Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kl sy ga mau beli 2x krn kena zonk apalagi ini electrical component, ecu controlled, important dan long lasting. jd sy pasti belinya genuine part di bengkel resmi.
di Pekanbaru 1.25 harganya pak, made in thailand katanya ( di toko spare part resmi toyota--> toko rekomendasi dari bengkel resmi)
yg genuine memang sering kali mahal. tapi jaminan mutu.
coil toyota ada 4 pin di kabel soketnya, artinya ada signal IgF yg kasih feedback ke ecu kl busi sdh ignite dgn betul. kl pakai coil yg abal2 ga ada jaminan ecu ga akan ngaco, bahkan bukan tdk mungkin merembet.
beli di bengkel resmi, kl ga ready stock suruh mrk indent ke TAM. beli di toko spare part paling amsiong bayar harga genuine dapatnya parts abal2.
besok coba saya ke agung toyota pekanbaru aja..,tanya harga koilnya pak..,jadi yg di t*k* pedia gak recomended yha Pak..
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 12:13
besok coba saya ke agung toyota pekanbaru aja..,tanya harga koilnya pak..,jadi yg di t*k* pedia gak recomended yha Pak..
kl saya sih begitu pak. kl bapak ya terserah gmn baiknya aja.
trus cuma saran, kedepannya agar busi diganti dgn teratur, jangan lama2. setidaknya tiap 10 rb dicheck kondisinya. krn kl banyak carbon build up di busi, itulah yg bikin coil korslet lalu mati pak. tumpukan carbon terutama yg di insulator menjadi konduktor n membuat short antara kutub positif dan negatifnya, yg kena coilnya.
lebih baik ganti busi drpd ganti coil, mahal (yg genuine.)
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 12:13
besok coba saya ke agung toyota pekanbaru aja..,tanya harga koilnya pak..,jadi yg di t*k* pedia gak recomended yha Pak..
kl saya sih begitu pak. kl bapak ya terserah gmn baiknya aja.
trus cuma saran, kedepannya agar busi diganti dgn teratur, jangan lama2. setidaknya tiap 10 rb dicheck kondisinya. krn kl banyak carbon build up di busi, itulah yg bikin coil korslet lalu mati pak. tumpukan carbon terutama yg di insulator menjadi konduktor n membuat short antara kutub positif dan negatifnya, yg kena coilnya.
lebih baik ganti busi drpd ganti coil, mahal (yg genuine.)
ok makasih masukannya pak..,tadi ada tanya ke pak DOCH soal karet koil yg di kasih lakban..,agar lebih tahan( dari retak halus dan mengurangi kebocoran aru) apa tidak masalah pak..?atau ganti karet yg lama dengan yg baru ( harus yg ori karetnya atau aftermarket sudah bisa? )
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 12:39
ok makasih masukannya pak..,tadi ada tanya ke pak DOCH soal karet koil yg di kasih lakban..,agar lebih tahan( dari retak halus dan mengurangi kebocoran aru) apa tidak masalah pak..?atau ganti karet yg lama dengan yg baru ( harus yg ori karetnya atau aftermarket sudah bisa? )
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 12:13
besok coba saya ke agung toyota pekanbaru aja..,tanya harga koilnya pak..,jadi yg di t*k* pedia gak recomended yha Pak..
kl saya sih begitu pak. kl bapak ya terserah gmn baiknya aja.
trus cuma saran, kedepannya agar busi diganti dgn teratur, jangan lama2. setidaknya tiap 10 rb dicheck kondisinya. krn kl banyak carbon build up di busi, itulah yg bikin coil korslet lalu mati pak. tumpukan carbon terutama yg di insulator menjadi konduktor n membuat short antara kutub positif dan negatifnya, yg kena coilnya.
lebih baik ganti busi drpd ganti coil, mahal (yg genuine.)
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya.
