Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 2:44
Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 2:05
DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 1:36

Btw honda2 jaman skrg stelan klep nya dr pabrikan ud d kencengin pake tenaga 10 igun tuh

Saya punya hrv dari odo 0 ampe 110an rebu aj pas saya buka cek, masi ga brubah

Beda banget ama jaman dl waktu masi pliara ferio, 20-30 rebu pasti ad brubah stelan klep nya
Ini maksudnya 110 KM atau 110.00 KM om Klep ? Mantap banget kalau sampai 110.000 KM masih gak berubah.
Biasanya Honda masuk 40.000 - 50.000 KM seperti kata om Erwinign dah mulai renggang, berisik suaranya.
110 rebu om

Saya aj ampe kaget.. tp emg suara mesin slama pemakaian itu ga perna berubah seh
mungkin emg keluarga L15z ini lbh awet setelan klepnya ya ?
let see ini mobilio 5 thn ke depan mesinnya gmn suaranya, krn dah menuju 30rb KM jg masih alus ketika idle.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?

Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
gaspol resing tim
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

rendr wrote: Fri Oct 30, 2020 4:34
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?

Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
SN om
kira2 kenapa yaaa..
apa terlalu encer kahhh
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

rendr wrote: Fri Oct 30, 2020 4:34
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?

Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
Dr PDS itu ptt tbnnya di range 7.5-8 doang om. Sblmnya saya pake ptt 5w30 di ertiga lama, bulan ke 11-12 juga udah mulai tektek. Dlm setaun itu br jalan sktr 1000km lebih dikit
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

coba pakai amsoil signature 5w30,
atau Q8 formula D1 Gen2 5w30.
masih tektek kah ? :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Omnibus wrote: Fri Oct 30, 2020 4:55
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

erwinign wrote: Fri Oct 30, 2020 5:08
rendr wrote: Fri Oct 30, 2020 4:34
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?

Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
Dr PDS itu ptt tbnnya di range 7.5-8 doang om. Sblmnya saya pake ptt 5w30 di ertiga lama, bulan ke 11-12 juga udah mulai tektek. Dlm setaun itu br jalan sktr 1000km lebih dikit
ini baru 1 bulan om..
baru jalan 2000km an.. masa kalah sm DGO.. wkwkwk
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 5:41
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
ptt 0w30 sekitar 120-130 kan. harga segitu ada amsoil OE 5w30.

kl Q8 barangkali ada jg yg harga segitu sy kurang tau sih.

ga ada salahnya dicoba dulu siapa tau bunyi mesin jaitnya ilang cuma krn oli. kan jd ga usah parno dan hrs memperbaiki mesin yg mungkin jatuhnya akan lebih mahal. kl ternyata msh bunyi berarti tau bukan krn oli n ada something yg hrs dibenerin (atau memang karakter mesinnya gitu.)
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by sesame »

ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 5:41
Omnibus wrote: Fri Oct 30, 2020 4:55
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Nah sama nih waktu coldstart di 3SZ-VE..
Malah pake lebih encer lg, yg Super Syn 0W-20 SP..
Padahal baru jalan 150KM.. :big_think:
Sebelumnya pake Fastron Gold 5W-30 aman2 aja..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Fri Oct 30, 2020 3:27
DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 2:44
Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 2:05

Ini maksudnya 110 KM atau 110.00 KM om Klep ? Mantap banget kalau sampai 110.000 KM masih gak berubah.
Biasanya Honda masuk 40.000 - 50.000 KM seperti kata om Erwinign dah mulai renggang, berisik suaranya.
110 rebu om

Saya aj ampe kaget.. tp emg suara mesin slama pemakaian itu ga perna berubah seh
mungkin emg keluarga L15z ini lbh awet setelan klepnya ya ?
let see ini mobilio 5 thn ke depan mesinnya gmn suaranya, krn dah menuju 30rb KM jg masih alus ketika idle.
Tp
Kl ga salah mbah chz perna bersabda utk urusan klep ahond, tetep kl ud brisik, mo odo brapapun wajip d stel klep

