Mobil '07 yang bisa menghadang Livina & Car of the Year

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

plasworld88 wrote:[quote="KhöedhöeTernyata bener juga ya kata Bung Conan, kalo APV tuh kendaraan yang mumpuni :
* murah : harga mobil & spare part
* lega : 8 dewasa + 4 anak <6 thn. (mau yg obesitas kek, kurang gizi kek, tetap nyaman semua)
emang bisa bro 8 dewasa + 4 anak? soalnya saya (eh istri saya maksudnya) pemakai APV jg. waktu ada family dr luar kota dtg, kita pk 6 dewasa sama 3 anak kecil aja udh sempit2an bgt rasanya..atau ini jg masuk ke masalah obesitas lg nih? :D[/quote]

Bisa kok bro, pake APV tipe GE yang jok baris ke-3 hadap2an... (depan= 2 dewasa, baris ke-2= dewasa 3 + 1 anak, baris ke-3= sisi-1: 2 dewasa + 1 anak & sisi-2: 1 dewasa + 2 anak).
Dewasanya kombinasi (gemuk & sedang).

Klo di tipe GL or GX, 2 anak dipangku di tiap baris... he..he..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Khöedhöe wrote:
plasworld88 wrote:
Khöedhöe wrote:Ternyata bener juga ya kata Bung Conan, kalo APV tuh kendaraan yang mumpuni :
* murah : harga mobil & spare part
* lega : 8 dewasa + 4 anak <6 thn. (mau yg obesitas kek, kurang gizi kek, tetap nyaman semua)
emang bisa bro 8 dewasa + 4 anak? soalnya saya (eh istri saya maksudnya) pemakai APV jg. waktu ada family dr luar kota dtg, kita pk 6 dewasa sama 3 anak kecil aja udh sempit2an bgt rasanya..atau ini jg masuk ke masalah obesitas lg nih? :D
Bisa kok bro, pake APV tipe GE yang jok baris ke-3 hadap2an... (depan= 2 dewasa, baris ke-2= dewasa 3 + 1 anak, baris ke-3= sisi-1: 2 dewasa + 1 anak & sisi-2: 1 dewasa + 2 anak).
Dewasanya kombinasi (gemuk & sedang).

Klo di tipe GL or GX, 2 anak dipangku di tiap baris... he..he..
Wah.. kalo pangku2an Jazz juga muat 7 orang.
APV GE 8 dewasa + 4 anak? .. coba aja perjalanan jauh spt JKT-Semarang dg posisi duduk spt itu non stop ... turun2 sakit pinggang tuh :lol:
Kita lagi bicara duduk enak muat berapa tuh.. plus tetap bisa tidur u/ perjalanan jauh.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

Wah.. kalo pangku2an Jazz juga muat 7 orang.
APV GE 8 dewasa + 4 anak? .. coba aja perjalanan jauh spt JKT-Semarang dg posisi duduk spt itu non stop ... turun2 sakit pinggang tuh :lol:
Kita lagi bicara duduk enak muat berapa tuh.. plus tetap bisa tidur u/ perjalanan jauh.[/quote]

jazz muat 7 orang? dijalanin gak mobilnya? emangnya yang punya mobil gak ngomel?

Jkt-Semarang non-stop? Bis luar kota yang executive + duduk sendiri2 + riklining sit aja istirahat kok...

APV GL gw paling jauh ke Bdg. & Anyer dgn. isi full 8 dewasa + anak 2 + bayi 1. pas berangkat pada senang krn. masih segar, pas pulang pada loyo udah kecapean maen di tempat rekreasi. Nanti deh gw coba ke Jogya...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

untuk APV nurut saya masih mendingan kalo di jejelin orang banyak, krn head room n leg room masih cukup lega. :) jadi masih bisa gerak sana sini kakinya. coba kalo model GL dkk... bisa keram n kesemutan tuh kaki n pantat n pinggang n punggung n leher... eh semuanya...:)
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

hunter wrote:untuk APV nurut saya masih mendingan kalo di jejelin orang banyak, krn head room n leg room masih cukup lega. :) jadi masih bisa gerak sana sini kakinya. coba kalo model GL dkk... bisa keram n kesemutan tuh kaki n pantat n pinggang n punggung n leher... eh semuanya...:)
iya sih, leg room utk second row APV emang lumayan sih,cuma ya itu, yg jadi korban space di depan (antara driver seat-dashboard), utk org dng tinggi badan 178 ke atas, nyetir APV jarak jauh bener2 torture.
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

iya sih, leg room utk second row APV emang lumayan sih,cuma ya itu, yg jadi korban space di depan (antara driver seat-dashboard), utk org dng tinggi badan 178 ke atas, nyetir APV jarak jauh bener2 torture.[/quote]

