Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Mar 25, 2020 1:12
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Halo suhu-suhu. Pengen tanya2 nih. Ni 2kd 2008 ane kayanya sudah harus turnmesin nih, asap blowby dan di dipstick udah parah bgt. Udah kaya org lagi ngevape. Mungkin agan2 disini ada rekomendasi bengkel diesel sekitar malang untuk turun mesin innova diesel 2008?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Bawa Surabaya aja bro, Elysium Autotech bagus, search di google ada kokBerriamani wrote: Fri Oct 16, 2020 8:36 Halo suhu-suhu. Pengen tanya2 nih. Ni 2kd 2008 ane kayanya sudah harus turnmesin nih, asap blowby dan di dipstick udah parah bgt. Udah kaya org lagi ngevape. Mungkin agan2 disini ada rekomendasi bengkel diesel sekitar malang untuk turun mesin innova diesel 2008?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Sun Jan 17, 2016 23:05
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Malem om2...
Mau tanya donk..ada yg pengalaman maf nya bermasalah ga?
Ipah saya berat dan suara mesin kasar..abis maf disemprot pembersih c*c, jadi adem dan enteng..tp besok nya kumat lagi...2 mingguan begitu..skrg klo disemprot ga ngaruh lagi..
Apa maf nya sudah minta ganti..krn harga mayan..sy takutnya udah ganti..eh bukan maf nya..wkwkkw..
Mau tanya donk..ada yg pengalaman maf nya bermasalah ga?
Ipah saya berat dan suara mesin kasar..abis maf disemprot pembersih c*c, jadi adem dan enteng..tp besok nya kumat lagi...2 mingguan begitu..skrg klo disemprot ga ngaruh lagi..
Apa maf nya sudah minta ganti..krn harga mayan..sy takutnya udah ganti..eh bukan maf nya..wkwkkw..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 08, 2019 19:37
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova diesel V 2012
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Suhu2, stlh baca2 ada beberapa yg pakai IC blg berisik krn benturan pipingnya ke body, apakah ada caranya supaya mengurangi suara berisiknya, sama karet emank harus gnti sktr 2 tahun sekali ya, tanda2 klo piping bocor apa ya? Soalnya ada rencana mau pasang ic, mohon pencerahannya suhu2 
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Sebenernya berisiknya kaya suara angin gitu rada ncess-ncess . Sama getaran mesinnya agak kasar.well wrote: Tue Oct 13, 2020 2:06KielConstantine wrote: Mon Oct 12, 2020 16:28Tergantung om type orangnya ky gimana dlm ngerawat mobil. Pasang intercooler ada perhatian extra khususnya di karet-karet samco sambung2an pipa. Biasanya usia mau 2 thn musti ganti lagi pake karet2 yg baru. Ada perawatan extra lah. Ditambah agak berisik suaranya. Ada bbrapa org yg enggak suka, klo ane sih malah demen hahahaha..RobbyKodo wrote: Sun Oct 11, 2020 9:03 Sudah 2 mingguan pake ipah 2kd
Pengen upgrade harian pasang IC, ATF cooler dan remap
Kira" Yg paling pertama dari ketiga itu apa ya suhu semua
Dan utk IC mesti pake merk yg jelas atau tidak ya?
Tapi tenaga bisa up sampe 210 bhp pasang intercooler. Merk biasa jg gpp yg 4 jutaan. Paling bagus merk Flex made in Thailand. Harga 7 jutaan plug & play. Full alumunium.
Kalo remap doank bs dpt 160an BHP. Cukupan sih buat harian sisanya stock engine standart, dan enggak pusing perawatan extra. Paling banter ganti downpipe aja yg lebih plong.
klo intercooler tambahan dengan bawaan mobil apa beda? di VNT turbo juga ada intercooler bawaan pabrik, tp relatif tidak berisik.
Fortuner VNT ud bawaan pabrik pake intercooler pastinya sudh diresearch sungguh2 sama insinyur toyota sana. Jadinya tetep nyaman dipakai harian.
Kalo innova 2kd kan emang kg ada IC bawaan dari pabrik, jadi dibikin sama perusahaan aftermarket. Contohnya si Flex ini made in Thailand. Ada plus minusnya, anggep aja buat enthusiast gitu hahahaha....
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Masalah karet tergolong opsional om soul. Enggak diganti juga gpp selama daya tahannya masih bagus.Soul90 wrote: Sat Oct 17, 2020 14:43 Suhu2, stlh baca2 ada beberapa yg pakai IC blg berisik krn benturan pipingnya ke body, apakah ada caranya supaya mengurangi suara berisiknya, sama karet emank harus gnti sktr 2 tahun sekali ya, tanda2 klo piping bocor apa ya? Soalnya ada rencana mau pasang ic, mohon pencerahannya suhu2![]()
Kalo ane sih pribadi lbh baik di maintain/replace aja karet2 sambungan hose nya itu tiap 2-3 thn sekali. Drpd semisalnya ditengah jalan lagi enak ngebut eh tiba-tiba boost leak / bocor trus mobil kg ada tenaga gara2 urusan karet silicone hose sambungan piping mulai getas.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Upgrade handling innova 2KD
Haloo mumpung lagi ada waktu, mau update lagi keadaan ipah diesel ane skarang.
Jadi ceritanya shock bilstein silver ane bocor kan tuh. Usia pakai enggak sampe 2 thn pdhl, dulu pasang di sekitar oktober 2018, pas Agustus 2020 kemaren udah bocor oli di bagian belakang alias kg maen lg, sama bagian depan kanan juga mulai ada rembes oli. Jadinya bantingan enggak enak banget. Sebelumnya ane puas banget sih pake si bilstein ini. Tapi keknya namanya barang made in german. Enak iya superb iya. TAPI UMUR ENGGAK LAMA. Sama lah kek produk2 kendaraan mereka yg dikit2 rewel minta dimanja. You name it
OK, lanjut. akhirnya ane pesen ini shock baru.



