Serba Serbi Ban Part 3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Serba Serbi Ban Part 3
ngeliat poto om awan5588, jadi inget pernah baca kalo velg2 honda biasanya ada green dot.
trus kalo misalnya bannya ada red dot, itu dpasang berseberangan dgn si green dot si velg ya?
mgkn suhu2 ban bisa kasi pencerahan?
trus kalo misalnya bannya ada red dot, itu dpasang berseberangan dgn si green dot si velg ya?
mgkn suhu2 ban bisa kasi pencerahan?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Jazz gk5
Re: Serba Serbi Ban Part 3
3 ban ane green dot,,1 lagi ga ada dot nya,mungkin ilang dotnya,,wkwkwkPoporing wrote: Sun Nov 01, 2020 15:53 ngeliat poto om awan5588, jadi inget pernah baca kalo velg2 honda biasanya ada green dot.
trus kalo misalnya bannya ada red dot, itu dpasang berseberangan dgn si green dot si velg ya?
mgkn suhu2 ban bisa kasi pencerahan?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Jazz gk5
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkwOmnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuciOmnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 5:40
mantafftt ....
posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya
https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Feb 01, 2016 13:07
Re: Serba Serbi Ban Part 3
jadi makin penasaran gimana ni ban setelah long term..Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
gw baru jalan hampir 200km, another noticeable difference adalah setir jadi lebih enteng

kelurusan so far no problem, pdhl hanya ganti 2 dan pasang depan

btw ternyata untuk ukuran gk gak ada wheel protectornya ya, jadi ngebulet banget kayak enasep
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kalau saya ban baru ditaruh depan dulu buat breaking inreyen, sekalian rasain karakter ban baru. Kira-kira 1000 KM baru pindahin ke belakang, ban belakang pindah ke depan biar segera habis.erwinign wrote: Sun Nov 01, 2020 13:29Kalo saya sendiri ga masalah om, sejauh 2 ban yg ditaruh (terutama) di depan itu diganti barengan dan tipenya sama (kembangannya jd sama juga). Tp kalo ban baru saya taruh di belakang, itung2 sekalian ban bawaan/ban lebih tua taruh depan biar segera habis apalg kalo bannya jelekhtk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Semakin lebar ban semakin besar gesekan ban di jalan. Efeknya traksi meningkat lebih stabil, road noise naik, radius putar & akselerasi berkurang walaupun gak signifikan, secara estetika ruang fender lebih penuh.Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkwOmnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59
Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci
Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya
https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Untuk amannya kalau naik ukuran lebar, mestinya ketebalan yang diturunin misalnya 195/50 R16 atau 195/45 R16 buat jaga-jaga kalau mentok bila full load.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Ban Part 3
velg std lebar 6" ideal tyre size bisa pakai 185 dan 195. maksimal 205 tp akan jd donat banget. so far sih 195 utk sy ga ada negatifnya krn sy emang cari yg sidewall nya lebih tinggi spy kl kena lubang lebih empuk. dan bikin tampilan dr blkg sedikit lebih ngisi krn lebih lebar soalnya GK5 facelift bemper blkgnya ga segondrong yg pre-fl, kl ga lebar keliatan cungkring ban nya.Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkwOmnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....
iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
nah banyak org yg naik ke 195 tp profile turun ke 50, menurut sy malah jd lebih keras krn lebih tipis sidewall nya drpd 185/55 yg standard nya.
sayang velgnya 6", seandainya 6.5" sy pasti ambil yg 205/50.
perbandingan tinggi sidewall:
185/55 = 185 x 55% = 101.75 mm
vs
195/55 = 195 x 55% = 107.25 mm
vs
195/50 = 195 x 50% = 97.5 mm
vs
205/50 = 205 x 50% = 102.5 mm
oh ya dan sy emang maunya michelin primacy 4 n ukurannya itu.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Jazz gk5
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Owhhh ilmu baru nih,,thank you sharing nya omOr4cle wrote: Mon Nov 02, 2020 21:28Semakin lebar ban semakin besar gesekan ban di jalan. Efeknya traksi meningkat lebih stabil, road noise naik, radius putar & akselerasi berkurang walaupun gak signifikan, secara estetika ruang fender lebih penuh.Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkwOmnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....
iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Untuk amannya kalau naik ukuran lebar, mestinya ketebalan yang diturunin misalnya 195/50 R16 atau 195/45 R16 buat jaga-jaga kalau mentok bila full load.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Jazz gk5
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Thank you om info nya,,ilmu baru jg nih buat syOmnibus wrote: Tue Nov 03, 2020 2:10velg std lebar 6" ideal tyre size bisa pakai 185 dan 195. maksimal 205 tp akan jd donat banget. so far sih 195 utk sy ga ada negatifnya krn sy emang cari yg sidewall nya lebih tinggi spy kl kena lubang lebih empuk. dan bikin tampilan dr blkg sedikit lebih ngisi krn lebih lebar soalnya GK5 facelift bemper blkgnya ga segondrong yg pre-fl, kl ga lebar keliatan cungkring ban nya.Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkwOmnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....
iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
nah banyak org yg naik ke 195 tp profile turun ke 50, menurut sy malah jd lebih keras krn lebih tipis sidewall nya drpd 185/55 yg standard nya.
sayang velgnya 6", seandainya 6.5" sy pasti ambil yg 205/50.
perbandingan tinggi sidewall:
185/55 = 185 x 55% = 101.75 mm
vs
195/55 = 195 x 55% = 107.25 mm
vs
195/50 = 195 x 50% = 97.5 mm
vs
205/50 = 205 x 50% = 102.5 mm
oh ya dan sy emang maunya michelin primacy 4 n ukurannya itu.![]()
Sempet ngelirik michelin tp apa daya budgetnya under 3jt,,
T.T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Ban Part 3
coba diraba pakai tangan mengelilingi ban dan juga check visual ban yg kira2 suspek dr mana bunyi berasal. barangkali ada jendolan atau cekungan atau batu/benda asing nyangkut.nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
kl ngga ada apa2 di ban, coba ngolong lihat propeller shaft dr gardan belakang ke depan sampai transmisi, apakah ada benda asing nyangkut spt plastik, road kills, atau lainnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Ya kyk gt om suaranya kyk ada benda nyangkut terus ikut keputer sm ban. Kl liat visual sih ban kyknya ok, ga keliatan benjol, mungkin kalo ada juga benjol kecil ya.Omnibus wrote:coba diraba pakai tangan mengelilingi ban dan juga check visual ban yg kira2 suspek dr mana bunyi berasal. barangkali ada jendolan atau cekungan atau batu/benda asing nyangkut.nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
kl ngga ada apa2 di ban, coba ngolong lihat propeller shaft dr gardan belakang ke depan sampai transmisi, apakah ada benda asing nyangkut spt plastik, road kills, atau lainnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Wah kok kasus seperti saya juga ya. Ban saya turanza er370 jalan 37ribu km bunyi juga di atas 80 kpj ada seperti sesuatu nempel dan ikut berputar. Bunyinya berasa. Tapi di cek kok nggak adanyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.


-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Nov 05, 2020 8:00
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Setir Dowo
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Waduh om, padahal saya rencana mau beli yang No. 3 gara2 harganya sama kaya GT ecojosomba wrote: Wed Oct 14, 2020 9:35Nambahin:doko86 wrote: Wed Oct 14, 2020 8:56Makasih om erwinign buat masukan dan sharing pengalamannya. Iya om, tahu aja klu buat ayla.... Heheheheerwinign wrote: Wed Oct 14, 2020 8:23
Kalo ban yg di foto krn dah 2012 saya ga rekomen om, karetnya udh mati resiko meletus di highway.
Sy sendiri pengalaman di ban no 1, 5, sama 6
No. 1 = Pake di bawaan ertiga sama innova E lama. Untung2an pake ban ini soal ketahanan, tp kalo pengalaman saya dr 2 mobil itu mulai 30rb karet udah keras dan cecel2. 40rb ganti. Ini ban rasanya keras agak mentul2 (apalg kl kurang nitro), kedap ya ngga kedap2 banget, di tol ngga stabil samsek, sama plg sensitip soal tekanan ban. Cukup cepet berkurangnya pdhl dah pake nitrogen, dan selisih kurang dikit itu jd ga karuan banget naikannya. Jd buat saya krg cocok sama ban ini, tp kl dibanding achilles gada pilihan lain saya msh pegang champ eco.
