Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Poporing »

ngeliat poto om awan5588, jadi inget pernah baca kalo velg2 honda biasanya ada green dot.
trus kalo misalnya bannya ada red dot, itu dpasang berseberangan dgn si green dot si velg ya?
mgkn suhu2 ban bisa kasi pencerahan?
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

Poporing wrote: Sun Nov 01, 2020 15:53 ngeliat poto om awan5588, jadi inget pernah baca kalo velg2 honda biasanya ada green dot.
trus kalo misalnya bannya ada red dot, itu dpasang berseberangan dgn si green dot si velg ya?
mgkn suhu2 ban bisa kasi pencerahan?
3 ban ane green dot,,1 lagi ga ada dot nya,mungkin ilang dotnya,,wkwkwk
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 5:40

mantafftt ....

posting fotonya dong om, tongkrongannya gimana di GK5 pakai LM705
Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkw
technostar
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Feb 01, 2016 13:07

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by technostar »

Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 0:33 Update pemakaian LM705 d gk5 2017 setelah 4 hari (+/- 600km),rute jakarta bogor,tangerang,bekasi, depok (keliling” masih seputaran jabodetabek)
+ setelah pemakaian 400-500 km ( di jalan basah udh mulai pas grip nya)
+ efek meredam noise nya meningkat dikitttttt
+ ban tetep nyaman seperti biasa dari pemakaian baru
+ terkait issue mobil ga lurus setelah ganti ban(info di page belakang),tidak terjadi pada mobil saya,,atau mungkin karna ganti 4 ban sekaligus ya? Ban hanyaa di balancing,mobil ga di spooring karna sebelumnya udh lurus,dan pas ganti ban masih tetep lurus.,so far puas bgt sama ban ini
jadi makin penasaran gimana ni ban setelah long term..

gw baru jalan hampir 200km, another noticeable difference adalah setir jadi lebih enteng :big_love:
kelurusan so far no problem, pdhl hanya ganti 2 dan pasang depan :big_slap:

btw ternyata untuk ukuran gk gak ada wheel protectornya ya, jadi ngebulet banget kayak enasep
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Or4cle »

erwinign wrote: Sun Nov 01, 2020 13:29
htk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,
Kalo saya sendiri ga masalah om, sejauh 2 ban yg ditaruh (terutama) di depan itu diganti barengan dan tipenya sama (kembangannya jd sama juga). Tp kalo ban baru saya taruh di belakang, itung2 sekalian ban bawaan/ban lebih tua taruh depan biar segera habis apalg kalo bannya jelek
Kalau saya ban baru ditaruh depan dulu buat breaking inreyen, sekalian rasain karakter ban baru. Kira-kira 1000 KM baru pindahin ke belakang, ban belakang pindah ke depan biar segera habis.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Or4cle »

Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
Awan5588 wrote: Sun Nov 01, 2020 5:59

Ini om,,masih mau dipake jalan jalan lagi jd belum dicuci

Btw kemaren saya isi 33 psi di kedua ban pake nitrogen (pas di bengkel) kok sekilas kaya agak kempes ya

https://ibb.co/2SS0HJk
https://ibb.co/NVRr89J
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkw
Semakin lebar ban semakin besar gesekan ban di jalan. Efeknya traksi meningkat lebih stabil, road noise naik, radius putar & akselerasi berkurang walaupun gak signifikan, secara estetika ruang fender lebih penuh.

Untuk amannya kalau naik ukuran lebar, mestinya ketebalan yang diturunin misalnya 195/50 R16 atau 195/45 R16 buat jaga-jaga kalau mentok bila full load.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkw
velg std lebar 6" ideal tyre size bisa pakai 185 dan 195. maksimal 205 tp akan jd donat banget. so far sih 195 utk sy ga ada negatifnya krn sy emang cari yg sidewall nya lebih tinggi spy kl kena lubang lebih empuk. dan bikin tampilan dr blkg sedikit lebih ngisi krn lebih lebar soalnya GK5 facelift bemper blkgnya ga segondrong yg pre-fl, kl ga lebar keliatan cungkring ban nya.

