Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
1tr? gampaaaaaaang.... filter bensin ama charcoal can ga usah lepas. kabel juga yang dilepas cuman soket dowang trus pinggirin.
yang agak susah itu ngelepas 2 baut paling bawah sama masang baut dipstick kalo yg metik.
kalo hr15, baek-baek tu pcv valve. ahahahahahaha..... pengalaman pribadi ngelepas intake hr15 punya om 1trfe sampe kebelah 2 itu pcv-nya.
filter bensin ama charcoal emg bsa ga dilepas, cuman rada ngepas mbah, makanya biasa saya lepas skalian.. dann betul, 2 baut dibawah manipol itu mmg paling laknat letak nya.. musti diraba2.. btw, saya ga perna ampe lepas fuel rail mbah kl mo copotin manipol
dan satu lg yg bkin susah, di ipah reborn, moncongnya lebi panjang mbah, kaga pesek kaya ipah lama.. kl yg buat tinggi nya cuman 170 senti kaya saya sehh, rada stengah mati ngerjain nya.. musti pake korsi dingklik
utk HR15, stuju, ati2 aj ama selang2 plastik dan pcv nya.. kl yg ud berumur, rentan retak alus, pecah dsb..
tp skrg ud banyak sehh ganti nya.. d atrium jg murah2
Last edited by DOHC on Sun Sep 20, 2020 14:23, edited 1 time in total.
Profith83 wrote: Sun Sep 20, 2020 12:52
@DOHC pernah coba bersihkan/ganti filter bensin HRV/mobilio?
Pakai tool apa saja? Beli di BeRes filter bensinnya?
filter nya di dalam tangki bensin.. mirip seperti lipindut.. perna nanya di beres katanya filternya itu lifetime, jadi satu ama rumah pompa fuel pump nya.. jadi yah tinggal di bersihin aja screening filter fuel pump nya..
akses nya dr floor panel nya kursi driver atau passenger di sebelah nya, cuman musti pake konci special buat buka tutupan fuel pump nya.. atau cara asemreges, di ketok2 pake obeng ama palu..
cuman saya belum perna coba DIY di HRV, nunggu mbah omnibus mulai ngerjain dl.. nanti saya tinggal contek
filter bensin ama charcoal emg bsa ga dilepas, cuman rada ngepas mbah, makanya biasa saya lepas skalian.. dann betul, 2 baut dibawah manipol itu mmg paling laknat letak nya.. musti diraba2.. btw, saya ga perna ampe lepas fuel rail mbah kl mo copotin manipol
dan satu lg yg bkin susah, di ipah reborn, moncongnya lebi panjang mbah, kaga pesek kaya ipah lama.. kl yg buat tinggi nya cuman 170 senti kaya saya sehh, rada stengah mati ngerjain nya.. musti pake korsi dingklik
utk HR15, stuju, ati2 aj ama selang2 plastik dan pcv nya.. kl yg ud berumur, rentan retak alus, pecah dsb..
tp skrg ud banyak sehh ganti nya.. d atrium jg murah2
bukan fuel rail, tapi fuel line yang ke fuel rail sama return line-nya kan musti disingkirin dahulu.
reborn mah masih piyik ngapain dilepas-lepas?
Profith83 wrote: Sun Sep 20, 2020 12:52
@DOHC pernah coba bersihkan/ganti filter bensin HRV/mobilio?
Pakai tool apa saja? Beli di BeRes filter bensinnya?
filter nya di dalam tangki bensin.. mirip seperti lipindut.. perna nanya di beres katanya filternya itu lifetime, jadi satu ama rumah pompa fuel pump nya.. jadi yah tinggal di bersihin aja screening filter fuel pump nya..
akses nya dr floor panel nya kursi driver atau passenger di sebelah nya, cuman musti pake konci special buat buka tutupan fuel pump nya.. atau cara asemreges, di ketok2 pake obeng ama palu..
cuman saya belum perna coba DIY di HRV, nunggu mbah omnibus mulai ngerjain dl.. nanti saya tinggal contek
mbah Omnibus punya gk5 kan? kalo posisi tengkinya sama dengan ge8, aksesnya dari bawah handbrake mbah....
hanya buka center console sama 2 baut pengiket handbrake.
setelah itu nanti keliatan covernya. saya buka penguncinya pake palu sama pahat aja, sebelumnya semprot penetrant dulu. kalo mau pake obeng usahaken jangan yang ujungnya tajem supaya penguncinya nggak rusak.
btw sangat disarankan pake sarung tangan kain saat beraksi, tangan kiri saya yang jari tengah sukses ngucur darah segar kentel kena pinggiran cover-nya yang dari logam. kejadian sudah lebih dari 2 minggu lalu, tapi sampe sekarang masih cenut-cenut.
nah, buat hrv atau mobilio, mungkin buka jok tengah.
dan filter bensin di ge8 sepertinya cukup serius bukan sekedar screen tembus pandang kaya kawat nyamuk seperti di kebanyakan toyodai, ini beneran filter tapi kecil dan tipis.
