refund wrote:tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Ane ex user OGL 2011, dulu sih kalau ganti oli selepas dari masa garansi selalu ke toda, ke beres yah cuman nerusin service berkala aja tanpa ganti2 cairan & gak masalah kok ganti2 cairan diluar beres. Dulu di beres ane juga dikasihnya oli 10W40, ke toda coba2 pakai 5W-30, itu aja masih nglitik.
Masalahnya ganti oli di beres yah itu om, mereka seenaknya aja "maksa" user pakai oli sapujagatnya mereka. Harusnya kan mereka bisa analisa, nanya2 ke user ini KM masih sedikit bagaimana behavior dari mobilnya. Kalau rutenya cuman dalkot pendek2 dikasihnya oli kentel 10W40 yah berat aje itu mesin racing lipindut, yang ada tambah nglitik mesinnya & bbm tambah boros.
Buku manualnya kalau gak salah kan boleh pakai oli 5W-30 yah lipindut, turun ke 0W-20 harusnya tidak masalah, apalagi cuman dalkot jarak pendek2, mesin lebih enteng, konsumsi bbm lebih hemat & harusnya malah mengurangi nglitiknya si mesin racing. Kalau ane jadi om sih ane ganti lagi itu olinya ke 5W-30 atau 0W-20 sekalian. Ogah bener jaman now pakai oli 10W-40