kira kira brpaan sih ya ongkos setting make alat.. sy coba coba manual malah takutnya makin ngaco
Gw sih liat2 di IG alat nya kotak merah gitu, tp gk tau di apain.
Gpp trial error aja, wong gratis.
Klo mobil jepang biasa Ada 2 baut, 1 untuk atas bawah dan 1 lg untuk kiri kanan atau serong miring kiri kanan.
Harga kurang tau, dulu malah pernah tanya start tire 200 apa 300 gt (tp dah lama bgt)
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 14:44
ooh DS HID ya, kira kira brpaan sih ya ongkos setting make alat.. sy coba coba manual malah takutnya makin ngaco
Gw sih liat2 di IG alat nya kotak merah gitu, tp gk tau di apain.
Gpp trial error aja, wong gratis.
Klo mobil jepang biasa Ada 2 baut, 1 untuk atas bawah dan 1 lg untuk kiri kanan atau serong miring kiri kanan.
Harga kurang tau, dulu malah pernah tanya start tire 200 apa 300 gt (tp dah lama bgt)
oke thx infonya oom, iya ini sy udh set manual tp pengen biar lebih akurat aja takut bikin silau orang
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 14:44
ooh DS HID ya, kira kira brpaan sih ya ongkos setting make alat.. sy coba coba manual malah takutnya makin ngaco
Gw sih liat2 di IG alat nya kotak merah gitu, tp gk tau di apain.
Gpp trial error aja, wong gratis.
Klo mobil jepang biasa Ada 2 baut, 1 untuk atas bawah dan 1 lg untuk kiri kanan atau serong miring kiri kanan.
Harga kurang tau, dulu malah pernah tanya start tire 200 apa 300 gt (tp dah lama bgt)
Sama yang di start tire juga kotak merah, tapi kok saya murah yah, headlamp 50rb foglamp 25rb, beda cabang beda harga kali ya
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
Update akhirnya setting di DS Hid kena 200k. klo beli dari dia free setting.. bener ternyata kacau banget sy coba setting manual sebelumnya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
Update akhirnya setting di DS Hid kena 200k. klo beli dari dia free setting.. bener ternyata kacau banget sy coba setting manual sebelumnya
oh jd di DS ya? bukan di start tire?
harusnya memang lbh specialist di DS sih..
gw jadi penasaran jadi nya, gw mau coba lah.
200rb itu sama foglight? klo cuman headlight brp tuh?
Duvebriliant0 wrote: Mon Dec 07, 2020 13:04
UP di jkt tempat yg bisa setting HID bawaan dimana ya? mobil sy abis ganti bohlam d4s di setting manual malah ketinggian
Update akhirnya setting di DS Hid kena 200k. klo beli dari dia free setting.. bener ternyata kacau banget sy coba setting manual sebelumnya
oh jd di DS ya? bukan di start tire?
harusnya memang lbh specialist di DS sih..
gw jadi penasaran jadi nya, gw mau coba lah.
200rb itu sama foglight? klo cuman headlight brp tuh?
200 lampu utama doang om, sy foglightnya masih standar gk diutak atik soalnya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Gak perlu jg sih foglight, saya jg jarang nyalain.. kecuali di mobil yg headlamp nya kyk honda vario, parah bgt itu led bawaannya.
coba lah main, penasaran aja sama cara setting nya mereka (buat kepo) toh 200rb aja.