Pantesan gue enak2 aja bawa APV karena tinggi gue 176 cm, jadi masih di bawah ambang batas... 8)

Klo Bro Plasworld88 tingginya berapa? & udah pernah pake APV kemana?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

buset deh....mobil jaman sekarang bisa milih2 sopir.....bukan sopir yang milih2 mobil....
abis itu banyak banget syarat2nya...tinggi badan gak boleh lebih dari 178cm??? :D

jmn dulu kayaknya asal kita punya duit, beli mobil apa aja pasti enak ...:lol:
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Risol1 wrote:jmn dulu kayaknya asal kita punya duit, beli mobil apa aja pasti enak ...:lol:
ini betul banget. jaman dulu, bisa beli suzuki carry aja sudah enak. bisa beli kijang kotak juga sudah enak. tapi jaman sekarang orang tuntutannya lebih banyak. hehehehe.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

hunter wrote:
Risol1 wrote:jmn dulu kayaknya asal kita punya duit, beli mobil apa aja pasti enak ...:lol:
ini betul banget. jaman dulu, bisa beli suzuki carry aja sudah enak. bisa beli kijang kotak juga sudah enak. tapi jaman sekarang orang tuntutannya lebih banyak. hehehehe.
Yup.. produsen harus lebih teliti dan kritis u/ buat mobil bermutu dan bisa menuhin mau banyak orang.. .pusing2 deh tuh. he he he...

Anyway.. namanya juga buatan manusia .. ya ada aja deh kekurangannya.. sebuah produk pasti punya target marketnya kok... spt orang asia jpg, indo, malay.. pasti umumnya lebih banyak yg tingginya <170 cm .. Ras asia mang segituan ukurannya [CMIIW] .. jadi porsi yg paling besar ini yg dijadikan acuan.
Tinggal kita sbg konsumen yg tentuin aja.. cocok ga nih dibeli dan dipakai... ..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

gw perna naek apv.. lumayan kok.. cuman jok nya aja yg perlu dibenahin.. terlalu datar.. jd kl pas belok agak tajem.. pantat bisa nggeser kesana kemari.. *mesti pegangan*
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

gw yg gak demen dari APV cuma satu....modelnya!
menurut gw terlalu kotak dan kurang cantik.......apalagi depannya :D
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

saya sering naik APV. baik sbg supir maupun penumpang.
wah kalo kebutuhan saya bukan untuk bawa orang banyak atau barang banyak n berisiko merusak mobil/jok mobil, saya gak akan beli APV deh. masih mending beli Xenia/Avanza aja deh. dan semua jok APV gak ada yg enak buat duduk, entah karena konturnya yg gak ergonomis kayaknya.

APV sebetulnya untuk bawa barang kurang maksimal. sekalipun bangku 3rd row bisa dilipat, tapi ya segitu doank. coba kalo dibikin, 2nd row dan 3rd row bisa dilipat rata, sekalipun jadinya dasarnya lebih tinggi. tapi lebih lapang n luas tanpa ada rintangan2. bener2 asik untuk bawa barang.
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

Khöedhöe wrote:iya sih, leg room utk second row APV emang lumayan sih,cuma ya itu, yg jadi korban space di depan (antara driver seat-dashboard), utk org dng tinggi badan 178 ke atas, nyetir APV jarak jauh bener2 torture.
Pantesan gue enak2 aja bawa APV karena tinggi gue 176 cm, jadi masih di bawah ambang batas... 8)

Klo Bro Plasworld88 tingginya berapa? & udah pernah pake APV kemana?[/quote]

Hehehe kita jd main tinggi badan nih skrg, bukan obesitas lg.
Tinggi saya 180 cm bro dng brt 88 kg, yg mungkin udh termasuk obesitas sih :D
Masalah enak atau enggak sbg driver sih, itu masalah individual ya.
Saya pernah bw APV ke Bandung, tp lwt puncak bukan cipularang, soalnya mau sambil mampir dulu lah ceritanya.
Nah, smp di bandung, pinggang saya plus kaki kiri bener2 sakit, gak tau saya yg salah duduk atau gimana waktu itu.
Cuma dr observasi pribadi aja, kl saya perhatiin, jarak antara driver seat ke dashboard emang agak sempit (even dng bangku yg udh dimundurin max), ini bisa keliatan jelas kok, liat aja space di kaki kita (sbg driver), untuk taro sepatu aja udh lumayan sempit.
All in all, I have nothing against this car, dng harga segitu yah lumayan worth it lah.
And saya setuju sama bung hunter, kl kita emang sering angkut banyak org and barang, this is the right car.
qwer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Aug 10, 2007 3:27

Post by qwer »

johnlegend wrote:hehehe.. saya perna ngomongin negative nya livina.. mo contoh? beberapa hari yg lalu saya complain ttg cat livina..