IMG_20200808_191921.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 12:13
besok coba saya ke agung toyota pekanbaru aja..,tanya harga koilnya pak..,jadi yg di t*k* pedia gak recomended yha Pak..
kl saya sih begitu pak. kl bapak ya terserah gmn baiknya aja.
trus cuma saran, kedepannya agar busi diganti dgn teratur, jangan lama2. setidaknya tiap 10 rb dicheck kondisinya. krn kl banyak carbon build up di busi, itulah yg bikin coil korslet lalu mati pak. tumpukan carbon terutama yg di insulator menjadi konduktor n membuat short antara kutub positif dan negatifnya, yg kena coilnya.
lebih baik ganti busi drpd ganti coil, mahal (yg genuine.)
ok makasih masukannya pak..,tadi ada tanya ke pak DOCH soal karet koil yg di kasih lakban..,agar lebih tahan( dari retak halus dan mengurangi kebocoran aru) apa tidak masalah pak..?atau ganti karet yg lama dengan yg baru ( harus yg ori karetnya atau aftermarket sudah bisa? )
Nah master2nya udah turun gunung semua om hehehehe. Kemarin saya gantinya denso, per biji 600an. Yg ori memang sktr 1,2an om. Cuma krn ini om casenya di luar jawa saya rekomen kaya mbah omnibus deh, beli asli di bengkel resmi+pasang daripada di tokped/toko umum yg ngga tau aslinya gimana. Krn ini salah satu part vital, better safe than sorry kl ke depan kejadian gitu lagi dg barang yg meragukan. Saya kemarin ganti di bengkel langganan, cukup terkenal di jateng (carfix).
Memang kl onlen jg ada alt semisal denso official store om, cuma krn balik lagi om di luar jawa ambil genuine aja drpd gambling. Sekalian dicek part yg di sekitaran coil jd analisanya lebih enak juga
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 12:45
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya. IMG_20200808_191921.jpg
Sebelumnya mohon maaf klo nubie lancang. Kondisi busi yg di foto kelihatannya msh bisa dipake. Carbon build upnya bisa dibersihkan dgn cairan carbon cleaner seperti AMB Proclean yg bekas digunakan untuk membersihkan ruang bakar; rendam/celupkan businya selama kurleb 30 menit, jdi seperti baru lgi!
kl saya sih begitu pak. kl bapak ya terserah gmn baiknya aja.
trus cuma saran, kedepannya agar busi diganti dgn teratur, jangan lama2. setidaknya tiap 10 rb dicheck kondisinya. krn kl banyak carbon build up di busi, itulah yg bikin coil korslet lalu mati pak. tumpukan carbon terutama yg di insulator menjadi konduktor n membuat short antara kutub positif dan negatifnya, yg kena coilnya.
lebih baik ganti busi drpd ganti coil, mahal (yg genuine.)
ok makasih masukannya pak..,tadi ada tanya ke pak DOCH soal karet koil yg di kasih lakban..,agar lebih tahan( dari retak halus dan mengurangi kebocoran aru) apa tidak masalah pak..?atau ganti karet yg lama dengan yg baru ( harus yg ori karetnya atau aftermarket sudah bisa? )
Nah master2nya udah turun gunung semua om hehehehe. Kemarin saya gantinya denso, per biji 600an. Yg ori memang sktr 1,2an om. Cuma krn ini om casenya di luar jawa saya rekomen kaya mbah omnibus deh, beli asli di bengkel resmi+pasang daripada di tokped/toko umum yg ngga tau aslinya gimana. Krn ini salah satu part vital, better safe than sorry kl ke depan kejadian gitu lagi dg barang yg meragukan. Saya kemarin ganti di bengkel langganan, cukup terkenal di jateng (carfix).
Memang kl onlen jg ada alt semisal denso official store om, cuma krn balik lagi om di luar jawa ambil genuine aja drpd gambling. Sekalian dicek part yg di sekitaran coil jd analisanya lebih enak juga
iya pak ..,entar tanya di sini saja..,biasanya barang di jawa agak lebih murah..,cuman gk tau yg offline bagusnya di mana..,dan kalo yg online kayak t*k*pedia..,harus cari yg benar2 rekomended juga..,apa org bilang harga tidak pernah bohong ..
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 12:45
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya. IMG_20200808_191921.jpg
pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
yg sy tandain biru, itu ash deposit biasanya dr fuel additive, octane booster, injector cleaner, atau bisa juga dr oli krn valve seal yg sedikit bocor. sy kl buka busi selalu sy tandai dr silinder nomor berapa dia berasal. coba aja next time kl ganti busi lagi check apakah silinder yg sama selalu bikin ash deposit. jika ya, second confirmation dgn cara lepas intake manifold dan intake valvesnya dipegang ada oli ngga disitu. harusnya kering.
IMG_20200808_191921~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 12:45
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya. IMG_20200808_191921.jpg
Sebelumnya mohon maaf klo nubie lancang. Kondisi busi yg di foto kelihatannya msh bisa dipake. Carbon build upnya bisa dibersihkan dgn cairan carbon cleaner seperti AMB Proclean yg bekas digunakan untuk membersihkan ruang bakar; rendam/celupkan businya selama kurleb 30 menit, jdi seperti baru lgi!
