Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Fri Nov 27, 2020 1:48
Schaeffer 5W40 sih penguapan amat sgt minim
Ipah 2008 mah belom tua lah
Ipah 2KD 2005 kawan saya yg odo hampir 500 rb km pernah test Seffer 5W40 aja report tu oli bagus bgt katanya
Si Seffer 5W40 setok masi banyak banget, tapi kalo mau setok 1 - 2 karton ya terserah
kalo odo muter cepet bgt, oli tsb bisa pake 15 K km, Filt oli ganti di 10 K km
Ok, saya akan coba Schaeffer 5w40, penasaran sekali dengan oli ini. Tapi kalau misal sudah habis papasari, tapi kadung suka sama schaeffer ini, rekomendasi yang setara apa ya om Turboman?
itu stok di Papasari masi byk bgt bgt
nanti chat ama mrk aja, bilang kalo misal stok udah menipis suru kabari, jadi om bisa lgs beli 2 - 3 karton
Saingan Seffer 9000 - 5W40 paling mungkin ya Amsoil MaxDuty 5W40
Turboman wrote: Fri Nov 27, 2020 1:48
Schaeffer 5W40 sih penguapan amat sgt minim
Ipah 2008 mah belom tua lah
Ipah 2KD 2005 kawan saya yg odo hampir 500 rb km pernah test Seffer 5W40 aja report tu oli bagus bgt katanya
Si Seffer 5W40 setok masi banyak banget, tapi kalo mau setok 1 - 2 karton ya terserah
kalo odo muter cepet bgt, oli tsb bisa pake 15 K km, Filt oli ganti di 10 K km
Ok, saya akan coba Schaeffer 5w40, penasaran sekali dengan oli ini. Tapi kalau misal sudah habis papasari, tapi kadung suka sama schaeffer ini, rekomendasi yang setara apa ya om Turboman?
itu stok di Papasari masi byk bgt bgt
nanti chat ama mrk aja, bilang kalo misal stok udah menipis suru kabari, jadi om bisa lgs beli 2 - 3 karton
Saingan Seffer 9000 - 5W40 paling mungkin ya Amsoil MaxDuty 5W40
Om Turbo,
Saya baca-baca kalau om Turbo lagi pakai Shaeffer 15w40 ya?
Dibanding sama schaeffer 5w40 gimana? Kalau misal performa ga beda jauh, konsumsi bahan bakar ga beda, dan bisa sama-sama 12 bulan atau 10.000 km, kayaknya lebih menarik 15w40 buat saya
padmalotus wrote: Fri Nov 27, 2020 1:43
Oh begitu, terima kasih untuk informasinya. Saya akan mencoba 5w40.
Tapi masih bingung, ambil Schaeffer, atau PTT, atau mungkin ada rekomendasi untuk 5w40? Buat dipakai tiap hari mobilnya, touring juga.
Awal tahun ini saya pakai PTT Extra Long Drain 10W40 di 2KD 2013 odo 300 ribu km.
Suara mesin halus, tarikan enteng mirip Motul CRDi 5W40 / Shell Ultra 5W40.
Yang bikin heran, olinya hampir nggak nguap sama sekali selama saya pakai sejauh 12.500 km dalam 4 bulan
Padahal Delvac1 5W40 aja mulai nguap di 8.000 km.
padmalotus wrote:
Ok, saya akan coba Schaeffer 5w40, penasaran sekali dengan oli ini. Tapi kalau misal sudah habis papasari, tapi kadung suka sama schaeffer ini, rekomendasi yang setara apa ya om Turboman?
itu stok di Papasari masi byk bgt bgt
nanti chat ama mrk aja, bilang kalo misal stok udah menipis suru kabari, jadi om bisa lgs beli 2 - 3 karton
Saingan Seffer 9000 - 5W40 paling mungkin ya Amsoil MaxDuty 5W40
Om Turbo,
Saya baca-baca kalau om Turbo lagi pakai Shaeffer 15w40 ya?