ProFender Made in Thailand. Ane tebus dengan total harga 5.2 juta full 4 titik depan belakang.
Lagi2 ane lebih percaya barang Thailand skarang, dengan harapan daya tahannya kuat; umur lebih panjang aka durable.

Kelebihannya ini shock bisa diatur tingkat kekerasannya. Ada 4 point.
Mulai dari angka 1 bantingan empuk; angka 2 mulai keras, angka 3 makin keras; angka 4 keras banget.
Jangan coba-coba stell nomor 4, kaya gerobak sumpah. Tapi sebagai gantinya handling improved banget.

Penampakan tersangka shock bilstein yg sudh bocor lemah , pdhl usia pakai kg sampai 2 tahun. Yg kuning profender.


Penampakan shock profender terpasang di bagian belakang, dipadu dengan per Tein.


Penampakan shock bagian depan terpasang, dengan per Tein S-Tech Hijau khusus innova 2KD.
OK semua shock & per sudah terpasang lagi... tapi ane ada pesen barang tambahan buat improve handling si ipah....

Yap ini namanya chasis tuning, kluaran Ultra Racing. Ini made in Malaysia hahahaha. Asia lagi.

Ane pesen 3 batang total Rp 4 juta. Kolong depan 4 point; Bagasi atas 2 point; sama kolong blakang deket ban serep 2 point.


Ini dipasang di bagian bagasi atas. Kaya gitu penampakannya.
Semua selesai terpasang. Test jalan mobil.
Feel pertama ane pas puter stir mau belok speed 5 km/h. "Busettt berat banget setirannya.."
Test lagi ada belokan U-Turn . Kali ini ane gas poll sampe speed 40 km/h trus puter stir......
Mobil langsung power slide dengan bunyi ban belakang berdecit keras . Dan hebatnya body mobil KAKU. dan ane kg ngeri sama skali wkwkwkwk.
Test lagi lari di toll, sampe 120-130 km/h trus banting-banting pindah jalur kanan-kiri . Behhhh gile jadi lebih enggak serem. Kalo dibilang handling kaya BMW sih lebay ya, tp ini ane jd lebih pede aja buat selap selip high speed.
Test lagi terakhir, ane suruh cewe ane duduk di jok tengah posisi tengah. Ada belokan komplek 90 drajat, ane belok dengan speed 20 km/h. Dy cuma bilang "jadi enak loh skarang, enggak pusing kaya dulu, dulu kan tiap loe belok badan langsung kek mau terhempas". Begitu ketemu polisi tidur, dy malah demen soalnya enggak goyang gajelas kek kapal si ipah. Ini shock profender ane setting di posisi angka 2 padahal.. Dulu awal2 pasang test di angka 4, doi ngomel2 bantingan kek naek batu. bukan naek mobil wkwkwkwkw
Itu dulu, nanti lanjut update2 lagi..
Jadi ceritanya shock bilstein silver ane bocor kan tuh. Usia pakai enggak sampe 2 thn pdhl, dulu pasang di sekitar oktober 2018, pas Agustus 2020 kemaren udah bocor oli di bagian belakang alias kg maen lg, sama bagian depan kanan juga mulai ada rembes oli. Jadinya bantingan enggak enak banget. Sebelumnya ane puas banget sih pake si bilstein ini. Tapi keknya namanya barang made in german. Enak iya superb iya. TAPI UMUR ENGGAK LAMA. Sama lah kek produk2 kendaraan mereka yg dikit2 rewel minta dimanja. You name it