Terima kasih atas informasinya om, maklum saat ganti busi dilakukan beberapa pekan lalu memang karena rasa khawatir saja busi iridium.tsb sudah digunakan 6 1/2 tahun. Untung busi iridium tsb masih saya simpan untuk spare dan akan saya bersihkan juga dengan carbon cleaner dgn cara direndam. Thank you om atas pencerahannya.[emoji1]
mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
Lah bahkan yg ori innova reborn aj made in indonesia koq
Ikutin aj nomer parts yg sama ama bawaan mobil, trus cari yg denso indonesia
Pak DOCH tadi ada tanya ke tokopedia..,dia bilang t2001 produk lama ..dan bisa di pakai t2008.., link ini https://www.t*k*pedia.com/bengkelparts/coil-kijang-innova-fortuner-hilux ..,gimana menurut Pak DOCH kalo ok saya ambil neh besok thu barang..
Kl di engine batumakam itu coil paling murmerceng pny March kena 500 rebu per piece.
Pny ENgine HR15 sendiri sekitaran 800an per piece
Yg bagus katanya punya Juke sekitaran 1 lbh...
Tp di batumakam ada solusi murmerceng ganti selongsong koil harga 50-100 rb per piece
Lah bahkan yg ori innova reborn aj made in indonesia koq
Ikutin aj nomer parts yg sama ama bawaan mobil, trus cari yg denso indonesia
Pak DOCH tadi ada tanya ke tokopedia..,dia bilang t2001 produk lama ..dan bisa di pakai t2008.., link ini https://www.t*k*pedia.com/bengkelparts/coil-kijang-innova-fortuner-hilux ..,gimana menurut Pak DOCH kalo ok saya ambil neh besok thu barang..
Kl di engine batumakam itu coil paling murmerceng pny March kena 500 rebu per piece.
Pny ENgine HR15 sendiri sekitaran 800an per piece
Yg bagus katanya punya Juke sekitaran 1 lbh...
Tp di batumakam ada solusi murmerceng ganti selongsong koil harga 50-100 rb per piece
innova bisa ganti selongsong koil pak ,biji mana gantinya pak?
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 12:45
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya. IMG_20200808_191921.jpg
pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
yg sy tandain biru, itu ash deposit biasanya dr fuel additive, octane booster, injector cleaner, atau bisa juga dr oli krn valve seal yg sedikit bocor. sy kl buka busi selalu sy tandai dr silinder nomor berapa dia berasal. coba aja next time kl ganti busi lagi check apakah silinder yg sama selalu bikin ash deposit. jika ya, second confirmation dgn cara lepas intake manifold dan intake valvesnya dipegang ada oli ngga disitu. harusnya kering.
IMG_20200808_191921~2.jpg
Terima kasih om atas pencerahannya.
Iya juga sih om, pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge. Setuju saya, memang selama ini selalu berpikir preventive dan prediktive sehingga selama ngerawat mobil sih belum pernah kena jack pot sehingga keluar biaya besar.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
Untung semua busi bekas pakai tsb ngak ada yg nempel semua, tapi semuanya ada gab cuma memang sih
saya selalu isi BBM premium sebagai bahan bakar mobilnya. Untuk additive sih belum pernah pakai sekalipun selama ini dan semua koil mobil bawaan dealer karena belum ada yang rusak atau diganti selama 6 1/2 tahun. Apakah bisa om semua busi bekas tsb saya rendam cairan carbon cleaner aja tanpa di usap atau digosok ujungnya biar carbon build up
yg sudah terbentuk akibat selalu pakai BBM premium bisa rontok sehingga busi bersih lagi dan siap digunakan sebagai spare aja karena busi bekas tsb tadinya sebelum diganti busi baru juga masih ok saat starter dan tenaga juga normal cuma memang umurnya sudah dipakai 6 1/2 tahun atau odo read 85 ribu Km.
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 12:45
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya. IMG_20200808_191921.jpg
pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
yg sy tandain biru, itu ash deposit biasanya dr fuel additive, octane booster, injector cleaner, atau bisa juga dr oli krn valve seal yg sedikit bocor. sy kl buka busi selalu sy tandai dr silinder nomor berapa dia berasal. coba aja next time kl ganti busi lagi check apakah silinder yg sama selalu bikin ash deposit. jika ya, second confirmation dgn cara lepas intake manifold dan intake valvesnya dipegang ada oli ngga disitu. harusnya kering.