Dibanding sama schaeffer 5w40 gimana? Kalau misal performa ga beda jauh, konsumsi bahan bakar ga beda, dan bisa sama-sama 12 bulan atau 10.000 km, kayaknya lebih menarik 15w40 buat saya
Beda kelas lah
ya kalo mau yg ekonomis pake Schaeffer yg 15W40 si, cuman 65 rb / L en bisa pake 10 rb km / 10 bulan Max
kalo buat Fleet Travel / Rental ya pake Seffer 15W40 aja
padmalotus wrote: Fri Nov 27, 2020 1:43
Oh begitu, terima kasih untuk informasinya. Saya akan mencoba 5w40.
Tapi masih bingung, ambil Schaeffer, atau PTT, atau mungkin ada rekomendasi untuk 5w40? Buat dipakai tiap hari mobilnya, touring juga.
Awal tahun ini saya pakai PTT Extra Long Drain 10W40 di 2KD 2013 odo 300 ribu km.
Suara mesin halus, tarikan enteng mirip Motul CRDi 5W40 / Shell Ultra 5W40.
Yang bikin heran, olinya hampir nggak nguap sama sekali selama saya pakai sejauh 12.500 km dalam 4 bulan
Padahal Delvac1 5W40 aja mulai nguap di 8.000 km.
Kalo PTT yang 5W40 saya mau coba bulan depan.
Wah, terima kasih untuk informasinya. Nanti kalau sudah coba PTT 5w40 mohon dishare juga ya.
Dalam 4 bulam 12.500 km? Waduh ini 2KD AKAP ini ya wkwkwk
Turboman wrote: Fri Nov 27, 2020 6:08
itu stok di Papasari masi byk bgt bgt
nanti chat ama mrk aja, bilang kalo misal stok udah menipis suru kabari, jadi om bisa lgs beli 2 - 3 karton
Saingan Seffer 9000 - 5W40 paling mungkin ya Amsoil MaxDuty 5W40
Om Turbo,
Saya baca-baca kalau om Turbo lagi pakai Shaeffer 15w40 ya?
Dibanding sama schaeffer 5w40 gimana? Kalau misal performa ga beda jauh, konsumsi bahan bakar ga beda, dan bisa sama-sama 12 bulan atau 10.000 km, kayaknya lebih menarik 15w40 buat saya
Beda kelas lah
ya kalo mau yg ekonomis pake Schaeffer yg 15W40 si, cuman 65 rb / L en bisa pake 10 rb km / 10 bulan Max
kalo buat Fleet Travel / Rental ya pake Seffer 15W40 aja
Tetap beda kelas ya. Kalau dipakai sendiri dan suka nyetir, mending Schaeffer 5w40 ya? Ok.
Yg bikin berat itu beli awalnya, di papasari harus beli minimal 12 biji untuk dapat harga 120.000 yg 5w40.
Saya baca-baca kalau om Turbo lagi pakai Shaeffer 15w40 ya?
Dibanding sama schaeffer 5w40 gimana? Kalau misal performa ga beda jauh, konsumsi bahan bakar ga beda, dan bisa sama-sama 12 bulan atau 10.000 km, kayaknya lebih menarik 15w40 buat saya
Beda kelas lah
ya kalo mau yg ekonomis pake Schaeffer yg 15W40 si, cuman 65 rb / L en bisa pake 10 rb km / 10 bulan Max
kalo buat Fleet Travel / Rental ya pake Seffer 15W40 aja
Tetap beda kelas ya. Kalau dipakai sendiri dan suka nyetir, mending Schaeffer 5w40 ya? Ok.
Yg bikin berat itu beli awalnya, di papasari harus beli minimal 12 biji untuk dapat harga 120.000 yg 5w40.
supriyadi wrote: Thu Nov 26, 2020 23:04
Om, Master, Suhu semuanya
Mohon petunjuknya. Apa beda kedua oli ini. Mana yang lebih bagus buat long drain, high rev. Secara harga beda lumayan jauh
Terimakasih infonya[emoji120][emoji120]Hi-res-Performa-Syntec-plus-5W30-4L-scaled-e1600039108285%20(1).jpgPerforma_syn5w30_4L-01%20(1).jpg
sy pribadi condong ke 5w30 API SP.
klo mau lbh long drain bs ke PTT 0w30 API SP.