Profith83 wrote: Sun Sep 20, 2020 12:52
@DOHC pernah coba bersihkan/ganti filter bensin HRV/mobilio?
Pakai tool apa saja? Beli di BeRes filter bensinnya?
filter nya di dalam tangki bensin.. mirip seperti lipindut.. perna nanya di beres katanya filternya itu lifetime, jadi satu ama rumah pompa fuel pump nya.. jadi yah tinggal di bersihin aja screening filter fuel pump nya..
akses nya dr floor panel nya kursi driver atau passenger di sebelah nya, cuman musti pake konci special buat buka tutupan fuel pump nya.. atau cara asemreges, di ketok2 pake obeng ama palu..
cuman saya belum perna coba DIY di HRV, nunggu mbah omnibus mulai ngerjain dl.. nanti saya tinggal contek
musti beli tools ini buat buka covernya mbah ... hahahaha invest maning judulnya
marmut wrote: Sun Sep 20, 2020 14:53
mbah Omnibus punya gk5 kan? kalo posisi tengkinya sama dengan ge8, aksesnya dari bawah handbrake mbah....
hanya buka center console sama 2 baut pengiket handbrake.
setelah itu nanti keliatan covernya. saya buka penguncinya pake palu sama pahat aja, sebelumnya semprot penetrant dulu. kalo mau pake obeng usahaken jangan yang ujungnya tajem supaya penguncinya nggak rusak.
btw sangat disarankan pake sarung tangan kain saat beraksi, tangan kiri saya yang jari tengah sukses ngucur darah segar kentel kena pinggiran cover-nya yang dari logam. kejadian sudah lebih dari 2 minggu lalu, tapi sampe sekarang masih cenut-cenut.
nah, buat hrv atau mobilio, mungkin buka jok tengah.
dan filter bensin di ge8 sepertinya cukup serius bukan sekedar screen tembus pandang kaya kawat nyamuk seperti di kebanyakan toyodai, ini beneran filter tapi kecil dan tipis.
lohh bukannya didokumentasikan mbah ... (filternya maksudku, bukan darah ngocornya )
kondisi odo brp waktu itu dr terakhir filter diganti? dan kondisinya memprihatinkan ngga? pakai premium, pertalite, pertamax, pertabo mbah?
filter bensin ama charcoal emg bsa ga dilepas, cuman rada ngepas mbah, makanya biasa saya lepas skalian.. dann betul, 2 baut dibawah manipol itu mmg paling laknat letak nya.. musti diraba2.. btw, saya ga perna ampe lepas fuel rail mbah kl mo copotin manipol
dan satu lg yg bkin susah, di ipah reborn, moncongnya lebi panjang mbah, kaga pesek kaya ipah lama.. kl yg buat tinggi nya cuman 170 senti kaya saya sehh, rada stengah mati ngerjain nya.. musti pake korsi dingklik
utk HR15, stuju, ati2 aj ama selang2 plastik dan pcv nya.. kl yg ud berumur, rentan retak alus, pecah dsb..
tp skrg ud banyak sehh ganti nya.. d atrium jg murah2
bukan fuel rail, tapi fuel line yang ke fuel rail sama return line-nya kan musti disingkirin dahulu.
reborn mah masih piyik ngapain dilepas-lepas?
ohh justru saya malah ga brani kutak katik fuel line nya mbah, serem bensin netes2..
kan mo bersihin payung klep mbah, biar kata piyik, tp keraknya ud tebel2
Profith83 wrote: Sun Sep 20, 2020 12:52
@DOHC pernah coba bersihkan/ganti filter bensin HRV/mobilio?
Pakai tool apa saja? Beli di BeRes filter bensinnya?
filter nya di dalam tangki bensin.. mirip seperti lipindut.. perna nanya di beres katanya filternya itu lifetime, jadi satu ama rumah pompa fuel pump nya.. jadi yah tinggal di bersihin aja screening filter fuel pump nya..
akses nya dr floor panel nya kursi driver atau passenger di sebelah nya, cuman musti pake konci special buat buka tutupan fuel pump nya.. atau cara asemreges, di ketok2 pake obeng ama palu..
cuman saya belum perna coba DIY di HRV, nunggu mbah omnibus mulai ngerjain dl.. nanti saya tinggal contek
mbah Omnibus punya gk5 kan? kalo posisi tengkinya sama dengan ge8, aksesnya dari bawah handbrake mbah....
