Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Wed Nov 25, 2020 12:33
Suryaputra wrote: Wed Nov 25, 2020 10:02 nihh saran dari aisin,
klo ganti ATF, tiap 2thn atau 20rb Km

Image

source: https://www.aisin.ae/upload/desc/news_60.pdf
masalahnya saran nya jg rada membingungkan

dibilang 20 rebu atau 2 taon krn warna bakal kaya kopi gilus campur obat merah dikit

lahh saya pake afw+ di inofa ribon, ta pake jalan 15 rebu aj, pas saya tap trus bandingin side by side ama afw+ yg baru dr botol, warna nya identik persis plek , ini lg mo coba jalan 20 rebu trus tap lg.. kl masi sama, yah saya push lg ampe 30 rebu nanti


beda ama HCF2 honda, itu jalan 10-15 rebu aj ud gelap banget warna nya, ikutin saran buku manual per 40 rebu sehh alamat ganti girbok tuh
Aisin ini emang kdg iklannya halu om, ampe saya skip kalo di IG tuh krn aneh aja. AFW VI PDSnya jg ngga ada, cm list2 comply kemana aja
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by indeskey »

siap ikut saran Aisin :big_okay:

Pengguna Aisin CFEx
Suryaputra wrote: Wed Nov 25, 2020 10:02 nihh saran dari aisin,
klo ganti ATF, tiap 2thn atau 20rb Km

Image

source: https://www.aisin.ae/upload/desc/news_60.pdf
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Apalagi Saya pakai HCF2, emg amannya ganti aja tiap 1 thn or 15rb Km,
biar awettt

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Buat penggemar oli 10W40 bensin

REPSOL ELITE INJECTION 10W40
https://tokopedia.link/YezNkBXyIbb di toko td motor Rp55.000 di Tokopedia

cuman 55 rb / L

Barang Cuci Gudang & Asli dari Sukabumi Trading
* Bukan ajakan Beli *
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1836
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by MSU »

Turboman wrote: Thu Nov 26, 2020 3:24 Buat penggemar oli 10W40 bensin

REPSOL ELITE INJECTION 10W40
https://tokopedia.link/YezNkBXyIbb di toko td motor Rp55.000 di Tokopedia

cuman 55 rb / L

Barang Cuci Gudang & Asli dari Sukabumi Trading
di toko langganan saya juga kayak lagi obral om...
ada apa dengan brand ini ya
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by iybam »

Halo om semua, maaf kalo oot..

Klo mobil rekomendasi pakai oli 5-20w, tp diisi 10-40w apakah aman?
Mobil saya toyota voxy 2020 habis servis berkala di beres a2k, krn tidak sempat bawa ke beres sendiri jd mendelegasikan ke orang lain. Saya kaget setelah selesai ternyata oli yg dipakai TMO 10-40w, sepemahaman saya (cmiiw) biasanya mesin2 jaman sekarang pkai oli2 encer. Penasaran rekomendasi oli untuk mesin voxy akhirnya googling, bbrp artikel merekomendasikan 5-20w..
Baiknya saya ganti oli atau tetap dipakai sampe jadwal ganti oli berikutnya?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by sintoni »

iybam wrote: Thu Nov 26, 2020 7:00 Halo om semua, maaf kalo oot..

Klo mobil rekomendasi pakai oli 5-20w, tp diisi 10-40w apakah aman?
Mobil saya toyota voxy 2020 habis servis berkala di beres a2k, krn tidak sempat bawa ke beres sendiri jd mendelegasikan ke orang lain. Saya kaget setelah selesai ternyata oli yg dipakai TMO 10-40w, sepemahaman saya (cmiiw) biasanya mesin2 jaman sekarang pkai oli2 encer. Penasaran rekomendasi oli untuk mesin voxy akhirnya googling, bbrp artikel merekomendasikan 5-20w..
Baiknya saya ganti oli atau tetap dipakai sampe jadwal ganti oli berikutnya?
Kalau soal bisa dipake sih bisa om maksimal 4-5rb km, di buku manual jg boleh2 aja kan dikasi 10w-40.