Bahkan saya perna baca jg buku primbon mitsu jadul jaman non mivec mivec an, mreka jg utk item klep itu dsuru cek per 15 rebu km, dan stel bila perlu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Oct 30, 2020 4:55
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt


sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
Mbah

Kl suara kasar stelah perjalanan jauh gt, ad hubungan nya ama oil foaming jg ga yah ? Dl saya ngalamin jg di DGO soalnya.. si oli "merk yg itu" jg sama, tp itu kejadiannya di hrv dan pas odo ud deket2 5000an km
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 5:41
Omnibus wrote: Fri Oct 30, 2020 4:55
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Cold start doank ya

Dl di super lipindut resing GTR saya jg gt.. ga tau nya motor starter gear nya ud kering seret peret banget.. jadi suka macet gear nya kl muter, ampe aus akhirnya, trus bunyi nyaring deh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 7:09
Mbah

Kl suara kasar stelah perjalanan jauh gt, ad hubungan nya ama oil foaming jg ga yah ? Dl saya ngalamin jg di DGO soalnya.. si oli "merk yg itu" jg sama, tp itu kejadiannya di hrv dan pas odo ud deket2 5000an km
ini sih kira2 ane aja mbah ya, soalnya ane bukan ahli apalagi plopesol.

kl abis perjalanan jauh kan suhu oli kemungkinan lagi panas2nya tuh jd dlm kondisi encer banget. kl itu oli ga bisa berfungsi sbg bantalan antara logam dan logam yg bersentuhan ya pasti bunyi krn logam itu beradu (metal to metal contact) mbah. bisa juga sih sptnya krn foaming atau memang additive anti-wear nya sdh ga efektif.
DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 7:11

---------
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Cold start doank ya

Dl di super lipindut resing GTR saya jg gt.. ga tau nya motor starter gear nya ud kering seret peret banget.. jadi suka macet gear nya kl muter, ampe aus akhirnya, trus bunyi nyaring deh
kl suara2 sengaja ane ga komen soalnya sumber bunyi yg ngiikk gitu bisa dr mana aja n hrs didengerin betul. bisa aja cuma dr vbelt tensioner yg udah aus bearingnya. atau cuma dr vbelt nya aja yg aus.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 7:06
Suryaputra wrote: Fri Oct 30, 2020 3:27
DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 2:44

110 rebu om

Saya aj ampe kaget.. tp emg suara mesin slama pemakaian itu ga perna berubah seh
mungkin emg keluarga L15z ini lbh awet setelan klepnya ya ?
let see ini mobilio 5 thn ke depan mesinnya gmn suaranya, krn dah menuju 30rb KM jg masih alus ketika idle.
Tp
Kl ga salah mbah chz perna bersabda utk urusan klep ahond, tetep kl ud brisik, mo odo brapapun wajip d stel klep

Bahkan saya perna baca jg buku primbon mitsu jadul jaman non mivec mivec an, mreka jg utk item klep itu dsuru cek per 15 rebu km, dan stel bila perlu
Honda kudu wajib setel klep om,
Kalo service cuma semprot bersihin throttle body tanpa setel klep dijamin loyo.

Jgn kayak merk sebelah, gak ada ritual setel klep, mekanisnya pake shim akhirnya mekanik Beres planga-plongo gak ada kerjaan.
Ujung-ujungnya jualan cairan semprot sana-sini.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 8:23
DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 7:06
Suryaputra wrote: Fri Oct 30, 2020 3:27

mungkin emg keluarga L15z ini lbh awet setelan klepnya ya ?
let see ini mobilio 5 thn ke depan mesinnya gmn suaranya, krn dah menuju 30rb KM jg masih alus ketika idle.
Tp
Kl ga salah mbah chz perna bersabda utk urusan klep ahond, tetep kl ud brisik, mo odo brapapun wajip d stel klep

Bahkan saya perna baca jg buku primbon mitsu jadul jaman non mivec mivec an, mreka jg utk item klep itu dsuru cek per 15 rebu km, dan stel bila perlu
Honda kudu wajib setel klep om,
Kalo service cuma semprot bersihin throttle body tanpa setel klep dijamin loyo.