mmh.. apa saya termasuk orang dalam nya nissan? hehehe..

btw qwer blum tau naik livina yah? hehehe.. pantes2..

mr ichsan ngomongin negative dari arrival date nya GL kan? bukan kualitas mobil nya..

kl mo dipikir2.. dengan uang harga 160jt bisa dapet mobil kyk GL.. wah bagus banget.. bandingin ama 150jt dapet a*a**a yg 1.5ltr.. heran banget.. mobil driving position nya ngga enak banget.. bikin capek.. interior gitu2 aja.. suspensi ngga okeh.. model? wah.. gw mending kaga ngomong deh.. huehuehue..

kl GL aja termasuk jelek untuk harga segitu.. secara tidak langsung a*a**a jg jadi lebih parah dari tukang sampah donk? huehuehue..

knp gw bisa bilang begitu? karena dulu saya pernah naek dan MEMILIKI a*a**a.. *yah bokap maniak toyota sih*

so kl skrg gw bisa bilang GL bagus ato jelek.. coz saya juga memiliki nya..

ya ngga mungkin lah saya lancang bilang gl jelek ini itu kl saya ngga pernah naek ato punya.. hehehe..

saya ada tulis review CRV.. mmh.. enak.. cuman suspensi keras.. capek milih jalan.. SX4 juga perna tulis.. suspensi keras.. tapi feature n safety n handling okeh.. apakah saya orang nya honda suzuki ato nissan? wah.. saya bukan pengangguran.. hehehe..

nah.. saya berani berKOAR2.. baik ato buruk dari mobil karena saya memiliki donk.. hehehe.. masa mo observe mobil cuman diliatin aja? lancang sekale.. hehehe..

tul ga maxx?
ups.. brur-brur, saya gak pernah bilang GL jelek secara keseluruhan. saya memang belum pernah cobain GL, karena itu saya cuma komentari modelnya, kan gak perlu nyoba untuk komentari, cukup dilihat saja. ini masalah selera aja, biasa tho, ada yg muji, ada yg gak suka.

”mr ichsan ngomongin negative dari arrival date nya GL kan? bukan kualitas mobil nya.”

mr ichsan bicara cukup banyak soal ”kelemahan” GL sewaktu tes bareng TCnya, jadi kasih saran jangan berharap berlebihan dari mobil ini.

btw, selamat menikmati GL, mudah2an cocok..
qwer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Aug 10, 2007 3:27

Post by qwer »

Risol1 wrote:gw yg gak demen dari APV cuma satu....modelnya!
menurut gw terlalu kotak dan kurang cantik.......apalagi depannya :D
kalau menurut gw,
APV/Xenia dengan harga segitu udah bisa dibilang mantap/bagus. ada sedikit faktor kurang nyaman, tp gak rugilah belinya. buat yg pakai apv/xenia gw kasih selamat, pintar milih mobil yg optimal.
kalau avanza masih agak kemahalan.

kalau masalah tanjakan, innova memang ok, dari dulu kijang memang ok tenaganya. mau jalan tanjakan gimana pasti lewat. cuma kijang yg sekarang mahal & minumnya banyak.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

Toyota Kijang dominan, dibayangi Livina

(21/08/2007) - Juli 2007, Toyota tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan 33,7% market share dan penjualan 12.927 unit. Produk-produk Toyota juga menjadi market leader di kelas masing-masing, seperti Kijang Innova, Avanza, dan Camry. Kijang Innova tak hanya memimpin kelas 4x2 Medium MPV, melainkan juga 4x2 Medium secara total. Demikian rilis PT Toyota-Astra Motor.

Penjualan Kijang Innova pada Juli lalu adalah 3.501 unit dengan market share sebesar 60% pada kelas 4x2 Medium MPV. Sedangkan dilihat dari keseluruhan pasar 4x2 Medium, Kijang Innova tetap berada di posisi teratas menguasai 28,9% pangsa pasar, disusul Nissan Grand Livina 11,4% dan Daihatsu Terios 10,5%. Secara kumulatif (Jan-Juli), Kijang Innova telah terjual 21.409 unit.

Di kelas 4x2 Low, Avanza memimpin dengan 5.249 unit atau 49,3% pangsa pasar. Dilihat dari angka kumulatif pun Avanza tetap memimpin dengan 37.582 unit. Sementara di kelas Medium Sedan, Camry dengan 142 unit tetap menjadi market leader dengan dominasi sebesar 42,8%. Angka pangsa pasar di bulan Juli tersebut lebih tinggi dari market share Camry selama kuartal kedua yang mencapai 40,7%.

