Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 6:31
Tingkatan oli gear ama mesin itu ga bsa d samain.. 75W gear itu mungkin setara 10W atau 15W enjin oil..
Tp kl mnurut saya, yg namanya gear itu (both transmisi atau differensial), tetep baik nya jgn tralu encer.. krn gear itu beda ama gerakan piston..
desainer mesin, apalagi mesin2 jaman skrg, pas piston gerak naek turun itu ud bergerak (hampir) d titik tengah silinder shg gesekan samping ke dinding liner (ud hampir) seminim mungkin (pengecualian utk enjin hyundai yg theta series).. ini jg alesan nya knapa oli mesin skrg bisa seencer mungkin
Beda ama gear, itu metal to metal contact nyaris setiap saat, jd yah kl oli nya encer banget, bantalan antara gear to gear yah minim bgt, dan gesekan jg akhirnya makin besar
Berarti kalo oli gardan 75W85 kaya di ANKI, itu kl mau nerka2 PDSnya scr prinsip sama kaya baca PDS oli mesin ya om? Maksud saya biar bs nyimpulin kalo misal 75W85 GL5 lebih encer ketimbang 75W90 GL5 pd umumnya. Krn oli gardan/MTF jarang ada PDSnya.
-------
memang ada perbedaan sae engine dan gear oil.
ini chart perbandingannya, yg jd tolok ukur baku viscosity cSt nya. jadi yg spt MTF honda katanya pakai oli mesin sae 40 sementara toyota pakai gear oil sae 90, trus kita kaget kan, wah encer banget. padahal engga gitu ...
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 6:31
Tingkatan oli gear ama mesin itu ga bsa d samain.. 75W gear itu mungkin setara 10W atau 15W enjin oil..
Tp kl mnurut saya, yg namanya gear itu (both transmisi atau differensial), tetep baik nya jgn tralu encer.. krn gear itu beda ama gerakan piston..
desainer mesin, apalagi mesin2 jaman skrg, pas piston gerak naek turun itu ud bergerak (hampir) d titik tengah silinder shg gesekan samping ke dinding liner (ud hampir) seminim mungkin (pengecualian utk enjin hyundai yg theta series).. ini jg alesan nya knapa oli mesin skrg bisa seencer mungkin
Beda ama gear, itu metal to metal contact nyaris setiap saat, jd yah kl oli nya encer banget, bantalan antara gear to gear yah minim bgt, dan gesekan jg akhirnya makin besar
Berarti kalo oli gardan 75W85 kaya di ANKI, itu kl mau nerka2 PDSnya scr prinsip sama kaya baca PDS oli mesin ya om? Maksud saya biar bs nyimpulin kalo misal 75W85 GL5 lebih encer ketimbang 75W90 GL5 pd umumnya. Krn oli gardan/MTF jarang ada PDSnya.
-------
memang ada perbedaan sae engine dan gear oil.
ini chart perbandingannya, yg jd tolok ukur baku viscosity cSt nya. jadi yg spt MTF honda katanya pakai oli mesin sae 40 sementara toyota pakai gear oil sae 90, trus kita kaget kan, wah encer banget. padahal engga gitu ...
akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25
Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)
Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25
Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)
Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
oli manual 0w20 mana ada om?
Pengganti oli transmisi sementara oom, dulu masih 10w40 skrg 0w20
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25
Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)
Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25
Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)
Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
oli manual 0w20 mana ada om?
Pengganti oli transmisi sementara oom, dulu masih 10w40 skrg 0w20
gak cuma mesin nya demen oli encer.
sampe girboksnya pun juga demen yg encer
pantes rata2 mbl honda, manual shifternya enak dan enteng.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25
Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)
Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
akbrn wrote: Thu Sep 03, 2020 18:25
Ada yang lucu di manual book honda terbaru (brio & mobilio)
Rekomendasi pengganti sementara oli transmisi manual berubah dari 10w40 jadi 0w20, apa jangan - jangan spec MTF honda juga berubah dari yg awalnya 75w80 jadi lebih encer?
oli manual 0w20 mana ada om?
Pengganti oli transmisi sementara oom, dulu masih 10w40 skrg 0w20
Mantabs, thanks sharing nya om.
Mungkin karena sementara disamain sama oli mesin yg dia rekom kali yak.
evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:16
Oli matic boleh pake Aisin AFW+, oli gardan pake Eneos 75w-90. Cuma Eneos ini skg lg susah barangnya kecuali emang toko yg masih punya stok lama2
Apa mungkin ada info knp Eneos lg susah barangnya Om?