OK, lanjut. akhirnya ane pesen ini shock baru.



ProFender Made in Thailand. Ane tebus dengan total harga 5.2 juta full 4 titik depan belakang.
Lagi2 ane lebih percaya barang Thailand skarang, dengan harapan daya tahannya kuat; umur lebih panjang aka durable.

Kelebihannya ini shock bisa diatur tingkat kekerasannya. Ada 4 point.
Mulai dari angka 1 bantingan empuk; angka 2 mulai keras, angka 3 makin keras; angka 4 keras banget.
Jangan coba-coba stell nomor 4, kaya gerobak sumpah. Tapi sebagai gantinya handling improved banget.

Penampakan tersangka shock bilstein yg sudh bocor lemah , pdhl usia pakai kg sampai 2 tahun. Yg kuning profender.


Penampakan shock profender terpasang di bagian belakang, dipadu dengan per Tein.


Penampakan shock bagian depan terpasang, dengan per Tein S-Tech Hijau khusus innova 2KD.
OK semua shock & per sudah terpasang lagi... tapi ane ada pesen barang tambahan buat improve handling si ipah....

Yap ini namanya chasis tuning, kluaran Ultra Racing. Ini made in Malaysia hahahaha. Asia lagi.

Ane pesen 3 batang total Rp 4 juta. Kolong depan 4 point; Bagasi atas 2 point; sama kolong blakang deket ban serep 2 point.


Ini dipasang di bagian bagasi atas. Kaya gitu penampakannya.
Semua selesai terpasang. Test jalan mobil.
Feel pertama ane pas puter stir mau belok speed 5 km/h. "Busettt berat banget setirannya.."

Test lagi ada belokan U-Turn . Kali ini ane gas poll sampe speed 40 km/h trus puter stir......
Mobil langsung power slide dengan bunyi ban belakang berdecit keras . Dan hebatnya body mobil KAKU. dan ane kg ngeri sama skali wkwkwkwk.
Test lagi lari di toll, sampe 120-130 km/h trus banting-banting pindah jalur kanan-kiri . Behhhh gile jadi lebih enggak serem. Kalo dibilang handling kaya BMW sih lebay ya, tp ini ane jd lebih pede aja buat selap selip high speed.
Test lagi terakhir, ane suruh cewe ane duduk di jok tengah posisi tengah. Ada belokan komplek 90 drajat, ane belok dengan speed 20 km/h. Dy cuma bilang "jadi enak loh skarang, enggak pusing kaya dulu, dulu kan tiap loe belok badan langsung kek mau terhempas". Begitu ketemu polisi tidur, dy malah demen soalnya enggak goyang gajelas kek kapal si ipah. Ini shock profender ane setting di posisi angka 2 padahal.. Dulu awal2 pasang test di angka 4, doi ngomel2 bantingan kek naek batu. bukan naek mobil wkwkwkwkw
Itu dulu, nanti lanjut update2 lagi..

