maneterbug wrote: Wed Sep 30, 2020 12:06
iya all in 30 jt om, kemarin saya dapat info beli mobil buget 15-20 jt masih ada spare 10 jt untuk rapihin katanya cukup om, itu bener gak?
kalo dp gak berani om, ga berani nyicil2 soalnya
mari kita hitung,
harga mobil (ambil tengah-tengah antara 15~20jt) = 17,5jt.
100% saya yakin nggak mungkin tanpa masalah, kita mulai dari yang sederhana, harus ganti oli mesin dan transmisi + minor tune up + penggantian filter dkk.
oli mesin @75rb × 4 = 300rb
filter oli 35rb
oli transmisi (anggap saja) = 200rb
filter bensin = 25rb
filter udara (anggap saja) = 100rb
tune up = 300rb
busi = 80rb
total = 1.040.0
perbaikan suspensi (sekedar perkiraan harga).
rack end kiri kanan = 400rb
tie rod kiri kanan = 400rb
ball joint kiri kanan = 300rb
shock depan belakang = 2jt
total = 3.100.0 (belum termasuk jasa)
total sementara =
17.500.0 + 1.040.0 + 3.100.0 = 21.640.0
masih ada sisa 8.360.0
terlihat besar ya angka 8 juta sekian.
dari sisa 8 juta sekian itu coba dikurangi lagi kalau harus body repair, perbaikan/penggantian sistem rem, perbaikan kelistrikan yang saya sangat yakin sudah banyak suntikan sana sini, perbaikan kebocoran gasket dan seal di mesin, ganti selang bensin yang getas, ganti selang-selang radiator, servis radiator dll.
amit-amit kalau sampai turun mesin, jasanya saja minimal 2 juta belum termasuk spare parts dan bengkel bubut.
saya nulis ini berdasarkan pengalaman pribadi, duit pas-pasan, musti beli mobil dengan pilihan terbatas.
semoga TS nggak makin pusing.
