Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote:utk ahond L15 keterangan officialnya sebut boleh pakai macam2 viskositas tp dibawah ada asterisk "use 0w20 for fuel economy." tidak disebut for maximum performance. dan apalagi ga disebut "required to use 0w20."
kl 0w20 memang diperuntukkan utk engine yg presisi pastinya cocok utk bugatti juga krn mesin bugatti sangat presisi, bahkan yg terpresisi di dunia. masa iya mesin bugatti kalah sm mesin lcgc. apa sebaiknya bugatti pakai 0w20? (don't answer, only rhetorical question)
source: google.
Weleh fuel economy ya? Bukan fuel efficiency...
-60 wew....kuentel banget ini tp mungkin wajar u membantu mendinginkan mesin di jalanan jakarta [emoji1787]
Omnibus wrote: Mon Sep 21, 2020 7:27
utk ahond L15 keterangan officialnya sebut boleh pakai macam2 viskositas tp dibawah ada asterisk "use 0w20 for fuel economy." tidak disebut for maximum performance. dan apalagi ga disebut "required to use 0w20."
kl 0w20 memang diperuntukkan utk engine yg presisi pastinya cocok utk bugatti juga krn mesin bugatti sangat presisi, bahkan yg terpresisi di dunia. masa iya mesin bugatti kalah sm mesin lcgc. apa sebaiknya bugatti pakai 0w20? (don't answer, only rhetorical question)
source: google.
Jangankan bugatti mbah
Mitsu 4g63T aj disuru nya 10-60... yg 4B11T jg kl lg kompetisi dsuru nya turun ke buntut 60.. kl lg daily use baru bole turun buntutnya
Dah ahh, bukan propesor.. jebolan asemreges balik badan lg ahh
dieselkiki wrote:yang saya masih penasaran itu sebenarnya kenapa LCGC harus pakai oli (yang kalau rekomendasi manual awner) 0W-20, apa gak terlalu bagus itu ? maksudnya, apakah ekor 30 atau mungkin 40 tidak mencukupi untuk kebeutuhan spesifikasi mesin modern ? Kalau dilihat dari komentar ATPM kan karena ini mesin modern dan butuh oli sampai melumasi ke celah terkecil
saay lihat di BeResnya malah diisikan ekor 30 atau 40 juga
Omnibus wrote:utk ahond L15 keterangan officialnya sebut boleh pakai macam2 viskositas tp dibawah ada asterisk "use 0w20 for fuel economy." tidak disebut for maximum performance. dan apalagi ga disebut "required to use 0w20."
kl 0w20 memang diperuntukkan utk engine yg presisi pastinya cocok utk bugatti juga krn mesin bugatti sangat presisi, bahkan yg terpresisi di dunia. masa iya mesin bugatti kalah sm mesin lcgc. apa sebaiknya bugatti pakai 0w20? (don't answer, only rhetorical question)
source: google.
SuperCar rata2 pake buntut 50 / 60 Full syn
krn maen RPM tinggi / Boost Turbo besar
mesin sgt puanasss
RPM tinggi = bikin suhu oli mesin lebih panas
Tapi bbrp Supercar generasi baru udah ada yg pake buntut 30 spt Lambo misalnya
Kalo super car German / Sport sedan German rata2 buntut 40
Smua mobil jg dsuruhnya oli encer.. bahkan ipah 1Tr yg enjin nya ud ampir 2 dekade aj skrg 0-20.. tujuan nya smua ngejar efisiensi bensin biar irit irit rit rit..
Jgankan oli mesin, skrg aj tren ATF ud makin encer.. bahkan atf utk mobil2 kelas pekerja aj dsuru pakenya atf encer jg biar irit rit rit...
Btw, jgn kmakan ngomongan nya si yutuber milenial jayus.. oli encer itu tidak selalu sama dengan oli mahal/ keraton / kelas atas
Bbrp hari lalu sy liat postingan IGnya doi om, soal xtrel T32. Caption di bwh foto xtrelnya/yg diketik diatas kolom komen intinya "mobil enak ini, cuma hrs ganti gearbox cvtnya tiap 100/150rb km"
Smua mobil jg dsuruhnya oli encer.. bahkan ipah 1Tr yg enjin nya ud ampir 2 dekade aj skrg 0-20.. tujuan nya smua ngejar efisiensi bensin biar irit irit rit rit..
