Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Sun Sep 20, 2020 22:19
Dari pengamatan sy di Tol Cipali / Pejagan - Smg / Smg - Solo
si PO "SeTan Jalanan" itu mmg larinya agak "extreme"..........
minggu siang tadi pas ke Subang, hujan mayan gede di Cipali, liat bus PO tsb masih lari 110 kpj di cuaca ujan.......lebih kencang drpd Bus Lambang "Wayang"
sebaiknya kecelakaan Km 177 tsb diselidiki oleh KNKT & segera ada rekomendasi utk ke depannya, entah pembatasan kecepatan max bus AKAP lebih diperhatikan / Kir lebih diperhatikan dll
Tambahan
- Truk truk obesitas yg jalan under 70 kpj sebaiknya jangan dikasi lewat Tol juga
- IMHO -
cmiiw...konon bus st* itu pecah ban...karesori/chassis mendukung & mesinnya kuat, tp bannya diforsir ya possible kejadian kaya gitu...sampe 'nyebrang' ke jalur sebelah...
utk max speed sebenernya sdh diatur kan ya..tp enforcement-nya hrs jauh lbh ditingkatkan (dg catatan max speed mungkin dinaikkan sedikit jadi 110 km/jam) ...
oot : jasa marga & dinas bilang max speed 100 kmh itu sdh dihitung utk semua jenis kendaraan ; apa ada (di negara lain) max speed yg diatur beda2 utk tiap jenis kendaraan..? supaya lbh fair krn klo mobil (golongan 1) max 100 km/jam 'hampir pasti' jadi lanehogger, pdhl masih bisa lbh kencang (cmiiw)
setuju utk truk ODOL hrs lebih tegas ditindak juga...
kenapa peraturan minimum speed gk di-enforce juga padahal mereka jelas2 penghambat kecepatan, apalagi di toll Jorr (apa karena bbrp operator truk ada back**g..?)
Faktor lain lg khususnya di transjowo juga harus nambah 1 lane lagi khusus bis dan truk om. Suka serem aja, pernah di depan saya persis tp beda jalur (sy di jalur mendahului) ada colt diesel kuno tau2 ban blkg kanannya meletus terus bingkai velgnya ampe copot ngegelundung, untung itu pelan truknya dan saya baru keluar dr rest area. Jd outputnya dg ada 1 lajur lagi yg mobil mau kenceng banget bisa nempatin diri, santuy cruising bs di tengah2, truk bs pelan2 di kiri kaya di autobahn (kalo pada patuh ya)
...usul yg bagus...yg sayangnya susah realisasi krn investasi tol existing 2 jalur aja makin mundur payback period-nya krn melenceng dr proyeksi volume (apalagi stlh covid)..
justru hal2 seperti itu (kelaikan kondisi kendaraan, kepatuhan & etika berkendara) seharusnya sdh terjadi sendiri klo penegakan hukum jelas dan pengguna jalan jg comply dg peraturan..sayangnya ini hanya impian belaka di negeri 62 ini....
menurut plg gk sekarang enforcement hrs jalan dulu..baik overspeed maupun below speed limit...klo perlu dicegat penegak hukum di rest area terdekat (yg berarti hrs ada patroli lebih banyak lg ya...less likely gonna happen anyway)
nurekopriyo wrote: Mon Sep 21, 2020 23:29
menurut plg gk sekarang enforcement hrs jalan dulu..baik overspeed maupun below speed limit...klo perlu dicegat penegak hukum di rest area terdekat (yg berarti hrs ada patroli lebih banyak lg ya...less likely gonna happen anyway)
Akar masalah sebenarnya pada angkutan yang muatannya melebihi batas maksimal kendaraan. Itu dulu yang ditegakkan secara serius dan konsisten. Niscaya jalan tol akan nyaman untuk semua.
nurekopriyo wrote: Mon Sep 21, 2020 23:29
menurut plg gk sekarang enforcement hrs jalan dulu..baik overspeed maupun below speed limit...klo perlu dicegat penegak hukum di rest area terdekat (yg berarti hrs ada patroli lebih banyak lg ya...less likely gonna happen anyway)
Akar masalah sebenarnya pada angkutan yang muatannya melebihi batas maksimal kendaraan. Itu dulu yang ditegakkan secara serius dan konsisten. Niscaya jalan tol akan nyaman untuk semua.
nah, di post saya kemarin sdh mention...truk ODOL hrs ditertibkan at no exception.....
bahkan saya sebut likely ada back**g utk bbrp operator truk yg msh bisa jalan below minimum speed atau excessive weight....