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 974
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Thx infonyaKielConstantine wrote: Sat Oct 17, 2020 18:10Sebenernya berisiknya kaya suara angin gitu rada ncess-ncess . Sama getaran mesinnya agak kasar.well wrote: Tue Oct 13, 2020 2:06KielConstantine wrote: Mon Oct 12, 2020 16:28
Tergantung om type orangnya ky gimana dlm ngerawat mobil. Pasang intercooler ada perhatian extra khususnya di karet-karet samco sambung2an pipa. Biasanya usia mau 2 thn musti ganti lagi pake karet2 yg baru. Ada perawatan extra lah. Ditambah agak berisik suaranya. Ada bbrapa org yg enggak suka, klo ane sih malah demen hahahaha..
Tapi tenaga bisa up sampe 210 bhp pasang intercooler. Merk biasa jg gpp yg 4 jutaan. Paling bagus merk Flex made in Thailand. Harga 7 jutaan plug & play. Full alumunium.
Kalo remap doank bs dpt 160an BHP. Cukupan sih buat harian sisanya stock engine standart, dan enggak pusing perawatan extra. Paling banter ganti downpipe aja yg lebih plong.
klo intercooler tambahan dengan bawaan mobil apa beda? di VNT turbo juga ada intercooler bawaan pabrik, tp relatif tidak berisik.
Fortuner VNT ud bawaan pabrik pake intercooler pastinya sudh diresearch sungguh2 sama insinyur toyota sana. Jadinya tetep nyaman dipakai harian.
Kalo innova 2kd kan emang kg ada IC bawaan dari pabrik, jadi dibikin sama perusahaan aftermarket. Contohnya si Flex ini made in Thailand. Ada plus minusnya, anggep aja buat enthusiast gitu hahahaha....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 974
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Apa ada olinl di knalpotnya? Ngga cb tes kompresi dl? Menurut saya blow by gas tdk ba jadi patokan.Berriamani wrote: Fri Oct 16, 2020 8:36 Halo suhu-suhu. Pengen tanya2 nih. Ni 2kd 2008 ane kayanya sudah harus turnmesin nih, asap blowby dan di dipstick udah parah bgt. Udah kaya org lagi ngevape. Mungkin agan2 disini ada rekomendasi bengkel diesel sekitar malang untuk turun mesin innova diesel 2008?
Mobil sy dr baru jg udah ngasep
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
teman yg msh aktif balap 2 KD sentul 13 detikan...msh nguber 12 detikan...
blm lama beli a45 AMG....
ktnya kagak berasa akselerasi bawahnya dibanding 2 KD...
langsung modif pesan turbo dr jerman....lupa kiblatnya bukan AMG atau brabus...dan buka sepit limit ke 300...
udah gw nasehatin sbelumnya buat apa beli bensin...
enak diesel... kencang irit kuat awet ac dingin kulkas...
blm lama beli a45 AMG....
ktnya kagak berasa akselerasi bawahnya dibanding 2 KD...
langsung modif pesan turbo dr jerman....lupa kiblatnya bukan AMG atau brabus...dan buka sepit limit ke 300...
udah gw nasehatin sbelumnya buat apa beli bensin...
enak diesel... kencang irit kuat awet ac dingin kulkas...

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Mar 25, 2020 1:12
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Belum sih om. Tp ini carter oli udah mulai rembes2 mayan parah. Katanya sih gara2 udah mulai los kompresi, jadi bikin itunya rembes2.well wrote: Sun Oct 18, 2020 5:38Apa ada olinl di knalpotnya? Ngga cb tes kompresi dl? Menurut saya blow by gas tdk ba jadi patokan.Berriamani wrote: Fri Oct 16, 2020 8:36 Halo suhu-suhu. Pengen tanya2 nih. Ni 2kd 2008 ane kayanya sudah harus turnmesin nih, asap blowby dan di dipstick udah parah bgt. Udah kaya org lagi ngevape. Mungkin agan2 disini ada rekomendasi bengkel diesel sekitar malang untuk turun mesin innova diesel 2008?
Mobil sy dr baru jg udah ngasep
Dan olinya, sebelum rembes ini sih ga kurang derastis bgt om. Cm pas rembes ini agak mulai kurang kayanya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Ud dimodif sampe 200 hp aja konsumsi solar cuman 9 km/l metode bawa kaki kg pernah sekolah... mana biosolar harga gocengan doank. Kurang irit apa tu wkwk
Tapi lagi2 beda kelas sama eropa. Masuk lobby hotel, langsung diarahin satpam masuk ke basement .
Tapi lagi2 beda kelas sama eropa. Masuk lobby hotel, langsung diarahin satpam masuk ke basement .