hanya buka center console sama 2 baut pengiket handbrake.
setelah itu nanti keliatan covernya. saya buka penguncinya pake palu sama pahat aja, sebelumnya semprot penetrant dulu. kalo mau pake obeng usahaken jangan yang ujungnya tajem supaya penguncinya nggak rusak.
btw sangat disarankan pake sarung tangan kain saat beraksi, tangan kiri saya yang jari tengah sukses ngucur darah segar kentel kena pinggiran cover-nya yang dari logam. kejadian sudah lebih dari 2 minggu lalu, tapi sampe sekarang masih cenut-cenut.
nah, buat hrv atau mobilio, mungkin buka jok tengah.
dan filter bensin di ge8 sepertinya cukup serius bukan sekedar screen tembus pandang kaya kawat nyamuk seperti di kebanyakan toyodai, ini beneran filter tapi kecil dan tipis.
jahh serem amat ampe darah ngocor sgala.. males ahh... pake aj terus ampe jebol tuh fuel pump deh
lohh bukannya didokumentasikan mbah ... (filternya maksudku, bukan darah ngocornya )
kondisi odo brp waktu itu dr terakhir filter diganti? dan kondisinya memprihatinkan ngga? pakai premium, pertalite, pertamax, pertabo mbah?
darah langsung brenti saya iket pake daimaru masking tape. abisnya nyari cyanoacrilate gaada.....
odo kalo ga salah inget udah 100ribu lebih. kondisi mobilnya kaya abis dipake perang bosnia. bahan bakar sih katanya pake shell 92 selalu. baunya aneh, ga kaya bau koeda laoet.
bekas lukanya :
20200920_221710.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ohh justru saya malah ga brani kutak katik fuel line nya mbah, serem bensin netes2..
kan mo bersihin payung klep mbah, biar kata piyik, tp keraknya ud tebel2
mangka dari itu tutup bensin dibuka dulu supaya ngelepas tekanan yang di dalem tengki dan biarin aja posisi terpasang tapi jangan dikencengin supaya nggak timbul tekanan lagi.
bensin nyembur sedikit sih pasti, tapi kan bisa ditutupin pake kain lap supaya ngga kemana-mana. udahnya ga akan netes lagi...
marmut wrote: Sun Sep 20, 2020 15:26
mangka dari itu tutup bensin dibuka dulu supaya ngelepas tekanan yang di dalem tengki dan biarin aja posisi terpasang tapi jangan dikencengin supaya nggak timbul tekanan lagi.
bensin nyembur sedikit sih pasti, tapi kan bisa ditutupin pake kain lap supaya ngga kemana-mana. udahnya ga akan netes lagi...
nah ini triknya. makanya kl buka tutup bensin ada bunyi psst buang angin berarti tanki dlm keadaan dlm tekanan. jd buka tutup bensin utk mengeluarkan tekanan tsb jd pas fuel rail supply hose dilepas ga nyembur bensinnya.
ohh justru saya malah ga brani kutak katik fuel line nya mbah, serem bensin netes2..
kan mo bersihin payung klep mbah, biar kata piyik, tp keraknya ud tebel2
mangka dari itu tutup bensin dibuka dulu supaya ngelepas tekanan yang di dalem tengki dan biarin aja posisi terpasang tapi jangan dikencengin supaya nggak timbul tekanan lagi.
bensin nyembur sedikit sih pasti, tapi kan bisa ditutupin pake kain lap supaya ngga kemana-mana. udahnya ga akan netes lagi...
bermula dr ritual rutin bersihin TB tiap sebulan skali, yg ud pasti kotor karena mobil saya ga ad yg pake tabung oxygen, atau bukan jg yg mesin nya super rapet yg ampe ga bsa bkin oli kotor..
20200920_094007.jpg
maka di cpot lah si TB yg ud rada kotor walaupun blom ampe sesak napas
20200920_093920.jpg
20200920_093946.jpg
liat2 jd timbul lah ide buat ngamplas daleman TB yg full kulit jeruk, amplas pake grit 360, trakir grit 2000.. lalu finishin touch pake braso
20200920_093933.jpg
hasil akhir, ga ampe kinclong mengkilap kaya ITB nya holleys atau edelbrook, tp yah ud lmayan alus dbanding sblom nya
20200920_102102.jpg
20200920_102136.jpg
* tambahan
kl yg ini si hrv punya
hrv tb.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
om, mau liat 2jz beneran yg intake nya dipasangin gopro? keliatan itu skep TB sm injectornya lg bekerja. eargasm kl pake headphone dengerinnya hehe
nah kl nyedot udaranya kaya gitu itu engine kudu dikasih tabung oksigen, tul ga om? engine nya yg dikasih tabung oksigen, bukan manusianya
ownernya aja ga percaya gopro nya bisa basah kena oli, uap olinya naik sampai ke intake. begitulah udara kotor mencemari oli. propesor mah mana percaya ama nubie ky ane.
DOHC wrote: Sun Sep 20, 2020 16:47
lanjutt post hasil kerjaan minggu mendung
bermula dr ritual rutin bersihin TB tiap sebulan skali, yg ud pasti kotor karena mobil saya ga ad yg pake tabung oxygen, atau bukan jg yg mesin nya super rapet yg ampe ga bsa bkin oli kotor..
20200920_094007.jpg
maka di cpot lah si TB yg ud rada kotor walaupun blom ampe sesak napas
20200920_093920.jpg
20200920_093946.jpg
liat2 jd timbul lah ide buat ngamplas daleman TB yg full kulit jeruk, amplas pake grit 360, trakir grit 2000.. lalu finishin touch pake braso
20200920_093933.jpg
hasil akhir, ga ampe kinclong mengkilap kaya ITB nya holleys atau edelbrook, tp yah ud lmayan alus dbanding sblom nya
20200920_102102.jpg
20200920_102136.jpg
* tambahan
kl yg ini si hrv punya
hrv tb.jpg
lho ane baru baca nih postingan om. sehati dong kita, viva tabung oksigen!
DOHC wrote: Sun Sep 20, 2020 16:47
lanjutt post hasil kerjaan minggu mendung
bermula dr ritual rutin bersihin TB tiap sebulan skali, yg ud pasti kotor karena mobil saya ga ad yg pake tabung oxygen, atau bukan jg yg mesin nya super rapet yg ampe ga bsa bkin oli kotor..
20200920_094007.jpg
maka di cpot lah si TB yg ud rada kotor walaupun blom ampe sesak napas
20200920_093920.jpg
20200920_093946.jpg
liat2 jd timbul lah ide buat ngamplas daleman TB yg full kulit jeruk, amplas pake grit 360, trakir grit 2000.. lalu finishin touch pake braso
20200920_093933.jpg
hasil akhir, ga ampe kinclong mengkilap kaya ITB nya holleys atau edelbrook, tp yah ud lmayan alus dbanding sblom nya
20200920_102102.jpg
20200920_102136.jpg
om, mau liat 2jz beneran yg intake nya dipasangin gopro? keliatan itu skep TB sm injectornya lg bekerja. eargasm kl pake headphone dengerinnya hehe
nah kl nyedot udaranya kaya gitu itu engine kudu dikasih tabung oksigen, tul ga om? engine nya yg dikasih tabung oksigen, bukan manusianya
ownernya aja ga percaya gopro nya bisa basah kena oli, uap olinya naik sampai ke intake. begitulah udara kotor mencemari oli. propesor mah mana percaya ama nubie ky ane.
udah nonton beberapa waktu lalu. hisapan piston itu kuat, kalo uap oli ngga masuk ke ruang bakar ya ga mungkin kecuali pcv valve dicopot trus hawa oli dialirin keluar udara bebas...
om, mau liat 2jz beneran yg intake nya dipasangin gopro? keliatan itu skep TB sm injectornya lg bekerja. eargasm kl pake headphone dengerinnya hehe
nah kl nyedot udaranya kaya gitu itu engine kudu dikasih tabung oksigen, tul ga om? engine nya yg dikasih tabung oksigen, bukan manusianya
ownernya aja ga percaya gopro nya bisa basah kena oli, uap olinya naik sampai ke intake. begitulah udara kotor mencemari oli. propesor mah mana percaya ama nubie ky ane.
Mbah, ud coba buntuin selang PCV valve ke intake manipol ?
Btw TB ud d poles blom ?lmayan loh jd cakep, kilap2 gt kl diliat
DOHC wrote: Mon Sep 21, 2020 1:26
Mbah, ud coba buntuin selang PCV valve ke intake manipol ?
Btw TB ud d poles blom ?lmayan loh jd cakep, kilap2 gt kl diliat
PCV jangan dibuntuin nanti blowby gas ga bisa keluar akibatnya gasket2 pada rembes oli. kl mau dibuang ke udara bebas, ujungnya dikasih oil catch can atau minimal pake filter kecil k&n.
TB poles pakai amplas jangan berlebihan, kl skep gap jd ga rapet sesuai spek jamin rpm idling jd tinggi tuh. kl apes musti beli baru buat benerin.
seperti penjelasan sebelumnya, semua yang ada drat/ulir, pasti ada tingkat kekencangannya.
pun dengan sepeda, baut stem, seat post, dkk butuh torsi tertentu.
20200921_101947.jpg
20200921_102010.jpg
sudah dilengkapi dengan hex bit 4mm dan 5mm.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.