Galaxy14 wrote: Mon Sep 21, 2020 2:09
Menurut saya itulah salah satu efek dari pemberangkatan pagi. Bis baru sampai Jakarta, langsung suruh puter balik ke timur lagi. Efeknya ya jadi bis lebih terforsir.
armada puter balik itu om, buat nutup biaya operasional dan angsuran busnya.
Betul om, bis puter walik itu. Saya sering liat bisnya sampe kumel gitu.
Galaxy14 wrote: Mon Sep 21, 2020 2:09
Menurut saya itulah salah satu efek dari pemberangkatan pagi. Bis baru sampai Jakarta, langsung suruh puter balik ke timur lagi. Efeknya ya jadi bis lebih terforsir.
armada puter balik itu om, buat nutup biaya operasional dan angsuran busnya.
Betul om, bis puter walik itu. Saya sering liat bisnya sampe kumel gitu.
Travel sumatera juga banyak yg gitu. Yg gantian drivernya aja, tp mobilnya ya on terus bolak-balik
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rajapb wrote: Sun Sep 20, 2020 9:06
mirisnya bus ugal2an gini banyak yang ngefans. Dan fansnya ini rata2 masih anak2 kecil. Fans bis yang biasa disebut bismania ini banyak anak kecilnya
iya bener banyak anak anak kecil, terkadang kalo ngeliat miris karna galakan manianya drpd owner po itu sendiri.
Nah ini dia, di kalangan penggemar bus yg tdk berlebihan aja sampai ada anekdot : maniaK rasa owner
seolah2 mereka tahu segalanya dibandingkan Owner PO Bus itu sendiri..
DOHC wrote: Wed Jun 17, 2020 8:21
Justru sala satu cara biar terkenal
Kl d ytub Misalnya si mr "gaplek"
Bawa bus Pepet2an ampe jarak beberapa centi aj dbilang gapapa, ud biasa, dsb
D videoin, dan viral pula
Up thread lg
Kalo di IG yg truk ugal2an di dalkot dimasukin konten di IG dan mayoritas mesti menggunakan nama CCTV dan domisili... ada yg tau asal usulnya kah?
konten paling banyak, gampang dicari, dan laku dijual di yutub/medsos adalah bus, atau pengkolan ad-sense kayak sitinjau lauik, atau Aek Latong kalau di Sumut..
kalau video incident spt pesawat jatuh, kreta tabrakan...detik detik pohon tumbang, dll...itu gak bisa continue...
kalau soal kenapa dikasih nama CCTV duluan..mungkin latah aja oom…
DOHC wrote: Wed Jun 17, 2020 8:21
Justru sala satu cara biar terkenal
Kl d ytub Misalnya si mr "gaplek"
Bawa bus Pepet2an ampe jarak beberapa centi aj dbilang gapapa, ud biasa, dsb
D videoin, dan viral pula
Up thread lg
Kalo di IG yg truk ugal2an di dalkot dimasukin konten di IG dan mayoritas mesti menggunakan nama CCTV dan domisili... ada yg tau asal usulnya kah?
Terlepas lagi rame di IG atau medsos lain.
Tapi bener sih om, akhir2 ini sering banget nemu truk yg ugal. Hampir tiap hari ada aja ketemu yg ugal. Enggak truk kecil, enggak trailer, dump truk bahkan truk sampah nya DKI.
Apakah mereka ugal karena ngejar trip/rit atau kebelet yak?
Kalo pick up/mobil box basis pick up, enggak udah di omong ya. Levelnya dah setara angkot.
liburan awal April sama istri coba naik Bus dari Surabaya - Pulogebang.
hanya membutuhkan waktu 9 Jam 15 menit sudah termasuk 2x keluar Tol (Mojokerto dan jombang) untuk jemput penumpang, 1x keluar tol utk drop penumpang dan paket di bekasi timur dan 1x berhenti di rest area utk istirahat makan dan isi BBM. berangkat jam 19.15, sampai pulogebang jam 4.30 pagi
ane perhatikan RPM bus selalu hampir menyentuh redline (11rb-12rb RPM). padahal hanya bus MB 1626, bukan yg model 1836/2542 atau scania 410 atau volvo.