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38
Re: Upgrade handling innova 2KD
KielConstantine wrote: Sat Oct 17, 2020 19:17 Haloo mumpung lagi ada waktu, mau update lagi keadaan ipah diesel ane skarang.
Jadi ceritanya shock bilstein silver ane bocor kan tuh. Usia pakai enggak sampe 2 thn pdhl, dulu pasang di sekitar oktober 2018, pas Agustus 2020 kemaren udah bocor oli di bagian belakang alias kg maen lg, sama bagian depan kanan juga mulai ada rembes oli. Jadinya bantingan enggak enak banget. Sebelumnya ane puas banget sih pake si bilstein ini. Tapi keknya namanya barang made in german. Enak iya superb iya. TAPI UMUR ENGGAK LAMA. Sama lah kek produk2 kendaraan mereka yg dikit2 rewel minta dimanja. You name it![]()
OK, lanjut. akhirnya ane pesen ini shock baru.
ganti shock dimana om?
kbtulan lagi mau ganti shock

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 08, 2019 19:37
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova diesel V 2012
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
bener jg c sbnrnya, itungan 2-3 tahun anggep aja uda umurnya, jd aman jg dijalan gk was2 tba2 gk ada tenaga dijalan.. Klo soal berisiknya apa bsa di minimalisir? Bagian yg dket2 body dilapis sesuatu kali ya hrusnya?KielConstantine wrote: Sat Oct 17, 2020 18:20Masalah karet tergolong opsional om soul. Enggak diganti juga gpp selama daya tahannya masih bagus.Soul90 wrote: Sat Oct 17, 2020 14:43 Suhu2, stlh baca2 ada beberapa yg pakai IC blg berisik krn benturan pipingnya ke body, apakah ada caranya supaya mengurangi suara berisiknya, sama karet emank harus gnti sktr 2 tahun sekali ya, tanda2 klo piping bocor apa ya? Soalnya ada rencana mau pasang ic, mohon pencerahannya suhu2![]()
Kalo ane sih pribadi lbh baik di maintain/replace aja karet2 sambungan hose nya itu tiap 2-3 thn sekali. Drpd semisalnya ditengah jalan lagi enak ngebut eh tiba-tiba boost leak / bocor trus mobil kg ada tenaga gara2 urusan karet silicone hose sambungan piping mulai getas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Pengalaman pakai FMIC sih memang beda pada suara & getaran mesin. FMIC kan udara harus muter dulu cukup jauh lewat pipa & kisi2 nya, jadi kalau yang ane notice saat idle itu ada suara dengungan masuk kabin & vibrasi bertambah, saat sudah jalan yah seperti normal tapi saat akselerasi (kick down) yah dia ngegerung/dengung lagi.Soul90 wrote:bener jg c sbnrnya, itungan 2-3 tahun anggep aja uda umurnya, jd aman jg dijalan gk was2 tba2 gk ada tenaga dijalan.. Klo soal berisiknya apa bsa di minimalisir? Bagian yg dket2 body dilapis sesuatu kali ya hrusnya?KielConstantine wrote: Sat Oct 17, 2020 18:20Masalah karet tergolong opsional om soul. Enggak diganti juga gpp selama daya tahannya masih bagus.Soul90 wrote: Sat Oct 17, 2020 14:43 Suhu2, stlh baca2 ada beberapa yg pakai IC blg berisik krn benturan pipingnya ke body, apakah ada caranya supaya mengurangi suara berisiknya, sama karet emank harus gnti sktr 2 tahun sekali ya, tanda2 klo piping bocor apa ya? Soalnya ada rencana mau pasang ic, mohon pencerahannya suhu2 [emoji120]
Kalo ane sih pribadi lbh baik di maintain/replace aja karet2 sambungan hose nya itu tiap 2-3 thn sekali. Drpd semisalnya ditengah jalan lagi enak ngebut eh tiba-tiba boost leak / bocor trus mobil kg ada tenaga gara2 urusan karet silicone hose sambungan piping mulai getas.
Buat yang sensitif dengan suara2 tambahan yang aneh2 & getaran sih better gak recommend pasang FMIC, kecuali hobbyist & mau upgrade tenaga sampai diatas 200/450.
Ane pasang selama 4 taon yah betul itu karet2 nya harus ganti sampai 2x, memang sudah umurnya 2 taon sekali ganti. Lalu kisi2nya itu meski sudah kasih tambahan jaring kawat, tetap aja kerikil2 kecil bisa bikin bocor halus. Yang paling bahaya adalah mobil sama sekali tidak boleh "nyundul" mobil depan, kisi2 IC gampang rusak/bocor halus. Terakhir saat start & matiin mesin itu goyangan mesin jadi makin aduhai godekanya.