nah banyak org yg naik ke 195 tp profile turun ke 50, menurut sy malah jd lebih keras krn lebih tipis sidewall nya drpd 185/55 yg standard nya.
sayang velgnya 6", seandainya 6.5" sy pasti ambil yg 205/50.

perbandingan tinggi sidewall:

185/55 = 185 x 55% = 101.75 mm
vs
195/55 = 195 x 55% = 107.25 mm
vs
195/50 = 195 x 50% = 97.5 mm
vs
205/50 = 205 x 50% = 102.5 mm

oh ya dan sy emang maunya michelin primacy 4 n ukurannya itu. :big_exellent:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by nyotsaeba »

Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.

Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.

Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?

3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.

Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.

Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

Or4cle wrote: Mon Nov 02, 2020 21:28
Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01

wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkw
Semakin lebar ban semakin besar gesekan ban di jalan. Efeknya traksi meningkat lebih stabil, road noise naik, radius putar & akselerasi berkurang walaupun gak signifikan, secara estetika ruang fender lebih penuh.

Untuk amannya kalau naik ukuran lebar, mestinya ketebalan yang diturunin misalnya 195/50 R16 atau 195/45 R16 buat jaga-jaga kalau mentok bila full load.
Owhhh ilmu baru nih,,thank you sharing nya om
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

Omnibus wrote: Tue Nov 03, 2020 2:10
Awan5588 wrote: Mon Nov 02, 2020 14:19
Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 10:01
wih liat juga LM705 yg femes itu di njess ....

iya om emang kelihatan agak kempes apalagi yg depan. sy pakai primacy 4 195/55/r16 tekanan 33 psi jg sama agak kempes.
Mau tanya dong om,kl misalnya ban bawaan ane pengen di up dari 185/55 r16 ke 195/55 r16,,ada efek positif atau negatifnya kah?mendadak menyesal knapa ga dinaikin ajah kemaren sizenya ke 195/55,wkwkkw
velg std lebar 6" ideal tyre size bisa pakai 185 dan 195. maksimal 205 tp akan jd donat banget. so far sih 195 utk sy ga ada negatifnya krn sy emang cari yg sidewall nya lebih tinggi spy kl kena lubang lebih empuk. dan bikin tampilan dr blkg sedikit lebih ngisi krn lebih lebar soalnya GK5 facelift bemper blkgnya ga segondrong yg pre-fl, kl ga lebar keliatan cungkring ban nya.

nah banyak org yg naik ke 195 tp profile turun ke 50, menurut sy malah jd lebih keras krn lebih tipis sidewall nya drpd 185/55 yg standard nya.
sayang velgnya 6", seandainya 6.5" sy pasti ambil yg 205/50.

perbandingan tinggi sidewall:

185/55 = 185 x 55% = 101.75 mm
vs
195/55 = 195 x 55% = 107.25 mm
vs
195/50 = 195 x 50% = 97.5 mm
vs
205/50 = 205 x 50% = 102.5 mm

oh ya dan sy emang maunya michelin primacy 4 n ukurannya itu. :big_exellent:
Thank you om info nya,,ilmu baru jg nih buat sy

Sempet ngelirik michelin tp apa daya budgetnya under 3jt,,
T.T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.

Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.

Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?

3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.

Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.

Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
coba diraba pakai tangan mengelilingi ban dan juga check visual ban yg kira2 suspek dr mana bunyi berasal. barangkali ada jendolan atau cekungan atau batu/benda asing nyangkut.

kl ngga ada apa2 di ban, coba ngolong lihat propeller shaft dr gardan belakang ke depan sampai transmisi, apakah ada benda asing nyangkut spt plastik, road kills, atau lainnya.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by nyotsaeba »

Omnibus wrote:
nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.

Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.

Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?

3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.

Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.

Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
coba diraba pakai tangan mengelilingi ban dan juga check visual ban yg kira2 suspek dr mana bunyi berasal. barangkali ada jendolan atau cekungan atau batu/benda asing nyangkut.

kl ngga ada apa2 di ban, coba ngolong lihat propeller shaft dr gardan belakang ke depan sampai transmisi, apakah ada benda asing nyangkut spt plastik, road kills, atau lainnya.
Ya kyk gt om suaranya kyk ada benda nyangkut terus ikut keputer sm ban. Kl liat visual sih ban kyknya ok, ga keliatan benjol, mungkin kalo ada juga benjol kecil ya.

afihashfi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by afihashfi »

nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.

Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.

Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?

3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.

Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.

Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
Wah kok kasus seperti saya juga ya. Ban saya turanza er370 jalan 37ribu km bunyi juga di atas 80 kpj ada seperti sesuatu nempel dan ikut berputar. Bunyinya berasa. Tapi di cek kok nggak ada :big_think: tapi analisa sekilas saya ini dikarenakan ban nya belum pernah d rotasi. Jadi ban saya belikan 2 baru taruh depan. Kemudian ban dengan 2 kondisi terbaik taruh belakang. Cuma saya tidak memerhatikan detail yg ditaruh ban belakang itu taruh yang mana. Kelihatannya satu ban depan satu ban belakang dari asli. Mungkin ada bagian yg tidak aus rata yg menyebabkan bunyi itu. Tapi kalau aus tidak rata mestinya sebelum ganti ban juga bunyi sih. Jadi bingung juga :mky_01:
novi77
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 05, 2020 8:00
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Setir Dowo

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by novi77 »

josomba wrote: Wed Oct 14, 2020 9:35
doko86 wrote: Wed Oct 14, 2020 8:56
erwinign wrote: Wed Oct 14, 2020 8:23

Kalo ban yg di foto krn dah 2012 saya ga rekomen om, karetnya udh mati resiko meletus di highway.

Sy sendiri pengalaman di ban no 1, 5, sama 6

No. 1 = Pake di bawaan ertiga sama innova E lama. Untung2an pake ban ini soal ketahanan, tp kalo pengalaman saya dr 2 mobil itu mulai 30rb karet udah keras dan cecel2. 40rb ganti. Ini ban rasanya keras agak mentul2 (apalg kl kurang nitro), kedap ya ngga kedap2 banget, di tol ngga stabil samsek, sama plg sensitip soal tekanan ban. Cukup cepet berkurangnya pdhl dah pake nitrogen, dan selisih kurang dikit itu jd ga karuan banget naikannya. Jd buat saya krg cocok sama ban ini, tp kl dibanding achilles gada pilihan lain saya msh pegang champ eco.

No. 5 = Nah ini, buat ukuran ban murah ini sih the best dr harga-performancenya dan bisa dibilang kerasa "ban beneran" di kelas harga segitu. Walaupun pd bilang embel2 eco tp ini ban surprise banget performancenya (buat level kelasnya ya). Empuk kaya dunlop LM704, cukup silent selama 10rban km pertama dan di tol cukup baik performancenya. Sy pake di mazda 2 lama (195/50/R16) sama innova saya (195/70/R14). Merem pilih ini saya dr keenam pilihan itu :big_exellent:

No. 6 = Saya pake di avanza lama 185/70/R14. Yaa krn ini versi basic dunlop ga bs berharap banyak, walaupun at least sedikit lbh baik dr SP10. Ciri khas ban ini ada kesamaan sama BS techno tecaz, sama2 tapak lebar 185 tp kalo dibandingin sama falken sincera ini ban kl dilihat lebih ciut dikit lebarnya, begitu jg ama BS techno. Empuk yaaa so so lah, masih megang falken sincera saya. Gelindingnya jauh lebih enak sincera

Mobil calya/agya/brio ya om kl saya tebak? Hehehe
Makasih om erwinign buat masukan dan sharing pengalamannya. Iya om, tahu aja klu buat ayla.... Hehehehe
Nambahin:

No. 2
Sebaiknya dibuat jadi kursi/meja dari ban setelah 1-2 tahun
Versi serius = senyap di awal, tunggu beberapa bulan jadi berisik ... tunggu setahun jd keras.. grip biasa aja standar eco

No. 3
bisa gelinding: check
bisa ngerem: check
bisa dan mudah aquaplaning: check
Waduh om, padahal saya rencana mau beli yang No. 3 gara2 harganya sama kaya GT eco
Ban GT eco saya 2 depan udah ada yang bocel2 tapak depannya. udah 5 tahun sejak pertama beli.
Yang paling murah GT eco ya om?
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05
marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 7:53
Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 6:23

Inrijden tuh apa ya bang??kebetulan saya baru denger?kemaren oas hari rabu ganti ban,hari kamis langsung gas ke bogor,

kalo kate orang mari inreyen.

jalan sepelan mungkin sambil puter setir lock to lock kiri kanan buat ngebuang lapisan licin di permukaan ban. kalo langsung dipake jalan, traksi ban ke permukaan jalan ngga ada.

Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km

Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya

Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya
kurang gigitnya gmn maksudnya?

ada ban yang kurang di jalan basah karena kemampuan kembangnya untuk membuang air kurang bagus, istilahnya aquaplanning (floating gtu). ini

ada juga yang memang kandungan silica dan komponnya kurang oke buat basah, jadi pas jalannya basah dan ga ada genangan terasa banget gripnya kurang.

contoh seperti di hankook ventus prime 3 saya yang dipakai di yaris. udah dipake 2100km
pas pulang dari bandara lewat jalan tol ancol di jalur kiri dan banyak genangan, bener2 ga enak aqua planningnya.
padahal saya cuma jalan 50km/h. tapi selama ga ada genangan itu fine2 aja, jalan basah total itu fine2 aja.
memang tidak ada yg sempurna, ban ini enak dipakai sbenernya pas kering dan minusnya agak berisik.

tp masih kalah sih pernah pake ATR2 sport di mobil temen, wah itu bener2 sport jantung pas ngerem di hujan sama belok bener2 nyelonong. padahal bannya baru 3000km

untungnya setelah tekanan angin dikurangi dari 31 ke 29, jauh lebih mendingan di musim hujan gini

untungnya pas musim hujan mobil ini jarang dipakai karena ada mobil lain yg lebih tinggi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Awan5588
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Fri Jun 22, 2018 2:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz gk5

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Awan5588 »

vincewonk wrote: Fri Nov 06, 2020 12:11
Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05
marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 7:53


kalo kate orang mari inreyen.

jalan sepelan mungkin sambil puter setir lock to lock kiri kanan buat ngebuang lapisan licin di permukaan ban. kalo langsung dipake jalan, traksi ban ke permukaan jalan ngga ada.

Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km

Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya

Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya
kurang gigitnya gmn maksudnya?

ada ban yang kurang di jalan basah karena kemampuan kembangnya untuk membuang air kurang bagus, istilahnya aquaplanning (floating gtu). ini

ada juga yang memang kandungan silica dan komponnya kurang oke buat basah, jadi pas jalannya basah dan ga ada genangan terasa banget gripnya kurang.

contoh seperti di hankook ventus prime 3 saya yang dipakai di yaris. udah dipake 2100km
pas pulang dari bandara lewat jalan tol ancol di jalur kiri dan banyak genangan, bener2 ga enak aqua planningnya.
padahal saya cuma jalan 50km/h. tapi selama ga ada genangan itu fine2 aja, jalan basah total itu fine2 aja.
memang tidak ada yg sempurna, ban ini enak dipakai sbenernya pas kering dan minusnya agak berisik.

tp masih kalah sih pernah pake ATR2 sport di mobil temen, wah itu bener2 sport jantung pas ngerem di hujan sama belok bener2 nyelonong. padahal bannya baru 3000km

untungnya setelah tekanan angin dikurangi dari 31 ke 29, jauh lebih mendingan di musim hujan gini

untungnya pas musim hujan mobil ini jarang dipakai karena ada mobil lain yg lebih tinggi.
Kaya berasa ga bener bener napak jalan om (gmn jelasin nya ya,wkwk) dipake belok jg agak ngeri,tp sekarang dah pake 1000km,,udh berasa aman
htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by htk »

marmut wrote: Sun Nov 01, 2020 14:02


sedari dulu saya selalu set tekanan angin ban depan 5~7 psi lebih tinggi dari ban belakang, dengan kondisi maksimal 3 orang (1 driver 2 rider). muter setir juga lebih enteng.
kalo gini apa gak bahaya ya pas jalan kenceng ? ban jadi gak begitu napak jalan kan ?


imo, efek paling besar di dompet om. bisa bernapas dulu, apalagi situasi seperti sekarang.
iya bener, kerasa ya keluar uang 1 jutaan pas jaman sekarang hahaha
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by nyotsaeba »

afihashfi wrote:
nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.

Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.

Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?

3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.

Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.

Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
Wah kok kasus seperti saya juga ya. Ban saya turanza er370 jalan 37ribu km bunyi juga di atas 80 kpj ada seperti sesuatu nempel dan ikut berputar. Bunyinya berasa. Tapi di cek kok nggak ada :big_think: tapi analisa sekilas saya ini dikarenakan ban nya belum pernah d rotasi. Jadi ban saya belikan 2 baru taruh depan. Kemudian ban dengan 2 kondisi terbaik taruh belakang. Cuma saya tidak memerhatikan detail yg ditaruh ban belakang itu taruh yang mana. Kelihatannya satu ban depan satu ban belakang dari asli. Mungkin ada bagian yg tidak aus rata yg menyebabkan bunyi itu. Tapi kalau aus tidak rata mestinya sebelum ganti ban juga bunyi sih. Jadi bingung juga :mky_01:
Trus gmn om, setelah ganti 2 ban, suara gluduk2 nya ilang?
afihashfi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by afihashfi »

nyotsaeba wrote: Sat Nov 07, 2020 14:58
afihashfi wrote:
nyotsaeba wrote: Tue Nov 03, 2020 8:39 Tanya dong om,
Mobil saya vrz km 25rb an ban dueler ht, nah belakangan ini kalau jalan rata mulai 60km/h keatas timbul bunyi buk buk buk kayak kl lewat speed trap, tapi ya dalam volume yang lebih kecil.

Makin cepat lari mobil, buk buknya makin cepat intervalnya, tapi mobil ga geter atau goyang atau setir narik, cuma bunyi aja.

Apakah ini gejala ban benjol atau ada kaki2 yg bermasalah ya?

3 ban belum ada tambalan, kecuali kiri belakang kena ranjau besi hampir segede pinsil kira2 3 bulan lalu, tambalan aja sampe perlu 2 karet.

Tapi seingat saya setelah tambal ga ada bunyi2 itu, baru muncul sebulan terakhir ini.

Mohon masukan om2 disini sekalian. Thanks.
Wah kok kasus seperti saya juga ya. Ban saya turanza er370 jalan 37ribu km bunyi juga di atas 80 kpj ada seperti sesuatu nempel dan ikut berputar. Bunyinya berasa. Tapi di cek kok nggak ada :big_think: tapi analisa sekilas saya ini dikarenakan ban nya belum pernah d rotasi. Jadi ban saya belikan 2 baru taruh depan. Kemudian ban dengan 2 kondisi terbaik taruh belakang. Cuma saya tidak memerhatikan detail yg ditaruh ban belakang itu taruh yang mana. Kelihatannya satu ban depan satu ban belakang dari asli. Mungkin ada bagian yg tidak aus rata yg menyebabkan bunyi itu. Tapi kalau aus tidak rata mestinya sebelum ganti ban juga bunyi sih. Jadi bingung juga :mky_01:
Trus gmn om, setelah ganti 2 ban, suara gluduk2 nya ilang?
Suara muncul dari 2 ban lama saya yg belakang. Ban baru saya taruh depan. Saya beli ban baru karena benjol sebelumnya
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by omnyanaira »