No. 5 = Nah ini, buat ukuran ban murah ini sih the best dr harga-performancenya dan bisa dibilang kerasa "ban beneran" di kelas harga segitu. Walaupun pd bilang embel2 eco tp ini ban surprise banget performancenya (buat level kelasnya ya). Empuk kaya dunlop LM704, cukup silent selama 10rban km pertama dan di tol cukup baik performancenya. Sy pake di mazda 2 lama (195/50/R16) sama innova saya (195/70/R14). Merem pilih ini saya dr keenam pilihan itu![]()
No. 6 = Saya pake di avanza lama 185/70/R14. Yaa krn ini versi basic dunlop ga bs berharap banyak, walaupun at least sedikit lbh baik dr SP10. Ciri khas ban ini ada kesamaan sama BS techno tecaz, sama2 tapak lebar 185 tp kalo dibandingin sama falken sincera ini ban kl dilihat lebih ciut dikit lebarnya, begitu jg ama BS techno. Empuk yaaa so so lah, masih megang falken sincera saya. Gelindingnya jauh lebih enak sincera
Mobil calya/agya/brio ya om kl saya tebak? Hehehe
No. 2
Sebaiknya dibuat jadi kursi/meja dari ban setelah 1-2 tahun
Versi serius = senyap di awal, tunggu beberapa bulan jadi berisik ... tunggu setahun jd keras.. grip biasa aja standar eco
No. 3
bisa gelinding: check
bisa ngerem: check
bisa dan mudah aquaplaning: check
Ban GT eco saya 2 depan udah ada yang bocel2 tapak depannya. udah 5 tahun sejak pertama beli.
Yang paling murah GT eco ya om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Serba Serbi Ban Part 3
kurang gigitnya gmn maksudnya?Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 7:53Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 6:23
Inrijden tuh apa ya bang??kebetulan saya baru denger?kemaren oas hari rabu ganti ban,hari kamis langsung gas ke bogor,
kalo kate orang mari inreyen.
jalan sepelan mungkin sambil puter setir lock to lock kiri kanan buat ngebuang lapisan licin di permukaan ban. kalo langsung dipake jalan, traksi ban ke permukaan jalan ngga ada.
Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km
Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya
Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya
ada ban yang kurang di jalan basah karena kemampuan kembangnya untuk membuang air kurang bagus, istilahnya aquaplanning (floating gtu). ini
ada juga yang memang kandungan silica dan komponnya kurang oke buat basah, jadi pas jalannya basah dan ga ada genangan terasa banget gripnya kurang.
contoh seperti di hankook ventus prime 3 saya yang dipakai di yaris. udah dipake 2100km
pas pulang dari bandara lewat jalan tol ancol di jalur kiri dan banyak genangan, bener2 ga enak aqua planningnya.
padahal saya cuma jalan 50km/h. tapi selama ga ada genangan itu fine2 aja, jalan basah total itu fine2 aja.
memang tidak ada yg sempurna, ban ini enak dipakai sbenernya pas kering dan minusnya agak berisik.
tp masih kalah sih pernah pake ATR2 sport di mobil temen, wah itu bener2 sport jantung pas ngerem di hujan sama belok bener2 nyelonong. padahal bannya baru 3000km
untungnya setelah tekanan angin dikurangi dari 31 ke 29, jauh lebih mendingan di musim hujan gini
untungnya pas musim hujan mobil ini jarang dipakai karena ada mobil lain yg lebih tinggi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Jazz gk5
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kaya berasa ga bener bener napak jalan om (gmn jelasin nya ya,wkwk) dipake belok jg agak ngeri,tp sekarang dah pake 1000km,,udh berasa amanvincewonk wrote: Fri Nov 06, 2020 12:11kurang gigitnya gmn maksudnya?Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 7:53
kalo kate orang mari inreyen.
jalan sepelan mungkin sambil puter setir lock to lock kiri kanan buat ngebuang lapisan licin di permukaan ban. kalo langsung dipake jalan, traksi ban ke permukaan jalan ngga ada.
Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km
Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya
Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya
ada ban yang kurang di jalan basah karena kemampuan kembangnya untuk membuang air kurang bagus, istilahnya aquaplanning (floating gtu). ini
ada juga yang memang kandungan silica dan komponnya kurang oke buat basah, jadi pas jalannya basah dan ga ada genangan terasa banget gripnya kurang.
contoh seperti di hankook ventus prime 3 saya yang dipakai di yaris. udah dipake 2100km
pas pulang dari bandara lewat jalan tol ancol di jalur kiri dan banyak genangan, bener2 ga enak aqua planningnya.
padahal saya cuma jalan 50km/h. tapi selama ga ada genangan itu fine2 aja, jalan basah total itu fine2 aja.
memang tidak ada yg sempurna, ban ini enak dipakai sbenernya pas kering dan minusnya agak berisik.
tp masih kalah sih pernah pake ATR2 sport di mobil temen, wah itu bener2 sport jantung pas ngerem di hujan sama belok bener2 nyelonong. padahal bannya baru 3000km
untungnya setelah tekanan angin dikurangi dari 31 ke 29, jauh lebih mendingan di musim hujan gini
untungnya pas musim hujan mobil ini jarang dipakai karena ada mobil lain yg lebih tinggi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56
Re: Serba Serbi Ban Part 3
kalo gini apa gak bahaya ya pas jalan kenceng ? ban jadi gak begitu napak jalan kan ?marmut wrote: Sun Nov 01, 2020 14:02
sedari dulu saya selalu set tekanan angin ban depan 5~7 psi lebih tinggi dari ban belakang, dengan kondisi maksimal 3 orang (1 driver 2 rider). muter setir juga lebih enteng.
iya bener, kerasa ya keluar uang 1 jutaan pas jaman sekarang hahahaimo, efek paling besar di dompet om. bisa bernapas dulu, apalagi situasi seperti sekarang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Trus gmn om, setelah ganti 2 ban, suara gluduk2 nya ilang?afihashfi wrote:Wah kok kasus seperti saya juga ya. Ban saya turanza er370 jalan 37ribu km bunyi juga di atas 80 kpj ada seperti sesuatu nempel dan ikut berputar. Bunyinya berasa. Tapi di cek kok nggak adanyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.tapi analisa sekilas saya ini dikarenakan ban nya belum pernah d rotasi. Jadi ban saya belikan 2 baru taruh depan. Kemudian ban dengan 2 kondisi terbaik taruh belakang. Cuma saya tidak memerhatikan detail yg ditaruh ban belakang itu taruh yang mana. Kelihatannya satu ban depan satu ban belakang dari asli. Mungkin ada bagian yg tidak aus rata yg menyebabkan bunyi itu. Tapi kalau aus tidak rata mestinya sebelum ganti ban juga bunyi sih. Jadi bingung juga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Suara muncul dari 2 ban lama saya yg belakang. Ban baru saya taruh depan. Saya beli ban baru karena benjol sebelumnyanyotsaeba wrote: Sat Nov 07, 2020 14:58Trus gmn om, setelah ganti 2 ban, suara gluduk2 nya ilang?afihashfi wrote:Wah kok kasus seperti saya juga ya. Ban saya turanza er370 jalan 37ribu km bunyi juga di atas 80 kpj ada seperti sesuatu nempel dan ikut berputar. Bunyinya berasa. Tapi di cek kok nggak adanyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.
Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.
Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?
3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.
Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.
Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.tapi analisa sekilas saya ini dikarenakan ban nya belum pernah d rotasi. Jadi ban saya belikan 2 baru taruh depan. Kemudian ban dengan 2 kondisi terbaik taruh belakang. Cuma saya tidak memerhatikan detail yg ditaruh ban belakang itu taruh yang mana. Kelihatannya satu ban depan satu ban belakang dari asli. Mungkin ada bagian yg tidak aus rata yg menyebabkan bunyi itu. Tapi kalau aus tidak rata mestinya sebelum ganti ban juga bunyi sih. Jadi bingung juga
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Setuju om.. Saya jg kya gtu ban baru taroh di depan dlu asalkan ban belakang nya ga smpe botak juga...Or4cle wrote: Mon Nov 02, 2020 21:11Kalau saya ban baru ditaruh depan dulu buat breaking inreyen, sekalian rasain karakter ban baru. Kira-kira 1000 KM baru pindahin ke belakang, ban belakang pindah ke depan biar segera habis.erwinign wrote: Sun Nov 01, 2020 13:29Kalo saya sendiri ga masalah om, sejauh 2 ban yg ditaruh (terutama) di depan itu diganti barengan dan tipenya sama (kembangannya jd sama juga). Tp kalo ban baru saya taruh di belakang, itung2 sekalian ban bawaan/ban lebih tua taruh depan biar segera habis apalg kalo bannya jelekhtk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,
Soalnya kan ban belakang ertiga camber negatif, klo ban baru langsung ditaroh di belakang jd makan dalam dong ga rata habisnya. Nanti klo udah sekian km katakanlah 5000km baru di rotasi lagi bannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Serba Serbi Ban Part 3
oh ini sih masih baru hehehe. Lain cerita sama saya kalo gtuAwan5588 wrote: Sat Nov 07, 2020 11:08Kaya berasa ga bener bener napak jalan om (gmn jelasin nya ya,wkwk) dipake belok jg agak ngeri,tp sekarang dah pake 1000km,,udh berasa amanvincewonk wrote: Fri Nov 06, 2020 12:11kurang gigitnya gmn maksudnya?Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05
Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km
Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya
Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya
ada ban yang kurang di jalan basah karena kemampuan kembangnya untuk membuang air kurang bagus, istilahnya aquaplanning (floating gtu). ini
ada juga yang memang kandungan silica dan komponnya kurang oke buat basah, jadi pas jalannya basah dan ga ada genangan terasa banget gripnya kurang.
contoh seperti di hankook ventus prime 3 saya yang dipakai di yaris. udah dipake 2100km
pas pulang dari bandara lewat jalan tol ancol di jalur kiri dan banyak genangan, bener2 ga enak aqua planningnya.
padahal saya cuma jalan 50km/h. tapi selama ga ada genangan itu fine2 aja, jalan basah total itu fine2 aja.
memang tidak ada yg sempurna, ban ini enak dipakai sbenernya pas kering dan minusnya agak berisik.
tp masih kalah sih pernah pake ATR2 sport di mobil temen, wah itu bener2 sport jantung pas ngerem di hujan sama belok bener2 nyelonong. padahal bannya baru 3000km
untungnya setelah tekanan angin dikurangi dari 31 ke 29, jauh lebih mendingan di musim hujan gini
untungnya pas musim hujan mobil ini jarang dipakai karena ada mobil lain yg lebih tinggi.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba Serbi Ban Part 3
dapat info promo dr kawan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Om2 disini udah ada yg pengalaman pake BS potenza RE003 adrenaline? Dry grip sy yakin oke, cuma noise sama wet gripnya gimana ya? Krn patternnya cenderung semi slick, sama misal scr performance (dry-wet-noise) dibanding sama T005A/tipe lain gimana ya?
Menarik, ada size chart baru jg soalnya buat RE003. Biasa cm size alphard
Menarik, ada size chart baru jg soalnya buat RE003. Biasa cm size alphard
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Thu Apr 07, 2016 16:23
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Baru abis ganti ban yaris bakpao ukuran standart nya kan 185/60 R15, saya ganti naik size 185/65 R15. Ini gpp kan ya ? Pertimbanganya selisih harga nya lumayan hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Serba Serbi Ban Part 3
wew, 60 aja itu udh tebel om. Gimana dikasi 65. Itu Yaris ga tambah mental mentul wkwk....f4n3d wrote: Sat Nov 14, 2020 8:33 Baru abis ganti ban yaris bakpao ukuran standart nya kan 185/60 R15, saya ganti naik size 185/65 R15. Ini gpp kan ya ? Pertimbanganya selisih harga nya lumayan hehehe
Rocky R ADS CVT 2021