hmmm sebenernya saya pake ride hailing itu cuman skedar analogi sih dari tidak ada dan skeptis menjadi kebutuhan mendasar manusia2 di kota besar..klo fundamental utk urusan taxi dan transport memang ga mengubah tapi secara fungsi dan servisnya jadi berubah karena jadi nganter makanan, barang bahkan bisa suruh belanja dan bersih2 sama salon jg...ChZ wrote: Tue Sep 15, 2020 10:31Hmmm...Shonen wrote: Tue Sep 15, 2020 9:57
jawaban gampang mod karena org takut coba sesuatu yang baru...kebanyakan liat orang lain dulu de gmn kalo banyak laku ikutan...kalo bole analogi macem ride hailing zaman dulu...org2 skeptis ah mana bisa, ribet lah ini lah itu lah...sampe skrg semua orang bergantung dr ride hailing...nah sama kaya listrik ini.. yang semua akan migrasi pada waktunya karena oil n gas akan abis 30-40 taun lagi...kalo mau dipikir pabrikan mobil apa ga bsa bikin lineupnya listrik semua ya pasti bisa tapi rasanya ada contract atau agreement antara produsen mobil sama produsen minyak krn mereka juga perlu protect bisnisnya dan orang2 yang bergantung sama oil industry ga bisa langsung switch begitu aja..nanti produknya siapa yang mau beli...bakal collapse oil industry sedunia..
Fleet angkutan harusnya yang pertama tapi sampai saat ini masih pake bahan bakar fosil di new model baik bus maupun truk...
Tambah lagi si kicks ini main bukan di mobil keluarga yang merupakan 90% kebutuhan org indo...coba ada papanja listrik pasti banyak tu yang beli..ini krn brandnya ga populer aja makanya banyak dinyinyirin![]()
Selain itu juga kebanyakan org termasuk saya pasti mikir resale valuenya gmn nih...ngeliat sebela yang hybrid aja terjun bebas cth aja yang model camry hybrid sama 2.5v taon 2012 aja cuman beda 20-an juta padahal barunya sendiri bedanya kalo ga sala ampir 200jt CMIIW..ini jg bikin org lain pada mundur teratur utk coba...cuman excited lah teknologi baru dan mainan baru di industri otomotif rencana pengen coba antara hybrid ini atau hybrid sebelah
Mslhnya EV ini kan bkn teknologi sangat baru. Nissan leaf aja udah dr kapan taun ampe 2 generasi. Hybrid, electric sdh dari awal 2000an.
EV itu nurut sy bukan disruption ke automotive market as if ride hailing adlh disrupsi.. case nya beda. Ride hailing tdk mengubah fundamental dr taxi ride / ojek, hanya menyederhanakan servicesnya.
Sy tidak liat itu di EV... Urusan emisi yes, tp urusan practicality gas cars msh unggul... Ini yg susah dilawan.
Pd akhirnya yg dilakukan pabrikan gede adalah kedua tech ini di tandemkan : gas dan electric. Electric motor perkembangannya justru menjadi pelengkap bagi gas engine utk extra torque = hybrid.
Dan prtanyaan saya justru knp seperti sebuah ironi ketika batu makam yg punya portfolio mbl listrik besok malah keluarin sportcar bermesin purba...
Pdhl kalo emg niat bikin disrupsi ke market... knp gak bikin fairlady listrik... Hybrid deh paling enggak. Kayak Nsx...
Ya emang mahal, cuma sportscar justru biasanya khan jadi showcase teknologi pabrikan.
Dan ngomong oil n gas scarcity... nurut sy mustahil sih ilangin 100% gas engines... Either ditandem, jadi eksklusif, atau jadi niche.
Mungkin andaikata ada masa mobil 80% EV, gas engines malah bs berbalik jadi alternatif bagi enthusiaststermasuk utk non otomotif jg... susah bayangin hotel mall kantor tanpa genset. Apa gak repot... Jakarta blackout kapan lalu juga smua orang panik.
Yg bakal selametin oil n gas scarcity nurut sy adalah gaya hidup manusia sendiri. Liat aja skrg anak muda di negara maju mulai tdk tertarik dengan mobil krn mahal segala galanya...
Klo ke ranah supercar ya beda karena yang dijual kan sensasi, yang orang beli dari supercar kan bukan cuman tenaga mesin aja tapi suaranya jg makanya ada knalpot dijual 150-200 juta laris manis hanya demi sebuah suara, yang ga bakal didapatkan dari sport ev..
Jangan lupa juga kalo ice conventional itu banyak duidnya dari ass nya (jualan sparepart, service,dkk) sedangkan ev ga bakal ada servicenya paling masalah cuman ada di kaki2 sama batrenya sendiri (umum) sama software sedangkan mobil konvensional masala di mesin kan banyak, printilan jg itu bbrp alasan juga selain mungkin dia dapet kontrak berjangka juga (mungkin) dr minyak

Pabrikan juga mikir dan riset pasar juga kalo ranah supercar ga ada pasarnya utk ev liat aja rimac sama lotus yang 2000hp itu ga ada yang beli...klo ke london atau shanghai di tempat2 mewah semuanya ya kalo ga ferrari ya lambo...tapi beda cerita kalo ngeliat mobil yang kategorinya biasa2 aja sudah banyak yang pakai tesla dkk...even saya juga udah coba pake tesla walopun sewa dan abis coba memang ga mau balik lagi klo bisa....tapi infra disini ga ada jadi susah yang ada...
Alhasil walau ice bakal jadi besi tua di rentang waktu 40-50 taonan lagi...setelah oil ga ada lagi di bumi atau ga ada energi terbarukan yang ditemukan utk support ice ini semua akan jadi listrik entah nanti practicalnya nambah semisal di atap dipasang solar panel utk mobilnya jadi ga perlu di cas lagi...ya future is a future ga bakal ada yang bisa prediksi ke depannya gmn..
klo tesla bisa gede ya karena bacotnya si elon musk bisa bikin percaya investor, sama dengan startup unicorn indonesia bukan business process yang dinilai tapi figur/owner si startup tersebut yang dilihat walaupun rugi tapi investor setia dan terus tanam uang walaupun kelangsungannya dipertanyakan...kaya si elon jual mimpi bikin colony di mars itu jualan mimpi tapi laku...sori oot...sekian