Intinya ada trade off antara tenaga + torsi yang nambah dengan suara + getaran yang nambah. Ane pake 4 taon aja lalu lepas karena driver bawa & ada nyundul mobil depan beberapa kali sehingga kisi2 IC ada bocor halus, lepas FMIC, re-tune rasanya hidup lebih tenang [emoji16]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Oct 19, 2019 11:50
- Location: Tangerang
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Wah pas banget lagi cari shock, tpi kalau ga memperhitungkan ada adjustable nya profender, lebih enak pakai profender atau bilstein ya om?KielConstantine wrote:Haloo mumpung lagi ada waktu, mau update lagi keadaan ipah diesel ane skarang.
Jadi ceritanya shock bilstein silver ane bocor kan tuh. Usia pakai enggak sampe 2 thn pdhl, dulu pasang di sekitar oktober 2018, pas Agustus 2020 kemaren udah bocor oli di bagian belakang alias kg maen lg, sama bagian depan kanan juga mulai ada rembes oli. Jadinya bantingan enggak enak banget. Sebelumnya ane puas banget sih pake si bilstein ini. Tapi keknya namanya barang made in german. Enak iya superb iya. TAPI UMUR ENGGAK LAMA. Sama lah kek produk2 kendaraan mereka yg dikit2 rewel minta dimanja. You name it![]()
OK, lanjut. akhirnya ane pesen ini shock baru.
ProFender Made in Thailand. Ane tebus dengan total harga 5.2 juta full 4 titik depan belakang.
Lagi2 ane lebih percaya barang Thailand skarang, dengan harapan daya tahannya kuat; umur lebih panjang aka durable.
Kelebihannya ini shock bisa diatur tingkat kekerasannya. Ada 4 point.
Mulai dari angka 1 bantingan empuk; angka 2 mulai keras, angka 3 makin keras; angka 4 keras banget.
Jangan coba-coba stell nomor 4, kaya gerobak sumpah. Tapi sebagai gantinya handling improved banget.
Penampakan tersangka shock bilstein yg sudh bocor lemah , pdhl usia pakai kg sampai 2 tahun. Yg kuning profender.
Penampakan shock profender terpasang di bagian belakang, dipadu dengan per Tein.
Penampakan shock bagian depan terpasang, dengan per Tein S-Tech Hijau khusus innova 2KD.
OK semua shock & per sudah terpasang lagi... tapi ane ada pesen barang tambahan buat improve handling si ipah....
Yap ini namanya chasis tuning, kluaran Ultra Racing. Ini made in Malaysia hahahaha. Asia lagi.
Ane pesen 3 batang total Rp 4 juta. Kolong depan 4 point; Bagasi atas 2 point; sama kolong blakang deket ban serep 2 point.
Ini dipasang di bagian bagasi atas. Kaya gitu penampakannya.
Semua selesai terpasang. Test jalan mobil.
Feel pertama ane pas puter stir mau belok speed 5 km/h. "Busettt berat banget setirannya.."
Test lagi ada belokan U-Turn . Kali ini ane gas poll sampe speed 40 km/h trus puter stir......
Mobil langsung power slide dengan bunyi ban belakang berdecit keras . Dan hebatnya body mobil KAKU. dan ane kg ngeri sama skali wkwkwkwk.
Test lagi lari di toll, sampe 120-130 km/h trus banting-banting pindah jalur kanan-kiri . Behhhh gile jadi lebih enggak serem. Kalo dibilang handling kaya BMW sih lebay ya, tp ini ane jd lebih pede aja buat selap selip high speed.
Test lagi terakhir, ane suruh cewe ane duduk di jok tengah posisi tengah. Ada belokan komplek 90 drajat, ane belok dengan speed 20 km/h. Dy cuma bilang "jadi enak loh skarang, enggak pusing kaya dulu, dulu kan tiap loe belok badan langsung kek mau terhempas". Begitu ketemu polisi tidur, dy malah demen soalnya enggak goyang gajelas kek kapal si ipah. Ini shock profender ane setting di posisi angka 2 padahal.. Dulu awal2 pasang test di angka 4, doi ngomel2 bantingan kek naek batu. bukan naek mobil wkwkwkwkw
Itu dulu, nanti lanjut update2 lagi..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: xtrail
