Saya coba rangkum ya Om berdasarkan pengalaman saya, barangkali bermanfaat:
1. Scross: (belom pernah naikin)
+ sekilas pandang dari eksterior, ganteng loh ini. tinggal ganti velg R17 jadi makin ganteng.
+ fitur yg susah di dpt dari modif: 6AT, armrest di jok belakang, auto rain, auto light, auto leveling, lampu LED & DRL, aftermarket pasti gak sebagus OEM, apalgi DRL running yg kebanyakan gak terang
+ Secara dimensi lumayan gede, kalau liat review oke juga lega nya.
+ AC Digital, lebih estetik
+ interior kalau di lihat di review2, sangat berkualitas
- kayanya blm ada ISOFIX, CMIIW
- IMHO, gak seganteng rival2nya
- kalau ga salah, blm ada VSC/ESC
- Rem belakang tromol (di kelasnya cakram)
- headrest jok belakang cuma 2
2. Xpander/Livina: (daily car)
+ Secara tampang, paling menjual di LMPV (IMHO, makanya ambil ini)
+ ambient nya gak terasa LMPV, sangat kedap! konsol tengah tinggi berasa naik kelas. (macem HRV yg serasa CRV)
+ Sudah DRL (Livina only) & LED lamp (Xpander 2020 up only)
+ 2nd row legaaa, 11/12 sama Innova lama.
+ ada 3rd row (digemari kayanya di Indonesia, termasuk saya)
+ ESC, cruise control (Livina bisa di tambahin, DC 2jt-an),
+ Xpander/Livina sangat oprekable untuk tambah fitur, lumayan bisa keep up sampe 5-7 tahun kedepan.
+ ISOFIX
- 4AT & mesin sangat lemot. kalau nyetir agak kasar dikit, langsung boros. harus sabar bawa nya biar irit.
- headrest 2nd row cuma 2
- 3rd row gak se nyaman R3
- Bantingan depan agak keras, yg belakang terlalu floating
- belum ada DRL (Xpander only)
3. Ertiga Suzuki Sport: cuma first impression, blm nyetir, pernahnya R3 lama.
+ Ganteng! Tapi kayanya kurang bergengsi, Xpander/Livina lebih oke kalo dibuat bergaya
+ ambient di kabin terasa mewah, walaupun kadang masih berasa LMPV nya tapi jauh lah dibanding duo kembar atau pantat penyok
+ Cup Holder dengan Cooler, Jok jauh lebih nyaman dari Xpander
+ ISOFIX
+ ada 3rd row & sangat proper & nyaman (bahkan dibanding ANKI). saya 175/85 aja masih duduk nyaman (paha full tertopang) di row 3 & ngerasa bakalan kuat duduk perjalanan jauh
+ R3 lama aja irit, ini kata Carmudi lebih irit & kenceng dari Xpander
+ AC Digital, lebih estetik
+ Projector head lamp! tinggal ganti ke LED/HID lalu lampu jauh LED biar instant on. bisa keep up deh sampe 5-7 tahun kedepan.
- Ban kecil, sama kaya R3 lama, jadi lebih berasa kalau ada lubang.
- TS gak suka tampangnya, pasti bukan prioritas.
- gak se-oprekable kaya Xpander untuk nambah fitur.
- belum cruise control
4. Sonet (special krn lagi hot)
+ Ganteng! sangat bisa dipakai buat bergaya, apalagi atapnya bisa bolong
+ fitur gausah di tanya deh ya, hampir sempurna lahh terutama untuk dua tipe termahal.
+ Garansi 7 tahun/200rb KM. ini menurut saya sangat membuat peace of mind karena fitur banyak = biaya repair lebih banyak.
- kecil & kayanya sempit kalo di banding shortlist yg lain, namanya juga A Segment. R3, Xp/Livi & Scross B segment.
- apa ya? kayanya udh ga ada, mungkin terlalu mahal untuk di A segment, tapi kan fitur2 mahal banyak
- peredaman & kenyamanan belum ada yg tau, tapi bisa di nilai dengan Test Drive (TD)
singkat saya,
mending TD semuanya Om, nanti berasa deh mana yg lebih sreg.
tampilan luar menurut saya harus mengikuti kecocokan di dalem & di bawa. krn kita kan seringnya di dalem mobil.
yg saya
bold itu menurut saya sangat penting kalau sudah punya anak & pakai child seat seperti saya.
kalau saya di posisi Om, tutup mata ambil Sonet hehe apalagi berasa ekslusif krn jarang yg punya.