BLAZER masih worthed gak? - Part 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kalo nggak salah tahun 2003 ke atas. Mesin sama aja dgn tahun2 sebelumnya, ada DOHC ama SOHC. Basic sama, beda atas doang. Harga pasaran, gw gelap dah. Kalo versi poskota antara 70-85 jg kali. Tapi kalo hunting lewat poskota, kondisi nasib2an..
Tapi di dunia blazer indo, tipe yg itu kurang disukai lho.. Katenya type yg itu Brazilian style, not emerikane FBI style.
Tapi di dunia blazer indo, tipe yg itu kurang disukai lho.. Katenya type yg itu Brazilian style, not emerikane FBI style.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jul 18, 2007 2:10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Tergantung defenisi "enak" masing2 orang...
Lg pula mobil seken ini rada2 susah dibanding2in.
Dulu pernah nyetir Terano 1-2 bulan. Tapi belum pernah ngerawat. CUman sekali doang ke BERES.
Kalo soal rawat, udah pasti lebih mudah Terano. Montir yg nggak bisa bhs Indonesia (apalagi Bhs bule...) aja bisa perbaiki kalo ada masalah... . Potensi kerusakasan jg lebih kecil/sedikit di terano. Wong nggak punya ECU dan sensor2..
Tapi fitur dan safety blazer jauh lebih kumplit. Harga sekennya jauh lebih murah. Kalo highway, blazer jauh lebih enak (yg ini versi gw).
Harga sparepart kurang mengerti mana yg lebih mahal. Di threads lain ada postingan harga fast moving blazer. Silakan dibanding.
Edit.
Lupa ada tambahan penting.
BBM lebih hemat blazer. No doubt, no debat. Udah bandingin beberapa kali, habis berapa blazer SOHC dan terano dalam satu minggu kerja, rute yg sama.
Lg pula mobil seken ini rada2 susah dibanding2in.
Dulu pernah nyetir Terano 1-2 bulan. Tapi belum pernah ngerawat. CUman sekali doang ke BERES.
Kalo soal rawat, udah pasti lebih mudah Terano. Montir yg nggak bisa bhs Indonesia (apalagi Bhs bule...) aja bisa perbaiki kalo ada masalah... . Potensi kerusakasan jg lebih kecil/sedikit di terano. Wong nggak punya ECU dan sensor2..
Tapi fitur dan safety blazer jauh lebih kumplit. Harga sekennya jauh lebih murah. Kalo highway, blazer jauh lebih enak (yg ini versi gw).
Harga sparepart kurang mengerti mana yg lebih mahal. Di threads lain ada postingan harga fast moving blazer. Silakan dibanding.
Edit.
Lupa ada tambahan penting.
BBM lebih hemat blazer. No doubt, no debat. Udah bandingin beberapa kali, habis berapa blazer SOHC dan terano dalam satu minggu kerja, rute yg sama.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Aug 12, 2007 0:11
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 19, 2007 13:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 03, 2007 9:20
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
ikutan nimbrung ah,
@ bro asepkadek
saya kebetulan pemakai/penggemar highway/on road-SUV alias jip banci . Saya sekarang pakai santa fe 2001. Untuk blazy, terus terang saya emang belum pernah pakai/pelihara . Cuma saya mau sharing dari comment beberapa pemakai dan dari beberapa forum yg pernah saya baca .
Untuk mesin, blazy ini ada type DOHC dan SOHC. Beberapa rekan dan forum lebih cenderung ke SOHC dengan alasan konsumsi BBM dan kemudahan perawatan. Untuk type DOHC memang lebih bertenaga dengan konsekuensi lebih boros BBM karena torsi dicapai pada RPM yg lebih tinggi dan "katanya" (sorry... ), perawatan lebih mahal dan rumit dibanding type SOHC. Alias kalau blazy mau dipakai dalam kota dengan kondisi sering macet, stop n go, mendingan pilih yg mesin SOHC. CMIIW.
Sedangkan model LT, montera, etc, selain dari beda type mesin juga beda kelengkapan interior (jok kulit, etc). Yg ini sudah pernah dipostingkan sama bro blazy tgl 10 may 2007 di forum ini juga, pls check di
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... c&start=60
CMIIW
Utk teknologi, safety dan feature, SUV ini melebihi rivalnya di jamannya , tapi justru ini mungkin yg jadi bumerang waktu dipasarkan di Indonesia . Orang mungkin takut dengan perawatan etc, jadi lebih milih ke terrano yg dapat dikatakan masih berteknologi "konvensional". Apalagi brand image "opel" mungkin belum sekuat "nissan" di negara kita ini.