Ok Om terimaksih masukan & sarannya
Satu pertanyaan lagi, kalo yang Performa Syntec Plus Evotec bisa pake berapa km/bulan Om?
Terimakasih
Turboman wrote: Fri Nov 27, 2020 1:48
Schaeffer 5W40 sih penguapan amat sgt minim
Ipah 2008 mah belom tua lah
Ipah 2KD 2005 kawan saya yg odo hampir 500 rb km pernah test Seffer 5W40 aja report tu oli bagus bgt katanya
Si Seffer 5W40 setok masi banyak banget, tapi kalo mau setok 1 - 2 karton ya terserah
kalo odo muter cepet bgt, oli tsb bisa pake 15 K km, Filt oli ganti di 10 K km
Ok, saya akan coba Schaeffer 5w40, penasaran sekali dengan oli ini. Tapi kalau misal sudah habis papasari, tapi kadung suka sama schaeffer ini, rekomendasi yang setara apa ya om Turboman?
itu stok di Papasari masi byk bgt bgt
nanti chat ama mrk aja, bilang kalo misal stok udah menipis suru kabari, jadi om bisa lgs beli 2 - 3 karton
Saingan Seffer 9000 - 5W40 paling mungkin ya Amsoil MaxDuty 5W40
Apa ada rencana tidak restok lg ya schaeffer 9000?
@Bro Turbo: schaeffer 9000 5w-40 bagus ya? Saya liat harga lumayan ok untuk 12quarts.
Bisa untuk mobil bensin? Ada tulis FORMULATED FOR DIESEL ENGINES.
padmalotus wrote:
Ok, saya akan coba Schaeffer 5w40, penasaran sekali dengan oli ini. Tapi kalau misal sudah habis papasari, tapi kadung suka sama schaeffer ini, rekomendasi yang setara apa ya om Turboman?
itu stok di Papasari masi byk bgt bgt
nanti chat ama mrk aja, bilang kalo misal stok udah menipis suru kabari, jadi om bisa lgs beli 2 - 3 karton
Saingan Seffer 9000 - 5W40 paling mungkin ya Amsoil MaxDuty 5W40
Apa ada rencana tidak restok lg ya schaeffer 9000?
Papasarinya udah ngga import lg gara2 SNI om mulai dr th lalu
free2d wrote:@Bro Turbo: schaeffer 9000 5w-40 bagus ya? Saya liat harga lumayan ok untuk 12quarts.
Bisa untuk mobil bensin? Ada tulis FORMULATED FOR DIESEL ENGINES.
Bisa
saya pernah test di Skutik staff saya, reportnya enak enak enak
padmalotus wrote:Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?
Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.
Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..
Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.
Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?
Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?
Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.
Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.
Mohon pencerahannya
Ane pake schaeffer 5W-40 taon lalu di mesin 2KD KM 120 ribuan selama 12 bulan sejauh 10 ribu KM dari posisi deep stick max (anggap 100%) terakhir posisi di 60% (setengah lebih dikit) tanpa top up sama sekali.
Itu juga ane pakenya 6 quartz (6 X 0,95 liter) + 1 pin Moly EP (0,473 liter) jadi total 6,173 liter masuk ke mesin 2KD + ganti filter oli. Tujuannya supaya deep stick hanya mencapai 80-90% saja dari max, tapi anehnya tetap aja deep stick sampai di posisi max, padahal kapasitas oli 2KD + ganti filter adalah 6,5 liter.
Pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 selama 12 bulan 10 ribu KM tidak ada penurunan kualitas sama sekali, hanya saat akhir menuju bulan ke 12 suara mesin agak kasar sedikittt. Kalau PTT ane blom pernah pakai, jadi gak bisa kasih komentar.
sekarang lagi pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30 pengganti Schaeffer, baru jalan 3 bulan 2 ribu KM sih cek deep stick blom ada penurunan sama sekali (masih di max), ini juga maunya 80-90% dari deep stick tapi gagal maning, sudah titip pesan ke orang bengkelnya tapi gak berhasil juga. Oh yah thermostat sudah ganti ke low temp 76°C dari standardnya 82°C.
So far enak sih pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5W-30, mesin jauhh lebih enteng tapi trade off nya suara mesin kalau lagi idle lebih garing dikitt banding pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 yang memang jagonya bikin mesin senyap, tapi kalau sudah jalan sih tetap halus & senyap ini Amsoil.
Kalau pakai oli sapu jagatnya beres yang 15W-40 sih berat Om tarikan mesinnya, kalau gak percaya yah coba aja dari 15W-40 ke 5W-40 lalu ke 5W-30. Kalau 5W-30 cari yang keraton lah olinya, oli tipis ini agak diluar spec mesin 2KD yang idealnya minta buntut 40. Bisa aja dipakai hanya hati2 dengan penguapan olinya, makanya ane ganti thermo ke low temp (khusus hobbyist aja).
om, tujuan mengganti thermostat nya ke yg agak low temp apa ya?
padmalotus wrote:Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?
Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.
Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..
Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.
Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?
Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?
Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.
Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.
Mohon pencerahannya
Ane pake schaeffer 5W-40 taon lalu di mesin 2KD KM 120 ribuan selama 12 bulan sejauh 10 ribu KM dari posisi deep stick max (anggap 100%) terakhir posisi di 60% (setengah lebih dikit) tanpa top up sama sekali.
Itu juga ane pakenya 6 quartz (6 X 0,95 liter) + 1 pin Moly EP (0,473 liter) jadi total 6,173 liter masuk ke mesin 2KD + ganti filter oli. Tujuannya supaya deep stick hanya mencapai 80-90% saja dari max, tapi anehnya tetap aja deep stick sampai di posisi max, padahal kapasitas oli 2KD + ganti filter adalah 6,5 liter.
Pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 selama 12 bulan 10 ribu KM tidak ada penurunan kualitas sama sekali, hanya saat akhir menuju bulan ke 12 suara mesin agak kasar sedikittt. Kalau PTT ane blom pernah pakai, jadi gak bisa kasih komentar.
sekarang lagi pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30 pengganti Schaeffer, baru jalan 3 bulan 2 ribu KM sih cek deep stick blom ada penurunan sama sekali (masih di max), ini juga maunya 80-90% dari deep stick tapi gagal maning, sudah titip pesan ke orang bengkelnya tapi gak berhasil juga. Oh yah thermostat sudah ganti ke low temp 76°C dari standardnya 82°C.
So far enak sih pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5W-30, mesin jauhh lebih enteng tapi trade off nya suara mesin kalau lagi idle lebih garing dikitt banding pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 yang memang jagonya bikin mesin senyap, tapi kalau sudah jalan sih tetap halus & senyap ini Amsoil.
Kalau pakai oli sapu jagatnya beres yang 15W-40 sih berat Om tarikan mesinnya, kalau gak percaya yah coba aja dari 15W-40 ke 5W-40 lalu ke 5W-30. Kalau 5W-30 cari yang keraton lah olinya, oli tipis ini agak diluar spec mesin 2KD yang idealnya minta buntut 40. Bisa aja dipakai hanya hati2 dengan penguapan olinya, makanya ane ganti thermo ke low temp (khusus hobbyist aja).
om, tujuan mengganti thermostat nya ke yg agak low temp apa ya?