“Banyaknya launching produk baru selama semester pertama tahun ini, tampaknya tidak mengakibatkan perubahan signifikan pada penjualan mobil-mobil Toyota,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. “Di sisi lain, memang kami tidak terfokus pada besarnya angka penjualan atau posisi market leader. Goal utama Toyota adalah menyediakan paket total ownership experience terbaik kepada pengguna kendaraan. Salah satu refleksinya tampak pada hasil survei J.D. Power Asia Pasific 2007 di mana CSI (Customer Satisfaction Index) Toyota mendapatkan penilaian terbaik,” tambah Johnny Darmawan lagi.

Bulan Juli, jumlah total pasar otomotif nasional adalah 38.400 unit, berkurang 2,6% dibandingkan jumlah penjualan bulan sebelumnya. Komposisi 3 besar dipegang oleh : Toyota (33,7%), Suzuki (13,5%) dan Mitsubishi (13,5%). Angka kumulatif penjualan nasional Januari – Juli 2007 adalah 235.721 unit.

“Kami optimis pasar otomotif nasional akan tetap tumbuh, mengingat kondisi makro ekonomi yang kian stabil dan bahwa kita akan memasuki musim mudik Lebaran. Menjelang Lebaran, biasanya pasar meningkat 10-20%,” ungkap Johnny Darmawan menambahkan
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

hebat..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dion wrote:Toyota Kijang dominan, dibayangi Livina
Penjualan Kijang Innova pada Juli lalu adalah 3.501 unit dengan market share sebesar 60% pada kelas 4x2 Medium MPV. Sedangkan dilihat dari keseluruhan pasar 4x2 Medium, Kijang Innova tetap berada di posisi teratas menguasai 28,9% pangsa pasar, disusul Nissan Grand Livina 11,4% dan Daihatsu Terios 10,5%.
Loh?..kok Avanza ga ada yah? :shock: berapa persen tuh porsi avanza??? :roll:
Hueheheh.. Terios udah lewat penjualannya padahal baru launching bulan April tuh GL .. cuma 3 bulan ... :e-clap: :e-clap: :e-clap: ..
Itu bulan Juli yah?.. kita liat bulan2 selanjutnya apakah GL bisa nungganin Kijang?... :wink: atau malah melorot krn shock terapi launching?? :?
Kalo GL bisa ambil porsi pasar meningkat gini terus.. mungkin keinginan om Ichsan resale value mantab bisa terkabul... he he he...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

mungkin avanza tidak berada di kelas MPV medium kali??? soalnya kalo menurut saya, avanza penjualannya cukup bagus, pastinya masuklah 5 besar
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

untuk avanza;"

Di kelas 4x2 Low, Avanza memimpin dengan 5.249 unit atau 49,3% pangsa pasar. Dilihat dari angka kumulatif pun Avanza tetap memimpin dengan 37.582 unit.


bisajadi ini semacam quick count, akan relatif stabil. jika bener GL naik harga ditambah indent yg 4-5 bulanan. ini tidak bagus buat NMI.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Bos dion.. kasih berita yg kumplit dong.. jadi ndak binun bacanya..
Loh kok Avanza masuk di 4x2 Low?.. maksudnya low itu apa sih?.. Low budget??

Trus Xenia berapa tuh?.. ato termasuk total penjualan Xenia juga.. ato gimana tuh?

Kalo Terios 10.5%, Rush berapa ya?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

statistic itu di seluruh indo yah? perbandingan dealer n bengkel yg kesebar and factory capacity jg belum sebanding..

11% in several months kyk nya pretty good sih..

kl mo liat ya liat sales growth nya aja..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

sales growth jg bukan salah satu inikator yang baik kalo kita mao tau apakah GL bisa disebut saingannya innova?

bisa aja sales growthnya innova kecil atau mungkin minus tapi jumlah salesnya per unitnya tetap jauh lebih besar dari GL yang notabene mobil baru yang mungkin bisa keliatan sales growthnya tinggi dikarenakan jumlah sales kemaren2nya masih sedikit. :D
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

gue juga ngambil dari mobilku.com :-)

maxx wrote:Bos dion.. kasih berita yg kumplit dong.. jadi ndak binun bacanya..
Loh kok Avanza masuk di 4x2 Low?.. maksudnya low itu apa sih?.. Low budget??

Trus Xenia berapa tuh?.. ato termasuk total penjualan Xenia juga.. ato gimana tuh?

Kalo Terios 10.5%, Rush berapa ya?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Wakzzz.. gw sangkain lo dari biro statistik GAIKINDO... :D
dion wrote:gue juga ngambil dari mobilku.com :-)

maxx wrote:Bos dion.. kasih berita yg kumplit dong.. jadi ndak binun bacanya..
Loh kok Avanza masuk di 4x2 Low?.. maksudnya low itu apa sih?.. Low budget??

Trus Xenia berapa tuh?.. ato termasuk total penjualan Xenia juga.. ato gimana tuh?

Kalo Terios 10.5%, Rush berapa ya?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport