Pm.saya jg omjazzretro7 wrote: Mon Aug 19, 2019 4:17alo om klo berminat bs kontak2 sales sy udah sy pm nanti bs lgsg wa ke ybs...diskone mantaplah pokoke..
Tentang Trailblazer 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Thu Jun 07, 2018 4:03
Re: Tentang Trailblazer 2017
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Tentang Trailblazer 2017
Udah sy pm ya om sales sy silahkan kontak ybs hehe...Ajobalonn3 wrote: Mon Sep 23, 2019 16:20Pm.saya jg omjazzretro7 wrote: Mon Aug 19, 2019 4:17alo om klo berminat bs kontak2 sales sy udah sy pm nanti bs lgsg wa ke ybs...diskone mantaplah pokoke..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: K15B
Re: Tentang Trailblazer 2017
Boleh di PM juga bos
jazzretro7 wrote:Udah sy pm ya om sales sy silahkan kontak ybs hehe...Ajobalonn3 wrote: Mon Sep 23, 2019 16:20Pm.saya jg omjazzretro7 wrote: Mon Aug 19, 2019 4:17 alo om klo berminat bs kontak2 sales sy udah sy pm nanti bs lgsg wa ke ybs...diskone mantaplah pokoke..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Tentang Trailblazer 2017
cek pm ya om hehe..Slowslowglow wrote: Fri Oct 25, 2019 15:11 Boleh di PM juga bosjazzretro7 wrote:Udah sy pm ya om sales sy silahkan kontak ybs hehe...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Tentang Trailblazer 2017
Bole bisikin juga diskonnya udah berapa?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Tentang Trailblazer 2017
udah sy bisikin ya om di pm..hehe sy kebetulan dpt sales yg ok jd rekomen deh dgn tawaran dia hehe..
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Mar 16, 2020 10:06
- Daily Vehicle: 2KD-FTV
Re: Tentang Trailblazer 2017
umur aki ANTB sampe berapa lama ya? sejak beli mobil saya pakai dari awal sudah 2 tahun 2 bulan belum pernah ganti
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Tentang Trailblazer 2017
Kalau om beli mobilnya dari baru sih harusnya aki bawaan pabrik umurnya lebih panjang dari aki replacement. Di fortuner ane beli dari baru umur aki nya bertahan hampir 4 taon baru ganti.mnarrobi wrote:umur aki ANTB sampe berapa lama ya? sejak beli mobil saya pakai dari awal sudah 2 tahun 2 bulan belum pernah ganti
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
Kalau sudah pernah ganti paling antara 1,5-2 taon umurnya. Ini untuk kategori aki2 GS Astra yang di jual umum di S&D yah, mungkin kalau aki2 yang lebih mahal harganya, umur pakainya bisa lebih panjang lagi. CMIIW
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Mar 16, 2020 10:06
- Daily Vehicle: 2KD-FTV
Re: Tentang Trailblazer 2017
WOWbenzz89 wrote: Tue Jun 02, 2020 5:55Kalau om beli mobilnya dari baru sih harusnya aki bawaan pabrik umurnya lebih panjang dari aki replacement. Di fortuner ane beli dari baru umur aki nya bertahan hampir 4 taon baru ganti.mnarrobi wrote:umur aki ANTB sampe berapa lama ya? sejak beli mobil saya pakai dari awal sudah 2 tahun 2 bulan belum pernah ganti
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
Kalau sudah pernah ganti paling antara 1,5-2 taon umurnya. Ini untuk kategori aki2 GS Astra yang di jual umum di S&D yah, mungkin kalau aki2 yang lebih mahal harganya, umur pakainya bisa lebih panjang lagi. CMIIW

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Tentang Trailblazer 2017
Halo om2 semua apa kabar... semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran rejeki untuk kita semua di tengah pandemi ini
kebetulan saya miara ANTB 2019 NIK 2018, udah 3x diisi Shell Diesel (sebelumnya slalu dex, kalo kepepet abis banget cuma ada dexlite ya diisi itu). Pertanyaan saya, bagus dex apa shell diesel ya? Dulu pernah baca kalo ppm sulfur paling rendah itu dex, shell termasuk moderate (tapi ga setinggi Total), sekarang apakah ada peningkatan kualitas yg signifikan? Jujur kalau secara performa dan efisiensi yang saya rasakan, tenaga jauh lebih enteng pakai shell diesel, efisiensi dalkot-tol kombinasi diangka 10 km/liter (wkt pake dex slalu diangka 9,4an).
Akselerasi? 0-100 bisa diraih lebih cepet ketimbang pake dex dan nyentuh angka 140 bukan hal yg sulit. Apa memang sekarang Shell diesel lebih bagus dibanding dex? Terlebih saya baca kalau shell diesel sekarang sudah bio diesel yang mungkin artinya hampir sama dengan biosolar pertamina. Apa memang ANTB lebih cocok dikasi shell diesel ketimbang dex atau gimana ya?
Last but not least, kemarin nyoba Liquimoly diesel additive, apa itu termasuk racun yg bisa dikasi tiap 3x isi bbm atau cukup bbrp kali sekali?? Soal racun diesel, kira2 apa yg rekomen buat bersih2in fuel system dan ruang bakar?? Tengkyu sebelumnya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Akselerasi? 0-100 bisa diraih lebih cepet ketimbang pake dex dan nyentuh angka 140 bukan hal yg sulit. Apa memang sekarang Shell diesel lebih bagus dibanding dex? Terlebih saya baca kalau shell diesel sekarang sudah bio diesel yang mungkin artinya hampir sama dengan biosolar pertamina. Apa memang ANTB lebih cocok dikasi shell diesel ketimbang dex atau gimana ya?