Intinya mengurangi suhu kerja (sedikit) di mesin 2KD sebagai implikasi ane pakai oli yang lebih tipis/encer. Mengurangi penguapan oli & juga membuat suara mesin lebih adem terutama disaat kondisi kerja ekstrim (saat macet2an di suhu udara sangat panas & juga saat high speed/high rpm). Hal ini pernah didiskusikan juga dimari (ane lupa di trit sini atau di trit lain).
benzz89 wrote: Fri Nov 27, 2020 3:21
Ane pake schaeffer 5W-40 taon lalu di mesin 2KD KM 120 ribuan selama 12 bulan sejauh 10 ribu KM dari posisi deep stick max (anggap 100%) terakhir posisi di 60% (setengah lebih dikit) tanpa top up sama sekali.
Itu juga ane pakenya 6 quartz (6 X 0,95 liter) + 1 pin Moly EP (0,473 liter) jadi total 6,173 liter masuk ke mesin 2KD + ganti filter oli. Tujuannya supaya deep stick hanya mencapai 80-90% saja dari max, tapi anehnya tetap aja deep stick sampai di posisi max, padahal kapasitas oli 2KD + ganti filter adalah 6,5 liter.
Pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 selama 12 bulan 10 ribu KM tidak ada penurunan kualitas sama sekali, hanya saat akhir menuju bulan ke 12 suara mesin agak kasar sedikittt. Kalau PTT ane blom pernah pakai, jadi gak bisa kasih komentar.
sekarang lagi pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30 pengganti Schaeffer, baru jalan 3 bulan 2 ribu KM sih cek deep stick blom ada penurunan sama sekali (masih di max), ini juga maunya 80-90% dari deep stick tapi gagal maning, sudah titip pesan ke orang bengkelnya tapi gak berhasil juga. Oh yah thermostat sudah ganti ke low temp 76°C dari standardnya 82°C.
So far enak sih pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5W-30, mesin jauhh lebih enteng tapi trade off nya suara mesin kalau lagi idle lebih garing dikitt banding pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 yang memang jagonya bikin mesin senyap, tapi kalau sudah jalan sih tetap halus & senyap ini Amsoil.
Kalau pakai oli sapu jagatnya beres yang 15W-40 sih berat Om tarikan mesinnya, kalau gak percaya yah coba aja dari 15W-40 ke 5W-40 lalu ke 5W-30. Kalau 5W-30 cari yang keraton lah olinya, oli tipis ini agak diluar spec mesin 2KD yang idealnya minta buntut 40. Bisa aja dipakai hanya hati2 dengan penguapan olinya, makanya ane ganti thermo ke low temp (khusus hobbyist aja).
om, tujuan mengganti thermostat nya ke yg agak low temp apa ya?
Intinya mengurangi suhu kerja (sedikit) di mesin 2KD sebagai implikasi ane pakai oli yang lebih tipis/encer. Mengurangi penguapan oli & juga membuat suara mesin lebih adem terutama disaat kondisi kerja ekstrim (saat macet2an di suhu udara sangat panas & juga saat high speed/high rpm). Hal ini pernah didiskusikan juga dimari (ane lupa di trit sini atau di trit lain).
Ane pake schaeffer 5W-40 taon lalu di mesin 2KD KM 120 ribuan selama 12 bulan sejauh 10 ribu KM dari posisi deep stick max (anggap 100%) terakhir posisi di 60% (setengah lebih dikit) tanpa top up sama sekali.
Itu juga ane pakenya 6 quartz (6 X 0,95 liter) + 1 pin Moly EP (0,473 liter) jadi total 6,173 liter masuk ke mesin 2KD + ganti filter oli. Tujuannya supaya deep stick hanya mencapai 80-90% saja dari max, tapi anehnya tetap aja deep stick sampai di posisi max, padahal kapasitas oli 2KD + ganti filter adalah 6,5 liter.
Pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 selama 12 bulan 10 ribu KM tidak ada penurunan kualitas sama sekali, hanya saat akhir menuju bulan ke 12 suara mesin agak kasar sedikittt. Kalau PTT ane blom pernah pakai, jadi gak bisa kasih komentar.
sekarang lagi pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30 pengganti Schaeffer, baru jalan 3 bulan 2 ribu KM sih cek deep stick blom ada penurunan sama sekali (masih di max), ini juga maunya 80-90% dari deep stick tapi gagal maning, sudah titip pesan ke orang bengkelnya tapi gak berhasil juga. Oh yah thermostat sudah ganti ke low temp 76°C dari standardnya 82°C.