Tapi kalau mau bagus ya diganti aja, soalnya tarikan jadi lelet sama konsumsi BBM pasti jadi boros.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

MSU wrote:
Turboman wrote: Thu Nov 26, 2020 3:24 Buat penggemar oli 10W40 bensin

REPSOL ELITE INJECTION 10W40
https://tokopedia.link/YezNkBXyIbb di toko td motor Rp55.000 di Tokopedia

cuman 55 rb / L

Barang Cuci Gudang & Asli dari Sukabumi Trading
di toko langganan saya juga kayak lagi obral om...
ada apa dengan brand ini ya
Cuci gudang

dahh nikmati aja

itu produksi relatif baru kok

Blend by Nusa Raya
* Bukan ajakan Beli *
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by akbrn »

Yg repsol elite 10w40, untuk skutik kira2 bisa oom turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

akbrn wrote:Yg repsol elite 10w40, untuk skutik kira2 bisa oom turbo?
ya dicoba aja

saya juga lagi test yg 5W30 nya di Skutik staff saya.......patokan = saat mulai terasa gak enak, buang
* Bukan ajakan Beli *
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by bangrosi »

Suryaputra wrote:nihh saran dari aisin,
klo ganti ATF, tiap 2thn atau 20rb Km

Image

source: https://www.aisin.ae/upload/desc/news_60.pdf
Untuk ganti wajar sih 20rb KM, tapi kalo kuras rasanya agak berlebihan kalo masih 20rbKM.40rb KM baru utk kuras oli transmisi matik
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Duvebriliant0 »

sy skrg make unil opal 0w20 ternyata karena tugas jd harus sering bolak balik jakarta - jogja sering main rpm tinggi + kickdown untuk ngejer waktu, kira kira aman gk ya? atau harus make yg lebih kentel? mobil altis 2.0 2012 makasih
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

bangrosi wrote: Thu Nov 26, 2020 13:58
Suryaputra wrote:nihh saran dari aisin,
klo ganti ATF, tiap 2thn atau 20rb Km

Image

source: https://www.aisin.ae/upload/desc/news_60.pdf
Untuk ganti wajar sih 20rb KM, tapi kalo kuras rasanya agak berlebihan kalo masih 20rbKM.40rb KM baru utk kuras oli transmisi matik
klo mau minimize ATF flush, ya ganti aja tiap 10rb KM or 1 thn,
jadi sirkulasi ATF di dlm girboks relatif fresh :big_okay:


Duvebriliant0 wrote: Thu Nov 26, 2020 14:14 sy skrg make unil opal 0w20 ternyata karena tugas jd harus sering bolak balik jakarta - jogja sering main rpm tinggi + kickdown untuk ngejer waktu, kira kira aman gk ya? atau harus make yg lebih kentel? mobil altis 2.0 2012 makasih
di manual book rekomen visco brp ?

klo emg bisa 0w20, ya aman2 aja, ganti aja tiap 5rb Km or 6 bulan biar hati tenang.
pastikan kondisi radiator prima, dan drain coolant tiap tahun klo bisa.

jd coolant relatif fresh sirkulasi di blok mesin - radiator.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

Turboman wrote: Thu Nov 26, 2020 3:24 Buat penggemar oli 10W40 bensin

REPSOL ELITE INJECTION 10W40
https://tokopedia.link/YezNkBXyIbb di toko td motor Rp55.000 di Tokopedia

cuman 55 rb / L

Barang Cuci Gudang & Asli dari Sukabumi Trading
Di ace ada jg yg 5w30 nih.. harga segituan jg kurleb...

Cmn entah beli kepake kapan... Ini masih ada berdus2 stok dirumah :" wkwkwk
gaspol resing tim
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by doko86 »

rendr wrote: Thu Nov 26, 2020 14:37
Turboman wrote: Thu Nov 26, 2020 3:24 Buat penggemar oli 10W40 bensin

REPSOL ELITE INJECTION 10W40
https://tokopedia.link/YezNkBXyIbb di toko td motor Rp55.000 di Tokopedia

cuman 55 rb / L

Barang Cuci Gudang & Asli dari Sukabumi Trading
Di ace ada jg yg 5w30 nih.. harga segituan jg kurleb...

Cmn entah beli kepake kapan... Ini masih ada berdus2 stok dirumah :" wkwkwk
Efek ada promo... Beli.... Ada promo..... Beli..... Ada promo.... Sikat..... Check d gudang koq numpuk y ada 3 dus.... Padahal mobil cuma 1 :big_dunno:
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by padmalotus »

Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?

Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.

Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..

Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.

Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?

Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?

Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.

Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.

Mohon pencerahannya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

padmalotus wrote: Thu Nov 26, 2020 15:38 Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?

Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.

Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..

Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.

Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?

Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?

Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.

Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.

Mohon pencerahannya
5w40 ajah.

kondisi radiator coolantnya diganti ajah, biar cooling optimal.
15w40 klo kualitasnya kurang jg nguap lbh parah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

padmalotus wrote: Thu Nov 26, 2020 15:38 Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?

Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.

Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..

Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.

Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?

Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?

Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.

Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.

