Help lagi ye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
^kl ndut2an biasanya krn pasokan bensin msh kurang dikarbu, jd harus ada penyesuaian di putaran anginnya ato mengganti pilot jet dengan ukuran yg lbh besar, bs aja diganti 1 step ato 2 step lbh gede dr yg standar... CMIIW
Penggantian CDI dan Koil punya efek negatif, selain konsumsi bensin yg lbh boros jg mengurangi daya tahan mesin akibat terlalu sering dipacu ato dipaksa kerja terlalu keras... Sebenarnya efek ini lebih dominan akibat penggantian CDI... kl untuk koil gak terlalu bermasalah krn malah ngebantu pembakaran agar lbh sempurna... CMIIW
Penggantian CDI dan Koil punya efek negatif, selain konsumsi bensin yg lbh boros jg mengurangi daya tahan mesin akibat terlalu sering dipacu ato dipaksa kerja terlalu keras... Sebenarnya efek ini lebih dominan akibat penggantian CDI... kl untuk koil gak terlalu bermasalah krn malah ngebantu pembakaran agar lbh sempurna... CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
^posisi pilot jet ada dikarbu bro, kl mo diganti mending dibawa kebengkel biar mekanik yg kerjain, sekali dua kali kebengkel sambil perhatiin cara mekanik ngerjain...
kl udah hapal, baru deh nyoba bongkar sendiri dirumah..
mesin honda sptnya bagus dan kuat bro, asal gak dibanting-banting pake kunci inggris gak bakalan langsung rusak.. hehehehe....
kl mengganti CDI (racing), biasanya lbh baik diikutin dengan mengganti pengapian (koil, kabel busi, dan busi), dan knalpot versi racing...
kl cuman CDI doank, perubahannya gak terlalu kerasa krn gak didukung ama part2 diatas!
biar makin dashyat, sekalian ganti komponen2 mesin motor dengan komponen racing, spt: ganti rasio, piston jenong, gear set, dll...
kl udah hapal, baru deh nyoba bongkar sendiri dirumah..

mesin honda sptnya bagus dan kuat bro, asal gak dibanting-banting pake kunci inggris gak bakalan langsung rusak.. hehehehe....

kl mengganti CDI (racing), biasanya lbh baik diikutin dengan mengganti pengapian (koil, kabel busi, dan busi), dan knalpot versi racing...
kl cuman CDI doank, perubahannya gak terlalu kerasa krn gak didukung ama part2 diatas!
biar makin dashyat, sekalian ganti komponen2 mesin motor dengan komponen racing, spt: ganti rasio, piston jenong, gear set, dll...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
bener juga...riofhaloho wrote:^posisi pilot jet ada dikarbu bro, kl mo diganti mending dibawa kebengkel biar mekanik yg kerjain, sekali dua kali kebengkel sambil perhatiin cara mekanik ngerjain...
kl udah hapal, baru deh nyoba bongkar sendiri dirumah..
tapi rada gak enak, montir nya ntar gak tenang gitu kalo kerjaannya diliatin...
wah... bener kuat gak neh??riofhaloho wrote:mesin honda sptnya bagus dan kuat bro, asal gak dibanting-banting pake kunci inggris gak bakalan langsung rusak.. hehehehe....
takutnya malah diajak ngebut dikit, minta ganti sana sini... bokek ane, bro....

waduh...riofhaloho wrote:kl mengganti CDI (racing), biasanya lbh baik diikutin dengan mengganti pengapian (koil, kabel busi, dan busi), dan knalpot versi racing...
kl cuman CDI doank, perubahannya gak terlalu kerasa krn gak didukung ama part2 diatas!
biar makin dashyat, sekalian ganti komponen2 mesin motor dengan komponen racing, spt: ganti rasio, piston jenong, gear set, dll...
banyak amir yg kudu diganti...
kalo cuma Koil, CDI and knalpot doank, kira2 ada perubahan gak bro rio???