Jgn kayak merk sebelah, gak ada ritual setel klep, mekanisnya pake shim akhirnya mekanik Beres planga-plongo gak ada kerjaan.
Ujung-ujungnya jualan cairan semprot sana-sini.
Tp dl waktu hrv saya dapet paket servis d beres ampe 50 rebu km, ga perna skalipun tuh klep d cek.. ud ampe ngotot2an pun tetep montirnya ga bergeming..
aneh padahal belasan taon sblomnya waktu saya pegang ferio, d beres yg sama malah tiap ceban km slalu ditawarin stel klep mulu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 8:23

Honda kudu wajib setel klep om,
Kalo service cuma semprot bersihin throttle body tanpa setel klep dijamin loyo.

Jgn kayak merk sebelah, gak ada ritual setel klep, mekanisnya pake shim akhirnya mekanik Beres planga-plongo gak ada kerjaan.
Ujung-ujungnya jualan cairan semprot sana-sini.

wajib setel itu kalo ukurannya berubah banyak.
misal ukurannya masih dalam batas toleransi ngapain disetel?
penggunaan solid tappet untuk menekan biaya perawatan pak. sama halnya jaman dulu pake karburator, musti bongkar, ganti repair kit, bersihin idle jet, gedein pilot jet, pasang lagi, setel lagi idle air mixture-nya. lha sekarang cuma trotel bodi dowang mau diapain? bongkar, bersihin, keringin, pasang. setel? apanya yang disetel?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by indeskey »

nyetel goyang pantura mbah... :mky_08:

tarik sis...
marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 8:37
Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 8:23

Honda kudu wajib setel klep om,
Kalo service cuma semprot bersihin throttle body tanpa setel klep dijamin loyo.

Jgn kayak merk sebelah, gak ada ritual setel klep, mekanisnya pake shim akhirnya mekanik Beres planga-plongo gak ada kerjaan.
Ujung-ujungnya jualan cairan semprot sana-sini.

wajib setel itu kalo ukurannya berubah banyak.
misal ukurannya masih dalam batas toleransi ngapain disetel?
penggunaan solid tappet untuk menekan biaya perawatan pak. sama halnya jaman dulu pake karburator, musti bongkar, ganti repair kit, bersihin idle jet, gedein pilot jet, pasang lagi, setel lagi idle air mixture-nya. lha sekarang cuma trotel bodi dowang mau diapain? bongkar, bersihin, keringin, pasang. setel? apanya yang disetel?
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 8:37
Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 8:23

Honda kudu wajib setel klep om,
Kalo service cuma semprot bersihin throttle body tanpa setel klep dijamin loyo.

Jgn kayak merk sebelah, gak ada ritual setel klep, mekanisnya pake shim akhirnya mekanik Beres planga-plongo gak ada kerjaan.
Ujung-ujungnya jualan cairan semprot sana-sini.

wajib setel itu kalo ukurannya berubah banyak.
misal ukurannya masih dalam batas toleransi ngapain disetel?
penggunaan solid tappet untuk menekan biaya perawatan pak. sama halnya jaman dulu pake karburator, musti bongkar, ganti repair kit, bersihin idle jet, gedein pilot jet, pasang lagi, setel lagi idle air mixture-nya. lha sekarang cuma trotel bodi dowang mau diapain? bongkar, bersihin, keringin, pasang. setel? apanya yang disetel?
Anu om, cuma semprot sana-sini + planga-plongo keluar tagihan mahal kan sakit hati :big_weee:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

Or4cle wrote: Fri Oct 30, 2020 8:23

Honda kudu wajib setel klep om,
Kalo service cuma semprot bersihin throttle body tanpa setel klep dijamin loyo.