IMG_20200808_191921~2.jpg
Ilmu baru ini...
terima kasih Pak Rektor Institut Van ASEM Reges MusaTek...
Nanti mau cek busi dah krn busi bawaan sdh diganti 60rb km dan diganti busi genuine lagi sdh jalan 30k km.
Sdh waktunya dicek krn sdh 50% lifetime busi bawaan pabrikan dari pertama mobil lahir
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 12:45
Om omninus, nanya donk kalau busi iridium yang sebenarnya masih normal karena saat mobil distarter masih normal dan saat mobil dikendaraipun normal tenaganya kalau kita ganti businya hanya karena alasan busi tsb sudah dipakai 6 1/2 tahun apakah termasuk pemborosan?
Oh iya om apakah busi yg difoto terlampir sudah ada banyak carbon build upnya sehingga membahayakan keawetan coil di mobil ? Mohon pencerahannya. IMG_20200808_191921.jpg
pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
yg sy tandain biru, itu ash deposit biasanya dr fuel additive, octane booster, injector cleaner, atau bisa juga dr oli krn valve seal yg sedikit bocor. sy kl buka busi selalu sy tandai dr silinder nomor berapa dia berasal. coba aja next time kl ganti busi lagi check apakah silinder yg sama selalu bikin ash deposit. jika ya, second confirmation dgn cara lepas intake manifold dan intake valvesnya dipegang ada oli ngga disitu. harusnya kering.
IMG_20200808_191921~2.jpg
Terima kasih om atas pencerahannya.
Iya juga sih om, pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge. Setuju saya, memang selama ini selalu berpikir preventive dan prediktive sehingga selama ngerawat mobil sih belum pernah kena jack pot sehingga keluar biaya besar.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
Untung semua busi bekas pakai tsb ngak ada yg nempel semua, tapi semuanya ada gab cuma memang sih
saya selalu isi BBM premium sebagai bahan bakar mobilnya. Untuk additive sih belum pernah pakai sekalipun selama ini dan semua koil mobil bawaan dealer karena belum ada yang rusak atau diganti selama 6 1/2 tahun. Apakah bisa om semua busi bekas tsb saya rendam cairan carbon cleaner aja tanpa di usap atau digosok ujungnya biar carbon build up
yg sudah terbentuk akibat selalu pakai BBM premium bisa rontok sehingga busi bersih lagi dan siap digunakan sebagai spare aja karena busi bekas tsb tadinya sebelum diganti busi baru juga masih ok saat starter dan tenaga juga normal cuma memang umurnya sudah dipakai 6 1/2 tahun atau odo read 85 ribu Km.
kl prinsip accounting dipakai ya boleh ambil opsi itu Om.
Tp kl prinisp long life dan no bolak mandir maintenis lbh baik ganti sekalian
blloewy wrote: Wed Oct 07, 2020 13:38
Ilmu baru ini...
terima kasih Pak Rektor Institut Van ASEM Reges MusaTek...
Nanti mau cek busi dah krn busi bawaan sdh diganti 60rb km dan diganti busi genuine lagi sdh jalan 30k km.
Sdh waktunya dicek krn sdh 50% lifetime busi bawaan pabrikan dari pertama mobil lahir
ishh ... ane bukan rektor baru cuma dosen honorer belum diangkat pegawai tetap di institut tercinta asem regeser le indonesie itu.
sintoni wrote:Kalau untuk sehari2 apa perlu menggunakan busi iridium?
Kalau busi standard tembaga aja bs tahan 20rb km.
Busi iridium sudah bawaan orok dari saat beli mobil dari barunya jadi saat gantipun kalau di saya harus ganti Iridium yg sesuai bawaannya karena memang qualitynya ngak bohong 6 1/2 tahun running 85 ribuan Km selaku dengan BBM Premium tanpa pernah ganti busi buat saya pribadi cukup memuaskan dan harganya pun 4 buah 750 ribu worth every penny karena selama ini belum pernah mogok (saya ngak kuat nahan malunya kalau sampai mobil mogok)atau pun putball (putar balik sehingga ngak nyampai tujuan), selain itu di mobil saya kalau mau ganti busi harus buka intake manifold dulu, dan kunci businya juga ngak ada wkwkwk.Dari pada ribet pakai busi tembaga yg tiap 20 ribu km selalu ganti busi harus buka intake manifold dll, mending pakai busi iridium yg sangat kuat.