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
lagi cari intercooler flex kalo bs , merk lain jg boleh utk 2kd (second) kalo ada boleh dm ane ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Nov 29, 2016 3:10
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
temen2, ada yg tau bengkel rekomended di pekanbaru ga ya? saya baru pidah ke kota ini
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 08, 2019 19:37
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova diesel V 2012
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
klo ganti karet2 nya itu perkiran DC nya dikira2 dikisaran berapa ya? Klo gk salah ada 4-5 titik.. Oh berarti yg berisik itu bukan krn piping mentok ke body, tp suara angin, bisa ke cover sama suara audio gk suaranya? Klo skrg posisi pke dp stainless suara suing2 turbo masuk malah seneng c enak dgrnya, gk ganggu.. Klo nyundul amit2 dh om, bukan krn IC nya, tp jd urusan hehebenzz89 wrote: Mon Oct 19, 2020 0:59Pengalaman pakai FMIC sih memang beda pada suara & getaran mesin. FMIC kan udara harus muter dulu cukup jauh lewat pipa & kisi2 nya, jadi kalau yang ane notice saat idle itu ada suara dengungan masuk kabin & vibrasi bertambah, saat sudah jalan yah seperti normal tapi saat akselerasi (kick down) yah dia ngegerung/dengung lagi.Soul90 wrote:bener jg c sbnrnya, itungan 2-3 tahun anggep aja uda umurnya, jd aman jg dijalan gk was2 tba2 gk ada tenaga dijalan.. Klo soal berisiknya apa bsa di minimalisir? Bagian yg dket2 body dilapis sesuatu kali ya hrusnya?KielConstantine wrote: Sat Oct 17, 2020 18:20
Masalah karet tergolong opsional om soul. Enggak diganti juga gpp selama daya tahannya masih bagus.
Kalo ane sih pribadi lbh baik di maintain/replace aja karet2 sambungan hose nya itu tiap 2-3 thn sekali. Drpd semisalnya ditengah jalan lagi enak ngebut eh tiba-tiba boost leak / bocor trus mobil kg ada tenaga gara2 urusan karet silicone hose sambungan piping mulai getas.
Buat yang sensitif dengan suara2 tambahan yang aneh2 & getaran sih better gak recommend pasang FMIC, kecuali hobbyist & mau upgrade tenaga sampai diatas 200/450.
Ane pasang selama 4 taon yah betul itu karet2 nya harus ganti sampai 2x, memang sudah umurnya 2 taon sekali ganti. Lalu kisi2nya itu meski sudah kasih tambahan jaring kawat, tetap aja kerikil2 kecil bisa bikin bocor halus. Yang paling bahaya adalah mobil sama sekali tidak boleh "nyundul" mobil depan, kisi2 IC gampang rusak/bocor halus. Terakhir saat start & matiin mesin itu goyangan mesin jadi makin aduhai godekanya.
Intinya ada trade off antara tenaga + torsi yang nambah dengan suara + getaran yang nambah. Ane pake 4 taon aja lalu lepas karena driver bawa & ada nyundul mobil depan beberapa kali sehingga kisi2 IC ada bocor halus, lepas FMIC, re-tune rasanya hidup lebih tenang [emoji16]
Soalnya mau buat ngejar dptin 200hpan aja c, makanya mau pke IC, cma masi timbang2 +- nya dl pakai dan tanpa pakai
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Kalo boleh jujur. Lebih enak bilstein silver om. Bantingannya tuh firm. Keras tapi enak ky mobil eropa pada umumnya.b00st23 wrote: Mon Oct 19, 2020 1:22 Wah pas banget lagi cari shock, tpi kalau ga memperhitungkan ada adjustable nya profender, lebih enak pakai profender atau bilstein ya om?
Ini profender kayanya cocok buat bawa beban berat sampe 2Ton wakakakaka. Makanya klo disetting no.4 jd kek naek batu. Ngincer durablenya sih klo profender.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Upgrade handling innova 2KD
Ini shock profender ane pesen sama si ivan @empiregarage ada instagramnya. Di tokopedia jg ada yg jual kok.
Pasang di bengkel langganan daerah tangerang di pergudangan arcadia.
Bukan sales profender

