dsign1990 wrote: Thu Nov 05, 2020 3:12
sealplayerz wrote: Sat Oct 10, 2020 10:14
Dulu suka nonton si fitra eri karena paling matang mendalam review nya, tapi akhir2 ini malah ikut2an cringy noraknya dgn si mobi sama si rh skrg jadi bikin ilfil. Skrg ngikutin savagegeese aja karna lebih realistis, obyektif dan mendalam dlm review dibanding ketiganya, sama ngikutin channelnya owner po sumber alam kontennya unik2 soal perbisan. B-channel juga bagus utk konten ngejelasin interior eksterior suatu mobil.
bener tuh fitra eri sekarang sekarang ini krg menarik apalagi kalau udah nempel sultan ini sultan itu jadi inget gayanya si AHHA wkwkwk dan kalau om mobi materinya kayak amburadul gitu bawaanya ngantuk kalau nonton sekarang , dulu video mereka yg saya simak ada 7-8:10 sekarang paling 1-2: 10
secara kualitas ttg dunia otomotif , 3 3 nya sama aja dan nampaknya yang suka ngomen miring sama RH itu krn hal2 sentimentil di luar otomotif
media otomotif indonesia itu punya perbedaan sangat jelas dengan media otomotif luar. saya justru lbh merasa media otomotif indonesia itu jauh lbh padat berisi saat modelnya berupa majalah dulu karena rata-rata emang franchise dari luar spt autocar atau autobild indonesia yang formatnya jelas.
media otomotif eropa atau amerika itu suka ngetes hal-hal berbau scientific : drag racing, offroading, track testing, bahkan konten non-review nya biasa nggak sungkan nyebut list mobil yang bagus dan jelek, reliable/unreliable cars berdasarkan survey... used cars dibeli dan dipake beneran dihajar-hajar sampe ancur (bukan cuma dikontenin terus dijual).
sedangkan media otomotif indonesia yang dibahas itu itu melulu, like reading the brochure : mobil ini punya sekian airbags, adaptive cruise control, lampu xenon... masa sih ya gak kepikiran misalnya bikin top ten MPVs under 200 mio, top ten most reliable, top ten most unreliable cars... track test van seperti innova di sentul lawan sportscar... apalagi si om pembalap punya akses ke banyak orang gede otomotif indonesia.
saya sampe pada kesimpulan : di media seperti TV dan utub yang menjual adalah sensasi dan engagement. mereka akan follow apa yang trending, tidak peduli content nya berkualitas atau tidak. sialnya sesuatu yang scientific itu tidak menjual di pasar peminat otomotif indonesia.
dan ironi bahwa pasar entertainment indonesia itu membeli segala sesuatu yang menjual mimpi...
makanya liat FE/Mobi/RH beli mobil baru atau motor baru aja seneng padahal mereka cm jadi penyumbang pundi-pundi kekayaan para utuber yang nilainya sebatas angka views dan engagement konten... mereka makin kaya, makin banyak beli mobil, mobilnya dikontenin, endorsan makin kenceng dan jadi konten lagi, viewersnya tetep gitu-gitu aja...
Sedih sih, tapi kenyataannya begitu.