Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau ngeliat MSDSnya antara Formula Special D1 FE 0W-20 dan Formula Advanced 10W-40 (sengaja pilih yang kesannya kelas paling bawah Q8) keliatan identifiernya sama, berarti bisa diinterpretasikan base oilnya sama kah?
Q8.jpg
base oil sama, cuman beda komposisi sm mineral oil aja.
oil bagus apa nggak, bisa keliatan setelah ditest pakai sebetulnya.
msds tidak mengindikasikan kualitas base oil yg sesungguhnya.
analoginya spt coffee bean aja,
walaupun sama2 arabika, tapi proses pemilihan biji sampai roasting "juga" menentukan taste dan kualitas nya.
proses refinery dari crude oil, yg juga memberikan pengaruh terhadap kualitas base oil juga.
selain crude oilnya itu sendiri.
kompleks, dan chemistry expert yg paham soal ini.
klo saya pribadi gak ambil pusing, klo lihat harga termurahnya di trusted seller dah deket 200rb seliter, berarti emg top of the line
wah ini lecturenya uda mulai deep nihh, saatnya ambil popcorn menikmati ceramahnya
berarti boleh disimpulkan Q8 dan Amsoil itu base oilnya uda sangat bagus ya
saya penonton om di sini
ya karena suka aja sm Amsoil dan Q8
& namanya oli mahal, udah pasti pakai base oil bukan kaleng2
pilihan selain 2 brand itu (sekelas), ada lagi:
- Mobil 1 series
- Shell Ultra
cuma, harganya dah di atas 200rb
Turboman wrote: Sun Nov 22, 2020 11:42
Ini ada penjelasan bahwa oli Grup III masa kini sebetulnya gak kalah dgn PAO bahkan ada bbrp aspek yg lebih unggul
walau memang sih kita bayar mahal thd suatu produk oli akan lebih puas jika melihat ada "1 Decene" di MSDS nya (aspek Psikologis )
tapi byk juga oli High Perf yg gak pake PAO spt
- Q8 - 0W40
- PTT RD2 - 10W60 Competition
- Dll
iyah jg yaa om, PAO ini bisa jd seperti bumbu marketing juga jadinya.
di sticker dikasih label PAO, bisa convince aspek psikologis untuk grab new market
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K / Galon (4ltr)
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Last edited by dori2802 on Mon Nov 23, 2020 14:57, edited 1 time in total.
dori2802 wrote:mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Itu harga di bawah 300 ribu untuk ukuran 1 gallon atau 1 liter?? Biasanya suhu2 sini kalau gak AMSoil, Q8, PTT, Mobil1 [emoji16]. Mungkin lain ada yg bisa bantu jawab pilih valvoline atau Eneos?
dori2802 wrote:mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Itu harga di bawah 300 ribu untuk ukuran 1 gallon atau 1 liter?? Biasanya suhu2 sini kalau gak AMSoil, Q8, PTT, Mobil1 [emoji16]. Mungkin lain ada yg bisa bantu jawab pilih valvoline atau Eneos?
di manual book rekomen 0w20?
Klo iya, coba aja PTT 0w20 ECO API SP
harga mirip, tapi dah comply ke API SP / GF6.
ganti di 6-7 bulan atau 5k Km
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Klo iya, coba aja PTT 0w20 ECO API SP
harga mirip, tapi dah comply ke API SP / GF6.
ganti di 6-7 bulan atau 5k Km
kalau manual book 1KR-Skyactiv V6 diskon 50% rear drum brakes AC kompor rattle everywhere no airbag no ESP no ABS no HSA 4 speed matic no sunroof ngga rekomen 0w20, tapi semenjak KM masuk 100rb, saya kasih 0w20 so far so good.
dori2802 wrote: Mon Nov 23, 2020 14:43
mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K / Galon (4ltr)
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
kl saya tak cobain dua2nya om .... jd ga penasaran. yg enak sy lanjutin pakai selanjut2nya. tp brand preference sy dr kedua itu lebih ke valvoline sih.
gantinya 5000 km aja spy aman. kl 4000 lbh ideal sebetulnya.