Sebenernya bus2 AKAP yg suka ugal2an, tarikannya memang kencang yaa? ambil contoh misalkan Hino RK8 R260, kalo dibandingkan dengan tarikan mobil2 pribadi jika di hitung berdasarkan kecepatan 0-100 km/h apakah dalam kisaran 12-14 detikan? atau kisaran 18-20 detik seperti panther dan fortuner diesel non vnt? memang sih kecepatan 0-100 km/h tdk bsa jadi patokan satu2nya tp penasaran juga hehe. Atau tarikan saat rolling start juga kenceng yaa krn torsinya emg bener2 nolong. Kalo di bandingkan dengan isuzu elf dari segi tarikan kira2 menang mana ya? Sering juga nemuin yg modelan begini, ngeliatnya aja udh serem mending ngalah deh klo ketemu ginian
dori2802 wrote:liburan awal April sama istri coba naik Bus dari Surabaya - Pulogebang.
hanya membutuhkan waktu 9 Jam 15 menit sudah termasuk 2x keluar Tol (Mojokerto dan jombang) untuk jemput penumpang, 1x keluar tol utk drop penumpang dan paket di bekasi timur dan 1x berhenti di rest area utk istirahat makan dan isi BBM. berangkat jam 19.15, sampai pulogebang jam 4.30 pagi
ane perhatikan RPM bus selalu hampir menyentuh redline (11rb-12rb RPM). padahal hanya bus MB 1626, bukan yg model 1836/2542 atau scania 410 atau volvo.
11 - 12 rb RPM mah mesin SuperBike Moto GP kaleee
kalo mesin bus truk Redline paling 2500 - 3000 RPM
midrpm wrote: Fri Oct 15, 2021 18:47
Sebenernya bus2 AKAP yg suka ugal2an, tarikannya memang kencang yaa? ambil contoh misalkan Hino RK8 R260, kalo dibandingkan dengan tarikan mobil2 pribadi jika di hitung berdasarkan kecepatan 0-100 km/h apakah dalam kisaran 12-14 detikan? atau kisaran 18-20 detik seperti panther dan fortuner diesel non vnt? memang sih kecepatan 0-100 km/h tdk bsa jadi patokan satu2nya tp penasaran juga hehe. Atau tarikan saat rolling start juga kenceng yaa krn torsinya emg bener2 nolong. Kalo di bandingkan dengan isuzu elf dari segi tarikan kira2 menang mana ya? Sering juga nemuin yg modelan begini, ngeliatnya aja udh serem mending ngalah deh klo ketemu ginian
Ngga secepet itu sih akselerasi 0-100 nya bus2 AKAP. Cuma memang karena akselerasi sambil ugal & ngebul jd kesannya cepet aja.
Dan 1 hal lg, bus AKAP itu hampir semua nya kalo udah jalan kenceng misalnya kecepatan 100 kpj, enggan buat nurunin lg, jd ya ngeblong aja mereka yg akhirnya jd ugal2an. Karena kalo nurunin kecepatan yg signifikan itu buat nambahnya lg butuh waktu dan malah jd boros.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
dori2802 wrote:liburan awal April sama istri coba naik Bus dari Surabaya - Pulogebang.
hanya membutuhkan waktu 9 Jam 15 menit sudah termasuk 2x keluar Tol (Mojokerto dan jombang) untuk jemput penumpang, 1x keluar tol utk drop penumpang dan paket di bekasi timur dan 1x berhenti di rest area utk istirahat makan dan isi BBM. berangkat jam 19.15, sampai pulogebang jam 4.30 pagi
ane perhatikan RPM bus selalu hampir menyentuh redline (11rb-12rb RPM). padahal hanya bus MB 1626, bukan yg model 1836/2542 atau scania 410 atau volvo.
11 - 12 rb RPM mah mesin SuperBike Moto GP kaleee
kalo mesin bus truk Redline paling 2500 - 3000 RPM
ah iya mbah... otak lagi siwer...
udah beberapa kali naik bus Jakarta - surabaya PP. itu bisa 8,5 jam dengan 2x berhenti di rest area. begitu masuk tol, jarum speedo langsung nyender ke kanan..
midrpm wrote: Fri Oct 15, 2021 18:47
Sebenernya bus2 AKAP yg suka ugal2an, tarikannya memang kencang yaa? ambil contoh misalkan Hino RK8 R260, kalo dibandingkan dengan tarikan mobil2 pribadi jika di hitung berdasarkan kecepatan 0-100 km/h apakah dalam kisaran 12-14 detikan? atau kisaran 18-20 detik seperti panther dan fortuner diesel non vnt? memang sih kecepatan 0-100 km/h tdk bsa jadi patokan satu2nya tp penasaran juga hehe. Atau tarikan saat rolling start juga kenceng yaa krn torsinya emg bener2 nolong. Kalo di bandingkan dengan isuzu elf dari segi tarikan kira2 menang mana ya? Sering juga nemuin yg modelan begini, ngeliatnya aja udh serem mending ngalah deh klo ketemu ginian
Ngga secepet itu sih akselerasi 0-100 nya bus2 AKAP. Cuma memang karena akselerasi sambil ugal & ngebul jd kesannya cepet aja.