Jgankan oli mesin, skrg aj tren ATF ud makin encer.. bahkan atf utk mobil2 kelas pekerja aj dsuru pakenya atf encer jg biar irit rit rit...
Btw, jgn kmakan ngomongan nya si yutuber milenial jayus.. oli encer itu tidak selalu sama dengan oli mahal/ keraton / kelas atas
Bbrp hari lalu sy liat postingan IGnya doi om, soal xtrel T32. Caption di bwh foto xtrelnya/yg diketik diatas kolom komen intinya "mobil enak ini, cuma hrs ganti gearbox cvtnya tiap 100/150rb km"
Ganti gearbox CVT per 100-150k km?
Ganti oli gearbox mungkin Om [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Smua mobil jg dsuruhnya oli encer.. bahkan ipah 1Tr yg enjin nya ud ampir 2 dekade aj skrg 0-20.. tujuan nya smua ngejar efisiensi bensin biar irit irit rit rit..
Jgankan oli mesin, skrg aj tren ATF ud makin encer.. bahkan atf utk mobil2 kelas pekerja aj dsuru pakenya atf encer jg biar irit rit rit...
Btw, jgn kmakan ngomongan nya si yutuber milenial jayus.. oli encer itu tidak selalu sama dengan oli mahal/ keraton / kelas atas
Bbrp hari lalu sy liat postingan IGnya doi om, soal xtrel T32. Caption di bwh foto xtrelnya/yg diketik diatas kolom komen intinya "mobil enak ini, cuma hrs ganti gearbox cvtnya tiap 100/150rb km"
Ganti gearbox CVT per 100-150k km?
Ganti oli gearbox mungkin Om [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Bantu skrinsut oom
Screenshot_20200921-154452_Instagram.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Smua mobil jg dsuruhnya oli encer.. bahkan ipah 1Tr yg enjin nya ud ampir 2 dekade aj skrg 0-20.. tujuan nya smua ngejar efisiensi bensin biar irit irit rit rit..
Jgankan oli mesin, skrg aj tren ATF ud makin encer.. bahkan atf utk mobil2 kelas pekerja aj dsuru pakenya atf encer jg biar irit rit rit...
Btw, jgn kmakan ngomongan nya si yutuber milenial jayus.. oli encer itu tidak selalu sama dengan oli mahal/ keraton / kelas atas
Bbrp hari lalu sy liat postingan IGnya doi om, soal xtrel T32. Caption di bwh foto xtrelnya/yg diketik diatas kolom komen intinya "mobil enak ini, cuma hrs ganti gearbox cvtnya tiap 100/150rb km"
Dsitu kadang saya merasa sedih
Orang ngawur gt bisa dtjap petrolhead.. saya yg jebolan university of asemreges aj ga sudi nonton channel sesat doi
Omnibus wrote: Mon Sep 21, 2020 7:27
utk ahond L15 keterangan officialnya sebut boleh pakai macam2 viskositas tp dibawah ada asterisk "use 0w20 for fuel economy." tidak disebut for maximum performance. dan apalagi ga disebut "required to use 0w20."
kl 0w20 memang diperuntukkan utk engine yg presisi pastinya cocok utk bugatti juga krn mesin bugatti sangat presisi, bahkan yg terpresisi di dunia. masa iya mesin bugatti kalah sm mesin lcgc. apa sebaiknya bugatti pakai 0w20? (don't answer, only rhetorical question)
source: google.
Siap, salah. Berarti pemahamannya salah
Kalau begitu apakah aman dari sisi mesin bila mobil lcgc pakai ekor 30 atau 40 ? Kalau aman untuk keawetan mesin mobil berarti apa yang dilakukan BeRes gak salah-salah amat yak ?
erwinign wrote:
Bbrp hari lalu sy liat postingan IGnya doi om, soal xtrel T32. Caption di bwh foto xtrelnya/yg diketik diatas kolom komen intinya "mobil enak ini, cuma hrs ganti gearbox cvtnya tiap 100/150rb km"
Ganti gearbox CVT per 100-150k km?