Omnibus wrote:
pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
yg sy tandain biru, itu ash deposit biasanya dr fuel additive, octane booster, injector cleaner, atau bisa juga dr oli krn valve seal yg sedikit bocor. sy kl buka busi selalu sy tandai dr silinder nomor berapa dia berasal. coba aja next time kl ganti busi lagi check apakah silinder yg sama selalu bikin ash deposit. jika ya, second confirmation dgn cara lepas intake manifold dan intake valvesnya dipegang ada oli ngga disitu. harusnya kering.
IMG_20200808_191921~2.jpg
Terima kasih om atas pencerahannya.
Iya juga sih om, pemborosan atau engga yg jelas abis busi diganti performa balik lagi 100%. ibarat org ngecharge battere henpon mau tunggu habis atau tengah2 udah dicharge. Setuju saya, memang selama ini selalu berpikir preventive dan prediktive sehingga selama ngerawat mobil sih belum pernah kena jack pot sehingga keluar biaya besar.
yg sy tandain merah, itu carbon yg bikin coil mati. carbon tsb jadi konduktor, seperti menggabungkan elektroda positif dan negatif (ibarat busi gapnya dibuat 0, nempel positif dan negatifnya). cobain aja busi gapnya dibuat 0 nempel, start mesin, langsung jebluk coilnya.
Untung semua busi bekas pakai tsb ngak ada yg nempel semua, tapi semuanya ada gab cuma memang sih
saya selalu isi BBM premium sebagai bahan bakar mobilnya. Untuk additive sih belum pernah pakai sekalipun selama ini dan semua koil mobil bawaan dealer karena belum ada yang rusak atau diganti selama 6 1/2 tahun. Apakah bisa om semua busi bekas tsb saya rendam cairan carbon cleaner aja tanpa di usap atau digosok ujungnya biar carbon build up
yg sudah terbentuk akibat selalu pakai BBM premium bisa rontok sehingga busi bersih lagi dan siap digunakan sebagai spare aja karena busi bekas tsb tadinya sebelum diganti busi baru juga masih ok saat starter dan tenaga juga normal cuma memang umurnya sudah dipakai 6 1/2 tahun atau odo read 85 ribu Km.
kl prinsip accounting dipakai ya boleh ambil opsi itu Om.
Tp kl prinisp long life dan no bolak mandir maintenis lbh baik ganti sekalian
Saya cuma berpikir sebagai Accountant karena profesi saya yg terbawa dalam pola hidup sehari hari aja. Untuk pelihara mobil sih, saya pribadi prinsipnya cuma pelihara mobil yang di saya pribadi sudah terbukti tidak pernah bikin dompet saya tipis karena bolak balik bengkel.atau sering keluar masuk bengkel, tidak pernah mogok, dan tidak pernah putball. Kalau semua itu terpenuhi mobil akan dipakai long term [emoji2]
buang lah om ... anggap aja udah habis itu depresiasi/amortisasinya. masih untung buangnya gratis ga ngasih upah ke tukang rongsok wkwkwkwk.
tp kl msh mau diberdayakan, pakai aja utk menyumbat selang.
sintoni wrote: Wed Oct 07, 2020 13:32
Kalau untuk sehari2 apa perlu menggunakan busi iridium?
Kalau busi standard tembaga aja bs tahan 20rb km.
utk enjin yg ganti businya ribet.com (baca: hrs ngelepas intake manifold) pakai iridium spy ga sering2 ganti om.
Btw mau nanya nih Om Omni, apa betul cara bersihin busi dengan cara di rendam pakai cairan carbon clean selama 30 menit? Apa gak rembes itu cairan yah ke body busi? Businya sih mungkin jadi bersih tapi takutnya jadi "basah" malah bikin jadi bahaya kah? Just curious aja sih teknik bersihin busi dengan cara seperti ini.
benzz89 wrote: Wed Oct 07, 2020 14:20
Btw mau nanya nih Om Omni, apa betul cara bersihin busi dengan cara di rendam pakai cairan carbon clean selama 30 menit? Apa gak rembes itu cairan yah ke body busi? Businya sih mungkin jadi bersih tapi takutnya jadi "basah" malah bikin jadi bahaya kah? Just curious aja sih teknik bersihin busi dengan cara seperti ini.
ah udah cape tiada hasil kalo saya mah om, ga tau deh yg lain. itu carbon nya kl beneran tebel udah kaya baked resin keras banget. sy udah sampai pakai air grinder, bersih tp tdk sempurna sebab yg dalemnya ga dapet. dipasang lagi udah ga enak, terasa bedanya sm yg baru.
sebetulnya ada proper tools nya spesial utk bersihin busi. tekniknya dgn sand blasting (atau blasting media lain spt walnut shell) atau kombinasi dgn chemical juga. udah ada dr jaman jadul. spt dibawah ini. tp secara harga ga masuk akal utk dimiliki pribadi, murahan beli busi baru
benzz89 wrote: Wed Oct 07, 2020 14:20
Btw mau nanya nih Om Omni, apa betul cara bersihin busi dengan cara di rendam pakai cairan carbon clean selama 30 menit? Apa gak rembes itu cairan yah ke body busi? Businya sih mungkin jadi bersih tapi takutnya jadi "basah" malah bikin jadi bahaya kah? Just curious aja sih teknik bersihin busi dengan cara seperti ini.
ah udah cape tiada hasil kalo saya mah om, ga tau deh yg lain. itu carbon nya kl beneran tebel udah kaya baked resin keras banget. sy udah sampai pakai air grinder, bersih tp tdk sempurna sebab yg dalemnya ga dapet. dipasang lagi udah ga enak, terasa bedanya sm yg baru.
sebetulnya ada proper tools nya spesial utk bersihin busi. tekniknya dgn sand blasting (atau blasting media lain spt walnut shell) atau kombinasi dgn chemical juga. udah ada dr jaman jadul. spt dibawah ini. tp secara harga ga masuk akal utk dimiliki pribadi, murahan beli busi baru
Noted with thanks Om Omni penjelasannya... mana tau Om Herman mau "invest" alat pembersih businya, biar busi bisa dipakai jangka sangat panjang sekali hahahah... coba dihitung BEP nya bisa berapa lama tuh alat [emoji16]
Atau disewain ke warga SM dimari buat bersihin busi rame2, di charge harganya [emoji1787]
benzz89 wrote: Wed Oct 07, 2020 14:56
Noted with thanks Om Omni penjelasannya... mana tau Om Herman mau "invest" alat pembersih businya, biar busi bisa dipakai jangka sangat panjang sekali hahahah... coba dihitung BEP nya bisa berapa lama tuh alat [emoji16]
Atau disewain ke warga SM dimari buat bersihin busi rame2, di charge harganya [emoji1787]
you're most welcome om
kl mau patungan 100 warga SM biar seorang jd kira2 50 ribu. bendanya minta izin taruh di tempat mbah marmut. tinggal kirim PP pakai kurir setiap perlu bersihin busi. di charge berapa atau ganti pakai colenak + bajigur kl orgnya setuju wkwkwkwk
jadi caranya tiap org punya 2 set busi utk aplusan ganti2an selama yg kotor dikirim ke bengkel tangsel.
benzz89 wrote: Wed Oct 07, 2020 14:56
Noted with thanks Om Omni penjelasannya... mana tau Om Herman mau "invest" alat pembersih businya, biar busi bisa dipakai jangka sangat panjang sekali hahahah... coba dihitung BEP nya bisa berapa lama tuh alat [emoji16]
Atau disewain ke warga SM dimari buat bersihin busi rame2, di charge harganya [emoji1787]
you're most welcome om
kl mau patungan 100 warga SM biar seorang jd kira2 50 ribu. bendanya minta izin taruh di tempat mbah marmut. tinggal kirim PP pakai kurir setiap perlu bersihin busi. di charge berapa atau ganti pakai colenak + bajigur kl orgnya setuju wkwkwkwk
jadi caranya tiap org punya 2 set busi utk aplusan ganti2an selama yg kotor dikirim ke bengkel tangsel.
Nah bener nih Om... jadi warga SM tiap 10 ribu km businya dibersihin pakai alat ini yah, busi bisa dipakai seumur hidup, koil aman dari konslet & ganti baru, bayangin itu koil sebiji 1,2 juta x 4 kan yah sudah hampir seharga alat pembersih busi ini kan? Pembakaran mesin juga jadi lancar jaya.
Jadi bijimane nih Om Herman... setuju gak nih orang accounting untuk invest alat ini?
Yang ada tukang busi pada bangkrut gak laku2 businya [emoji38]