nyari budget around 80jt, karena gapunya rekanan montir dan pernah ditipu dapet mobil busuk dari pemakai (corolla all new)
maka mampir lah showroom mobil 2nd car88 soehatt bandung
dengan budget yang ada pilihan mengerucut ke suzuki splash ST manual tahun 2010 yang km nya baru 57rb
sebenernya ga ngincer mobil apa2 karena niat ga niat sih belinya eh dapet merk jepang (sebelumnya pernah miara hyudai getz juga) yaudah aga diseriusin
ini mobil baru dateng infonya, belum sempet disalon malah sama showroomnya
pas nengok ke lantai kotor banget, positive aja itu kotor pemakaian bukan bekas banjir dan karena mau disalon sama showroom nya jadi yaudah lah sikat apalagi plat nomor 2 angka yang bikin ngiler hehe
beberapa bulan kemudian baru nyadar kalau parkir mobil miring ada tetesan air ngocor dari bawah body,
pikirannya waktu itu kirain air ngendap bekas nyuci mobil karena ada yang kesumbat waterflow nya jadi seperti itu
beberapa bulan kemudian lagi baru nyadar kalau karpet karet pas dibuka mau dicuci basah terus
dengan nekat buka karet seal pintu, cover plastik bawah pintu (seal plate ya namanya?) dan tengok bawah karpet dasar
voilaaa air banjir masih ada, sempet panik waduh ini gimana air ngendap lama didalem karpet
temporary action dilap pakai kanebo, wih banyak juga airnya
karena takut karat efek air banjir, langsung bawa ke salon mobil deket rumah
minta disalon buka karpet perawatan ex banjir kena DC under 800k
dari sisi exterior sebenernya mobil ini ga aneh2 amat, diliat lama2 makin suka sih apalagi bagian belakangnya
justru orang2 liat belakangnya yang aneh, kalau ane malah depannya karena terlalu bulat2 tapi makin lama makin suka
kekurangannya kaca belakang ga ada wipernya jadi kalau hujan besar dan kaca udah kotor liat kebelakang aga susah meski sudah diakalin pake waterrepellent
padahal pake waterrepellent dikaca depan kaget bener kalau hujan ga diwiperin juga air meluncur sendiri kebelakang alhasil masih keliatan jelas
ground cleareane yang tinggi sama kaya lmpv bikin mobil ini gapernah mentok sama sekali
pernah modif2 ringan ganti velg R16 lebar belakang 8,5 depan 7,5 karena ga diceperin jadi ga mentok2 juga hehe
cuma kuat setaun karena suspensi jadi lebih keras (standardnya aja udah geladak geluduk kerasnya)
kalau baca di group cara ngatasinnya ganti ke shock swift (tapi belum nyoba)
pintu penumpang belakang bukanya mesti hati2 karena designya yang aga nyeleneh bikin bisa kepentok muka (coba aja sendiri)


meski fitur safety yang trondolan (pas dibeli udah tau sih) tapi diabaikan (balik lagi ke harga murah tahun muda)
jangankan ABS, EBD, BA. airbag pun tak ada. amit2nya kalau kecelakaan jadi pakainya ga kenceng2
ini mobil kenceng, dibawa 120 masih anteng2 aja. apa efek ban R15 dimobil sekecil gini kali ya?
iritnya juga puool (dalkot avg 1:13 lukot avg 1:18) sampe mikir cc 1200 dimobil segede gini kayanya paling pas ya
posisi duduk kaya LMPV dengan setir yang ketinggian (ga ada tilt apaagi teleskopik

kaca samping supir kayanya ketinggian deh soalnya kalau tangan lagi nyender terus jari megang2 atasnya ga nyampe (avanza aja nyampe apalagi hatchback dan citycar lainnya) hehe ini ga penting sih tapi enak kalau lagi posisi gitu apalaig kalau macet2an
joknya enak supportnya tebel berasa meluk apalagi dibanding LCGC dengan jok pocongnya
pas nyetir dashboardnya kepanjangan (kearah depan) berasa nyetir kapal
tuas perseneling yang ada di dashboard awalnya aneh tapi lama kelamaan enak juga karena ga jauh dari setir
interior ga berasa bawa mobil kecil karena headroom yang tinggi
yang paling disuka yaitu daging jadi (RPM) yang misah sama speedometer berasa mobil modifan ala NFS
speedometernya juga uniq bulet2 berasa mini cooper kw100

AC nya dingin meski pengaturan suhu harus max (ada heaternya loh meski gakepakai wkwk),
kalau main ke daerah pantai mesti kipas 2 biar kerasa
biarpun mobil kecil pengaturan ac nya lengkap ga kaya lcgc dijamannya
pindah kebelakang jok belakangnya kurang nyaman karena terlalu tegak dan gabisa direbahin lag
(maklum kaum rebahan kalau nyetir atau duduk dipenumpang)
ane maafkan kalau ini karena jarang duduk dibelakang, biar aja penumpang yg merasakan (WKWK SADIS)
yang mantep jok belakangnya bisa lipet 60:40 jadi bawa barang dan bawa orang masih bisa lah ya
meskipun bagasinya kecil tapi dalem. dibawa liburan ke pantai pangandaran (dari bandung) isi ber 4
bawa tas masing2 masih muat, pulangnya beli oleh2 juga masih muat ga sampe meluber2 nutup kaca belakang
head unit bawaan suaranya cempreng abis bikin ga betah apalagi gabisa usb bluetooth apalagi (cuma cd)
nyoba kenwood doubledin (no monitor) copotan freed wuihh suaranya langsung keluar
speakernya info tukang audio langganan sih dari jbl
karena pengen yang ada monitor jadi upgrade lagi ke kenwood ddx3035 copotan honda mobilio yang pas dinyalain muncul dulu logo honda (udah coba segala cara buat ganti logonya tapi ga berhasil padahal di youtube tutorialnya ada)
wih cocok deh buat nemenin perjalanan buat kuping kaleng ane
peredaman kabin so so deh tapi yang ane rasain lebih senyap dari avanza g 2011

selama pakai 3 tahun ga ada part slow moving yang diganti
antara ga ngeuh kalau itu harus diganti sama budget juga sih hahaha
service dibengkel langganan, oli tiap 5000km, filter oli tiap 10rb km
ganti aki karena pas dibawa ke beres voltasenya udah kurang std
ke beres pun sekali-sekali saja (kalau lagi ada rezeki lebih) hehe
paling pernah kuras radiator dibengkel ini, kuras minyak rem juga
akhir waktu sebelum dijual baru kerasa ac nya kadang ga dingin
harus dipancing, pindahin ke kipas 3 dulu biar dingin terus balikin lagi ke kipas 1
atau dimatiin dulu tunggu beberapa saat terus nyalain lagi dingin deh
karena masih dingin meskipun harus dipancing2 gitu jadi gasempet dibenerin malah keburu dijual
dijualnya ketempat yang sama pas beli (turun beberapa belas juta mau angka 2 sih


supaya mau nerima segala kekurangannya
pas dites pas mau jual baru ketauan kalau kampas kopling sepertinya harus diganti (salah satu penyebab turun harga itu banyak)
oh ya kopling mobil ini juga keraaaas banget, di group ada solusinya sih yaitu memperpanjang tuas kopling yg dimesin (tapi gasempet ganti wkwk)
oh iya yang rusak juga yaitu
1. switch power window untuk kaca supir
kayanya ada patah tuasnya jadi switch nya ga balik ke posisinya lagi
tapi jadi dapet bug yaitu bisa auto up window wkwk
nyari2 di toped lumayan juga harganya JAUUUUHHHH lebiih mahal dari switch power window avxen yang bisa dapet under 200k
mungkin karena cbu india
2. kabel seling buat buka bagasi sekalian tuasnya karena keliatan karatan
kayanya efek air dibajir jadi kabel selingnya karatan dan putus
beli di merdeka motor banceuy bandung, pas nyampe sana ternyata barangnya inden
inden kurleb 1 bulan terus ditelp kalau barang udah ada meluncur deh kesana
pas nanya harga wih sama kaya di buku tapi tanpa pajak (kirain kalau inden gini lebih mahal)
3. shock bagasi belakang
kayanya efek pintu bagasi yang kegedean dikasih shock sekecil itu lambat laun kena dampaknya deh
apalagi curiganya ini mobil dulunya dipake jualan jadi MOKO (mobil toko deh)
soalnya pas beli dapet bonus lampu led diatas pilar a b c yang dijepit kedalemnya jadi kalau ga nyala ga keliatan pas nyala, nyalanya lumayan mewah ga 4l4y jadi engga dilepas hehe
4. tuas perseneling
gatau liat di grup2 splash masalahnya sama yaitu karetnya getas dan ngelupas dan ancur,
mana bukanya lumayan susah. tapi dijual online banyak sih kalau ini
5. kaki2 depan yang bunyi2
kayanya kelemahan sijuki apalagi yang fdw ini deh
soalnya dirumah juga ada avanza 2011 yg km nya udah diatas 120k belum ada bunyi2 sama sekali di kaki2 depan
jadi kalau ada yang nanya ini mobil worth it atau engga. ane jawab worth it, dapet city car merk jepang lebih enak dari lcgc tahun muda harga murah
sparepart murah khas suzuki, biaya beres yang murah juga khas suzuki
kalau mau worth it lagi ambil yang matic ya biar safetynya udah ada (ABS, EBD, Airbag meski cuma buat driver tapi itu lebih baik)
mobil ini dijual karena pengen ganti yang gedean (grand livina vx cvt 2013) mengingat istri mau lahiran,
dan bener aja begitu keluar dari rumah sakit barang2 banyak juga yang mesti dibawa pulang alhamdulillah muat kalau di grand livina
tapi suatu waktu kalau ada rezeki pengen deh miara lagi yang matic dan direstorasi sampai ke bawaan pabrik termasuk jok nya (fabrique)