So far enak sih pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5W-30, mesin jauhh lebih enteng tapi trade off nya suara mesin kalau lagi idle lebih garing dikitt banding pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 yang memang jagonya bikin mesin senyap, tapi kalau sudah jalan sih tetap halus & senyap ini Amsoil.
Kalau pakai oli sapu jagatnya beres yang 15W-40 sih berat Om tarikan mesinnya, kalau gak percaya yah coba aja dari 15W-40 ke 5W-40 lalu ke 5W-30. Kalau 5W-30 cari yang keraton lah olinya, oli tipis ini agak diluar spec mesin 2KD yang idealnya minta buntut 40. Bisa aja dipakai hanya hati2 dengan penguapan olinya, makanya ane ganti thermo ke low temp (khusus hobbyist aja).
om, tujuan mengganti thermostat nya ke yg agak low temp apa ya?
Intinya mengurangi suhu kerja (sedikit) di mesin 2KD sebagai implikasi ane pakai oli yang lebih tipis/encer. Mengurangi penguapan oli & juga membuat suara mesin lebih adem terutama disaat kondisi kerja ekstrim (saat macet2an di suhu udara sangat panas & juga saat high speed/high rpm). Hal ini pernah didiskusikan juga dimari (ane lupa di trit sini atau di trit lain).
ane pake 0w30 di M15a, upper radiator ane rembes dkit dari kuku2nya. ntah ada hub nya ga ato krn udh umur tuir, fan sering nyala juga
vshiva wrote:
om, tujuan mengganti thermostat nya ke yg agak low temp apa ya?
Intinya mengurangi suhu kerja (sedikit) di mesin 2KD sebagai implikasi ane pakai oli yang lebih tipis/encer. Mengurangi penguapan oli & juga membuat suara mesin lebih adem terutama disaat kondisi kerja ekstrim (saat macet2an di suhu udara sangat panas & juga saat high speed/high rpm). Hal ini pernah didiskusikan juga dimari (ane lupa di trit sini atau di trit lain).
ganti Termos 76 C di ACT ?
Di garasi 58 tempatnya Om Marmut, waktu itu ane sekalian ganti timing belt+tensioner, fan belt, water pump, coolant, host radiator & thermostat.
vshiva wrote:
om, tujuan mengganti thermostat nya ke yg agak low temp apa ya?
Intinya mengurangi suhu kerja (sedikit) di mesin 2KD sebagai implikasi ane pakai oli yang lebih tipis/encer. Mengurangi penguapan oli & juga membuat suara mesin lebih adem terutama disaat kondisi kerja ekstrim (saat macet2an di suhu udara sangat panas & juga saat high speed/high rpm). Hal ini pernah didiskusikan juga dimari (ane lupa di trit sini atau di trit lain).
ane pake 0w30 di M15a, upper radiator ane rembes dkit dari kuku2nya. ntah ada hub nya ga ato krn udh umur tuir, fan sering nyala juga
Apakah ada hubungannya dengan oli (yang lebih encer) ane kurang tau juga, tapi logikanya sih enggak yah. Kalau sudah ada umur yah upper radiator sangat bisa rembes, namanya dia juga nahan tekanan air/coolant dari sirkulasi mesin.
Btw kemarin ane juga baru ganti tutup radiator di reservoir mesin 2KD ane, masalahnya setelah ganti coolant ternyata banyak rembesan coolant di sekitar botolnya & di upper radiator, coolant juga selalu berkurang sedikit. Akhirnya beli di beres hampir 400 ribu tutupnya aja & so far sih belum ada rembesan lagi (lagi ane pantau). Kemungkinan besar tutup radiator yang lama sudah kurang bisa menahan tekanan coolant dari mesin (108 kPa).