Klo iya, coba aja PTT 0w20 ECO API SP
harga mirip, tapi dah comply ke API SP / GF6.
ganti di 6-7 bulan atau 5k Km
kalau manual book 1KR-Skyactiv V6 diskon 50% rear drum brakes AC kompor rattle everywhere no airbag no ESP no ABS no HSA 4 speed matic no sunroof ngga rekomen 0w20, tapi semenjak KM masuk 100rb, saya kasih 0w20 so far so good.
encer is better
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kl saya tak cobain dua2nya om .... jd ga penasaran. yg enak sy lanjutin pakai selanjut2nya. tp brand preference sy dr kedua itu lebih ke valvoline sih.
gantinya 5000 km aja spy aman. kl 4000 lbh ideal sebetulnya.
mbah shifu cocok jadi duta besar di luar negri, jawabannya sangat mengedepankan asas keadilan.
padahal mau bilang eneos bapuk, kaga enak dia.....
kl saya tak cobain dua2nya om .... jd ga penasaran. yg enak sy lanjutin pakai selanjut2nya. tp brand preference sy dr kedua itu lebih ke valvoline sih.
gantinya 5000 km aja spy aman. kl 4000 lbh ideal sebetulnya.
mbah shifu cocok jadi duta besar di luar negri, jawabannya sangat mengedepankan asas keadilan.
padahal mau bilang eneos bapuk, kaga enak dia.....
forum dijadiin tempat latihan sepik sepik diplomatis ya
kl saya tak cobain dua2nya om .... jd ga penasaran. yg enak sy lanjutin pakai selanjut2nya. tp brand preference sy dr kedua itu lebih ke valvoline sih.
gantinya 5000 km aja spy aman. kl 4000 lbh ideal sebetulnya.
mbah shifu cocok jadi duta besar di luar negri, jawabannya sangat mengedepankan asas keadilan.
padahal mau bilang eneos bapuk, kaga enak dia.....
lah eneos ga slama nya bapuk koq mbah
di inofa saya malah si eneos putih jauhhhhh pake bangetttt lebi enak drpd total tq9000
dicobain ke 1KR-JZ inline 6 dengan permanent delete 3 cylinders saya jg hasil nya sama.. si tq9000 lebi bapuk drpd si eneos putih
Last edited by DOHC on Mon Nov 23, 2020 16:09, edited 1 time in total.
dori2802 wrote:mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Itu harga di bawah 300 ribu untuk ukuran 1 gallon atau 1 liter?? Biasanya suhu2 sini kalau gak AMSoil, Q8, PTT, Mobil1 [emoji16]. Mungkin lain ada yg bisa bantu jawab pilih valvoline atau Eneos?
di manual book rekomen 0w20?
Klo iya, coba aja PTT 0w20 ECO API SP
harga mirip, tapi dah comply ke API SP / GF6.
ganti di 6-7 bulan atau 5k Km
Pernah pake eneos itu sampe 8k selama 7 bln, masih aman.
dori2802 wrote:mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Itu harga di bawah 300 ribu untuk ukuran 1 gallon atau 1 liter?? Biasanya suhu2 sini kalau gak AMSoil, Q8, PTT, Mobil1 [emoji16]. Mungkin lain ada yg bisa bantu jawab pilih valvoline atau Eneos?
di manual book rekomen 0w20?
Klo iya, coba aja PTT 0w20 ECO API SP
harga mirip, tapi dah comply ke API SP / GF6.
ganti di 6-7 bulan atau 5k Km
iya mbah,di bukman yg C26 hanya ada 0w20. kalau sienta 0w20-5w30.
dori2802 wrote: Mon Nov 23, 2020 14:43
mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K / Galon (4ltr)
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
kl saya tak cobain dua2nya om .... jd ga penasaran. yg enak sy lanjutin pakai selanjut2nya. tp brand preference sy dr kedua itu lebih ke valvoline sih.
gantinya 5000 km aja spy aman. kl 4000 lbh ideal sebetulnya.
kadang, masih bingung ngrasain perbedaannya mbah... instingnya masih belum terasah..tapi sarannya saya coba mbah. turmasuk saran mbah surya
terima kasih
kl saya tak cobain dua2nya om .... jd ga penasaran. yg enak sy lanjutin pakai selanjut2nya. tp brand preference sy dr kedua itu lebih ke valvoline sih.
gantinya 5000 km aja spy aman. kl 4000 lbh ideal sebetulnya.
mbah shifu cocok jadi duta besar di luar negri, jawabannya sangat mengedepankan asas keadilan.
padahal mau bilang eneos bapuk, kaga enak dia.....
lah eneos ga slama nya bapuk koq mbah
di inofa saya malah si eneos putih jauhhhhh pake bangetttt lebi enak drpd total tq9000
dicobain ke 1KR-JZ inline 6 dengan permanent delete 3 cylinders saya jg hasil nya sama.. si tq9000 lebi bapuk drpd si eneos putih
lah dulu si mbah suhu kelep bilang,
eneos bapuk (dibandingin Q8 formula klo gak salah)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dori2802 wrote:mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K / Galon (4ltr)
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Clue nya
liat angka TBN / SAPS di PDS
kalo gak ada, test lab utk liat angka Ca & Mg nya
Kalo Ca / Ca & Mg cukup gede, berarti dari additipnya mendukung utk Long Drain, nah nanti tinggal soal kemampuan base oil nya aja
atau mau gampang sih test aja 5000 km, masi enak terusin lagi ke 6000 / 7000 km dst
dori2802 wrote:mbah...suhu... mohon wejangan..kalau oli ini rekomen mana dan apakah bisa di pakai 5-6K
harga di official Store jd.id di bawah 300K / Galon (4ltr)
apakah rekomen om utk C26 2016 (utk weekend dan bisa sebulan sekali menyusuri tol trans jawa-2000km pp) dan sienta 2017 (pekerja harian)?
kalau oli keraton...berat om
Terima kasih mbah...sehat selalu mbah...