Ganti oli gearbox mungkin Om [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
dieselkiki wrote: Mon Sep 21, 2020 12:21
Siap, salah. Berarti pemahamannya salah
Kalau begitu apakah aman dari sisi mesin bila mobil lcgc pakai ekor 30 atau 40 ? Kalau aman untuk keawetan mesin mobil berarti apa yang dilakukan BeRes gak salah-salah amat yak ?
sy sebelumnya ga bilang salah atau benar om.
yg dibilang di bukman kan 0w20 "direkomendasikan/recommended"
bukan
"diharuskan/diwajibkan/required to use/use only 0w20." nah kl yg terakhir beda ceritanya.
oli jg banyak faktor, kl sy gampangnya liat dr harga. ambil contoh seandainya sy punya lcgc dan cuma peduli keawetan, ada pilihan oli mahal 200 rb seliter 5w30 vs oli murah 0w20 maka sy pakai yg 5w30. sebaliknya kl pilihannya oli mahal 0w20 vs oli murah 5w30 maka sy pakai yg 0w20. sy ga terlalu pusingin sae selama ga terlalu jauh lompatnya, lebih penting base stock quality dan additive package nya.
disuruh pake 0w20 murah sy paling ga mau kl bicara keawetan. itu kl saya. ga ngajak debat siapapun, ini pure personal preference. bebas2 aja masing2.
dieselkiki wrote: Mon Sep 21, 2020 12:21
Siap, salah. Berarti pemahamannya salah
Kalau begitu apakah aman dari sisi mesin bila mobil lcgc pakai ekor 30 atau 40 ? Kalau aman untuk keawetan mesin mobil berarti apa yang dilakukan BeRes gak salah-salah amat yak ?
sy sebelumnya ga bilang salah atau benar om.
yg dibilang di bukman kan 0w20 "direkomendasikan/recommended"
bukan
"diharuskan/diwajibkan/required to use/use only 0w20." nah kl yg terakhir beda ceritanya.
oli jg banyak faktor, kl sy gampangnya liat dr harga. ambil contoh seandainya sy punya lcgc dan cuma peduli keawetan, ada pilihan oli mahal 200 rb seliter 5w30 vs oli murah 0w20 maka sy pakai yg 5w30. sebaliknya kl pilihannya oli mahal 0w20 vs oli murah 5w30 maka sy pakai yg 0w20. sy ga terlalu pusingin sae selama ga terlalu jauh lompatnya, lebih penting base stock quality dan additive package nya.
disuruh pake 0w20 murah sy paling ga mau kl bicara keawetan. itu kl saya. ga ngajak debat siapapun, ini pure personal preference. bebas2 aja masing2.
serius nanya :
emg knapa mbah dgn oli 0W-20 ?? pasti ga awet kah ?? si oli "itu" yg kita bahas dl, padahal 5-30 tp lebi ga enak lohh drpd oli 0-20 nya eneos
ngebanyol nanya :
kl oli biar ga cepet kotor, bagus nya filter udara saya pakein masker N95 atau tabung oxygen scuba yg 3 liter mbah ?
Omnibus wrote: Mon Sep 21, 2020 7:27
utk ahond L15 keterangan officialnya sebut boleh pakai macam2 viskositas tp dibawah ada asterisk "use 0w20 for fuel economy." tidak disebut for maximum performance. dan apalagi ga disebut "required to use 0w20."
kl 0w20 memang diperuntukkan utk engine yg presisi pastinya cocok utk bugatti juga krn mesin bugatti sangat presisi, bahkan yg terpresisi di dunia. masa iya mesin bugatti kalah sm mesin lcgc. apa sebaiknya bugatti pakai 0w20? (don't answer, only rhetorical question)
source: google.
Siap, salah. Berarti pemahamannya salah
Kalau begitu apakah aman dari sisi mesin bila mobil lcgc pakai ekor 30 atau 40 ? Kalau aman untuk keawetan mesin mobil berarti apa yang dilakukan BeRes gak salah-salah amat yak ?
