Setelah visco fan ane dibuka itu olinya sudah mulai menguning, seharusnya berwarna bening cerah. Harus dibersihkan pakai STP peneteran sampai benar2 bersih, celah2 dipinggir2nya disemprot, diputar2, disemprot2 lagi, kayanya 1 botol hampir habis itu cairan peneterannya lalu dikeringkan pakai kompresor angin.erwinign wrote:Soal oli visco fan saya malah mumet loh om, ganti di bengkel langganan (saya pake innova bensin lama) diisi 3 botol jadi berisiknya minta ampun itu kipasnya. Mau coba kurangin, tapi rada gambling kl nanti kipasnya jd jarang muter = kemungkinan overheat cukup besar tapi suara adem kaya waktu mobil baru. Tanya sana sini masih belum sreg jawabannya soal oli visco ini baiknya gimana. Mungkin ganti segelondong msh solusinya kalo mau suara mesin-kipasnya adem, tp krn ini mesin 2KD mungkin suara kipasnya kalah sama suara dieselnya ya.benzz89 wrote: Mon Sep 07, 2020 16:59Wah pake oli 15W-40 mah berat om larinya itu mobil... coba pake 5W-40 sudah enak bawanya lalu kalau mau sensasi mobil sport yah 5W-30 cuman sekedar saran aja yah om, tidak harus diikuti, kalau Om sudah happy pake 15W-40 yah monggo diteruskan saja hehehe...bangrosi wrote:Beberapa harga beres lumayan juga bedanya hampir 200% dgn beli diluar kalo itu sama2 original parts bukan aftermarket.oli visco fan cuma butuh 3botol ya gan,estimasi ongkos kerja brp ya kalo di bengkel resmi ganti timing,fanbelt,oli visco.
Btw back to topic
Pakai oli Valvoline 15w-40 utk 2KD lumayan juga kualitasnya udh 5rb km msh enak.
Ane mah gak mau ke beres service mobilnya om karena gak bisa liat2 & terlibat langsung dilapangan, juga gak belajar apa2 serta gak bisa dokumentasikan proses, step2 serta before & afternya, namanya orang hobbyist susah om... kecuali tidak ada pilihan alias mentok baru deh "nyerah" ke beres.
Beres mah mana mau ganti oli visco fan om... disuruhnya ganti seglondongan atuh... coba aja om tanya berapa harga visco fan buat 2KD diberes. Kalau di on line store yang sesuai part number beres harganya 1.675.000,- ntah beres bisa lebih murah atau lebih mahal? Blom biaya jasa + PPN 10%. Btw ini gak oot yah karena masih ngomongin oli tuh diatas [emoji4]
Mungkin... ini mungkin yah proses pembersihan oli lama kurang bersih, jadi masih ada sisa2 oli ditambah lagi 3 botol masuk yah jadi kebanyakan jatohnya... sekali lagi ini cuman analisa sotoy ane aja yah.
Kata Om Marmut, pakai bensin kurang bersih, pakai minyak tanah/solar juga tidak bisa, harus pakai peneteran kaya STP atau WD40. Pakai bensin mungkin harus direndam semalam2an biar oli silicon lamanya benar2 larut.
Memang ini proses kaya trial gitu, awalnya masukin 2,5 botol dulu, tutup lalu coba putar2 apakah terlalu berat atau tidak. Kalau belum berat maka tambah lagi olinya, kalau terlalu berat maka kurangin olinya. Tutup lagi lalu putar2 lagi.
Punya ane sih setelah terpasang ane tes putar tidak terlalu berat banding sebelumnya, ada penambahan berat sedikit sekali, tapi ane pake sih tidak ada perubahan suara kipas yang drastis sampai masuk kabin segala yah, kebetulan kuping ane cukup sensitive ama bunyi2an & Om Marmut sudah pesan kalau terlalu bergemuruh maka kita akan kurangi lagi olinya. So far so good, gak ada masalah sama sekali.
Memang kalau mau afdol yah gantilah seglondongan itu visco fan nya. 22.500 vs 1.675.000 + jasa tinggal pilih aja mau yang mana. Ane bisa cerita begini yah karena liat & ikutin prosesnya dari awal, kebetulan si om marmut sudah sering kerja ganti oli visco fan ini katanya... feelingnya sudah kuat dia.