Or4cle wrote: Mon Nov 02, 2020 21:11
erwinign wrote: Sun Nov 01, 2020 13:29
htk wrote: Sun Nov 01, 2020 13:26 kalo ganti ban, 2 biji dulu, apakah ada efeknya ? kerasa bawa mobilnya jadi lumayan kah ?
ban bawaan masih enasave, udah botak, kepengen coba LM705 seperti nya,
Kalo saya sendiri ga masalah om, sejauh 2 ban yg ditaruh (terutama) di depan itu diganti barengan dan tipenya sama (kembangannya jd sama juga). Tp kalo ban baru saya taruh di belakang, itung2 sekalian ban bawaan/ban lebih tua taruh depan biar segera habis apalg kalo bannya jelek
Kalau saya ban baru ditaruh depan dulu buat breaking inreyen, sekalian rasain karakter ban baru. Kira-kira 1000 KM baru pindahin ke belakang, ban belakang pindah ke depan biar segera habis.
Setuju om.. Saya jg kya gtu ban baru taroh di depan dlu asalkan ban belakang nya ga smpe botak juga...
Soalnya kan ban belakang ertiga camber negatif, klo ban baru langsung ditaroh di belakang jd makan dalam dong ga rata habisnya. Nanti klo udah sekian km katakanlah 5000km baru di rotasi lagi bannya
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by vincewonk »

Awan5588 wrote: Sat Nov 07, 2020 11:08
vincewonk wrote: Fri Nov 06, 2020 12:11
Awan5588 wrote: Fri Oct 30, 2020 8:05


Owhhh inreyen bang,,kaya mobil baru pas <1000km

Saya langsung gas ajah bang,pake bawa penumpang jg 3 org,,ini udh jalan 250km an,,harusnya udh masuk inreyen ya

Pas pake di jalan basah,agak ngeri sih,mungkin karna ga inreyen,grip nya jadi kurang gigit ya
kurang gigitnya gmn maksudnya?

ada ban yang kurang di jalan basah karena kemampuan kembangnya untuk membuang air kurang bagus, istilahnya aquaplanning (floating gtu). ini

ada juga yang memang kandungan silica dan komponnya kurang oke buat basah, jadi pas jalannya basah dan ga ada genangan terasa banget gripnya kurang.

contoh seperti di hankook ventus prime 3 saya yang dipakai di yaris. udah dipake 2100km
pas pulang dari bandara lewat jalan tol ancol di jalur kiri dan banyak genangan, bener2 ga enak aqua planningnya.
padahal saya cuma jalan 50km/h. tapi selama ga ada genangan itu fine2 aja, jalan basah total itu fine2 aja.
memang tidak ada yg sempurna, ban ini enak dipakai sbenernya pas kering dan minusnya agak berisik.

tp masih kalah sih pernah pake ATR2 sport di mobil temen, wah itu bener2 sport jantung pas ngerem di hujan sama belok bener2 nyelonong. padahal bannya baru 3000km

untungnya setelah tekanan angin dikurangi dari 31 ke 29, jauh lebih mendingan di musim hujan gini

untungnya pas musim hujan mobil ini jarang dipakai karena ada mobil lain yg lebih tinggi.
Kaya berasa ga bener bener napak jalan om (gmn jelasin nya ya,wkwk) dipake belok jg agak ngeri,tp sekarang dah pake 1000km,,udh berasa aman
oh ini sih masih baru hehehe. Lain cerita sama saya kalo gtu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Turboman »

dapat info promo dr kawan
IMG-20201109-WA0023.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

Om2 disini udah ada yg pengalaman pake BS potenza RE003 adrenaline? Dry grip sy yakin oke, cuma noise sama wet gripnya gimana ya? Krn patternnya cenderung semi slick, sama misal scr performance (dry-wet-noise) dibanding sama T005A/tipe lain gimana ya?

Menarik, ada size chart baru jg soalnya buat RE003. Biasa cm size alphard
f4n3d
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Apr 07, 2016 16:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by f4n3d »

Baru abis ganti ban yaris bakpao ukuran standart nya kan 185/60 R15, saya ganti naik size 185/65 R15. Ini gpp kan ya ? Pertimbanganya selisih harga nya lumayan hehehe
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by alvin23 »

f4n3d wrote: Sat Nov 14, 2020 8:33 Baru abis ganti ban yaris bakpao ukuran standart nya kan 185/60 R15, saya ganti naik size 185/65 R15. Ini gpp kan ya ? Pertimbanganya selisih harga nya lumayan hehehe
wew, 60 aja itu udh tebel om. Gimana dikasi 65. Itu Yaris ga tambah mental mentul wkwk....
Rocky R ADS CVT 2021