Mau sedikit sharing pengalaman pribadi, mungkin related sama om turbo pernah bilang kalau sering high rpm lbh baik pake yg lbh kentel
Mobil 2010 keatas kyknya pke oli range buntut 0 - 40 gk ada masalah lbh kemasalah perilaku berkendara.
Memang oli encer dimobil baru itu untuk efisiensi, dan perilaku mobil jaman sekarang yg didesign untuk main di rpm rendah mungkin macet"an atau karena rasio gigi yg lebih rapet" dengan jumlah byk.
Pengalaman pd ford fiesta udh 2 kali ganti pke oli ptt 0w20 sn+, pada pergantian oli sebelumnya 8.000 km ( sebelum pademik) sma sekali tdk ada pengurangan pd dipstick pemakaian dalkot sesekali keluar kota, tp pergantian saat ini baru 6.000 km oli sudah sudah menunjukan sedikit pengurangan yg saya rasa jg karena jalanan saat ini yg relatif lbh sepi dan pernah saya geber ke semarang 2 kali matengin gas main di 4000- 5000 rpm di tol cipali karena jalanan yg kosong [emoji28] .
Nextnya kyknya better pke 5w30 klo yg sering high rpm
Gaya berkendara ngaruh bgt deh buat pemilihan kekentalan oli selama masih dalam range yg ada dibuku manual, mungkin ini jg yg buat mesin sport car minta oli lbh kentel smpe buntut 60
dieselkiki wrote: Mon Sep 21, 2020 12:21
Siap, salah. Berarti pemahamannya salah
Kalau begitu apakah aman dari sisi mesin bila mobil lcgc pakai ekor 30 atau 40 ? Kalau aman untuk keawetan mesin mobil berarti apa yang dilakukan BeRes gak salah-salah amat yak ?
sy sebelumnya ga bilang salah atau benar om.
yg dibilang di bukman kan 0w20 "direkomendasikan/recommended"
bukan
"diharuskan/diwajibkan/required to use/use only 0w20." nah kl yg terakhir beda ceritanya.
oli jg banyak faktor, kl sy gampangnya liat dr harga. ambil contoh seandainya sy punya lcgc dan cuma peduli keawetan, ada pilihan oli mahal 200 rb seliter 5w30 vs oli murah 0w20 maka sy pakai yg 5w30. sebaliknya kl pilihannya oli mahal 0w20 vs oli murah 5w30 maka sy pakai yg 0w20. sy ga terlalu pusingin sae selama ga terlalu jauh lompatnya, lebih penting base stock quality dan additive package nya.
disuruh pake 0w20 murah sy paling ga mau kl bicara keawetan. itu kl saya. ga ngajak debat siapapun, ini pure personal preference. bebas2 aja masing2.
serius nanya :
emg knapa mbah dgn oli 0W-20 ?? pasti ga awet kah ?? si oli "itu" yg kita bahas dl, padahal 5-30 tp lebi ga enak lohh drpd oli 0-20 nya eneos
ngebanyol nanya :
kl oli biar ga cepet kotor, bagus nya filter udara saya pakein masker N95 atau tabung oxygen scuba yg 3 liter mbah ?
BOLJUG ini idenya untuk mendaptkan hasil maksimal dan menambah umur filter udara.
Drpd beli xerox yg mihil mendingan beli N95 bisa dicuci 3x trs diganti ya
pakai oli encer utk city driving itu juga bisa misconception. city driving yg spt apa dulu. memangnya ada city driving di indonesia yg spt di kota kecil di eropa atau amerika.
beberapa point city driving menurut sumber terpercaya malah membuat mobil masuk dlm kategori "severe service condition" a. l. mengharuskan jadwal service dipercepat termasuk percepatan ganti oli 1/2x OCI normal. artinya secara overall oli dlm kondisi extra stress and strain.
yg sy beri tanda biru itu semua karakter city driving. point2 tsb membuat mobil masuk dlm kategori severe service condition. yg di pegunungan itu banyak kota2 kecil indonesia di pegunungan, wong +62 terkenal dgn volcanoes.
itulah makanya sy ganti oli di oci 7k meskipun sy pakai amsoil ss.
