Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil Oktober 2020 jadi periode yang kritis bagi Nissan di Indonesia. Secara wholesales tercatat hanya terjual 37 unit.
Capaian ini bila dibandingkan dengan penjualan September terjun bebas sampai 97%. Sedangkan secara tahunan atau dibandingkan dengan Oktober 2019 juga tak kalah drop sampai 92%.
Padahal penjualan Nissan dua bulan sebelumnya mengalami lonjakan tajam. Pada Agustus 2020 sempat menembus 6.829 unit. Bahkan pada bulan yang sama salah satu model Nissan, yaitu All New Nissan Livina secara mengejutkan mampu berada di peringkat pertama penjualan mobil wholesales atau dari pabrik ke diler dengan angka mencapai 6.338 unit pada Agustus 2020. Nissan Livina mampu jadi 'silent killer' bagi Avanza yang hanya mampu bercokol di posisi ke-17.
Pertumbuhan penjualan All New Livina meroket dari bulan sebelumnya yang hanya terjual 114 unit. Di pasar beredar, penjualan All New Livina pada Agustus terdongkrak karena program diskon besar-besaran oleh para diler. Diskon yang diberikan mencapai puluhan juta rupiah.
Pada Oktober 2020, penjualan mobil masih dikuasai oleh Toyota yang mencatatkan penjualan 16.419 unit, lalu disusul Daihatsu yang tercatat 8.289 unit. Honda di posisi ketiga dengan torehan sebesar 7.732 unit.
Kalau begini terus apa bisa bertahan. Apalagi sekarang sudah tidak rakit disini lagi mengandalkan CBU
Klo ambil CBU dengan penjualan kecil ya akan kaya gini sih, mungkin mereka impor cuma 3 atau 4 kali setahun. Begitu barang masuk, ya dealer dijejelin, buat buffer stock sampai mereka impor lagi.
jualan diskon, dan masih pandemi juga jadi kena masalah soal impor, model laporan mobil di indo kan rada unik. adalah rilis wholesales, disusul dari dealer. kalau dibilang bertahan, saya lihat si masih ya, karena ga ada kan issue dealer tutup barengan.
Kalo masih wholesales, kalo ga salah sebatas pengiriman dari ATPM ke dealer saja deh om.
Realnya ada di retailsales data, sayang data ini biasanya enggak di buka bebas.
Kalopun dibuka, hanya total penjualan per merk, bukan per tipe mobil ala wholesales
Bulan ini udah 2 kali nomor gak dikenal masuk ternyata sales nissan. Nawarin livina diskon 50jt. Saya nanya terra katanya udah gak ada unit lagi. Malah nawarin kicks. Katanya nanti semua line up nissan EV. Makanya lagi ngosongin gudang. Entah bener gak infonya
Beli mobil yg atpm nya dah cabut gt emang masih worth it kah? Beres nya aja dah berganti ke kia gitu walo masih terima nissan. Tp pelan2 pasti tersingkir jg toh hanya peralihan aja
gila ya anjloknya sampe 97% dan cuma kejual 37 unit.
kayaknya nissan lagi rubah strategi bisnis kali ya, dan ini lagi masa transisinya.
mobil cbu pasti harganya jadi lebih mahal daripada yg diproduksi di indo. untuk mobil EV yg pure kayaknya sih infrastruktur indo belum siap.
nissan kick yg hybrid masih bisa jalan karna itu mobil pake mesin bensin untuk charge batere mobilnya.
verry123 wrote: Tue Nov 17, 2020 13:36
Beli mobil yg atpm nya dah cabut gt emang masih worth it kah? Beres nya aja dah berganti ke kia gitu walo masih terima nissan. Tp pelan2 pasti tersingkir jg toh hanya peralihan aja
Atpm nya masih ada kok disini, cuman udah ga produksi ckd, semua produknya cbu.
Angka penjualan wholesales emang ga bs jd acuan....itu cuman angka yg dikirim ke diler2. Penjualan bln2 kmrn banyak ya blm tentu jg semua udah laku di diler.
martinnn wrote: Wed Nov 18, 2020 1:54
Ketika indomobil fokus ke kia maka nasib nissan makin surem
pada dasarnya jualan otomotif jg bergantung dukungan prinsipal...
Korea baru mau mulai gas nih..
Nissan (isi sendiri)
Nissan tarik rem
Kalau saudaranya, Mitsubishi sama Renault gimana?
Sepertinya Renault tarik rem tangan, salahnya pas posisi di bawah.
Kalau Mitsubishi, apakah masih happy dengan penjualan esblender nya?
biznatch wrote: Tue Nov 17, 2020 13:22
Bulan ini udah 2 kali nomor gak dikenal masuk ternyata sales nissan. Nawarin livina diskon 50jt. Saya nanya terra katanya udah gak ada unit lagi. Malah nawarin kicks. Katanya nanti semua line up nissan EV. Makanya lagi ngosongin gudang. Entah bener gak infonya
Setau ane, bumi batu makam yg dijual unit th 2018. Berarti sekali import dari Thai masukin ke Indo sebar ke dealer, bisa buat dagangan selama 2 taon. Nice
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
biznatch wrote: Tue Nov 17, 2020 13:22
Bulan ini udah 2 kali nomor gak dikenal masuk ternyata sales nissan. Nawarin livina diskon 50jt. Saya nanya terra katanya udah gak ada unit lagi. Malah nawarin kicks. Katanya nanti semua line up nissan EV. Makanya lagi ngosongin gudang. Entah bener gak infonya
Terra infonya mo ad facelift model 2021 ga tau masuk sini apa ngga
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
POS VETT wrote: Sun Nov 22, 2020 11:16
Ok, yang wholesale 37 unit, lha yang retail (eceran) berapa unit? Kenapa wholesale dan retail dipisah?
Retail 625 unit. Kenapa dipisah karena data retail per model tidak dipublish, sementara wholesales kita bisa lihat datanya secara lebih mendalam sampe tipe2 mobilnya. Kenapa retail tidak didetailkan mungkin ada hubungannya sama peraturan persaingan usaha atau semacamnya, kurang paham juga. Dari situlah kenapa data wholesales lebih ditonjolkan sama media.
Tapi memang standarnya begitu sih, data penjualan di luar negeri paling banyak dihitung per wholesales, selain per registrasi atau retail.
Impact dari penjualan mobil yang terpukul parah di seluruh dunia menghasilkan penurunan pendapatan(Revenue) di Big Car manufacture
Volkwagen Revenue Loss in first haft USD 34.47 Billion
Toyota Motor Corp Revenue Loss in first haft 32.67 Billion
Conclution: Is not only Nissan Renaut Mitsubhisi have revenue loss
but Volkwagen and Toyota also get Big loss in first half FY 2020.
I don't believe if someone say too big to be fail. Every company could be fail if they not turn around.