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Motornya kopling otomatis ya?123stu wrote:nanya lagi bro...
hee33x...
normal gak sih, kalo lagi jalan gigi 1 dan 2, gas rada brebet...?
maksudnya, jalannya motor kyk tesentak-sentak kalo lagi di gas sedang (gas rada ditahan)...
ganti Koil dan CDI bisa buat masalah di motor gak?
Trus pernah pake motor apa sebelumnya? Ato dibandingin ama apa brebetnya?
brebet bisa macem2 lo... Udah pernah coba motor lain yang sama?
kalo masalah pengapian, sebenernya kalo mau di upgrade malah lebih baik... Tenaga naik...
Kekurangannya ada di masalah keawetan barangnya sendiri... Biasanya nyawa alatnya pasti lebih pendek dari standard...
Karena hukum semua barang bergerak :
Awet >< power
kalo barang OEM, ya ditengah2 itu... diantara keawetan dan powernya... Lebih condong ke awet...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
sing paling penting nyesuain setting/ ukuran pilot jet + main jet kl mo ganti CDI, KOIL, ama KNALPOT...!123stu wrote:kalo cuma Koil, CDI and knalpot doank, kira2 ada perubahan gak bro rio???
perubahannya pasti kerasa saat akselerasi ama top speed, tenaga kerasa nendang... coba aj...!
btw, safety first yah brur...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
udah lama.. tapi baru pengen bahas sekarang setelah coba motor merk lain itu...r1210g wrote:Sepertinya memang dari pilot jet-nyadeh...
Sengaja dikecilin ama pabrik biar irit...
Kan Honda ngejar irit... He3...
Udah lama blom? Udah coba servis dulu? Udah gitu coba tanya ke mekaniknya sekalian...
he3...
kalo lagi manasin motor, gas ditahan pelan, dari knalpot seperti tersendat2 gitu...
kyk.. ndut, ndutan...... hee33x... bingung kasih gambarannye... :p
intinya Karbu disetting ulang setelah perubahan itu kan bro?riofhaloho wrote: sing paling penting nyesuain setting/ ukuran pilot jet + main jet kl mo ganti CDI, KOIL, ama KNALPOT...!
perubahannya pasti kerasa saat akselerasi ama top speed, tenaga kerasa nendang... coba aj...!
btw, safety first yah brur...:D
OK deh.....
so pasti, Helm+jaket+Sarung tangan+sepatu dipake dunk....
hee33x....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta
jadi gak terlalu masalah bro?r1210g wrote:Dampaknya kecil koq... Paling penggantian aki lebih cepat dari tidak pake lampu.. Tapi kan ganti aki kan lumayan lama...123stu wrote:peraturan sekarang, motor kudu hidupin lampu siang hari...
ngaruh ke ketahanan aki gak?
kayaknye.., tanda2nya aki ane mau bermasalah lagi neh...
:(:(
kayaknya sepul magnetnye bener2 bermasalah neh...
kalo starter kudu ampe dua kali padahal motor udah dipake (cuma parkir paling 3 jam-an), normal bro?
pengen banget starter kyk diiklan megapronya primus...
sekali starter langsung greeeeeng...... he33x....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Sepertinya memang karisma kau bermasalah di bagian pengisian (Kelistrikan)...
Tapi kalo masalah starter sampe 2X, kayaknya itu normal deh...
Karena ga selalu nyalain motor,piston berada di langkah /posisi yg pas buat nyala... CMIIW..
Ato jgn2 dinamo starter kau bermasalah...
Ah ngga lah... Gw malah mbuat si bro ini makin pusing...
Ngga lah, tenang aja... Mungkin itu masalah biasa...
Tapi kalo masalah starter sampe 2X, kayaknya itu normal deh...
Karena ga selalu nyalain motor,piston berada di langkah /posisi yg pas buat nyala... CMIIW..
Ato jgn2 dinamo starter kau bermasalah...
Ah ngga lah... Gw malah mbuat si bro ini makin pusing...
Ngga lah, tenang aja... Mungkin itu masalah biasa...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
- Location: jakarta