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Seinget ane nih om CMIIW yah . Karet2 hose fullset samco buat intercooler harganya 400-500 ribuan. Dapet 6 pcs yah ud sepaket gitu.. cincay lahh replace 2 thn skali wkwkwkwkSoul90 wrote: Mon Oct 19, 2020 13:26 klo ganti karet2 nya itu perkiran DC nya dikira2 dikisaran berapa ya? Klo gk salah ada 4-5 titik.. Oh berarti yg berisik itu bukan krn piping mentok ke body, tp suara angin, bisa ke cover sama suara audio gk suaranya? Klo skrg posisi pke dp stainless suara suing2 turbo masuk malah seneng c enak dgrnya, gk ganggu.. Klo nyundul amit2 dh om, bukan krn IC nya, tp jd urusan hehe
Soalnya mau buat ngejar dptin 200hpan aja c, makanya mau pke IC, cma masi timbang2 +- nya dl pakai dan tanpa pakai
Kalo intercooler macam Flex gitu sih kg mentok kebody. Udh diukur keknya sama org thailand yg bikin. Plug & play makanya tinggal pasang doankss..
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Karet flex periodik ganti juga,ya om?thanksKielConstantine wrote: Mon Oct 19, 2020 14:24Seinget ane nih om CMIIW yah . Karet2 hose fullset samco buat intercooler harganya 400-500 ribuan. Dapet 6 pcs yah ud sepaket gitu.. cincay lahh replace 2 thn skali wkwkwkwkSoul90 wrote: Mon Oct 19, 2020 13:26 klo ganti karet2 nya itu perkiran DC nya dikira2 dikisaran berapa ya? Klo gk salah ada 4-5 titik.. Oh berarti yg berisik itu bukan krn piping mentok ke body, tp suara angin, bisa ke cover sama suara audio gk suaranya? Klo skrg posisi pke dp stainless suara suing2 turbo masuk malah seneng c enak dgrnya, gk ganggu.. Klo nyundul amit2 dh om, bukan krn IC nya, tp jd urusan hehe
Soalnya mau buat ngejar dptin 200hpan aja c, makanya mau pke IC, cma masi timbang2 +- nya dl pakai dan tanpa pakai
Kalo intercooler macam Flex gitu sih kg mentok kebody. Udh diukur keknya sama org thailand yg bikin. Plug & play makanya tinggal pasang doankss..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Halooo om captain. Iya diganti periodik skitar 2 atau 3 thn skali, buat preventif aja sih.nugroho bagor wrote: Mon Oct 19, 2020 19:27Karet flex periodik ganti juga,ya om?thanksKielConstantine wrote: Mon Oct 19, 2020 14:24Seinget ane nih om CMIIW yah . Karet2 hose fullset samco buat intercooler harganya 400-500 ribuan. Dapet 6 pcs yah ud sepaket gitu.. cincay lahh replace 2 thn skali wkwkwkwkSoul90 wrote: Mon Oct 19, 2020 13:26 klo ganti karet2 nya itu perkiran DC nya dikira2 dikisaran berapa ya? Klo gk salah ada 4-5 titik.. Oh berarti yg berisik itu bukan krn piping mentok ke body, tp suara angin, bisa ke cover sama suara audio gk suaranya? Klo skrg posisi pke dp stainless suara suing2 turbo masuk malah seneng c enak dgrnya, gk ganggu.. Klo nyundul amit2 dh om, bukan krn IC nya, tp jd urusan hehe
Soalnya mau buat ngejar dptin 200hpan aja c, makanya mau pke IC, cma masi timbang2 +- nya dl pakai dan tanpa pakai
Kalo intercooler macam Flex gitu sih kg mentok kebody. Udh diukur keknya sama org thailand yg bikin. Plug & play makanya tinggal pasang doankss..
Paling enak memang mobil standart ting-ting. Zero maintenance khas toyota. Begitu dimodif ubek ubek mesin reliability-nya cenderung berkurang

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 974
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Ada yg pernah pny pengalaman 2KD pakai shock standart reborn? Pernah baca sih katanya lbh enak, lbh anteng boilnya