Kl mau nyarinya yg bener2 100 % full total flush, itu perlu nya bsa ampe berbelas ampe berpuluh2 liter om.. mbah omni perna ngasi itung2an nya kl ga salah d tret sebelahsintoni wrote: Thu Nov 12, 2020 6:56Kalau dipikir malah lebih boros + ga mungkin sebersih total flush ya mbah?DOHC wrote: Thu Nov 12, 2020 6:19Krn di SOP (ini kl bener dipraktekin yah) honda, penggunaan atf changer itu d haramkan. Jd metode flush mreka itu = drain n fill dr oil pan nya 3 kaliSonOfGod wrote: Thu Nov 12, 2020 3:02 Suhu2 dimari mau tanya dong, mobil saya CRV 2015 2.400cc. Km saat ini 73rb. Terakhir ganti oli matic di km 40.000. Menurut montir honda dan buku panduan ganti lg di km 80.000. Sy uda tanya ke montirnya tidak perlu flush. Sy liat di dipstick oli warnanya sudah coklat. Tapi disarankan hanya ganti oli saja yang 3 liter. Bahkan di bengkel hondanya sendiri tidak ada alat ATF changernya. Pertanyaan saya kenapa bengkel honda tidak ada pelayanan flush oli matic yang menggunakan ATF changer apabila flush oli matic itu merupakan hal yang penting untuk kelangsungan hidup transmisi matic? Apakah dalam kasus ini saya perlu melakukan flush oli matic atau cukup ganti saja yang 3 liter?
Kalau pake ATF changer emang kenapa ga boleh mbah? Kalau sistem gerlong ada dipstiknya ga ya?
Kl ngandelin mesin flush pun, jg tetep perlu banyak banget karena prinsip nya kan ngedorong oli lama, plus belom termasuk faktor oli yg tercampur d mesin charger, oli yg tercampur di dalem valve body, oil pump nya dan the mighty TC yg hold more than half of total atf fluid.. jd yah berbelas2 liter atf pake mesin charger pun ga akan ckup utk mencapai 100% full total flush..
Kan bsa liat dr sight glass mesin warna atf nya ? Sila dicoba kluarin atf lama, dcaampur ama atf baru, perbandingan 50:50 jg ud bkin perubahan warna yg signifikan koq, tp kandungan nya yah tetep aj cuman 50: 50
Makanya drpd pake alat2 charger gt, saya pribadi seh mending ikutin cara gerlong nya om turbo aj, efektifitas mirip2 ama charger tp dgn kuantiti atf yg jauhhh lebi minim
Mengenai honda, seinget saya krn mreka ga brani jamin kl pressure dr mesin2 charger itu sama dgn pressure yg ditimbulkan dr girbok mesin mreka.. blom lg faktor kotoran, atf merk laen yg kecampur dan ga cocok.. makanya mreka ga perna rekomen pake alat2 utk ngeflush.. 3x drain n fill mustinya ud ckup utk bkin atf nya = 75 % fresh