Dan 1 hal lg, bus AKAP itu hampir semua nya kalo udah jalan kenceng misalnya kecepatan 100 kpj, enggan buat nurunin lg, jd ya ngeblong aja mereka yg akhirnya jd ugal2an. Karena kalo nurunin kecepatan yg signifikan itu buat nambahnya lg butuh waktu dan malah jd boros.
bener dia manfaatin momentum yah, sebenernya kecepatannya segitu segitu aja tapi manuver kanan kirinya yang bikin keliatan ugal wkwk, kalo jalanan kosong juga keliatannya biasa aja (anteng di kanan jadi lane hogger)
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
dori2802 wrote:liburan awal April sama istri coba naik Bus dari Surabaya - Pulogebang.
hanya membutuhkan waktu 9 Jam 15 menit sudah termasuk 2x keluar Tol (Mojokerto dan jombang) untuk jemput penumpang, 1x keluar tol utk drop penumpang dan paket di bekasi timur dan 1x berhenti di rest area utk istirahat makan dan isi BBM. berangkat jam 19.15, sampai pulogebang jam 4.30 pagi
ane perhatikan RPM bus selalu hampir menyentuh redline (11rb-12rb RPM). padahal hanya bus MB 1626, bukan yg model 1836/2542 atau scania 410 atau volvo.
11 - 12 rb RPM mah mesin SuperBike Moto GP kaleee
kalo mesin bus truk Redline paling 2500 - 3000 RPM
ah iya mbah... otak lagi siwer...
udah beberapa kali naik bus Jakarta - surabaya PP. itu bisa 8,5 jam dengan 2x berhenti di rest area. begitu masuk tol, jarum speedo langsung nyender ke kanan..
Titisan om kompre tuhh…
Bus mesin diesel .. CC gede; turbo segede bagong .. colok solar busuk pula … jarum sepit nyender kanan terooos
KielConstantine wrote: Mon Oct 18, 2021 5:10
Titisan om kompre tuhh…
Bus mesin diesel .. CC gede; turbo segede bagong .. colok solar busuk pula … jarum sepit nyender kanan terooos
hampir tiap 2 bulan ane pulang Tangerang - surabaya (sidoarjo tepatnya) seringnya bawa mobil, tapi bbrp kali naik bus (soalnya ga ribet syratnya kyk naik kereta dan peswt).
kalau pengen sensasi lari bareng Bus malam, jalan dari jakarta jam 3 - 7 sore. ntr di cipali - transjawabahn akan kita lihat bus race. perhatikan bus2 : STJ, Haryanto, KYM, Gunung harta.. dan kalau udah masuk tol Pemalang dst itu Bus bisa nge gass gila terutama yg UHD (ultrahighdeck). ane lari 130 - 140km/jam itu bus bisa tiba2 udah di sebelah aja... dan sangat mengintimadasi dengan besarnya body bus yg di atas rata2..
tapi kalau kita di dalamnya enak om... suspensi udara bus2 premium itu bikin kita ga nyadar bus lagi ngebut kalau ga lihat banyak kendaraan yg disalip.. bus UHD itu kl ga salah bisa di atas 3 M harganya..
midrpm wrote: Fri Oct 15, 2021 18:47
Sebenernya bus2 AKAP yg suka ugal2an, tarikannya memang kencang yaa? ambil contoh misalkan Hino RK8 R260, kalo dibandingkan dengan tarikan mobil2 pribadi jika di hitung berdasarkan kecepatan 0-100 km/h apakah dalam kisaran 12-14 detikan? atau kisaran 18-20 detik seperti panther dan fortuner diesel non vnt? memang sih kecepatan 0-100 km/h tdk bsa jadi patokan satu2nya tp penasaran juga hehe. Atau tarikan saat rolling start juga kenceng yaa krn torsinya emg bener2 nolong. Kalo di bandingkan dengan isuzu elf dari segi tarikan kira2 menang mana ya? Sering juga nemuin yg modelan begini, ngeliatnya aja udh serem mending ngalah deh klo ketemu ginian
Ngga secepet itu sih akselerasi 0-100 nya bus2 AKAP. Cuma memang karena akselerasi sambil ugal & ngebul jd kesannya cepet aja.