Last but not least, kemarin nyoba Liquimoly diesel additive, apa itu termasuk racun yg bisa dikasi tiap 3x isi bbm atau cukup bbrp kali sekali?? Soal racun diesel, kira2 apa yg rekomen buat bersih2in fuel system dan ruang bakar?? Tengkyu sebelumnya



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Tentang Trailblazer 2017
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.Kuroboy wrote: Fri Jul 17, 2020 16:31 Halo om2 semua apa kabar... semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran rejeki untuk kita semua di tengah pandemi inikebetulan saya miara ANTB 2019 NIK 2018, udah 3x diisi Shell Diesel (sebelumnya slalu dex, kalo kepepet abis banget cuma ada dexlite ya diisi itu). Pertanyaan saya, bagus dex apa shell diesel ya? Dulu pernah baca kalo ppm sulfur paling rendah itu dex, shell termasuk moderate (tapi ga setinggi Total), sekarang apakah ada peningkatan kualitas yg signifikan? Jujur kalau secara performa dan efisiensi yang saya rasakan, tenaga jauh lebih enteng pakai shell diesel, efisiensi dalkot-tol kombinasi diangka 10 km/liter (wkt pake dex slalu diangka 9,4an).
Akselerasi? 0-100 bisa diraih lebih cepet ketimbang pake dex dan nyentuh angka 140 bukan hal yg sulit. Apa memang sekarang Shell diesel lebih bagus dibanding dex? Terlebih saya baca kalau shell diesel sekarang sudah bio diesel yang mungkin artinya hampir sama dengan biosolar pertamina. Apa memang ANTB lebih cocok dikasi shell diesel ketimbang dex atau gimana ya?![]()
Last but not least, kemarin nyoba Liquimoly diesel additive, apa itu termasuk racun yg bisa dikasi tiap 3x isi bbm atau cukup bbrp kali sekali?? Soal racun diesel, kira2 apa yg rekomen buat bersih2in fuel system dan ruang bakar?? Tengkyu sebelumnya![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Tentang Trailblazer 2017
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
[/quote]
Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 l



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Tentang Trailblazer 2017
Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 lKuroboy wrote: Sat Jul 18, 2020 15:43Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.

[/quote]
Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.
Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Tentang Trailblazer 2017
Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.ongisnade wrote: Sat Jul 18, 2020 22:25Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 lKuroboy wrote: Sat Jul 18, 2020 15:43Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.![]()
Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.
[/quote]
Makasih hu infonya



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Tentang Trailblazer 2017
Makasih hu infonyaKuroboy wrote: Sun Jul 19, 2020 3:54Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.ongisnade wrote: Sat Jul 18, 2020 22:25Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 lKuroboy wrote: Sat Jul 18, 2020 15:43
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.![]()
Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.

[/quote]
Captiva sudah dilego om, gak pernah rewel 4 tahun. Sebetulnya ini mobil enak kalau dirawat dengan bener. Kalau cek kualitas oli harus di lab om. Tapi kalau kita pake oli yg bagus meskipun terpapar sulfur masih aman.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Sep 07, 2020 12:12
- Daily Vehicle: ANTB
Re: Tentang Trailblazer 2017
Malam suhu semua, Saya pengguna baru ANTB, semoga bisa jadi tempat belajar Dan bertanya, mohon bantuan nya. Sebelum nya pakai mobil bensin, baru ini pakai diesel.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Tentang Trailblazer 2017
Salam kenal omm, disini banyak dapet ilmunya utk semua hal tentang kendaraanvash27 wrote: Mon Sep 07, 2020 12:16 Malam suhu semua, Saya pengguna baru ANTB, semoga bisa jadi tempat belajar Dan bertanya, mohon bantuan nya. Sebelum nya pakai mobil bensin, baru ini pakai diesel.