Jgn kayak merk sebelah, gak ada ritual setel klep, mekanisnya pake shim akhirnya mekanik Beres planga-plongo gak ada kerjaan.
Ujung-ujungnya jualan cairan semprot sana-sini.
Ini kayanya acuannya diktat engine resing Lipindut HR15 ya? 😁
Krn semua mekanik lulusan beresnya pasti menawarkan hal yg sama.
Tune up plus Carbon Clean wajib.
Bahkan ada yg setelah 1000 km habis Tune Up Caebon Clean Gurah langsung ngelitik dan dijawab ya berarti Carbon Clean dan Gurahnya kurang bagus. 😁
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

marmut wrote: Fri Oct 30, 2020 8:37


wajib setel itu kalo ukurannya berubah banyak.
misal ukurannya masih dalam batas toleransi ngapain disetel?
penggunaan solid tappet untuk menekan biaya perawatan pak. sama halnya jaman dulu pake karburator, musti bongkar, ganti repair kit, bersihin idle jet, gedein pilot jet, pasang lagi, setel lagi idle air mixture-nya. lha sekarang cuma trotel bodi dowang mau diapain? bongkar, bersihin, keringin, pasang. setel? apanya yang disetel?
Nah ini di motor tuwir saya mbah.
Tiap ke beres seepis rutin pasti dibilang suruh ganti karbu.
Akhirnya serpis ke mekanik lulusan beresnya malah aman ngga diutak atik itu karbu meskipun sdh jalan 6000 km selama 6 bln tu motor matic 2007.
Oli aja saya bagusin pake Motul skrg...
Katanya kl tarikan msh enak dan enteng trs fuel com ngga boros2 amat ya blm perlu diutak atik tu karbu...
nubie in all things - still need to learn
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 7:06
Suryaputra wrote: Fri Oct 30, 2020 3:27
DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 2:44

110 rebu om

Saya aj ampe kaget.. tp emg suara mesin slama pemakaian itu ga perna berubah seh
mungkin emg keluarga L15z ini lbh awet setelan klepnya ya ?
let see ini mobilio 5 thn ke depan mesinnya gmn suaranya, krn dah menuju 30rb KM jg masih alus ketika idle.
Tp
Kl ga salah mbah chz perna bersabda utk urusan klep ahond, tetep kl ud brisik, mo odo brapapun wajip d stel klep

Bahkan saya perna baca jg buku primbon mitsu jadul jaman non mivec mivec an, mreka jg utk item klep itu dsuru cek per 15 rebu km, dan stel bila perlu
yes di buku manual honda jg tertulis "atau jika diperlukan"

yah... klo gak perlu, gak ada gejala/atau masih dalam batas range celah klep, ngapain juga disetel2 :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri Oct 30, 2020 8:34
Tp dl waktu hrv saya dapet paket servis d beres ampe 50 rebu km, ga perna skalipun tuh klep d cek.. ud ampe ngotot2an pun tetep montirnya ga bergeming..
aneh padahal belasan taon sblomnya waktu saya pegang ferio, d beres yg sama malah tiap ceban km slalu ditawarin stel klep mulu
mbah, mesin ahond jaman dulu beda sm skrg. dulu belum pakai roller rocker arms, skrg sudah. meskipun cuma bagian inlet nya. udah gitu even cuma sohc tapi valvetrain nya ada besi penguat struktur jd unibody dr ujung ke ujung. design tsb mengurangi friction dan menambah overall rigidity jd ga perlu setel sering2.

maksud ane ini:


Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

ViPerRed wrote:suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
0W30 bisa 10.000 km / 12 bulan max

tu mesin HLA / bukan ?

kalo non HLA, setel klep terakhir kapan ?


* Bukan ajakan Beli *