awieshu wrote: Wed Dec 02, 2020 11:39
Misi om, sy mo sharing jg.
Sy pemakai xpander 2018 at, mungkin sy beruntung dpt unit yg ga byk masalah. Shock blkg sampai skrg masi kering, blm pernah klaim ganti, bunyi2 di kaki depan jg ga ada. Masalah idle up aja (uda dibenerin).
Yg sy pernah komplain masalah bunyi di dashbord kl lewat jln ga rata, pas dicek penyebabnya kaki klip frame headunit goyang/longgar (cuma dikasi sealtip putih di kaki klip nya), uda ga bunyi lg. Kata beres nya karena sy ganti headunit aftermarket. Emang sih jawaban sa nya kadang agak gmn gitu...
Terakhir recall ganti fuelpump, sampe skrg sih aman2 aja.
Wah anda beruntung banget dapet yang hampir gak ada masalah.. Kayaknya memang untung-untungan ya.. Atau jangan-jangan setiap batch produksi beda2 ya masalahnya? Pas dapet batch yang gak ada masalah ya bagus-bagus aja mobilnya..

Makanya ada yg stirnya bunyi seperti mobil saya, ada yang kena idle up (batch2 awal produksi), ada yang shocknya bocor, ada yang rattle di dashboard, ada yang rattle di bagasi, dll..
Apalagi kita sebagai pembeli gak bisa milih tuh dapet mobil yang mana (kecuali kalo di dealer stock nya banyak banget dan kita bisa milih sendiri mobilnya), jadi kayak beli kucing dalam karung.
Apesnya, kalo ada cacat produksi kita gak bisa balikin mobil itu kayak kalo kita beli HP misalnya.. Kalo masih bisa dibenerin ya dibenerin sama Beresnya, kalo gak bisa dibenerin berarti cacat produksi menjadi tanggungan konsumen, tinggal terserah konsumennya mau tetep terus usaha dibenerin (baik di Beres maupun di bengkel luar), legowo menerima cacat produksi, atau mobilnya dijual.. Yang pasti konsumen yang dirugikan baik tenaga, uang, maupun hati. Lha kita beli mobil baru kan maunya dapet yang bagus yang gak usah sering-sering ke bengkel..