Akhir Dec saya beli gak sampe Rp60rb/botol. Kmaren mau beli lgi lumayan kaget jg jdi Rp95rb/botol.
evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:16
Oli matic boleh pake Aisin AFW+, oli gardan pake Eneos 75w-90. Cuma Eneos ini skg lg susah barangnya kecuali emang toko yg masih punya stok lama2
Apa mungkin ada info knp Eneos lg susah barangnya Om?
Akhir Dec saya beli gak sampe Rp60rb/botol. Kmaren mau beli lgi lumayan kaget jg jdi Rp95rb/botol.
Wah kurang tau saya Om, mungkin stop supply ya. Saya jg bukan retailer oli sih jd ngga update berita2 gitu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Thu Aug 06, 2020 2:16
Oli matic boleh pake Aisin AFW+, oli gardan pake Eneos 75w-90. Cuma Eneos ini skg lg susah barangnya kecuali emang toko yg masih punya stok lama2
Apa mungkin ada info knp Eneos lg susah barangnya Om?
Akhir Dec saya beli gak sampe Rp60rb/botol. Kmaren mau beli lgi lumayan kaget jg jdi Rp95rb/botol.
Konon info nya eneos 75w90 udh ga masuk kesini lagi
Wongsuroboyo wrote:Buat ngeflush oli transmisi xpander matic, oli apa yang cocok selain oli oem mitshuishi, sudah 25rb km, dan 2 tahun, kalo menurut buku service 40rb km. Mohon infonya , trims
Wongsuroboyo wrote:Buat ngeflush oli transmisi xpander matic, oli apa yang cocok selain oli oem mitshuishi, sudah 25rb km, dan 2 tahun, kalo menurut buku service 40rb km. Mohon infonya , trims
DOHC wrote: Thu Sep 17, 2020 3:15
Si eneos kayanya ud ganti oli gardan nya jd 80-90 nehh
Skrg kl mau yg 75-90 merk apa yah..
Topwan
topwan yah..
ngeri2 sedap ini merk mah
ga mau topwan?
not kere hore ini dibawah, tapi baca pds nya ngeri ... oci utk passenger car 100,000 miles. dan utk long haul truck 250,000 miles/3 years. pake ini bisa dibilang plug n forget, ga usah pikirin lagi tu gardan. tinggal ownernya aja dicuci gardan di tempat masas ....
ane udah pake, mangstab lah mbah
Screenshot_20200917_224253~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
not kere hore ini dibawah, tapi baca pds nya ngeri ... oci utk passenger car 100,000 miles. dan utk long haul truck 250,000 miles/3 years. pake ini bisa dibilang plug n forget, ga usah pikirin lagi tu gardan. tinggal ownernya aja dicuci gardan di tempat masas ....
not kere hore ini dibawah, tapi baca pds nya ngeri ... oci utk passenger car 100,000 miles. dan utk long haul truck 250,000 miles/3 years. pake ini bisa dibilang plug n forget, ga usah pikirin lagi tu gardan. tinggal ownernya aja dicuci gardan di tempat masas ....
ane udah pake, mangstab lah mbah
Screenshot_20200917_224253~2.jpg
anjayyy
skali ganti cetiaw mbahh
nga dehh, malu ama mobil nya jg mbah
lah kan sekali doang sampe ntar dijokul kaya yg tuwir di 250 rb km. diitung2 sama aja jatohnya pake yg kere hore.
not kere hore ini dibawah, tapi baca pds nya ngeri ... oci utk passenger car 100,000 miles. dan utk long haul truck 250,000 miles/3 years. pake ini bisa dibilang plug n forget, ga usah pikirin lagi tu gardan. tinggal ownernya aja dicuci gardan di tempat masas ....
ane udah pake, mangstab lah mbah
Screenshot_20200917_224253~2.jpg
anjayyy
skali ganti cetiaw mbahh
nga dehh, malu ama mobil nya jg mbah
lah kan sekali doang sampe ntar dijokul kaya yg tuwir di 250 rb km. diitung2 sama aja jatohnya pake yg kere hore.
ya udah topwan dah .........
ehh jd keingetan
itu si janda tuwir oli gardan nya gado2 loh mbah... sering pake single grade SAE 90, 75-90, 80-90 perna... anehnya gapapa.. penyakit dengung khas ipah jg ga perna kejadian di saya .. lebi brisik girbok nya malah.. ad dengung dr odo 80an rebu ampe djual..