Clue nya
liat angka TBN / SAPS di PDS
kalo gak ada, test lab utk liat angka Ca & Mg nya
Kalo Ca / Ca & Mg cukup gede, berarti dari additipnya mendukung utk Long Drain, nah nanti tinggal soal kemampuan base oil nya aja
atau mau gampang sih test aja 5000 km, masi enak terusin lagi ke 6000 / 7000 km dst
sample oli bekas test lab
belum nemu mbah.
di web eneos lineupnya beda.
valvoline jg sama, adanya PDS yg SN plus.
that's why ane pribadi lbh yakin PTT, krn dah API SP,
pds dan msds update dan cukup lengkap.
+ mbah gajah turbo udah post VOA nya
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 24, 2020 4:32, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ane sempet pake Vavolin. enak sih. dan harganya cukup miring. test2 yang di utube juga cukup menjanjikan. di pake 6000an aja buang. cukup miring harganya soalnya.
Auanz wrote: Tue Nov 24, 2020 4:00
ane sempet pake Vavolin. enak sih. dan harganya cukup miring. test2 yang di utube juga cukup menjanjikan. di pake 6000an aja buang. cukup miring harganya soalnya.
Kalau ane pernah pake valvoline yg 5w30 sn plus.... Sampai 6000 km masih enk koq, dr pada yg sebelumnya ravenol 10w30,
Auanz wrote: Tue Nov 24, 2020 4:00
ane sempet pake Vavolin. enak sih. dan harganya cukup miring. test2 yang di utube juga cukup menjanjikan. di pake 6000an aja buang. cukup miring harganya soalnya.
Kalau ane pernah pake valvoline yg 5w30 sn plus.... Sampai 6000 km masih enk koq, dr pada yg sebelumnya ravenol 10w30,
ravenol beda banget harganya gila. yang valvo 5w-30 sn+ kemaren beli dr bli2 dapet promo jatohnya 75rb/L deh.
afihashfi wrote: Tue Nov 24, 2020 8:30
Adjustments.jpg
Baru tahu ternyata oli Mobil juga diproduksi bareng federal oil ya. Apakah oli federal untuk mobil berarti sama bagus dengan Mobil1 ya??
teoritis pabrik oli itu bisa bikin oli kualitas sesuai pesanan om...
analogi kayak tukang pecel aja..bisa pesen pake 1 cabe, 2 cabe dll...tailor made aja
Yah sama spt brand laptop apple,
itu dr motherboard sampai chipset dan processor M1 yg terbarunya dibikin oleh OEM dari taiwan.
pihak OEM tsb, juga bikin chip untuk brand lain nya.
sama spt si brand mobil 1, tinggal pesen aja ke pembuat oli; tehnically mau design dan spec oli spt apa & minta bikinin ke OEM tsb.
jadi si pemilik brand, bisa fokus ke supply chain sampai strategi marketing & sales.
apalagi klo OEM nya dah dibeli sebagian saham nya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
product line "mobil oil" dan "mobil 1" itu beda kasta meskipun sama2 keluaran exxonmobil. mungkin itu yg mobil oil spt mobil S dll. kl dulu yg ini masuk semi syn sedangkan mobil 1 fully syn. ga tau skrg ditulisnya fully syn ngga yg mobil S dan kawan2nya.
even sesama mobil 1 aja kastanya ga semua sama. kl bahasa toko sebutannya botol gold dan botol silver. yg silver lebih mahal. sementara kl lihat katalog nya yg suka dicomparo dgn amsoil ss krn dianggap selevel itu namanya mobil 1 EP (extended performance), beda dgn mobil 1 newer vehicle atau yg european car formula. guaranteed mileage 15,000 miles vs amsoil ss 25,000 miles.
afihashfi wrote: Tue Nov 24, 2020 8:30
Adjustments.jpg
Baru tahu ternyata oli Mobil juga diproduksi bareng federal oil ya. Apakah oli federal untuk mobil berarti sama bagus dengan Mobil1 ya??
exxonmobil tidak punya blending plant disini. federal punya.
jadi, federal sudah dibeli oleh exxonmobil untuk dipergunakan blending plant-nya terkait dengan SNI.
untuk produk, federal, mobil special, mobil super, mobil 1, tetap masing-masing.