Dari forum - forum tsb, mereka lebih menyarankan premium utk BBM, dan untuk olinya yg mineral atau max. semi-syntethic, tdk disarankan yang full syntethic (entah kenapa ya? )
Salam, ada yg mau tambahin?
@ bro asepkadek
saya kebetulan pemakai/penggemar highway/on road-SUV alias jip banci . Saya sekarang pakai santa fe 2001. Untuk blazy, terus terang saya emang belum pernah pakai/pelihara . Cuma saya mau sharing dari comment beberapa pemakai dan dari beberapa forum yg pernah saya baca .
Untuk mesin, blazy ini ada type DOHC dan SOHC. Beberapa rekan dan forum lebih cenderung ke SOHC dengan alasan konsumsi BBM dan kemudahan perawatan. Untuk type DOHC memang lebih bertenaga dengan konsekuensi lebih boros BBM karena torsi dicapai pada RPM yg lebih tinggi dan "katanya" (sorry... ), perawatan lebih mahal dan rumit dibanding type SOHC. Alias kalau blazy mau dipakai dalam kota dengan kondisi sering macet, stop n go, mendingan pilih yg mesin SOHC. CMIIW.
Sedangkan model LT, montera, etc, selain dari beda type mesin juga beda kelengkapan interior (jok kulit, etc). Yg ini sudah pernah dipostingkan sama bro blazy tgl 10 may 2007 di forum ini juga, pls check di
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... c&start=60
CMIIW
Utk teknologi, safety dan feature, SUV ini melebihi rivalnya di jamannya , tapi justru ini mungkin yg jadi bumerang waktu dipasarkan di Indonesia . Orang mungkin takut dengan perawatan etc, jadi lebih milih ke terrano yg dapat dikatakan masih berteknologi "konvensional". Apalagi brand image "opel" mungkin belum sekuat "nissan" di negara kita ini.
Dari forum - forum tsb, mereka lebih menyarankan premium utk BBM, dan untuk olinya yg mineral atau max. semi-syntethic, tdk disarankan yang full syntethic (entah kenapa ya? )
Salam, ada yg mau tambahin?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Waktu pengalaman ganti ban santa fe saya, orang - orang di bengkel tersebut bilang kalau OEM ban untuk SUV Blazy ini emang pakai BS Dueler H/T type 689, Uk. 235/75R15 108S. yaah... santa fe saya akhirnya ngikut deh... ternyata ini ban emang empuk, bandel, tdk berisik, konsumsi BBM tdk begitu beda. Sebelumnya pakai BS turbo686 235/70 R15 dan KUMHO 215/70 R15 (saya lupa typenya)uch wrote:Saya pake dunlop tg 20 A/T. Enak koq. Saya lebih suka dibanding BS Dueller H/T. Yg pasti harga nya jauh lebih murah.
Lg mikir2 ganti ban 31", tapi ragu jg apa bisa terima efek negatifnya yg ngesrot-ngesrot kalo belok patah.
Salam
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Terus terang terang terus, agak susah menjudge ban mana yg lebih enak. Dulu saya pake BS Dueller H/T. Saat ban tsb berumur 4 thn (base on thn produksi yg tertera di ban), kemudian diganti dgn Dunlop TG 20 ukuran yg sama. Ban baru dibanding ban yg berumur 4 thn. Unfair sih. Jadi kalo salah menilai, maklum2 saja ... . But, I still love TG 20 setelah pake hampir 2 thn. Apalagi kalo ingat harga nya, cuman Rp 450k vs almost Rp 700k BS dueller...
@asepkadek
Susah nentuin type mana yg paling disukai. Tapi, persepsi yg dominan di user blazer : Senang dgn mesin SOHC/montera, tapi ngiler ngeliat interior blazer LT DOHC.