-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Sep 07, 2020 12:12
- Daily Vehicle: ANTB
Re: Tentang Trailblazer 2017
Om, apakah benar bila di mobil diesel Kita tidak boleh mencampur / ngemix bahan bakar? Bahkan Ada yg menyarankan misal sudah pakai dex pertamina harus seterus nya pakai dex pertamina, jgn di campur dengan diesel merk lain.
kalau di mobil bensin kadang Saya mix, antara pertamax dengan shell super. Di diesel bisa gitu juga gak Om.
Terimakasih jawaban nya
kalau di mobil bensin kadang Saya mix, antara pertamax dengan shell super. Di diesel bisa gitu juga gak Om.
Terimakasih jawaban nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Tentang Trailblazer 2017
Rasanya ga masalah sih om selama yang saya amatin di ANTB saya. Yang penting emang mobilnya harus rajin dipake aja biar muter BBM nya ga ngendapvash27 wrote: Tue Sep 08, 2020 22:38 Om, apakah benar bila di mobil diesel Kita tidak boleh mencampur / ngemix bahan bakar? Bahkan Ada yg menyarankan misal sudah pakai dex pertamina harus seterus nya pakai dex pertamina, jgn di campur dengan diesel merk lain.
kalau di mobil bensin kadang Saya mix, antara pertamax dengan shell super. Di diesel bisa gitu juga gak Om.
Terimakasih jawaban nya


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Dec 03, 2019 21:52
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Xpander
Re: Tentang Trailblazer 2017
Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Tentang Trailblazer 2017
kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oomDkurniaw wrote: Tue Jan 12, 2021 7:19 Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya
sekian, dan terima gaji
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Tentang Trailblazer 2017
Makasih hu infonyaKuroboy wrote: Sun Jul 19, 2020 3:54Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.ongisnade wrote: Sat Jul 18, 2020 22:25Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 lKuroboy wrote: Sat Jul 18, 2020 15:43
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.![]()
Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.

[/quote]
Setahu saya, kalau menurut oom Turboman adalah kalau diperiksa di lab maka TBNnya udah turun drastic..
kagak bisa periksa by visual...
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Dec 03, 2019 21:52
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Xpander
Re: Tentang Trailblazer 2017
Terimakasih om ginting, make sense. Trus pertanyaan kedua, apa perlu oil catch can, yg gunanya utk nge-trap oli dr ruang mesin utk dimasukkan lagi ke intake udara?ginting wrote: Tue Jan 12, 2021 7:53kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oomDkurniaw wrote: Tue Jan 12, 2021 7:19 Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya
sekian, dan terima gaji
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Tentang Trailblazer 2017
menurut saya itu sih sifatnya optional. bukan wajib.Dkurniaw wrote: Tue Jan 12, 2021 14:51Terimakasih om ginting, make sense. Trus pertanyaan kedua, apa perlu oil catch can, yg gunanya utk nge-trap oli dr ruang mesin utk dimasukkan lagi ke intake udara?ginting wrote: Tue Jan 12, 2021 7:53kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oomDkurniaw wrote: Tue Jan 12, 2021 7:19 Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya
sekian, dan terima gaji
kalau ada duit dan mau kerja nambah, silahkan…
Ada miskonsepsi selama ini...orang nunjukin minyak yg ada di OCT sambal bilang "nih...segini tangkapan dari uap oli..kebayang gak kalau itu masuk intake"..
tapi dia lupa, itu kan hasil kondensasi...sedangkan yg masuk intake itu kan masih berupa uap (favour), yang tentunya kadar kepekatan (density)nya tidak sepekat oli itu..dan itu masih dalam level acceptable oleh mesin...makanya pabrikan sendiri tidak ada pasang itu...tp sebagai bentuk modif/improvement sih baik baik saja..
sekian jawaban abal abal daro gejil, mbah…
(ala ala posting di Motuba)
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Dec 03, 2019 21:52
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Xpander
Re: Tentang Trailblazer 2017
Terimakasih om ginting.ginting wrote: Wed Jan 13, 2021 2:42menurut saya itu sih sifatnya optional. bukan wajib.Dkurniaw wrote: Tue Jan 12, 2021 14:51Terimakasih om ginting, make sense. Trus pertanyaan kedua, apa perlu oil catch can, yg gunanya utk nge-trap oli dr ruang mesin utk dimasukkan lagi ke intake udara?ginting wrote: Tue Jan 12, 2021 7:53
kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oom
alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya
sekian, dan terima gaji
kalau ada duit dan mau kerja nambah, silahkan…
Ada miskonsepsi selama ini...orang nunjukin minyak yg ada di OCT sambal bilang "nih...segini tangkapan dari uap oli..kebayang gak kalau itu masuk intake"..
tapi dia lupa, itu kan hasil kondensasi...sedangkan yg masuk intake itu kan masih berupa uap (favour), yang tentunya kadar kepekatan (density)nya tidak sepekat oli itu..dan itu masih dalam level acceptable oleh mesin...makanya pabrikan sendiri tidak ada pasang itu...tp sebagai bentuk modif/improvement sih baik baik saja..
sekian jawaban abal abal daro gejil, mbah…
(ala ala posting di Motuba)
Mo nanya lagi, posisi evaporator ac tb dimana ya? Apalah mudah diakses? Pingin coba diy bersihin sendiri