DOHC wrote: Mon Sep 21, 2020 13:14
serius nanya :
emg knapa mbah dgn oli 0W-20 ?? pasti ga awet kah ?? si oli "itu" yg kita bahas dl, padahal 5-30 tp lebi ga enak lohh drpd oli 0-20 nya eneos
ngebanyol nanya :
kl oli biar ga cepet kotor, bagus nya filter udara saya pakein masker N95 atau tabung oxygen scuba yg 3 liter mbah ?
ane pernah baca, semakin encer oli utk bisa tetap menjaga kemampuan engine protection terutama dlm kondisi extreme (consider severe condition di atas) itu mengandalkan additive pack yg diatas rata2. dan additive pack yg bagus kaga murah mbah. memang kita ga bicara pas dimasukin itu oli langsung breakdown tp ane bicara wear rates yg hubungannya ke seberapa lama mesin performance nya bertahan spt baru.
tabung oksigen? tanya ke yg lebih ngerti hepa filter aja dah. di point severe service condition tuh diatas disebut dusty roads.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jadi intinya Om @Omnibus, kl make oli lbh encer dari standard pabrikan kudu ditopang dengan kemampuan oli yg bagus ya?
Atau diperbolehkan pakai oli encer kelas biasa2 asalkan ya itu interval dipercepat untuk menjaga tingkat wear engine tetep bagus...
Di Jabodetabek kayanya ngga masuk itu eco driving dan lbh ke severe kl liat list di atas
test lab UOA memang bisa kasih indikasi kandungan wear metals. tapi jangan juga over reliant thd test itu sebab UOA adalah lagging indicator (bukan leading indicator). hanya berguna utk modifikasi pattern penggunaan oli selanjutnya tetapi kl hasilnya bilang ada wear metals artinya the damage has been done dan kita sama2 tahu itu damage irrevocable.
maksud sy gampangnya kl sdh bearing kemakan ya sudah. contohnya di menit ke 4:00 video Project Farm ini, kl scar sdh terjadi dlm engine mau apalagi. it's too late.
blloewy wrote: Tue Sep 22, 2020 1:16
Jadi intinya Om @Omnibus, kl make oli lbh encer dari standard pabrikan kudu ditopang dengan kemampuan oli yg bagus ya?
Atau diperbolehkan pakai oli encer kelas biasa2 asalkan ya itu interval dipercepat untuk menjaga tingkat wear engine tetep bagus...
Di Jabodetabek kayanya ngga masuk itu eco driving dan lbh ke severe kl liat list di atas
menurut sy sih begitu, oli semakin encer hrs semakin advance bikinnya dan yg bagus ga akan murah. dan juga yg sy tahu ga pernah ada oli encer dimarketingkan for performance. yg ada sbg eco - fuel efficiency / fuel economy. makanya sy sebelumnya singgung bugatti krn kl memang oli encer diciptakan utk performance dgn tetap punya engine protection bagus, kenapa bugatti ga pakai oli itu? sebab dia tau msh ada namanya material expansion kl mesin panas dan kita bicara hypercar ini yg bahan bakunya bukan kaleng2. apa iya engine lcgc punya material expansion yg lebih bagus dr bugatti. less likely to happen.
ttg severe driving condition, meyakinkan org ttg itu di kondisi traffic pulau jawa pada umumnya sulit krn sebagian org maunya irit irit dan irit. masing2 punya pandangan sendiri2. oli semi-syn bisa dipakai 10k km di jabodetabek. ada kenalan ane malah terang2an bilang biarin aja, max 5 tahun mobil dijual, urusan pemilik selanjutnya kl mau ada rusak. beda pandangan kan.
Hype oli encer dan API SP kayak pilih steak Wagyu ... buat dongkrak pemasaran, dimana-mana steak dikasih label Wagyu.
Semua bisa bikin oli encer dan comply to API SP, tapi kembali lagi ke kandungan additive-nya (anti-wear, detergent, dispersant,etc)
Wah, kalo testnya gini, cari BM1 aja deh. Dulu sering banget di bengkel motor ada alat benchtest seperti test bearing di atas, dan BM1 bagus banget, ga ninggalin bekas gesekan