Dan 1 hal lg, bus AKAP itu hampir semua nya kalo udah jalan kenceng misalnya kecepatan 100 kpj, enggan buat nurunin lg, jd ya ngeblong aja mereka yg akhirnya jd ugal2an. Karena kalo nurunin kecepatan yg signifikan itu buat nambahnya lg butuh waktu dan malah jd boros.
bener dia manfaatin momentum yah, sebenernya kecepatannya segitu segitu aja tapi manuver kanan kirinya yang bikin keliatan ugal wkwk, kalo jalanan kosong juga keliatannya biasa aja (anteng di kanan jadi lane hogger)
Iya memanfaatkan momentum lebih banyak sih, saya beberapa kali ngekorin bus AKAP di trans jawa secara speed ya paling 120an lah max di jalur kanan. Entah karena tengah malem atau apa ya, tp cukup anteng sih, waktu itu yg saya amati ada 2 PO, Harapan Jaya sama Agra Mas.
Tp kalo yg ugal banget meskipun kencengnya ngga seberapa ya Bis Jakarta-cirebon/kuningan itu sih, siapapun PO nya tetep ugal
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Sekitar 2008-2010 saya suka ikut nongkrong dengan komunitas Bismania sewaktu kuliah di Jogja. Waktu itu di era pra-media sosial cara untuk seen and to be seen di komunitas adalah sejauh mana pengetahuan soal bus, belum ke arah pembuatan konten video/socmed seperti sekarang. Kalaupun konten waktu itu lebih ke trip report di milis atau foto. Waktu itu ada tokoh legenda yang bisa menebak sasis bis dengan mata tertutup hanya dari suara knalpotnya dan punya trip report legendaris trip keliling Sumatra sampai Jember naik bus bumel.
Nah makin ke sini yang dicari bukan the art of journey-nya, bagaimana menceritakan perjalanan secara lengkap seolah kita ikut di dalamnya, tapi ngonten demi viewers (padahal naik juga enggak) pribadi. Sempat ada owner salah satu P.O kesal dengan kelakuan maniak-maniak ini yang nuntut sasis ini itu tapi boro-boro naik busnya, cuma modal ngeker di pinggir tol.
Sayangnya, fenomena ini justru ditangkap oleh beberapa P.O sebagai alat promosi dan akhirnya cenderung mengorbankan kenyamanan penumpang reguler. Mulai dari pemasangan aksesoris yang berlebihan cenderung norak dan kelakuan driver yang ugal-ugalan lewat jargon "tempel lima senti", "sampai Jakarta belum ganti hari", dsb, dsb. Tapi baiknya ada P.O yang fokus penumpang-penumpang old school yang benar-benar cari kenyamanan bukan dangdutan dan disko sepanjang jalan dan memaksimalkan servis.
Ngga secepet itu sih akselerasi 0-100 nya bus2 AKAP. Cuma memang karena akselerasi sambil ugal & ngebul jd kesannya cepet aja.
Dan 1 hal lg, bus AKAP itu hampir semua nya kalo udah jalan kenceng misalnya kecepatan 100 kpj, enggan buat nurunin lg, jd ya ngeblong aja mereka yg akhirnya jd ugal2an. Karena kalo nurunin kecepatan yg signifikan itu buat nambahnya lg butuh waktu dan malah jd boros.
bener dia manfaatin momentum yah, sebenernya kecepatannya segitu segitu aja tapi manuver kanan kirinya yang bikin keliatan ugal wkwk, kalo jalanan kosong juga keliatannya biasa aja (anteng di kanan jadi lane hogger)
Iya memanfaatkan momentum lebih banyak sih, saya beberapa kali ngekorin bus AKAP di trans jawa secara speed ya paling 120an lah max di jalur kanan. Entah karena tengah malem atau apa ya, tp cukup anteng sih, waktu itu yg saya amati ada 2 PO, Harapan Jaya sama Agra Mas.
Tp kalo yg ugal banget meskipun kencengnya ngga seberapa ya Bis Jakarta-cirebon/kuningan itu sih, siapapun PO nya tetep ugal
Wah sama om, saya juga suka ngekorin bus kalo pas nyetir di Trans Jawa, terutama Cipali sampai Salatiga. Selain Harjay dan Agra, saya suka ngekor Rosalia Indah. Mainnya alus dan selalu ngasih sinyal lampu sein jadi yg dibelakang kerasa "dipandu". Atur jaga jarak aman, matikan lampu utama (sebagai tanda kita akan ikut di belakang dan gak nyelip), selanjutnya ikutin aba-abanya lewat sein bus. Kalau bosan dan mau nyelip, tinggal nge-dim sambil kasih klakson sekali sebagai tanda terima kasih sudah dipandu. Cuma seringnya kalau ada geng Cirebonan, STJ, dan HR jadi buyar semuanya hehehe.