Mohon pencerahannya
penguapan belum tentu terjadinya pas kondisi temperatur kerja mesin normal, bisa jg pas mesin msh dingin (excessive blowby krn clearance cylinder wall msh renggang.) itu yg sy lihat dr pds comparison nya amsoil. angka di belakang w nya kl kecil justru nguapnya banyak.

sy user 2gd di anf pakai oli amsoil ss maxduty 5w30, penguapan ada meski kecil (jalan 3000 km nambah 200-300 mL). cuma suara tek tek tek kenceng pas panasin mesin. sementara kl mesin sdh panas enak bgt olinya dan bunyinya hilang. jd sptnya yg pas itu 10w30, amsoil ada tuh bukan yg SS tapi yg diesel heavy duty (rp 130rb / quart). kl buntut 40 malah bikin berat.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by supriyadi »

Om, Master, Suhu semuanya
Mohon petunjuknya. Apa beda kedua oli ini. Mana yang lebih bagus buat long drain, high rev. Secara harga beda lumayan jauh
Terimakasih infonya[emoji120][emoji120]
Hi-res-Performa-Syntec-plus-5W30-4L-scaled-e1600039108285%20(1).jpg
Performa_syn5w30_4L-01%20(1).jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

supriyadi wrote: Thu Nov 26, 2020 23:04 Om, Master, Suhu semuanya
Mohon petunjuknya. Apa beda kedua oli ini. Mana yang lebih bagus buat long drain, high rev. Secara harga beda lumayan jauh
Terimakasih infonya[emoji120][emoji120]Hi-res-Performa-Syntec-plus-5W30-4L-scaled-e1600039108285%20(1).jpgPerforma_syn5w30_4L-01%20(1).jpg
sy pribadi condong ke 5w30 API SP.

klo mau lbh long drain bs ke PTT 0w30 API SP.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by padmalotus »

Oh begitu, terima kasih untuk informasinya. Saya akan mencoba 5w40. :big_smile]

Tapi masih bingung, ambil Schaeffer, atau PTT, atau mungkin ada rekomendasi untuk 5w40? Buat dipakai tiap hari mobilnya, touring juga.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

padmalotus wrote:Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?

Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.

Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..

Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.

Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?

Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?

Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.

Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.

Mohon pencerahannya
Schaeffer 5W40 sih penguapan amat sgt minim

Ipah 2008 mah belom tua lah

Ipah 2KD 2005 kawan saya yg odo hampir 500 rb km pernah test Seffer 5W40 aja report tu oli bagus bgt katanya

Si Seffer 5W40 setok masi banyak banget, tapi kalo mau setok 1 - 2 karton ya terserah

kalo odo muter cepet bgt, oli tsb bisa pake 15 K km, Filt oli ganti di 10 K km



* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by benzz89 »


padmalotus wrote:Minta saran untuk Innova Diesel tua tahun 2008 matic, pakai Schaeffer 15w40 atau 5w40 ya?

Mobil dipakai setiap hari, berangkat dan pulang kerja
Weekday PP 35km
Hari minggu bisa 100km untuk jalan2 keluar kota.

Kondisi berkendara, weekday santai, kadang kencang, tergantung traffic. Weekend pasti agak kencang, di tol trans jawa 100kph rata2, maks 110..

Pasti pakai biosolar + PTT DFC 1 kaleng untuk full tank.

Sempet tanya2 ke beres, katanya kalau diesel lama, mending isi 15w40, jangan 5w40 karena bakalan menguap parah, apakah benar? Kalau iya, sepertinya lebih baik 15w40 ya?

Bagaimana dengan PTT 15w40 dan 5w40?

Salah satu mengapa ada pilihan PTT, karena bisa jadi kedepannya PT. Papasari sudah kehabisan stock.

Dan sepertinya lebih mudah order di PTT blibli karena sudah terbiasa order PTT DFC.

Mohon pencerahannya
Ane pake schaeffer 5W-40 taon lalu di mesin 2KD KM 120 ribuan selama 12 bulan sejauh 10 ribu KM dari posisi deep stick max (anggap 100%) terakhir posisi di 60% (setengah lebih dikit) tanpa top up sama sekali.

Itu juga ane pakenya 6 quartz (6 X 0,95 liter) + 1 pin Moly EP (0,473 liter) jadi total 6,173 liter masuk ke mesin 2KD + ganti filter oli. Tujuannya supaya deep stick hanya mencapai 80-90% saja dari max, tapi anehnya tetap aja deep stick sampai di posisi max, padahal kapasitas oli 2KD + ganti filter adalah 6,5 liter.

Pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 selama 12 bulan 10 ribu KM tidak ada penurunan kualitas sama sekali, hanya saat akhir menuju bulan ke 12 suara mesin agak kasar sedikittt. Kalau PTT ane blom pernah pakai, jadi gak bisa kasih komentar.

sekarang lagi pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30 pengganti Schaeffer, baru jalan 3 bulan 2 ribu KM sih cek deep stick blom ada penurunan sama sekali (masih di max), ini juga maunya 80-90% dari deep stick tapi gagal maning, sudah titip pesan ke orang bengkelnya tapi gak berhasil juga. Oh yah thermostat sudah ganti ke low temp 76°C dari standardnya 82°C.

So far enak sih pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5W-30, mesin jauhh lebih enteng tapi trade off nya suara mesin kalau lagi idle lebih garing dikitt banding pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 yang memang jagonya bikin mesin senyap, tapi kalau sudah jalan sih tetap halus & senyap ini Amsoil.

Kalau pakai oli sapu jagatnya beres yang 15W-40 sih berat Om tarikan mesinnya, kalau gak percaya yah coba aja dari 15W-40 ke 5W-40 lalu ke 5W-30. Kalau 5W-30 cari yang keraton lah olinya, oli tipis ini agak diluar spec mesin 2KD yang idealnya minta buntut 40. Bisa aja dipakai hanya hati2 dengan penguapan olinya, makanya ane ganti thermo ke low temp (khusus hobbyist aja).
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by padmalotus »

Turboman wrote: Fri Nov 27, 2020 1:48 Schaeffer 5W40 sih penguapan amat sgt minim

Ipah 2008 mah belom tua lah

Ipah 2KD 2005 kawan saya yg odo hampir 500 rb km pernah test Seffer 5W40 aja report tu oli bagus bgt katanya

Si Seffer 5W40 setok masi banyak banget, tapi kalo mau setok 1 - 2 karton ya terserah

kalo odo muter cepet bgt, oli tsb bisa pake 15 K km, Filt oli ganti di 10 K km
Ok, saya akan coba Schaeffer 5w40, penasaran sekali dengan oli ini. Tapi kalau misal sudah habis papasari, tapi kadung suka sama schaeffer ini, rekomendasi yang setara apa ya om Turboman?
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by padmalotus »

benzz89 wrote: Fri Nov 27, 2020 3:21
Ane pake schaeffer 5W-40 taon lalu di mesin 2KD KM 120 ribuan selama 12 bulan sejauh 10 ribu KM dari posisi deep stick max (anggap 100%) terakhir posisi di 60% (setengah lebih dikit) tanpa top up sama sekali.

Itu juga ane pakenya 6 quartz (6 X 0,95 liter) + 1 pin Moly EP (0,473 liter) jadi total 6,173 liter masuk ke mesin 2KD + ganti filter oli. Tujuannya supaya deep stick hanya mencapai 80-90% saja dari max, tapi anehnya tetap aja deep stick sampai di posisi max, padahal kapasitas oli 2KD + ganti filter adalah 6,5 liter.

Pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 selama 12 bulan 10 ribu KM tidak ada penurunan kualitas sama sekali, hanya saat akhir menuju bulan ke 12 suara mesin agak kasar sedikittt. Kalau PTT ane blom pernah pakai, jadi gak bisa kasih komentar.

sekarang lagi pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5w-30 pengganti Schaeffer, baru jalan 3 bulan 2 ribu KM sih cek deep stick blom ada penurunan sama sekali (masih di max), ini juga maunya 80-90% dari deep stick tapi gagal maning, sudah titip pesan ke orang bengkelnya tapi gak berhasil juga. Oh yah thermostat sudah ganti ke low temp 76°C dari standardnya 82°C.

So far enak sih pakai Amsoil Signature Series Max Duty 5W-30, mesin jauhh lebih enteng tapi trade off nya suara mesin kalau lagi idle lebih garing dikitt banding pakai Schaeffer Supreme 9000 5W-40 yang memang jagonya bikin mesin senyap, tapi kalau sudah jalan sih tetap halus & senyap ini Amsoil.

Kalau pakai oli sapu jagatnya beres yang 15W-40 sih berat Om tarikan mesinnya, kalau gak percaya yah coba aja dari 15W-40 ke 5W-40 lalu ke 5W-30. Kalau 5W-30 cari yang keraton lah olinya, oli tipis ini agak diluar spec mesin 2KD yang idealnya minta buntut 40. Bisa aja dipakai hanya hati2 dengan penguapan olinya, makanya ane ganti thermo ke low temp (khusus hobbyist aja).
Wah jelas sekali penjelasannya. Ok, saya coba Schaeffer 5w40. Saya coba dahulu sebelum kehabisan stock :big_biglaugh:

Kalau ke 5w30 sepertinya saya agak pr kalau harus ganti thermo ke low temp, jadi sepertinya akan stock di 5w40 saja