@asepkadek
Susah nentuin type mana yg paling disukai. Tapi, persepsi yg dominan di user blazer : Senang dgn mesin SOHC/montera, tapi ngiler ngeliat interior blazer LT DOHC.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
^^Thanks bro for short infonya
pagenya banyak banget sih jd kalo buka/baca atu-atu bisa seminggu selesainya
dulu ga pernah tertarik sih ama nih mobil , dalam benak gw blazer.......mobil mewah, kebayang aja ngga pengen nih mobil ...............tak kenal maka tak sayang
pagenya banyak banget sih jd kalo buka/baca atu-atu bisa seminggu selesainya
dulu ga pernah tertarik sih ama nih mobil , dalam benak gw blazer.......mobil mewah, kebayang aja ngga pengen nih mobil ...............tak kenal maka tak sayang
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
asepkadek wrote:^^Thanks bro for short infonya
pagenya banyak banget sih jd kalo buka/baca atu-atu bisa seminggu selesainya
dulu ga pernah tertarik sih ama nih mobil , dalam benak gw blazer.......mobil mewah, kebayang aja ngga pengen nih mobil ...............tak kenal maka tak sayang
sama - sama bro...
atau mau coba santa fe? link: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6352
Sorry OOT, kan katanya tak kenal maka tak sayang?
Peace
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kemarin baca2 di media otomotif daftar harga fast moving beberapa mobil yg umum populasinya di Indo. Gw cukup familiar dgn 2 jenis mobil Japan yg tertera di situ. Dari harga part nya, seperti nya itu harga part original tapi beli di toko luar. Dan ternyataaaa.... fast moving blazer (seperti list dibawah) masih termasuk murah dibanding beberapa mobil Japan/Asia.
Sssstttt....!! Jgn sampe orang GM Indo tau tuh...
Di blazer, yg harga nya "ngagetin" itu kabel busi. 1 set kabel original bisa dapet 6 set kabel busi racing kayak Hurricane, bluethunder, dll. Aneh banget.. ! Kalo beli satuan, 1 biji kabel original bisa lebih mahal dari modul ICM nya sendiri (Ignition Controllling Modul). Tapi montera gw udah hampir 185 ribu km, belum butuh ganti kabel busi koq..
Sssstttt....!! Jgn sampe orang GM Indo tau tuh...
Di blazer, yg harga nya "ngagetin" itu kabel busi. 1 set kabel original bisa dapet 6 set kabel busi racing kayak Hurricane, bluethunder, dll. Aneh banget.. ! Kalo beli satuan, 1 biji kabel original bisa lebih mahal dari modul ICM nya sendiri (Ignition Controllling Modul). Tapi montera gw udah hampir 185 ribu km, belum butuh ganti kabel busi koq..
Sekedar sharing untuk harga fast moving Blazer sebagaimana yang Bapak
tanyakan, diantaranya adalah sebagai berikut :
Filter oli Rp. 33.000
Filter Udara Rp. 162.624
Fan Belt Rp. 150.766
Timing Belt Rp. 242.000
Busi Rp. 19.800 /pc
Harga tersebut diatas sudah termasuk ppn 10% dan Semuanya Genuine Parts
Dan kami informasikan mulai tanggal 7 Juli s/d 8 Agustus 2007 kami sedang
mengadakan program The Lucky 7 Package yang memberikan discount spare part
20% dan jasa 30% untuk penggantian paket diantaranya :
Paket 1 Penggantian suspensi
Paket 2 Ganti kampas rem
Paket 3 Over houl rem
Paket 4 ganti kopling
Paket 5 Engine tune up
Paket 6 Ganti timing belt
Paket 7 Ganti drive belt
Untuk informasi lebih jelas Bapak bisa menghubungi dealer resmi kami.
Demikian informasi kami
Salam,
CUSTOMER ASSISTANCE CENTER
Tol Free : 0 800 10 24389 (CHEVY)
Hot Line : 021-88955105
Fax : 021-8849341
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
nanya lagi
tanya2...
1. bro anggep gue ada 50 juta, bisa beli blazie yang mata sipit gak (generasi ke2). yg sohc dan varian paling rendah.........and taon brp?
2. trus slow movingnya gimana tuh?? mahal gak
3. konsumsi dalam kota gimana?
4. gue tinggal dibogor...bengkel rujukan dimana?..
just ask lho....
btw mantep banget tuh mobil...ganti velg 17 inch, jok kulit, warna item...wow CIA/FBI banget. kayak di film 24....hehehe
1. bro anggep gue ada 50 juta, bisa beli blazie yang mata sipit gak (generasi ke2). yg sohc dan varian paling rendah.........and taon brp?
2. trus slow movingnya gimana tuh?? mahal gak
3. konsumsi dalam kota gimana?
