Turboman wrote:RobbyKodo wrote:romi10 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:21
Saran saya ga usah pake2 intercooler om, remap aja cukup, krn pasti ujung2nya di lepas karena ga tahan berisik bunyi2, kecuali mau balap di sentul yak baru pasang IC dl baru remap.
Berarti remap aja ya om siap deh tak coba remap aja
Mumpung ada bengkel yg bisa disini
Klo atf cooler aja yg dipasang boleh om?
KielConstantine wrote: Mon Oct 12, 2020 16:28
Tergantung om type orangnya ky gimana dlm ngerawat mobil. Pasang intercooler ada perhatian extra khususnya di karet-karet samco sambung2an pipa. Biasanya usia mau 2 thn musti ganti lagi pake karet2 yg baru. Ada perawatan extra lah. Ditambah agak berisik suaranya. Ada bbrapa org yg enggak suka, klo ane sih malah demen hahahaha..
Tapi tenaga bisa up sampe 210 bhp pasang intercooler. Merk biasa jg gpp yg 4 jutaan. Paling bagus merk Flex made in Thailand. Harga 7 jutaan plug & play. Full alumunium.
Kalo remap doank bs dpt 160an BHP. Cukupan sih buat harian sisanya stock engine standart, dan enggak pusing perawatan extra. Paling banter ganti downpipe aja yg lebih plong.
Paling demen ngeliat ic nya flex
Ane ditawarin yg lebih gede dari ic flex dan harganya lebih mahal keknya buat ukuran hilux deh itu baru pas
Berarti remap aja dulu ya sekiranya kurang ganti DP aja utk harian sip
Thanks Ilmu nya om
Maklum bru megang 2GD ngeliat racun" Modifikasi nya khilaf

2GD sudah ada Intercooler nya dari Toyota nya
2KD non VNT yg gak ada FMIC nya
2KD pasang FMIC bunyi2 ? Punya saya engga tuh......sama sekali gak ada bunyi2......itu semua tergantung "kecerdasan" saat proses instalasi nya aja......hehehhe
Hanya untuk memperjelas, mungkin temen2 yang mau pasang FMIC itu pengen tau apakah suara & getaran mesin ada perbedaan antara kondisi standard tanpa FMIC dengan kondisi sudah pasang FMIC.
Kalau dari pengalaman ane sendiri sih PASTI ada perbedaan, bukan bunyi2an karena benturan2 pipa dengan body mobil yah tapi dari suara "dengung" angin yang harus muter jauh lewat pipa & kisi2 IC. Suara "ngenggg" yang wajar2 aja sih karena kan angin kena tekanan lewat kisi2 IC. Awal2 yah gak biasa tapi lama2 yah kaya standard juga jadinya. Ini bicara FMIC + Dastek yah, ntah kalau FMIC + Remap yang mungkin saja ada perbedaan.
Kalau getaran mesin bertambah yah juga wajar2 aja karena itu pipa panjang kaya belalai begitu kan cuman di tahan di bagian atas aja baut2nya, lalu ditempel di mesin diesel 2KD yang menurut ane standardnya aja getarannya tidak sehalus 2GD, yah goyangan saat idle makin berasa, tapi saat lagi jalan yah normal lagi.
Mungkin di 2KD Om Turbo instalasi & FMIC nya lebih advance & mesin remap (bukan dastek) jadi tidak ada perbedaan sama sekali antara standard & pasang FMIC... atau settingan remap bukan untuk ngejar output mesin yang besar sehingga tekanan boost turbo juga tidak besar CMIIW.
Yang pasti kalau cuman buat settingan mild 170/400 sih jauh lebih enak tanpa FMIC, RPM bawah (dari kondisi stop) lebih galak karena dalam kondisi standard angin langsung "by-pass" diatas, gak muter2 dulu kaya di FMIC... ini yang bicara Om Rudy RS Tunning yang di veteran waktu ane retune disana. Kalau sudah pasang FMIC di RPM tengah & atasnya memang lebih galak jauh. Yang ane rasa yah memang betul seperti itu setelah lepas FMIC & re-tune Dastek.
Oh yah FMIC yang ane pake itu bukan merek Flex seperti yang dipakai oleh Om2 disini, jadi mungkin saja berbeda pengalamannya. Sekali lagi ini pengalaman pribadi, bagi yang penasaran yah coba aja pakai FMIC mana tau ketagihan hahaha... kalau gak cocok yah tinggal lepas & jual lagi aja, kayanya secondnya juga banyak yang nyari. Ada yang cocok & ada yang gak cocok pasang FMIC, kalau di ane pribadi sih kurang cocok aja karena lebih ngejar kehalusan suara mesin & getaran yang seminim mungkin... imho yah