Kalau sudah ada umur baiknya water pump & thermostatnya diganti om. Kemarin aja water pump ane sudah 10 taon suara bearingnya sudah mulai kasar & karet pada thermostatnya sudah jelek & getas jadi yah sudah tepatlah ane ganti sekalian. Selang2nya juga ane ganti, tinggal radiatornya aja yang belum karena memang tidak ada masalah.
Kalau cooling system sudah baik seharusnya mesin juga adem & fan radiator tidak sering2 nyala.
supriyadi wrote: Thu Nov 26, 2020 23:04
Om, Master, Suhu semuanya
Mohon petunjuknya. Apa beda kedua oli ini. Mana yang lebih bagus buat long drain, high rev. Secara harga beda lumayan jauh
Terimakasih infonya[emoji120][emoji120]Hi-res-Performa-Syntec-plus-5W30-4L-scaled-e1600039108285%20(1).jpgPerforma_syn5w30_4L-01%20(1).jpg
sy pribadi condong ke 5w30 API SP.
klo mau lbh long drain bs ke PTT 0w30 API SP.
Ok Om terimaksih masukan & sarannya
Satu pertanyaan lagi, kalo yang Performa Syntec Plus Evotec bisa pake berapa km/bulan Om?
Terimakasih
harganya cukup ekonomis.
klo saya pakai itu, drain di 7 bln or 5rb KM aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89 wrote: Fri Nov 27, 2020 14:39
Intinya mengurangi suhu kerja (sedikit) di mesin 2KD sebagai implikasi ane pakai oli yang lebih tipis/encer. Mengurangi penguapan oli & juga membuat suara mesin lebih adem terutama disaat kondisi kerja ekstrim (saat macet2an di suhu udara sangat panas & juga saat high speed/high rpm). Hal ini pernah didiskusikan juga dimari (ane lupa di trit sini atau di trit lain).
oh dan tidak ada implikasi sama sekali ya misalnya AC akan sedikit berkurang dinginnya gitu dengan penggantian thermo ke yang lebih rendah?
Duvebriliant0 wrote: Thu Nov 26, 2020 14:14
sy skrg make unil opal 0w20 ternyata karena tugas jd harus sering bolak balik jakarta - jogja sering main rpm tinggi + kickdown untuk ngejer waktu, kira kira aman gk ya? atau harus make yg lebih kentel? mobil altis 2.0 2012 makasih
di manual book rekomen visco brp ?
klo emg bisa 0w20, ya aman2 aja, ganti aja tiap 5rb Km or 6 bulan biar hati tenang.
pastikan kondisi radiator prima, dan drain coolant tiap tahun klo bisa.
jd coolant relatif fresh sirkulasi di blok mesin - radiator.
bukmannya si -30 tp bukman 3ZR FE luar -20 bisa sih. iya paling ganti per 5k aja ya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Duvebriliant0 wrote: Thu Nov 26, 2020 14:14
sy skrg make unil opal 0w20 ternyata karena tugas jd harus sering bolak balik jakarta - jogja sering main rpm tinggi + kickdown untuk ngejer waktu, kira kira aman gk ya? atau harus make yg lebih kentel? mobil altis 2.0 2012 makasih
di manual book rekomen visco brp ?
klo emg bisa 0w20, ya aman2 aja, ganti aja tiap 5rb Km or 6 bulan biar hati tenang.
pastikan kondisi radiator prima, dan drain coolant tiap tahun klo bisa.
jd coolant relatif fresh sirkulasi di blok mesin - radiator.
bukmannya si -30 tp bukman 3ZR FE luar -20 bisa sih. iya paling ganti per 5k aja ya
ya selama ini dah biasa pk 0w20 dan fine2 ajah kan.
klo pindah ke w30 yg ada agak lbh berat mesin nya.
klo mau per 1 thn or 10rb Km, ya pk amsoil signature ajah om.
ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
dan ketika oli lama tinggal netes, tuang oli shell atau mesran murah 1 liter buat dorong sisa oli lama di dalam oil-pan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri