Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
0w20 klo buat geber2an standard di tol, ya pakai amsoil signature aja om.
hati tenang pikiran nyaman. hahahhaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
0w20 klo buat geber2an standard di tol, ya pakai amsoil signature aja om.
hati tenang pikiran nyaman. hahahhaa
Mobilnya jarang luar kota, kebanyakan buat dalam kota aja, dadakan butuh ke luar kota, posisinya baru ganti oli, sayang klo di drain
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
0w20 klo buat geber2an standard di tol, ya pakai amsoil signature aja om.
hati tenang pikiran nyaman. hahahhaa
Mobilnya jarang luar kota, kebanyakan buat dalam kota aja, dadakan butuh ke luar kota, posisinya baru ganti oli, sayang klo di drain
Btw, RPM 3500 an masih aman koq om, itu RPM bensin untuk dapat power dan torsi yg optimal
klo RPM 5000 nah baru deh.
drain nya setelah 6 bulan / 5rb KM aja om.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sama kok om enjin 1NZ juga , edisi blm berani 0w20 hehehe. Report dari temen2 di komunitas pake 0w20 jg aman kok om..penggunaan dlm kotaan.. Nah cuma saya lumayan sering akap.. jd buntut 30 saja lah..
mantab om, sy jg kadang akap, kadang aja tapi, yaudah pake 30 aja kl gitu, siap atc official store
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
kalau menurut ane aman-aman aja om, kn gak di geber terus jakarta - surabaya nonstop tanpa berhenti......
malah kemaren ane masih pake yang 0w-20 eco api SN buat 1KR-DE bogor - gresik, aman2 aja om
pulang2 sampai bogor langsung ganti oli, karena sdh mencapai 5000 km.
untuk mobil ane sekarang sudah 148.000 km jalan.
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
well wrote:
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Klo di bukmannya mmg minta 0w20 ya tinggal gas aja om gausah pusing...
Taufiq6210 wrote: Mon Nov 16, 2020 8:47
Secara teori apa sih yang bisa bikin masalah dari penggunaan oli lebih encer dari panduan? Penguapan / aus komponennya / suara kasar atau apa ya?
Dan apakah bisa kita tau penggunaan oli lebih encer ga ada masalah tanpa melakukan pengujian UOA?
klo lbh kental dari panduan = resiko aus tinggi ketika cold start, karena oli masih kental, sehingga gak optimal pelumasan ke celah internal mesin
klo lbh encer dr buku panduan = resiko nguap cenderung lebih tinggi.
Tapi klo radiator sehat dan design radiator bagus dalam hal heat-release, no issue
ya klo mau aman, sesuaikan di rentang viscocity yg ada di manual book.
test UOA oli encer?
coba buka2 halaman blkg, pakai 0w20 no issue.
yg jadi masalah klo pakai oli palsu
Last edited by Suryaputra on Mon Nov 16, 2020 9:09, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
JTX48Spy wrote: Mon Nov 16, 2020 9:06
Misi om saya liat di cakra motor ada AMSOIL SYNTHETIC MOTOR OIL 0W20 harga 130 K.. Itu porduk brau kah atau gimanba ya mayan juga harganya
itu kelas entry levelnya amsoil,
Amsoil OE : entry level nya amsoil
Amsoil Signature : tertinggi, bisa pakai 1thn
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
JTX48Spy wrote: Mon Nov 16, 2020 9:06
Misi om saya liat di cakra motor ada AMSOIL SYNTHETIC MOTOR OIL 0W20 harga 130 K.. Itu porduk brau kah atau gimanba ya mayan juga harganya
itu kelas entry levelnya amsoil,
Amsoil OE : entry level nya amsoil
Amsoil Signature : tertinggi, bisa pakai 1thn
itu kemasan baru kah atau sama kaya yg OE tutup ijo?
2009 - Avanza S 1.5 MT
2016 - Grand New Avanza Veloz 1.5 MT
JTX48Spy wrote: Mon Nov 16, 2020 9:06
Misi om saya liat di cakra motor ada AMSOIL SYNTHETIC MOTOR OIL 0W20 harga 130 K.. Itu porduk brau kah atau gimanba ya mayan juga harganya
itu kelas entry levelnya amsoil,
Amsoil OE : entry level nya amsoil
Amsoil Signature : tertinggi, bisa pakai 1thn
itu kemasan baru kah atau sama kaya yg OE tutup ijo?
coba japri aja sellernya, mungkin itu packaging baru, gantiin sticker OE.
di web amsoil sih masih packaging tutup ijo yah / blm update.
cmiiw.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Turboman wrote: Fri Nov 13, 2020 10:46
Ini kalo liat uji analisa oli oli API SP demen banget, anti wear nya udah kayak oli2 High Performance semua
Bisa dikatakan oli oli API SP semua bisa utk mesin Flat Tappet / Solid Tappet dan mesin2 High RPM
Contoh hasil VOA test :
PTT 10W40 API SP
Zinc = 742
Moly = 141
Boron = 90
PTT ECO 0W20 API SP
Zinc = 703
Moly = 134
Boron = 86
PTT EVOTEC 0W30 API SP
Zinc = 822
Moly = 157
Boron = 101
juga kalo liat hasil VOA oli2 API SP aneka merek di PQIA.......rata2 mmg anti wear nya juga tinggi2
So.........API SP is strongly recommend for Enthusiast / Heavy Foot / tukang geber / Redliners
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
Eh buset, Depok jabar- malang jatim? buset, klo ini yg rusak mgkn bukan mesinnya, tp boyoknya kali...
well wrote:
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
Eh buset, Depok jabar- malang jatim? buset, klo ini yg rusak mgkn bukan mesinnya, tp boyoknya kali...
well wrote:
Om, itu bener yg PTT eCo 0w20 SP aman untuk dipakai long trip full tol? Sy br ganti oli PTT Eco 0W20 rencana mau sby jakarta nih, aman y?
sejak ganti oli br jalan 200 KM.
kalau di toll sih ya rata-rata RPM 3000-3500
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
Eh buset, Depok jabar- malang jatim? buset, klo ini yg rusak mgkn bukan mesinnya, tp boyoknya kali...
Udah ada tol... Lossssss om. Jalan santai 16 jam nyampe.
Nah kalau tahun sebelum ada cipali deh (simpang jomin masih terkenal), baru tuh... Rekor 39 jam...(lebaran) Naek kucing panther wkwkw... Kuat tuh gerobak. Mesin mati pas isi solar doang. Mesin kuat, pilot nua yg error hampir 2 hari 2 malam nggak tidur, penumpang masuk angin semua.
indeskey wrote: Mon Nov 16, 2020 7:27
Ptt blm pernah pake, masih nunggu giliran. Tp saya pake 0w20 kelas eco (tutul 8000) aman2 aja om, depok-malang pp.
Eh buset, Depok jabar- malang jatim? buset, klo ini yg rusak mgkn bukan mesinnya, tp boyoknya kali...
Udah ada tol... Lossssss om. Jalan santai 16 jam nyampe.
Nah kalau tahun sebelum ada cipali deh (simpang jomin masih terkenal), baru tuh... Rekor 39 jam...(lebaran) Naek kucing panther wkwkw... Kuat tuh gerobak. Mesin mati pas isi solar doang. Mesin kuat, pilot nua yg error hampir 2 hari 2 malam nggak tidur, penumpang masuk angin semua.
itu bagian bawah gak pegel om klo non-stop?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sama kok om enjin 1NZ juga , edisi blm berani 0w20 hehehe. Report dari temen2 di komunitas pake 0w20 jg aman kok om..penggunaan dlm kotaan.. Nah cuma saya lumayan sering akap.. jd buntut 30 saja lah..
mantab om, sy jg kadang akap, kadang aja tapi, yaudah pake 30 aja kl gitu, siap atc official store
Oke om...
Tp monggo dicoba om 0w20 brgkali mau iseng nyoba
Klo saya berhubung mobil cuma ada satu , jd saya ambil amannya aja om
1nz range viskositas terendah ada di buntut 30 om (manual book)
well wrote:
Eh buset, Depok jabar- malang jatim? buset, klo ini yg rusak mgkn bukan mesinnya, tp boyoknya kali...
Udah ada tol... Lossssss om. Jalan santai 16 jam nyampe.
Nah kalau tahun sebelum ada cipali deh (simpang jomin masih terkenal), baru tuh... Rekor 39 jam...(lebaran) Naek kucing panther wkwkw... Kuat tuh gerobak. Mesin mati pas isi solar doang. Mesin kuat, pilot nua yg error hampir 2 hari 2 malam nggak tidur, penumpang masuk angin semua.
itu bagian bawah gak pegel om klo non-stop?
biasa ada sensasi nyut nyut nyut sih
.
.
.
.
.
ehhh