4. gue tinggal dibogor...bengkel rujukan dimana?..
just ask lho....
btw mantep banget tuh mobil...ganti velg 17 inch, jok kulit, warna item...wow CIA/FBI banget. kayak di film 24....hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
@Lennon
List dibawah diambil dari iklan2 baris koran2 ibukota:
- OPEL BLAZER DOHC Th’2001 LT Ltd Jok Klt Twotone 2Warna 68Jt C/TT/K LOTEC AUTO CAR Pasar Mobil Kemayoran Blok. S. 47-49 Ph. 6540856
- OPEL Blazer Montera 2002 Silver Met Footstep Wood Pnl Ban Br Bdy F-Ors Jmn sgt mls skl BU 56, 5Jt Jl Cempaka Putih Barat 18 No 14 Ph 4203990
- OPEL BLAZER LT TH’00/99 Ors Cat Hitam JokKulit, Pnl Kayu, KomplitTgn I, Antik Skl 62, 5Jt K/TT WTC Mangga 2 Lt. 8 No. D-19 08174884775/ 71098371
- OPEL MONTERA SE ‘2000 Hitam Met Twotone AC Dingin/RT/JK/PW/PS/ F. Step/Alarm Full 0riginal TgnI Terawat Hrg 53Jt Nego Hub: 08159797800
- OPEL MONTERA ’01 Biru met a/n sdri Ful ors 56, 5jt (TT/Krd) REZA MOTOR M s k K a l i m a l a n g P s r C i p l a k J l . Pancawarga I Rt11/3 No5 Ph
- OPEL BLAZER LV’2002 Silver Mesin Body Bagus Kmplit Lihat Pasti Cocok TDP 9, 9jt Pas Angs 2, 137jtx35 Cash Rp. 61, 5jt Jl. H. Ilyas No. 27 Cikunir Bekasi Ph. 93133719/0815-1163-6636
kalo dilihat dari list harga2 diatas plus keahlian tawar menawar, kayaknya 50 jt bisa memboyong montera thn 00 yg tipe SE, atau tahun 2001an dgn tipe lebih rendah dari SE
List dibawah diambil dari iklan2 baris koran2 ibukota:
- OPEL BLAZER DOHC Th’2001 LT Ltd Jok Klt Twotone 2Warna 68Jt C/TT/K LOTEC AUTO CAR Pasar Mobil Kemayoran Blok. S. 47-49 Ph. 6540856
- OPEL Blazer Montera 2002 Silver Met Footstep Wood Pnl Ban Br Bdy F-Ors Jmn sgt mls skl BU 56, 5Jt Jl Cempaka Putih Barat 18 No 14 Ph 4203990
- OPEL BLAZER LT TH’00/99 Ors Cat Hitam JokKulit, Pnl Kayu, KomplitTgn I, Antik Skl 62, 5Jt K/TT WTC Mangga 2 Lt. 8 No. D-19 08174884775/ 71098371
- OPEL MONTERA SE ‘2000 Hitam Met Twotone AC Dingin/RT/JK/PW/PS/ F. Step/Alarm Full 0riginal TgnI Terawat Hrg 53Jt Nego Hub: 08159797800
- OPEL MONTERA ’01 Biru met a/n sdri Ful ors 56, 5jt (TT/Krd) REZA MOTOR M s k K a l i m a l a n g P s r C i p l a k J l . Pancawarga I Rt11/3 No5 Ph
- OPEL BLAZER LV’2002 Silver Mesin Body Bagus Kmplit Lihat Pasti Cocok TDP 9, 9jt Pas Angs 2, 137jtx35 Cash Rp. 61, 5jt Jl. H. Ilyas No. 27 Cikunir Bekasi Ph. 93133719/0815-1163-6636
kalo dilihat dari list harga2 diatas plus keahlian tawar menawar, kayaknya 50 jt bisa memboyong montera thn 00 yg tipe SE, atau tahun 2001an dgn tipe lebih rendah dari SE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
wow.... segitu terjun bebasnya...gile, temen gue pernah punya blazie dia bilang boros banget dan sparepartnya itu mahal dan susah, dia disemarang sih.
jadi kira2 begini yha...
1. harga jauh dibawah kijang lgx/sgx thn 01(varian paling rendah)
2. konsumsi lebih boros dikit daripada kijang (dalam dan luar kota)
3. spare part (fast and slow moving) lebih mahal dikit dari kijang
...........
yeah baby.............tinggal merayu nyokap hehehe...maybe She is my first car...
jadi kira2 begini yha...
1. harga jauh dibawah kijang lgx/sgx thn 01(varian paling rendah)
2. konsumsi lebih boros dikit daripada kijang (dalam dan luar kota)
3. spare part (fast and slow moving) lebih mahal dikit dari kijang
...........
yeah baby.............tinggal merayu nyokap hehehe...maybe She is my first car...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02